Tulislah identitasmu;
Nama : ........................
Soal Mata Kuliah : Model Pembelajaran
Semester : IV
Perintah;
- Supaya lebih mudah melakukan publish, gunakan bagi yang punya laptop atau sejenisnya.
- Buka Web. www.karyailmu-dodo.blogspot.com
- cari soal UTS Filsafat pendidikan TA 18/19
- Tulis jawabannya pada kolom komentar, jika sudah selesai klik publish.
- Menjawab dengan redaksi yang sama antar sesama teman atau copy paste langsung akan dianulir.
- jangan lupa mengisi absen.
Soal;
- Apa yang dimaksud dengan Tehnik Pembelajaran menurut Dunkin dan Biddle jika mengajar dalam kelas.
- Dalam konteks pendidikan dan pengajaran bagi seorang guru dan untuk mencapai nilai objektif, aspek apa saja yang harus guru kuasai selama dalam pengajaran ?
- Guru dalam Bahasa Jawa merujuk pada seorang yang harus digugu dan ditiru oleh semua murid dan bahkan masyarakatnya. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut !
- Syarat standar proses pendidikan, yaitu bersifat jelas, masuk akal dan mudah di mengerti. jelaskan kembali maksudnya
- Apa tanggapanmu tentang variabel proses (process variabels) pada proses pembelajaran?
Nama : Dendi Ramadhan
ReplyDeleteSemester : IV
1. Teknik pembelajaran menurut Dunkin' dan Biddle jika mengajar dalam kelas itu ada 4 Variabel interaksi, yaitu :
-Variabel Pertanda ( Pendidik )
-Variabel Konteks ( Peserta didik )
-Variabel Proses
-Variabel Produk
2.Aspek yang harus guru kuasai, yaitu :
-Kompetensi Pedagogik
-Kompetensi Profesional
-Kompetensi Sosial
-Kompetensi Kepribadian
3.maksud dari Guru digugurkan dan ditiru adalah Bahwa sosok guru itu dapat dipercaya dan ditiru, masyarakat berharap guru sebagai tauladan dan ketika disemodis guru menjadi panutan bagi siswanya.
4.Syarat standar proses pendidikan yaitu masuk akal dan mudah dipahami, maksudnya adalah Dapat diterima oleh jalan pikiran yang sehat, dan dalam mengajar menggunakan bahasa yang baik dan benar.
5.Proses variabel dalam proses pembelajaran menurut saya yaitu kita harus mengidentifikasi variabel kondisi pembelajaran yang memiliki pengaruh utama dalam proses belajar mengajar tersebut.
Terusan nomor 5. Kita harus mengidentifikasi variabel kondisi pembelajaran yang memiliki pengaruh utama dalam proses belajar mengajar tersebut.
DeleteNama : Hani Hanifah
ReplyDeleteSemester IV
Mata pelajaran : Model Pembelajaran
1. Tehnik Pembelajaran menurut Dunkin dan Biddle jika mengajar dalam kelas berada pada empat variabel interaksi yaitu:
a. variabel pertanda (presage variables) berupa pendidik
b. variabel konteks (context variables) berupa peserta didik, sekolah dan masyarakat
c. variabel proses (process variables) erupa interaksi peserta didik dengan pendidik
d. variabel produk (product variables) berupa perkembangan peserta didik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
2. Aspek di bagi menjadi 2 yaitu : aspek kognitif, juga dapat mempengaruhi perubahan sikap bagi seorang siswa, yaitu aspek afektif, serta keterampilan, yaitu aspek psikomotor untuk seorang peserta didik. Jadi pembelajaran menyiratkan adanya suatu kegiatan interaksi penyampaian materi ajar antara guru dengan peserta didik.
3. Guru dalam Bahasa Jawa adalah menunjuk pada seorang yang harus digugu dan ditiru oleh semua murid dan bahkan masyarakatnya. Harus digugu artinya segalanya. suatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh semua murid. Sebagai guru harus ditiru, artinya seorang guru harus menjadi suritauladan dan panutan bagi semua muridnya. Akan tetapi banyak yang dapat dilihat, guru yang yang tidak memiliki kepribadian yang baik itu akan memberikan kesan kepada siswa menjadi pendidik yang kasar dan keras dengan perilaku yang tidak layak dijadikan sebagai panutan.
4. Syarat Standar
a. Bersifat jelas,
Artinya dapat diukur dengan baik dengan cara mengukur ruang dan waktu, termasuk mengukur berbagai penyimpangan yang mungkin terjadi
b. Masuk akal,
Berarti dapat diterima oleh jalan pikiran yang sehat. Masuk akal juga berarti bahwa kegiatan yang ingin dicapai guru tidak aneh. Masuk akal juga berarti bahwa penuangan jalan pikiran seorang guru tidak memberikan gambaran yang mustahil.
Masuk akal juga berarti logis, misalnya menetapkan kurikulum atau membuat RPP sesuai dengan ukuran usia dan Klasnya, kalau ditetapkan kurikulum terlalu tinggi sehingga akan mustahil untuk dapat dicapai, bukan saja sulit dimanfaatkan tetapi juga akan menimbulkan frustasi bagi para pelaksana
c. Mudah dimengerti,
Dalam mengajar menggunakan bahasa yang baik dan benar, bahasa yang baik adalah bahasa yang sesuai dengan situasi. Bahasa Sebagai alat komunikasi, bahasa harus dapat menunjukan sebuah pernyataan yang efektif dalam menyampaikan maksud kepada lawan bicara. Karenanya, bahasa yang dipilih pun harus sesuai. Suatu standar yang tidak mudah dimengerti, atau rumusan bahasa yang tidak jelas akan menyulitkan siswa mendengarkan dari seorang guru dikelas;
5. Menurut saya variabel proses yaitu kita belajar dan mendidik peserta didik di kelas menjelaskan apa yang kita sampaikan kepada peserta didik dan kita ulang terus agar peserta didik mengingat nya, untuk fokus belajar pengajar memberikan sesuatu materi yang unik tetapi masih sama membahas sebelum nya.
Nama : Evi Tapiani
ReplyDeletesemester : IV
Matkul : Model Pembelajaran
1. Proses pembelajaran menurut Dunkin dan Biddle, yaitu
a. variabel pertanda...berupa pendidik atau guru
b.variabek kontek, berupa peserta didik, sekolah dan masyarakat.
c.variabel proses, berupa interaksi antara siswa, guru dan lingkungannya.
d.variabel produk, berupa perkembangan peserta didik.yang berupa jangka pendek maupun jangka panjang.
2.Aspek-aspek yang harus dikuasai oleh seorang guru selama dalam proses pengajaran, yaitu :
- Aspek pendekatan,
yaitu dimana seorang guru harus melakukan pengenalan terhadap siswa nya.
- Aspek pemahaman,
yaitu seorang guru harus tahu situasi kelas dan kondisi peserta didiknya.
- Aspek interaksi
yaitu seorang guru harus pandai interaksi dengan peserta didiknya.
- Aspek pengetahuan, yaitu seorang pendidik harus mempunyai pengetahuan yang lebih dari pesrta didiknya.
3.maksud dari Guru adalah di gugu dan ditiru, yaitu seorang guru merupakan orang yg semua ucapan, prilaku dan tingkah laku nya akan menjadi perhatian semua orang.jadi seorang guru itu akan selalu didengar dan diikuti jejaknya.
4.syarat-syarat standar proses pendidikan,
- bersifat jelas, maksudnya ukuran tentang ruang dan waktu yang harus dibatasi.
-masuk akal, maksudnya bisa diterima oleh siapapun dan dapat diterima oleh akal sehat, tidak bersifat aneh-aneh.
- mudah dimengerti, maksudnya kita harus menggunakan bahasa yang baik dan benar.
5.variabel proses dalam proses pembelajaran yaitu berupa interaksi peserta didik dengan pendidik. pada variabel proses ini terjalinnya hubungan antara seorang guru dengan siswa yang saling melengkapi satu sama lain.guru sangat berperan penting dalam proses pembelajaran.
Jawaban Soal Model Pembelajaran
ReplyDeleteNama : Dina
Semester IV
STAI Yaperi Cibinong Bogor
1. Tujuan pembelajaran menurut Dunkin dan Biddle (1974:38) berada pada empat variabel interaksi yaitu:
1. variabel pertanda (presage variables) berupa pendidik
2. variabel konteks (context variables) berupa peserta didik, sekolah dan masyarakat
3. variabel proses (process variables) erupa interaksi peserta didik dengan pendidik
4. variabel produk (product variables) berupa perkembangan peserta didik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
2. Dalam persiapan pembelajaran harus jelas kompetensi dasar yang akan dimiliki oleh peserta didik, apa yang harus dilakukan, apa yang harus dipelajari, bagaimana mempelajarinya, serta bagaimana guru mengetahui bahwa peserta didik telah menguasai kompetensi tertentu. Aspek-aspek tersebut merupakan unsur utama yang secara minimal harus ada dalam setiap persiapan pembelajaran sebagai pedoman guru dalam melaksanakan pembelajaran dan membentuk kompetensi peserta didik.
Aspek itu antara lain kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial ,dan kompetensi kepribadian .
3. Guru Harus digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh semua murid.Sebagai guru harus ditiru, artinya seorang guru harus menjadi suri tauladan (panutan) bagi semua muridnya.
4. Syarat Standar , diantaranya
1. Bersifat jelas,
Artinya dapat diukur dengan baik dengan cara mengukur ruang dan waktu, termasuk mengukur berbagai penyimpangan yang mungkin terjadi;
2. Masuk akal,
Berarti dapat diterima oleh jalan pikiran yang sehat. Masuk akal juga berarti bahwa kegiatan yang ingin dicapai guru tidak aneh.Masuk akal juga berarti bahwa penuangan jalan pikiran seorang guru tidak memberikan gambaran yang mustahil.
3. Mudah di terima
Maksudnya dalam mengajar menggunakan bahsa yang baik dan benar ,bahasa yang baik sesuai dengan situasi bahasa sebagai alat komunikasi pendidik kepada anak didiknya .
5. Variabel proses (process variables) yaitu berupa interaksi peserta didik dengan pendidik,process artinya, cara, mengolah, menyelesaikan, menyiapkan. Pengertian proses interaksi peserta didik dengan pendidik adalah bagaimana caranya dan menyelesaikan sumber belajar tersampaikan pada suatu lingkungan belajar, karena proses ini peserta didik, pendidik dan sumber belajar merupakan pelaksanaan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan, karena kegiatan itu harus secara bersama sama dilakukan oleh seorang pendidik dalam satu koridor kegiatan pembelajaran.
Nama: Siti Rohimah
ReplyDeleteMata kuliah: Metode Pembelajaran
Semester: IV
1. Guru harus menguasai pelajaran, diharuskan juga menguasai metode pembelajaran yang mengacu pada prinsip pedagogik yaitu memahami karakteristik peserta didik.
2. Aspek sikap, aspek minat, aspek nilai, aspek kemahiran, kompetensi.
3. Segala Sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh murid, seorang guru harus menjadi suritauladan dan panutan bagi semua muridnya.
4. Suatu bentuk tehnik yang merupakan acuan atau kriteria yang dibuat secara terencana atau didesain dalam pelaksanaan pembelajaran.
5. Cara menyampaikan atau interaksi bagaimana caranya dan menyelesaikan sumber belajar tersampaikan pada suatu lingkungan belajar.
Nama: Siti Rohimah
ReplyDeleteMata kuliah: Metode Pembelajaran
Semester: IV
1. Guru harus menguasai pelajaran, diharuskan juga menguasai metode pembelajaran yang mengacu pada prinsip pedagogik yaitu memahami karakteristik peserta didik.
2. Aspek sikap, aspek minat, aspek nilai, aspek kemahiran, kompetensi.
3. Segala Sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh murid, seorang guru harus menjadi suritauladan dan panutan bagi semua muridnya.
4. Suatu bentuk tehnik yang merupakan acuan atau kriteria yang dibuat secara terencana atau didesain dalam pelaksanaan pembelajaran.
5. Cara menyampaikan atau interaksi bagaimana caranya dan menyelesaikan sumber belajar tersampaikan pada suatu lingkungan belajar.
Nama : Siti Rodiah
ReplyDeleteMata Kuliah : Model-model pembelajaran
Semester : IV
Jawaban :
1. Tehnik Pembelajaran menurut Dunkin dan Biddle Yaiti :
1. Variabel pertanda (presage Variabel)berupa pendidikan
2. Variabel Konteks (context Variabel)berupa peserta didik, sekolah,
dan masyarakat
3. Variabel proses(process Variabel) berupa interaksi peserta didik
dengan pendidik
4. Variabel produk (produc Variabel) berupa perkembangan peserta
didik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
2. yang harus guru kuasai selama dalam pengajaran yaitu :
1. Aspek pengetahuan (Knowledge) yaitu kemampuan yang berkaitan
dalam bidang kognitif
2. Aspek pemahaman (Understanding) yaitu pengetahuan yang di miliki
oleh setiap indipidu
2. Aspek Kemahiran (Skill) merupakan individu untukmelaksanakan
secara praktik tentang tugas atau pekerjaan yang di bebankan
kepadanya.
3. Maksud dari arti guru di gugu dan di tiru adalah
-harus di gugu artinya segala sesuatu yang di sampaikan olehnya
senantiasa di percaya dan di yakini sebagai kebenaran oleh semua
murid.
- Harus di tiru artinya seorang guru harus menjadi suri tauladan
(panutan)bagi semua muridnya.
4. syarat standar proses pendidikan yaitu
- bersifat jelas artinya dapat di ukur dengan baik dengan cara
mengukur ruang dan waktu termasuk mengukur berbagai penyimpangan
yang mungkin terjadi.
- Masuk akal artinya dapat di terima oleh jalan pikiran.
-Mudah di mengerti artinya menggunakan bahasa yang baik dan benar.
5. Variabel proses(process Variabel) berupa interaksi peserta didik
dengan pendidik di dalam kelas sangat di perlukan karena
interaksi menjadi poin penting dalam kegiatan belajar mengajar
karena tak hanya siswa saja yang mendapat manfaat namun juga para
guru dalam mencapai tujuan belajar mengajar.
Iis Niawati
ReplyDeleteSemester IV
STAI Yaperi
2019
1. Menurut Dunkin dan Middle teknik pembelajaran mengajar dikelas dibagi menjadi empat variabel interaksi yaitu :
a. variabel pertanda (presage variables) barupa seorang guru yang
punya propesi mengajar melakukan kegiatan mengajar dikelas dalam
rangka menyampaikan pengetahuan kepada siswa.
b. variabel konteks (context variables) berupa peserta didik,
sekolah dan masyarakat punya arti hubungan, keadaan, suasana.
Contexs Variables ini hubungannya dengan adanya perubahan sifat
peserta didik dalam bentuk perubahan sikap dan perilaku setelah
terjadinya proses belajar,
c. variabel proses (process variables) erupa interaksi peserta didik
dengan pendidik artinya, cara, mengolah, menyelesaikan, menyiapkan.
Pengertian proses interaksi peserta didik dengan pendidik adalah
bagaimana caranya dan menyelesaikan sumber belajar.
d. variabel produk (product variables) berupa perkembangan peserta
didik dalam jangka pendek maupun jangka panjang Variabel produk ini
mempunyai pengertian bahwa pembelajaran yang mirip dengan pengajaran
walaupun mempunyai konotasi pengertianya berbeda, tapi dari sisi
pengertian Variabel produk pembelajaran ini mendapatkan hasil dari
produksi kegiatan pengajaran berupa perubahan sikat dan tingkah laku
peserta didik
2. Aspek yang harus dimiliki guru dalam pembelajaran yaitu :
a. Profesional terdiri dari Skill,Knowledge, Attitude
b. Kompetensi terdiri dari Kompetensi Pedagogik,Kompetensi
Personal,Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial
c. kompetensi profesional guru terdiri dari Penguasaan materi ajar,
Kemampuan mengelola pembelajaran, Pengetahuan tentang evaluasi.
3. Guru harus digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh semua murid. sedangkan guru harus ditiru, artinya seorang guru harus menjadi suritauladan dan panutan bagi semua muridnya. Jadi untuk menjadi seorang guru selain harus menguasai pembelajaran tetapi juga harus berwawasan agar tidak salah dalam menyampaikan pesan maupun pembelajaran. Selain dari itu seorang guru juga harus mencontohkan prilaku yang baik agar menjadi tauladan yang baik bagi peserta didik.
4. Syarat standar proses pendidikan terdidir dari :
1. bersifat jelas yaitu Artinya dapat diukur dengan baik dengan cara
mengukur ruang dan waktu, termasuk mengukur berbagai penyimpangan
yang mungkin terjadi.
2. Masuk akal yaitu Berarti dapat diterima oleh jalan pikiran yang
sehat. Masuk akal juga berarti bahwa kegiatan yang ingin dicapai
guru tidak aneh. Masuk akal juga berarti logis, misalnya menetapkan
kurikulum atau membuat RPP sesuai dengan ukuran usia dan Klasnya,
kalau ditetapkan kurikulum terlalu tinggi sehingga akan mustahil
untuk dapat dicapai.
3. Mudah dimengerti Dalam mengajar menggunakan bahasa yang baik dan
benar, bahasa yang baik adalah bahasa yang sesuai dengan situasi.
Bahasa Sebagai alat komunikasi, bahasa harus dapat menunjukan sebuah
pernyataan yang efektif dalam menyampaikan maksud kepada lawan
bicara. Karenanya, bahasa yang dipilih pun harus sesuai. Suatu
standar yang tidak mudah dimengerti, atau rumusan bahasa yang tidak
jelas akan menyulitkan siswa mendengarkan dari seorang guru dikelas.
5. Variabel proses (process variables) berupa interaksi peserta didik dengan pendidik, process artinya, cara, mengolah, menyelesaikan, menyiapkan. Pengertian proses interaksi peserta didik dengan pendidik adalah bagaimana caranya dan menyelesaikan sumber belajar tersampaikan pada suatu lingkungan belajar, karena proses ini pesertadidik, pendidik dan sumber belajar merupakan pelaksanaan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan, karena kegiatan itu harus secara bersama sama dilakukan oleh seorang pendidik dalam satu koridor kegiatan pembelajaran.
Nama:Iis syafitri Al-Fadilah
ReplyDeleteSemester:4
Mata pelajaran:model-model pembelajaran
1.menurut Dunkin dan Biddle (1974:38) berada pada empat variabel interaksi yaitu:
1. variabel pertanda (presage variables) berupa pendidik
2. variabel konteks (context variables) berupa peserta didik, sekolah dan masyarakat
3. variabel proses (process variables) erupa interaksi peserta didik dengan pendidik
4. variabel produk (product variables) berupa perkembangan peserta didik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
2.Aspek yang harus guru kuasai, yaitu :
-Kompetensi Pedagogik
-Kompetensi Profesional
-Kompetensi Sosial
-Kompetensi Kepribadian
Dalam persiapan pembelajaran harus jelas kompetensi dasar yang akan dimiliki oleh peserta didik, apa yang harus dilakukan, apa yang harus dipelajari, bagaimana mempelajarinya, serta bagaimana guru mengetahui bahwa peserta didik telah menguasai kompetensi tertentu. Aspek-aspek tersebut merupakan unsur utama yang secara minimal harus ada dalam setiap persiapan pembelajaran sebagai pedoman guru dalam melaksanakan pembelajaran dan membentuk kompetensi peserta didik.
3.maksud dari Guru digugurkan dan ditiru adalah Bahwa sosok guru itu dapat dipercaya dan ditiru, masyarakat berharap guru sebagai tauladan dan ketika disemodis guru menjadi panutan bagi siswanya.
4.Syarat standar proses pendidikan yaitu masuk akal dan mudah dipahami, maksudnya adalah Dapat diterima oleh jalan pikiran yang sehat, dan dalam mengajar menggunakan bahasa yang baik dan benar.
5.Proses variabel dalam proses pembelajaran menurut saya yaitu kita harus mengidentifikasi variabel kondisi pembelajaran yang memiliki pengaruh utama dalam proses belajar mengajar tersebut.
Nama:Bambang hermawan
ReplyDeleteSoal mata kuliah:Model pembelajaran
Semester :VI
بسم الله الرØÙ…Ù† الرØÙŠÙ…
1.proses pembelajaran berada
dalam empat variabel interaksi, yaitu: 1) variabel pertanda (presage variables)
berupa pendidik; 2) variabel konteks (contex variables) berupa peserta didik;
3) variabel proses (process variables); dan 4) variabel produk (product
variables) berupa perkembangan peserta didik baik dalam jangka pendek
maupun jangka panjang. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal,
maka keempat variabel pembelajaran tersebut harus dikelola dengan baik.
2).aspek pengetahuan,aspek pemahaman,aspek nilai,aspek sikap,aspek minat.
3).Maksudnya adalah seorang guru menjadi panutan bagi setiap peserta didik,baik itu sikap,perkataan,budi pekerti yang baik dll.kalau menurut peribahasa mengatakan "buah tidak akan jatuh dari pohonnya,jadi guru adalah cerminan bagi peserta didiknya
4). Masuk akal juga berarti bahwa kegiatan yang ingin dicapai guru tidak aneh,masuk akal juga berarti bahwa penaungan jalan pikiran seorang guru tidak memberikan gambaran yang mustahil
5).untuk mempermudah para guru untuk memberikan pelayanan belajar dan juga mempermudah bagi siswa untuk memahami materi ajar
Nama : Evi Tapiani
ReplyDeletesemester : IV
Matkul : Model Pembelajaran
1. Proses pembelajaran menurut Dunkin dan Biddle, yaitu
a. variabel pertanda...berupa pendidik atau guru
b.variabek kontek, berupa peserta didik, sekolah dan masyarakat.
c.variabel proses, berupa interaksi antara siswa, guru dan lingkungannya.
d.variabel produk, berupa perkembangan peserta didik.yang berupa jangka pendek maupun jangka panjang.
2.Aspek-aspek yang harus dikuasai oleh seorang guru selama dalam proses pengajaran, yaitu :
- Aspek pendekatan,
yaitu dimana seorang guru harus melakukan pengenalan terhadap siswa nya.
- Aspek pemahaman,
yaitu seorang guru harus tahu situasi kelas dan kondisi peserta didiknya.
- Aspek interaksi
yaitu seorang guru harus pandai interaksi dengan peserta didiknya.
- Aspek pengetahuan, yaitu seorang pendidik harus mempunyai pengetahuan yang lebih dari pesrta didiknya.
3.maksud dari Guru adalah di gugu dan ditiru, yaitu seorang guru merupakan orang yg semua ucapan, prilaku dan tingkah laku nya akan menjadi perhatian semua orang.jadi seorang guru itu akan selalu didengar dan diikuti jejaknya.
4.syarat-syarat standar proses pendidikan,
- bersifat jelas, maksudnya ukuran tentang ruang dan waktu yang harus dibatasi.
-masuk akal, maksudnya bisa diterima oleh siapapun dan dapat diterima oleh akal sehat, tidak bersifat aneh-aneh.
- mudah dimengerti, maksudnya kita harus menggunakan bahasa yang baik dan benar.
5.variabel proses dalam proses pembelajaran yaitu berupa interaksi peserta didik dengan pendidik. pada variabel proses ini terjalinnya hubungan antara seorang guru dengan siswa yang saling melengkapi satu sama lain.guru sangat berperan penting dalam proses pembelajaran.
Nama : Herlin Triana
ReplyDeleteSemester IV
Mata pelajaran : Model Pembelajaran
1. Teknik pembelajaran menurut Dunkin' dan Biddle jika mengajar dalam kelas itu ada 4 Variabel interaksi, yaitu :
√Variabel Pertanda ( Pendidik )
√Variabel Konteks ( Peserta didik )
√Variabel Proses
√Variabel Produk
2.Aspek yang harus guru kuasai, yaitu :
-Kompetensi Pedagogik
-Kompetensi Profesional
-Kompetensi Sosial
-Kompetensi Kepribadian
3.maksud dari Guru digugurkan dan ditiru adalah Bahwa sosok guru itu dapat dipercaya dan ditiru, masyarakat berharap guru sebagai tauladan dan ketika disemodis guru menjadi panutan bagi siswanya.
4.Syarat standar proses pendidikan yaitu masuk akal dan mudah dipahami, maksudnya adalah Dapat diterima oleh jalan pikiran yang sehat, dan dalam mengajar menggunakan bahasa yang baik dan benar.
5.Menurut saya itu sangat penting dalam ajar mengajar,guru harus punya cara dalam menyelesaikan masalah murid'a dengan cara komunikasi yg lancar.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteNama : Siti Halimatu Ahmadiyah Nurawaliyah
ReplyDeleteMata kuliah : Model Pembelajaran
Semester : IV
1. Menurut Dunkin Dan Biddle berada PADA empat dalam variabel Interaksi Yaitu:
- variabel pertanda (variabel pertanda) terdiri dari pendidik
-variabel konteks (variabel konteks) yang terdiri dari peserta didik, sekolah dan masyarakat
-variabel proses (variabel proses) interaksi peserta didik dengan pendidik
-variabel produk (variabel produk) perkembangan peserta didik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
2.harus ada aspek untuk mencapai nilai yang objektif diantaranya :
-aspek pendekatan
-aspek pemahaman
-aspek interaksi
-aspek pengetahuan
3. Sebagai guru harus ditiru , guru harus menjadi suritauladan dan panutan untuk semua muridnya. Akan tetapi banyak yang bisa dilihat, guru yang tidak memiliki kepribadian yang baik itu akan memberikan kesan kepada siswa menjadi pendidik yang kasar dan keras dengan kebutuhan yang tidak layak dijadikan panutan. Harus digali segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa disetujui dan disampaikan sebagai kebenaran oleh semua siswa .
4.. Syarat standar proses pendidikan = dalam pembelajaran harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan percakapan dan mudah dipahami agar tidak menyulitkan siswa dalam mendengarkan atau memahami dari seorang guru.
5. Dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan atau mencapai suatu pembelajaran dengan baik dan harus saling berkaitan antar guru dan siswa
Nama: Limah nurhalimah
ReplyDeleteSemester :lV
1., Proses pembelajaran atau pengajaran kalas (Classroom teaching) menurut Dunkin dan Biddle (1974:38) berada pada empat variabel interaksi yaitu:
variabel pertanda (presage variables) berupa pendidik
variabel konteks (context variables) berupa peserta didik, sekolah dan masyarakat
variabel proses (process variables) erupa interaksi peserta didik dengan pendidik
variabel produk (product variables) berupa perkembangan peserta didik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
2., Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya,
Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran,
Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda,
Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya,
Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik,
Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarjinalkan (tersisihkan, diolok‐olok, minder, dsb).
3.harus d gugu artinya segala sesuatu yg d sampaikn oleh nya senantiasa d percaya dan d yakini sebagai kebenaran oleh semua murid.
D tiru artinya seorang guru harus menjadi suri tauladan (panutan) bagi semua murid nya.
4.Syarat Standar
1. Bersifat jelas,
Artinya dapat diukur dengan baik dengan cara mengukur ruang dan waktu, termasuk mengukur berbagai penyimpangan yang mungkin terjadi;
2. Masuk akal,
Berarti dapat diterima oleh jalan pikiran yang sehat. Masuk akal juga berarti bahwa kegiatan yang ingin dicapai guru tidak aneh. Masuk akal juga berarti bahwa penuangan jalan pikiran seorang guru tidak memberikan gambaran yang mustahil.
Masuk akal juga berarti logis, misalnya menetapkan kurikulum atau membuat RPP sesuai dengan ukuran usia dan Klasnya, kalau ditetapkan kurikulum terlalu tinggi sehingga akan mustahil untuk dapat dicapai, bukan saja sulit dimanfaatkan tetapi juga akan menimbulkan frustasi bagi para pelaksana;
3. Mudah dimengerti,
Dalam mengajar menggunakan bahasa yang baik dan benar, bahasa yang baik adalah bahasa yang sesuai dengan situasi. Bahasa Sebagai alat komunikasi, bahasa harus dapat menunjukan sebuah pernyataan yang efektif dalam menyampaikan maksud kepada lawan bicara. Karenanya, bahasa yang dipilih pun harus sesuai. Suatu standar yang tidak mudah dimengerti, atau rumusan bahasa yang tidak jelas akan menyulitkan siswa mendengarkan dari seorang guru dikelas;
5., ini hubungannya dengan adanya perubahan sifat peserta didik dalam bentuk perubahan sikap dan perilaku setelah terjadinya proses belajar, misalnya jika seorang guru mengajarkan Mata pelajaran Olahraga, maka yang dtuntut terjadinya perubahan adalah seorang siswa bangun pagi sebelum berangkat kesekolah untuk berolah raga lebih dulu untuk memelihara kesehatan dan kebugaran fisik, begitu juga untuk sekolah dan masyarakat tinggal mengikutinya, karena perubahan kebiasaan individu akan membawa atau berdampak menjadi perubahan seluruhnya.
[20/3 13:46] Bunda: Nama : ani fitriani
ReplyDeleteSoal kuliah :model pembelajaran
Semester : 4
Jawaban
1.variabel pertanda (presage variabel )berupa pendidik
2. Variabel konteks( contex pariabel ) berupa peserta didik sekolah dan masyarakat
3. Variable proses ( proces variable )berupa intraksi peserta didik dan pendidik
4. Variabel produk ( product varible )berupa perkembangan peserta didik dalam jangka pendek maupun jangka panjang .
2. Dasar mengajar yang harus di kuasai guru
* guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru, begitulah falsafah yang sering kita dengar.Program kelas tidak akan berarti bilamana tidak diwujudkan menjadi kegiatan.
1.keterampilan Bertanya
“Bertanya” adalah bahasa verbal untuk meminta respon siswa baik berupa pengetahuan, pendapat, atau pun sekedar mengembalikan konsentrasi siswa yang terdestruc oleh berbagai kondisi selama KBM berlangsung
Keterampilan memberikan penguatan
Penguatan (reinforcement) adalah segala bentuk respons, baik bersifat verbal maupun non verbal, yang merupakan bagian dari modifikasi tingkah laku guru terhadap tingkah laku siswa, bertujuan memberikan informasi atau umpan balik (feed back) bagi si penerima (siswa), atas perbuatannya sebagai suatu dorongan atau koreksi.
Keterampilan mengadakan variasi
“Variasi” dalam kegiatan belajar mengajar dimaksudkan sebagai perubahan dalam proses interaksi belajar mengajar.
2.Keterampilan memberikan penguatan
Penguatan (reinforcement) adalah segala bentuk respons, baik bersifat verbal maupun non verbal, yang merupakan bagian dari modifikasi tingkah laku guru terhadap tingkah laku siswa, bertujuan memberikan informasi atau umpan balik (feed back) bagi si penerima (siswa), atas perbuatannya sebagai suatu dorongan atau koreksi.
3.keterampilan mengadakan variasi
“Variasi” dalam kegiatan belajar mengajar dimaksudkan sebagai perubahan dalam proses interaksi belajar mengajar.
4.Keterampilan menjelaskan
“Menjelaskan” adalah menyajikan informasi secara lisan, dengan sistematika yang runut untuk menunjukkan adanya korelasi/hubungan antara yang satu dengan yang lainnya.
5.Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
a. Membuka Pelajaran
Yang dimaksud dengan membuka pelajaran (set induction) ialah usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam proses KBM untuk menciptakan prokondusi bagi siswa agar mental maupun perhatian terpusat pada apa yang akan dipelajari,
3.guru dalam mengajar harus digugu dan ditiru .di gugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh semua murid. Sebagai guru harus ditiru, artinya seorang guru harus menjadi suri tauladan (panutan) bagi semua
4.syarat proses standar pendidikan
1. bersifat jelas
Artinya dapat diukur dengan baik dengan cara mengukur ruang dan waktu, termasuk mengukur berbagai penyimpangan yang mungkin terjadi;
2. Masuk akal,
Berarti dapat diterima oleh jalan pikiran yang sehat. Masuk akal juga berarti bahwa kegiatan yang ingin dicapai guru tidak aneh. Masuk akaljuga berarti bahwa penuangan jalan pikiran seorang guru tidak memberikan gambaran yang mustahil.
3.Mudah dimengerti,
Dalam mengajar menggunakan bahasa yang baik dan benar, bahasa yang baik adalah bahasa yang sesuai dengan situasi.
5.pembelajaran yang titik awalnyapada perbaikan proses pembelajaran atau pada variabel metode pembelajaran Strategi mikro mengacu metode untuk mengorganisasi isi pembelajaranyang hanya satu konsep.
Nama : Siti Maspupah
ReplyDeleteSemester: lV (empat)
1.a. Kompetensi substansi materi pembelajaran atau penguasaan materi
pelajaran
b. Kompetensi metodologi pembelajaran artinya, jika guru menguasai
materi pelajaran, diharuskan juga menguasai metode pengajaran
sesuai dengan kebutuhan materi ajar yang mengacu pada prinsip
pedagogik, yaitu memahami karakteristik peserta didik.Jika metode
dalam pembelajaran tidak dikuasai, maka penyampaian materi ajar
menjadi tidak maksimal.Metode yang digunakan sebagai strategi
yang dapat memudahkan peserta didik untuk menguasai ilmu
pengetahuan yang diberikan oleh guru
2.a. Aspek pendekatan dalam
pembelajaran.
b. Aspek strategi dan taktik dalam
pembelajaran.
c aspek metode dan teknik dalam
Pembelajaran.
d. Prosedur pembelajaran.
3._diguguru artinya segala sesuatu yang di sampaikan oleh guru senantiasa di percaya dan di yakini sebagai kebenaran oleh semua murid
_di tiru artinya seorang guru harus menjadi suri tauladan (panutan) bagi semua muridnya
4. Syarat Standar
1. Bersifat jelas,
Artinya dapat diukur dengan baik dengan cara mengukur ruang dan waktu, termasuk mengukur berbagai penyimpangan yang mungkin terjadi;
2. Masuk akal,
Berarti dapat diterima oleh jalan pikiran yang sehat. Masuk akal juga berarti bahwa kegiatan yang ingin dicapai guru tidak aneh. Masuk akal juga berarti bahwa penuangan jalan pikiran seorang guru tidak memberikan gambaran yang mustahil.
Masuk akal juga berarti logis, misalnya menetapkan kurikulum atau membuat RPP sesuai dengan ukuran usia dan Klasnya, kalau ditetapkan kurikulum terlalu tinggi sehingga akan mustahil untuk dapat dicapai, bukan saja sulit dimanfaatkan tetapi juga akan menimbulkan frustasi bagi para pelaksana;
3. Mudah dimengerti,
Dalam mengajar menggunakan bahasa yang baik dan benar, bahasa yang baik adalah bahasa yang sesuai dengan situasi. Bahasa Sebagai alat komunikasi, bahasa harus dapat menunjukan sebuah pernyataan yang efektif dalam menyampaikan maksud kepada lawan bicara. Karenanya, bahasa yang dipilih pun harus sesuai. Suatu standar yang tidak mudah dimengerti, atau rumusan bahasa yang tidak jelas akan menyulitkan siswa mendengarkan dari seorang guru
5.Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan dari seorang pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik tecapai, wujud interaksinya berupa keselarasan penyampaian materi ajar yang bisa diterima oleh peserta didik. Dengan kata lain, interaksi peserta didik
Nama : Karmila Sari
ReplyDeleteSemester : IV
Mata kuliah : Model pembelajaran
Jawaban :
1. Menurut Dunkin & Biddle (Sagala, 2005) bahwa ada 4 variabel interaksi dalam proses pembelajaran/pengajaran kelas, yaitu :
1.> Variabel Pertanda (Presage Variable) berupa pendidik
2.> Variabel Konteks (Context Variable) berupa peserta didik, sekolah dan masyarakat
3.> Variabel Proses (Process Variable) berupa interaksi peserta didik dengan pendidik
4.> Variabel Produk (Product Variable) berupa perkembangan peserta didik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
2. Syaiful Sagala menyebutkan bahwa pembelajaran mempunyai dua aspek yang harus dipersiapkan oleh seorang guru yaitu: Pertama, proses pembelajaran melibatkan proses mental siswa secara maksimal,seorang guru bukan hanya menuntut siswa untuk sekedar mendengar, mencatat, tetapi menghendaki aktivitas siswa dalam proses berpikir.
Kedua, dalam proses pembelajaran seorang guru harus bisa membangun suasana dialogis dan proses tanya jawab terus menerus yang diarahkan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa, yang pada gilirannya kemampuan berpikir itu dapat membantunya untuk memperoleh pengetahuan yang mereka konstruksi sendiri.
3. Harus digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh semua murid. Dan Sebagai guru harus ditiru, artinya seorang guru harus menjadi suri tauladan (panutan) bagi semua muridnya. Akan tetapi banyak kita lihat guru yang yang tidak memiliki kepribadian yang baik, bahkan menjadi pendidik yang kasar dan keras dengan perilaku yang tidak layak dijadikan sebagai panutan. Mungkin selama ini input yang diperoleh guru sebagi pekerjaan sampingan yang tugasnya hanya mengajar tanpa lagi mengesampingkan tugas-tugas lainnya. Padahal tidak harus demikian, sebagai suatu pekerjaan profesional, seorang guru perlu memiliki kompetensi agar bisa dihargai dengan baik.
Sebagai modal dasar dalam mengembangkan tugas dan kewajibannya. Antara lain:
1) Kompetensi personal artinya seorang guru harus memiliki kepribadian yang mantap yang patut untuk diteladani.
2) Kompetensi profesional, artinya seorang guru harus memiliki pengetahuan yang luas, mendalam dari bidang studi yang diajarkannya, memilih dan menggunakan berbagai metode mengajar dalam proses belajar mengajar yang diselenggarakannya.3) Kompetensi sosial, artinya seorang guru harus mampu berkomunikasi baik dengan siswa, sesama guru maupun masyarakat luas.
4. Masuk akal ialah sesuatu yang dapat diterima oleh akal, atau logis.
Sedangkan mudah dipahami ialah sesuatu penjelasan yang tidak berkepanjangan artinya tidak terlalu bertele-tele dijelaskan secara padat dan jelas sesuai dengan apa yang akan dijelaskan.
5. Proses variabel yang nampaknya lebih terinci dan amat memadai sebagailandasan pengembangan suatu teori dan strategi pembelajaran, dikemukakan olehReigeluth, dkk. (1977). Pada mulanya, mereka memperkenalkan empat variabel yangmenjadi titik perhatian ilmuwan.
Nama : YUSUF HAMDANI
ReplyDeleteSemester : IV (Empat)
tanggal : 20-03-2019
mata kuliah : model pembelajaraan
Jawaban :
1. Proses Belajar mengajar merupakan kegiatan utama sekolah menurut dunlin dan bidde proses Pembelajaran berada dalm empat Variabel 1.Variabel Pertanda
2.Variabel Kontens
3.Variabel Proses
4.Variabel Produk
2. dalam Pengajaran ada dua aspek
1.Aspek kognitif adalah untuk mempengaruhi perubahan
2.aspek afektip adalah dalam keterampilan guru dan siswa.
3. Guru dalam bahasa jawa adalah digugu dan ditiru oleh semua peserta didik dan semua murid yang di didik
4. Syarat standar dalam proses pendidikan adalah harus dapat dipahami oleh semua murid dan harus masuk akal dalam kegiatan menganjar atau belajar dalam membuat pr dan soal yang masuk akal oleh semua murid .
5. Variabel menurut saya yaitu belajar dan mendidik murid dan peserta didik yang baru untuk bisa di pahami oleh semua murid yang di didik.
Nama : siti rusmia sofyaningsih
ReplyDeleteSemester 4
Model pembelajaran
1. Ada 4 variabel menurut dunkin dan beddle yaitu :
1.variabel pertanda berupa pendidik
2.variabel konteks berupa peserta didik, sekolah dan masyarakat
3.variabel proses berupa interaksi peserta didik dengan pendidik
4.variabel produk berupa perkembangan peserta didik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
2. Aspek kemahiran , aspek minat , aspek pemahaman , aspek nilai, aspek sikap.
3.segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh semua murid. Dan Sebagai guru harus ditiru.
4. 1. Bersifat jelas,
Artinya dapat diukur dengan baik dengan cara mengukur ruang dan waktu, termasuk mengukur berbagai penyimpangan yang mungkin terjadi;
2. Masuk akal,
Berarti dapat diterima oleh jalan pikiran yang sehat. Masuk akal juga berarti bahwa kegiatan yang ingin dicapai guru tidak aneh.
3. Mudah dimengerti,
Dalam mengajar menggunakan bahasa yang baik dan benar, bahasa yang baik adalah bahasa yang sesuai dengan situasi.
5.variabel proses pembelajaran ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar. Dan peran guru sangat penting dalam proses pembelajaran ini untuk lebih menguasai aspek2 belajar.
nama : amih
ReplyDeletesmester : 4
matkul : model pembelajaran
1. belajar menurut dunkin fan bilde adalah proses pembelajaran seorang guru yang di lakukan pembelajaran di dalam kelas meliputi:
a. variabel pertanda (prasage variabels) meliputi pendidik
b. variabel konteks( contect variabel) mrliputi peserta didik sekolah dan masyarakat.
c. variabel proses ( process variabels) meliputi interaksi peserta didik dengan prndidik
d. variabel produk ( product variabel) meliputi perkembangan peserta didik dalam jangka panjang maupun pendek.
2. aspek yg harus di kuasai guru
a. aspek pemahaman
b. aspek pengetahuan
c. aspek kemahiran
3. harus di gugu artinya segala sesuati yang di sampaikan olehnya senantiasa di percaya dan diyakini kebenarannya oleh semua murid.
harus ditiru artinya seorang guru haris menjadi suri tauladan dan panutan bagi semua muridnya. akan tetapi bnyak yg dapat dilihat guru tidak memiliki kepribadian yg baik itu akan memberikan kesan kepada siswa menjadi pendidik kssar dan keras dengan perilaku yg tidak layak dijadikan sebagai panutan.
4. a. bersifat jelas artinya dapat di ukur dengan baik dengan cara mengukur ruang dan waktu termasuk mengukur berbagai penyimpangan yg mungkin terjadi
b. masuk akal artinya dapat diterima oleh pikiran yang sehat dan penuangan jalan pikiran seorang guru tidak memberikan gambaran yg mustahil
c. mudah di mengerti artinya dalam mengajar harus menggunakan bahasa yang baik dam benar dam sesuai dengan situasi dan kondisi yg ada..
5. variabel proses(proces variables) adalah proses interaksi antara peserta didik dan pndidik dalam menyelesaikan sumber belajar dengan berbagai cara supaya tersampaikan pada lingkungan tersebut.
Nama: Ima Rahmawati
ReplyDeleteSemester : IV
Mata Kuliah :Model Pembelajaran
-JAWABAN-
1.) Menurut Dunkin& Biddle.dalam Proses Pembelajaran / Pengajaran Kelas, yaitu:
a. Variabel Pertanda (Presage Variable) berupa Pendidikan
b. Variabel Konteks (Context Variable) berupa Peserta didik,Sekolah dan Masyarakat
c. Variabel Proses (Process Variable) berupa Interaksi peserta didik dengan pendidik.
d. Variabel Produk (Product Variable) berupa perkembangan peserta didik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
2.)- Aspek Pengetahuan (Knowledge)
- Aspek Pemahaman (Understanding)
- Aspek Kemahiran (Skill)
- Aspek Nilai (Value)
- Aspek Sikap (Attitude)
- Aspek Minat (Interest)
3.) Bahwa sosok guru itu dapat dipercaya dan ditiru, masyarakat berharap guru sebagai tauladan dan ketika disekolah menjadi panutan bagi siswa.
4.) Syarat Proses Pendidikan
- Bersifat Jelas
- Masuk Akal : Peristiwa yang terjadi yang bisa diterima oleh akal sehat.
- Mudah di mengerti: dalam mengajar menggunakan bahasa yang baik dan benar, bahasa Baik adalah yang sesuai dengan situasi.
5.) Variabel Proses (Process Variables)
berupa interaksi peserta didik dengan pendidik artinya Cara, Mengolah, Menyelesaikan, Menyiapkan.