Soal UTS Model Pembelajaran
Tahun 20/21
Tulislah identitasmu;
Nama
: ..................................
Soal Mata Kuliah : Model Pembelajaran
Semester : IV (empat)
Perintah;
- Tulis jawabannya pada kolom komentar, jika sudah selesai klik publish.
- Menjawab dengan redaksi yang sama antar sesama teman atau copy paste langsung akan dianulir.
- jangan lupa mengisi absen.
Soal
- Coba bedakan pengertian kata pendekatan, strategi, tehnik, taktik, metode dan dan model pembelajaran dalam penyusunan RPP.
- Sejak terlahirnya manusia kealam dunia ini sudah
membawa potensi kecerdasan individu masing-masing, pada setiap manusia telah
dianugerahi empat macam type kecerdasan, jelaskan dengan gaya bahasamu sendiri :
-Kecerdasan Fisik atau Tubuh (Physical Intelligence atau Physical Quotient PQ),
-Kecerdasan Mental atau Intelektual (Inteliligence Quotient IQ),
-Kecerdasan Emosional (Emosional Quotient EQ), dan
-Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient SQ)
- Sebenarnya belajar itu apasih menurut kalian?
- Coba jelaskan langkah - langkah apa yang harus dilakukan bagi seorang guru dalam menggunakan fasilitas model pembelajaran kreatif.
- Jelaskan persamaan dan perbedaan mengajar dan mendidik
Nama :Nida Shania
ReplyDeleteSoal mata kuliah :Model pembelajaran
Semester :IV (Empat)
Jawab
1.)
*Pendekatan Pembelajaran berorientasi pada peserta didik lebih banyak melibatkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
* Strategi pembelajaran adalah suatu aktivitas pembelajaran yang harus dikerjakan pendidik dan peserta didik,
*Teknik pembelajaran cara yang dilakukan seseorang guru dalam mewujudkan suatu metode pembelajaran secara lebih spesifik misalnya menggunakan metode ceramah.
*Taktik pembelajaran adalah gaya seorang guru dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual.
*metode strategi pembelajaran, misalnya metode ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, laboratorium, pengalaman lapangan, brainstorming, penugasan, dan debat.
*Model pembelajaran : pendekatan->strategi->metode->teknik dan taktik
2.)
*kecerdasan fisik kemampuan menggunakan kata-kata dengan efektif dan menguasai bahasa,baik lisan maupun tulisan
*emosi itu didasrkan pada kemampuan manusi dalam mengelola emosi dan perasaan.Seseorang yang memiliki Emosi yang buruk walaupun IQ nya besar, dia akan gagal dalam hidupnya dikarenakan tidak mampu mengontrol diri saat menghadapi suatu masalah.
*kecerdasan Spiritual itu kecerdasan yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan hidup yang dihadapi manusia, dituntut untuk kreatif mengubah penderitaan menjadi semangat hidup yang tinggi sehingga penderitaan berubah menjadi kebahagian hidup,
3.)Belajar merupakan proses manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, keterampilan, dan sikap. Usaha untuk mencapai kepandaian atau ilmu merupakan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya, mendapatkan ilmu atau kepandaian yang belum dipunyai sebelumnya.
4.)Dengan kecerdasan intelektual saya bisa berpikir cerdas untuk mencari solusi di setiap masalah, dengan kecerdasan emosional saya bisa mengarhkan potensi kearah yang lebih baik dan dengan kecerdasan spiritual saya bisa mengaktifkan semua kecerdasan yang sebelumnya tidak saya miliki"
5.)Mengajar adalah memberi pelajaran semisal, pelajaran matematika, pelajaran bahasa, pelajaran geografi, agar siswa yang di ajar itu mengetahui dan paham tentang pelajaran yang di ajarkan tadi. Sedangkan mendidik adalah memelihara dan memberi latihan mengenai ahlak dan kecerdasan pikiran.
ULANGAN TENGAH SEMESTER
ReplyDeleteNama : MAULANA AKBAR
Soal Mata Kuliah : Model Pembelajaran
Semester : IV (empat)
1. -Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang terhadap proses pembelajaran yang sifatnya masih umum.
-Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran merupakan cara-cara tertentu yang digunakan secara prosedural dan sistematis dalam suatu aktivitas pembelajaran untuk meningkatkan kualitas hasil dan proses belajar.
-Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan upaya atau cara untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan nyata, agar tujuan yang telah disusun tersebut dapat tercapai secara optimal
-Teknik Pembelajaran
Teknik pembelajaran merupakan cara yang dilakukan seseorang guru dalam mewujudkan suatu metode pembelajaran secara lebih spesifik.
-Model Pembelajaran
Model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga akhir yang disajikan secara khas oleh guru.
2. -1.Kecerdasan Fisik adalah Bagaiamana Manusia Bisa Menjaga Dan Merawat Fisik atau Badan,
-2.Kecerdasan mental atau Intelektual adalah Kecerdasan Umum yang di gunakan untuk mnyalurkan Fikiran yang mencangkup Kemampuan,sperti menalar,merencanakan,memecahkan masalah dan lain lain
-3.Kecerdasan emosional adalah suatu kemampuan untuk menrima atau menilai dan mengontrol emosi dirinya dan orang lain
-4.Kecerdsan Sepiritual adalah kemampuan dirinya untuk mengmbankan diri
3.Belajar menurut Saya adalah Suatu Proses Pengembangan diri yang tadinya Tidak bisa menjadi Bisa dan yang Tadinya Tidak Tahu Menjadi Tahu.
4.Langkah-langkah :
-Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa.
-Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan.
-Membimbing pelatihan.
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik.
-Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan.
5.Persamaan dan perbedaan mengajar dan mendidik yaitu persamaan nya Mengajar dan mendidik sama sama menyampaikan suatu Keilmuan sedangkan perbedaannya mengajar hanya sebatas penyampaian materi atau sebatasi mengajarkan sesuatu keilmuan sedangkan mendidik lebih bersifat keseluruhan tidak hanya mngajari namun mengawasi dan memprhartikan setiap peserta didik
NAMA : YANUAR HERI SAPUTRA
ReplyDeleteSEMESTER : IV (EMPAT)
MATKUL : MODEL-MODEL PEMBELAJARA
1. Perbedaan pengertian kata-kata berikut :
a) Pendekatan : Proses pengenalan.
b) Strategi : Tindakan
c) Teknik : Tindakan kondisional
d) Taktik : Penerapan di lapangan
e) Metode : Cara pelaksanaan
f) Model : Sebuah pola atau ragam
2. Potensi Kecerdasan Individu :
a. Kecerdasan Fisik (Phsycal Intelegency) : adalah kecerdasan atau kemampuan manusia untuk merawat fisik dirinya atau badannya. Sehingga manusia bisa melakukan kegiatan sehari-hari. Karena terhindar dari gangguan-gangguan seperti sakit berat dan lain-lain.
b. Kecerdasan Mental atau intelektual adalah kata lain dari kecerdasan otak. Yang artinya adalah kecerdasan manusia untuk berpikir dan memahami kemudian mengetahui pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat ilmiah, edukatif atau pendidikan. Bisa dikatakan kecerdasan ini adalah Kemampuan logika manusia atau nalar manusia.
c. Kecerdasan Emosional adalah kemampuan manusia menyikapi semua hal dalam kehidupannya sehari-hari. Kemampuan ini berasal dari rasa. Ada juga yang mengatakan dari hati. Intinya kemampuan ini adalah kemampuan manusia dalam memilih sikap yang terbaik untuk semua hal dalam hidupnya.
d. Kecerdasan Spiritual adalah kecerdasan manusia yang muncul dari rasa tanggung jawab manusia menjaga hubungannya dengan Tuhan. Sehingga muncul pola taat dan patuh kepada perintah dan larangan terhadap Agamanya
3. Menurut saya belajar adalah sebuah usaha untuk mencari atau mencapai suatu pengetahuan/ilmu. Saya juga kadang memahaminya sebagai proses perubahan dari saya yang tidak tahu menjadi saya yang tahu. Saya yang kurang paham menjadi paham. Begitu belajar menurut saya.
4. Langkah yang perlu ditempuh untuk mencapai pembelajaran kreatif adalah :
a. Fleksibel : cara pembelajaran yang tidak kaku. Sehingga anak2 bebas berkreasi.
b. Supel atau bersahabat : sangat oenting bagi guru untuk tidak terlalu kaku seperti layaknya guru. Tapi juga bisa memposisikan sebagai sahabat. Yang terpenting tetap menjaga profesionalnya.
c. Suka bereksperimen : untuk mendobrak kreativitas anak perlu adanya waktu-waktu anak untuk terus mencoba apa saja. Sehingga mereka bisa mengeluarkan semua yang ada dipikirannya. Setelah itu siswa akan terbiasa mengeluarkan ide-ide kreatif.
5. Perbedaan mendidik dan mengajar. Sesuai dengan pemahaman saya kalau mendidik artinya adalah mengajarkan atau lebih memeberikan bekal kepada anak-anak. Mendidik bobotnya adalah pembentukan sikap mental/kepribadian bagi anak didik , sedang mengajar bobotnya adalah penguasaan pengetahuan, keterampilan dan keahlian tertentu yang berlangsung bagi semua manusia pada semua usia.
Nama : Siti Halimah
ReplyDeleteMata kuliah : Model Model pembelajaran
Semester : IV Empat
1. Pendekatan : suatu kegiatan dalam proses pendekatan
Strategi : Tindakan
Teknik : penerapan
Taktik : Siasat/Pola Fikir
Metode : Cara
Model : Rancangan
2. Kecerdasan Fisik : lebih mengarah kepada organ tubuh, kebugaran dan lain lain
Kecerdasan mental : berfikir memahami duniawi dan ukhrowi dalam kehidupan sehari-hari
Kecerdasan Emosional : lebih mengarah kepada daya juang, seperti kesabaran, keuletan dll
Kecerdasan spiritual : kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah
3. Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat
4. Untuk membuat metode pembelajaran K.4 atau yang biasa disebut dengan keterampilan maka seorang guru harus menentukan model pembelajaran yang akan di pergunakan lalu di buat juknis nya, dan di informasikan kepada siswa supaya di saat pembelajaran berlangsung seluruh siswa sudah mengerti, harus apa dan bagaimana
5. Persamaan mengajar dan mendidik : bertujuan sama, yaitu untuk mencerdaskan anak bangsa.
Perbedaan
Mengajar : memberikan materi/ pembelajaran kepada siswa supaya siswa dapat memahami materi yang disampaikan
Mendidik : peningkatan kualitas keapada siswa baik secara pengetahuan, pengamalan maupun moralitas.
Nama : Wahyu wardhana
ReplyDeleteSoal Mata Kuliah : Model Pembelajaran
Semester : IV (empat)
1.
Pendekatan adalah rangkaian tindakan yang terpola atau terorganisir dengan berdasarkan prinsip-prinsip tertentu
Strategi adalah kegiatan yang harus dikerjakan oleh guru dan siswa yang bertujuan agar pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien
Teknik adalah cara, upaya dan siasat yang dilakukan oleh seorang guru untuk melaksanakan proses pembelajaran secara optimal kepada murid
Taktik adalah gaya penyajian seorang guru dalam melaksanakan suatu metode pembelajaran
metode adalah cara yang digunakan guru untuk melaksanakan rencana yang telah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran
model adalah bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, maupun teknik pembelajaran
2.
Kecerdasan Fisik (PQ) adalah kecerdasan yang dimiliki oleh tubuh kita, tubuh kita dapat melakukan segala hal tanpa hrus di perintah oleh kita.
IQ adalah kemampuan otak kiri, biasanya orang yg memiliki IQ tinggi, adalah orang2 pemikir, ataupun ilmuwan.
EQ adalah penggabungan otak kiri dan otak kanan, biasanya orang yg memiliki EQ tinggi, mempunyai keekaan sosial, dan juga mampu berkomunikasi dengan sangat baik.
SQ adalah orang yg dapat mencerna dan memahami prinsip2 sejati dari suatu peristiwa atupun keadaan.
3. Belajar adalah suatu perubahan perilaku, tingkah laku, seseorang. Dari yg tidak tau, menjadi tau. Dari yg buruk menjadi baik, dsb.
4.
perilaku berakting untuk membuat siswa merasakan sebuah situasi serta karakter yang dimainkannya
latihan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak dengan berbicara atau menjawab pertanyaan
menghafal dengan cara yang seru seperti menjadi peserta kuis di televisi
Metode ekosistem untuk pelajaran sains, flash card untuk Bahasa Inggris, atau berbagai bentuk bangun untuk pengajaran matematika
5. Mengajar adalah menjadikan siswa sebagai wadah kosong... Dsni guru sebagai tokoh utama
Sedangkan kalo mendidik adalah menjadikan guru hanya sebagai fasilitator, murid diarahkan untuk berfikir luas, menalar, dll
Nama : Dede Rakhman
ReplyDeleteSemester : IV
Mata kuliah : model model pembelajaran
1.a.Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
B.strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
C.metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
D.teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
E.taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual.
F.model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.
2.A.kecerdasan fisik adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan untuk:
Mengontrol gerakan anggota tubuh untuk menghasilkan gerakan tubuh yang gesit dan cekatan.
Mampu berkomunikasi dengan bahasa tubuh Body Language sesuai dengan apa yang ingin Anda sampaikan.
Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.
Menirukan gerakan tubuh orang lain
Mempelajari dan menguasai secara cepat gerakan, olah raga atau tarian tertentu.
B.Kecerdasan intelektual adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, daya tangkap, dan belajar
C.Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan.
D.Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif.
3.Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons.
4.contoh langkah pembelajaran kreatif menggunakan Jigsaw.
Model pembeajaran ini termasuk pembelajaran koperatif dengan sintaks sepeerti berikut ini. Pengarahan, iformasi bahan ajar, buat kelompok heterogen, berikan bahan ajar (LKS) yang terdiri dari beberapa bagian sesuai dengan banyak siswa dalam kelompok, tiap anggota kelompok bertugas membahasa bagian tertentu, tuiap kelompok bahan belajar sama, buat kelompok ahli sesuai bagian bahan ajar yang sama sehingga terjadi kerja sama dan diskusi, kembali ke kelompok aasal, pelaksnaa tutorial pada kelompok asal oleh anggotan kelompok ahli, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.
5.Persamaan Mendidik dan Mengajar.
Mendidik dengan mengajar memiliki persamaan sama-sama mentransfer sesuatu kepada orang lain untuk menjadi lebih baik dan mengetahuinya.
Perbedaan mengajar dan mendidik.
MENGAJAR” adalah memberi pelajaran semisal, pelajaran matematika,memberi pelajaran bahasa, memberi pelajaran geografi, agar siswa yang di ajar itu mengetahui dan paham tentang bahan yang di ajarkan tadi. Sedangkan “ Mendidik '' adalah memelihara dan memberi latihan mengenai ahklak dan kecerdasan pikiran.
Nama : Neng syifa Nurullita
ReplyDeleteSemester : IV
Mapel : model pembelajaran
1.Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. ... Metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan. Teknik dan taktik mengajar merupakan penjabaran dari metode pembelajaran.
2. ▪kecerdasan fisik adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan untuk Mengontrol gerakan anggota tubuh untuk menghasilkan gerakan tubuh yang gesit dan cekatan.
▪ kecerdasan intelektual merujuk pada potensi yang dimiliki oleh individu untuk mempelajari sesuatu lewat alat-alat berpikir. Kecerdasan ini dapat dinilai dari kemampuan verbal dan logika berpikir seseorang. Konsep ini pertama kali diutarakan oleh Alfred Binet.
▪ kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan.
▪kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif. SQ merupakan fasilitas yang membantu seseorang untuk mengatasi persoalan dan berdamai dengan persoalannya itu.
3.Menurut saya pribadi belajar adalah jalan untuk kita memperluas pengetahuan kita. Mulai dari pengetahuan yg belum kita pelajari dan yang belum kita fahami.Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons.
4. Untuk menggunakan model pembelajaran secara kreatif yang pertama guru harus selalu mempunyai ide yang fresh sehingga anak murid tidak merasa bosan di kelas.Seorang guru idealnya selalu mendapatkan ide baru yang membawa manfaat pada aktivitas bagi siswa pada aktivitas mengajarnya. Inilah sebabnya guru perlu meluangkan waktu untuk menambah wawasan agar mempunyai banyak referensi inovatif untuk kegiatan belajar mengajar.
Harus tampil beda, supel, cekatan, fleksibel, menyenangkan.
5. Mengajar adalah memberi pelajaran semisal, pelajaran matematika, pelajaran bahasa, pelajaran geografi, agar siswa yang di ajar itu mengetahui dan paham tentang pelajaran yang di ajarkan tadi. Sedangkan mendidik adalah memelihara dan memberi latihan mengenai ahlak dan kecerdasan pikiran. Persamaannya sama sama memberikan ilmu kepada pendidik
Nama : Siti Hamidah
ReplyDeleteSemester : IV
1) -Pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang terhadap proses pembelajaran yang sifatnya masih umum
-strategi yaitu tindakan suatu aktivitas pembelajaran yang harus dikerjakan pendidik dan peserta didik
-Tekhnik yaitu membuat sesuatu dengan cara kenyamanan
-Taktik yaitu Penerapan gaya seorang guru dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual.
-Metode pembelajaran merupakan upaya atau cara untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan nyata, agar tujuan yang telah disusun tersebut dapat tercapai secara optimal.
2) - Kecerdasan fisik atau tubuh yaitu lebih mengarah kepada organ tubuh,otot, dan kebugaran seseorang
- Kecerdasan mental intelektual yaitu berfikir untuk memahami baik dalam kegiatan sehari-hari dalam kecerdasan
- Kecerdasan emosional mampu untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya.
-kecerdasan spiritual mampu membantu seseorang untuk mengatasi persoalan dan berdamai dengan persoalannya itu.
3)belajar itu suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari.
4)-membuat metode
-membuat model
-memperaktikan
5)-Perbedaan
Mengajar adalah memberi pelajaran, semisal pelajaran matematika, memberi pelajaran bahasa, memberi pelajaran geografi agar siswa yang diajar itu mengetahui dan paham tentang bahan yang di ajarkan tadi. Sedang mendidik adalah memelihara dan memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.
-Persamaan yaitu sama-sama memberikan pengetahuan
Nama: Siti Nurfadilah
ReplyDeleteMata Kuliah : Model pembelajaran
Semester : IV (empat)
Jawaban
1) -Pendekatan yaitu ada suatu kegiatan dalam proses pendekatan
- Strategi yaitu Tindakan. Yaitu tindakan yang dilakukan oleh seoarang guru pada saat mengajar atau pada saat di dalam kelas
- Tehnik yaitu penerapan yang tepat
- Taktik yaitu pola pikir atau naluri seorang guru untuk mengubah metode agar siswa tidak bosan/mengantuk
- Metode yaitu Cara
- Model yaitu rancangan atau desain pembelajaran
2) - Kecerdasan fisik atau tubuh yaitu lebih mengarah kepada organ tubuh,otot, dan kebugaran seseorang
- Kecerdasan mental intelektual yaitu berfikir untuk memahami baik dalam kegiatan sehari-hari dalam kecerdasan
- Kecerdasan emosional yaitu kemampuan seseorang untuk mengelola dan mengontrol emosi dirinya dan orang lain disekitarnya.
- Kecerdasan Spiritual yaitu kemampuan seseorang untuk memecahkan dan menghadapi persoalan kehidupan,dan dapat mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai yang positif
3) Belajar menurut saya itu suatu perubahan seseorang yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, yang tadinya tidak tahu menjadi tahu dengan cara membaca atau belajar dari seseorang yang sudah pandai
4) Pertama yang harus di lakukan seorang guru yaitu menentukan metode, lalu guru harus menyiapkan model pembelajaran setelah itu guru membuat teknis pembelajaran dan disampaikan kepada siswa agar siswa memahami materi yang akan di praktekkan
5) perbedaannya yaitu Mengajar adalah memberikan pelajaran yang formal kepada siswa seperti pelajaran fisika,matematika,pelajaran bahasa agar siswa itu mengetahui dan paham tentang pelajaran yang di pelajari. Sedangkan Mendidik yaitu meningkatkan kualiatas kepada peserta didik baik secara formal maupun informal.
Persamaannya yaitu sama-sama memberikan pengetahuan kepada siswa.
Nama : Novia Rahmawati
ReplyDeleteSemester : 4 ( empat )
mata kuliah : model pembelajaran
tanggal/hari : rabu,7 april 2021 ( UTS )
jawaban :
1. Pendekatan : adanya suatu proses kegiatan dalam bentuk belajar sehingga membuahkan hasil dan tujuan pun tercapai.
Strategi : tindakan seorang guru kepada siswanya
Tehnik : membuat sesuatu dengan cara kenyamanan anak itu sendiri
Metode : cara seorang guru dalam melakukan pembelajaran kepada siswanya
Model : penggunaan pasilitas saat sedang belajar
2. kecerdasan fisik/tubuh : kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan untuk mengontrol gerakan anggota tubuh untuk menghasilkan gerakan tubuh yang cekatan dan gesit
kecerdasan mental : untuk menata perasaan dan mengenali orang,melihat,dan mendengar
kecerdasan emosional : kemampuan seseorang untuk menerima,menilai,mengelola serta mengontrol emosi dirinya dan orang lajn disekitarnya
kecerdasan spiritual : kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui ciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif
3. Belajar adalah suatu kegiatan yang diberikan kepada anak dengan perubahan"an perilaku dari pengalaman atau latihan yang diperkuat
4. a. Merangsang daya imajinasi
b. Harus mendorong ungkapan pribadi
c. Mengusahakan suasana seperti bermain dan mengajar
d. Mendorong berfikir kreatif
5.Persamaan : Sama" memberikan ilmu,pemahaman dan pengalaman tentang pemebalajan yang telah di ajarkan
Perbedaan : Pemberian terhadap siswa menganggap otak siswa kosong
Nama:suhaeti
ReplyDeleteSemester: empat
(UTS)
1.-pendekatan artinya titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran.
-Strategi artinya pendekatan atau tindakan yg d lakukan saat dalam belajar.
-tehnik artinya penerapan yg tepat
-taktik artinya naluri untuk mengubah
-metode artinya cara atau menyesuaikan dengan mata pelajaran
-model artinya rencana atau desayin pembelajaran sebelum mulai mengajar
2. a-potensi fisik berkaitan dengan otot badan kebugaran otak dan mental
-otak meliputi mental.
Contohnya: kita akan d cubit dan seblum d cubit kita sudah merasakan sakitnya. D sini otak sudah memerintahkan mental merasakan sakitnya.
B.-potensi mental berkaitan dengan berfikir tentang duniawi mau pun akhirat.
C. -potensi emosional ialah: untuk menata perasaan dan megenalai(melihat.mendengar)
D. -potensi spiritual adalah semangat. /alam bawah sadar
-alam sadar 12%
-alam bawah sadar 88%
3.belajar: suatu kegiatan merubah yg tadinya tidak tahu menjadi tahu. Dan yg tadinya tidak bisa menjadi bisa. Yg tadinya tidak mengerti menjadi faham / mengerti. Karena kita memerlukan perubahan.
4.-merangsang daya imajinasi
-harus mendorong ungkapan pribadi (berkaitan dengan ide)
-mengusahakan suasana seperti bermain dan mengajar.
-mendorong berfikir kreatif.
5.mengajar: suatu kegiatan yg d berikan kepada anak dengan harapan suatu perubahan- perubahan
Mendidik: tindakan prilaku yg tercipta karena pengetahuan /kebiasaan
Nama:Novi Wulandari
ReplyDeleteSemester 4
Mata kuliah:model-model pembelajaran
Jawaban
1. Pendekatan yaitu suatu kata yg di ambil dari kata dekat kegiatan pengenalan dalam suatu awal kepada peserta didik mengenal pengajarnya agar tercapainya suatu pendekatan dalam kegiatan belajar
Strategi yaitu tindakan selanjutnya yang kita atur untuk peserta didik setelah pendekatan agar misi kita tercapai dalam proses pembelajaran
Tekhnik membuat sesuatu kenyamanan bagi murid dalam belajar
Model rancangan yg dibuat pengajar dalam pembelajaran menggunakan fasilitas yg dimiliki guru
2. Kecerdasan fisik atau tubuh berhubungan dengan kemampuan untuk mengontrol gerak tubuh manusia,fisik yg dimiliki manusia seimbang dengan mentalnya juga (anotomi tubuh)
Kecerdasan mental atau intelektual suatu potensi untuk berfikir untuk memahami baik atau buruknya dalam kegiatan sehari hari
Kecerdasan emosional kecerdasan manusia dalam menata dan mengatur perasaannya dalam berhubungan terhadap banyak orang maupun dengan dirinya
Kecerdasan spritual yaitu potensi manusia dalam mengaktifkan alam sadar dan alam bawah sadar secara bersamaan
3.belajar yaitu suatu perubahan dalam berfikir tentang dirinya dan berfikir untuk orang lain dan Terdapat peningkatan kualitas individu.
4.a.merangsang daya imajinasi murid
b.dalam kreatif harus mendorong ungkapan pribadi ( daya fikir)
C. Mengusahakan suasana seperti bermain dan mengajar
D. Mendorong berfikir kreatif
5. Persamaan persamaan dan pendidikan yaitu sama sama proses dalam belajar
Perbedaannya mengajar yaitu berpusat materi dari guru,guru mendominasi suatu kelas sedangkan mendidik murid dan guru menjadi 1 agar saling aktif adanya timbal balik antar keduanya
Assalamualaikumwrwb.Nama :Nununuryadi.
ReplyDeleteSemester : 4
No
1. Pembuatan rpp..
Pendekatan, kegiatan, proses, kenali tujuan.
Strategi: tindakan agar tujuan tercapai.
Teknik : penerapan.
Taktik : mengubah.
Metode : cara
Model : rancangan / pola.
2. Kecerdasan idividiual.
¹.Kecerdasan secara pisik ialah, kecerdasan yg berhubungan dengan kemamampuan untuk mengontrol gerakan tubuh.
². Kecerdasan mental atau intelektual ialah secara umum untuk menjelaskan silat, pikiran yg mencakup sejumalah kemampuan, sperti kemampuan menalar.
³ kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang utk menerima, menilai, mengelola serta mengontrol emosi dirinya dan org lain.
⁴ . kecerdasan spritual ialah kemampuan yg dapat membantu seseorang mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan .
3.Pembelajaran adalah hal yg paling spesipik yg harus di capai oleh setiap pendidik dalam kegiatan pembelajaran kepada setiap didik nya dalam kurun tertentu.
4. Langkah guru dalam menggunakan pasilitas pembelajaran model kreatif.
¹. Harus dapat memanfaatkan media teknologi.
². Membuat sebuah pembelajaran online
³. Membuat anak didik utk tetap berkonsentrasi.
⁴. menyampaikan nasehat dengan baik kepada anak didik.
5. Mengajar adalah penguasaan, pengetahuan, keterampilan dan keahlian tertentu yg berlangsung pada setiap manusia dan untuk semua usia.
Mendidik adalah pembentukan sikap mental, keprobadian anak didik.
Mohon maaf pak guru/ dosen hanya itu yg bisa isi kurang lebih nya mohon maaf.
Nama : siti jamilah
ReplyDeleteSemester : 4
Mata kuliah : model model pembelajaran
Jawaban:
1. Pendekatan : kegiatan
Strategi : tindakan
tekhnik : penerapan
taktik : mengubah
Metode : cara
Model : Rancangan/pola
2. Kecerdasan fisik atau tubuh dapat diartikan sebagai kemampuan anggota tubuhnya untuk memiliki gerakan yang gesit.
Kecerdasan mental atau intelektual adalah kemampuan daya berfikir seseorang tentang pengetahuan yang meliputi pemahaman bahasa, memecahkan masalah, dsb.
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengontrol emosinya sendiri dan orang lain di sekitar nya.
Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan dalam dirinya ( jiwanya) untuk mengembangkan dirinya secara utuh dalam menerima hal hal yang positif. Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya, mampu menghadapi penderitaan.
3. Belajar menurut pendapat saya adalah transfer ilmu dari yang tahu kepada orang yang tidak tahu.
4. Langkah langkah
- membangun suasana yang harmonis agar siswa berfikir kreatif.
- guru mulai memberi materi yang menggunakan teknik teknik untuk menuju ke arah ide ide yang baru.
- guru mengevaluasi dan menyimpulkan materi yang telah di sampaikan.
5. Perbedaan mengajar dan mendidik adalah mengajar hanya sebagai transfer ilmu atau memberikan pengetahuan sedangkan mendidik lebih ke arah akhlak yang baik. Persamaan dari mengajar dan mendidik adalah sama sama mentransfer sesuatu kepada orang lain untuk mengetahui ilmu dan menjadi lebih baik.
Nama : siti jamilah
ReplyDeleteSemester : 4
Mata kuliah : model model pembelajaran
Jawaban:
1. Pendekatan : kegiatan
Strategi : tindakan
tekhnik : penerapan
taktik : mengubah
Metode : cara
Model : Rancangan/pola
2. Kecerdasan fisik atau tubuh dapat diartikan sebagai kemampuan anggota tubuhnya untuk memiliki gerakan yang gesit.
Kecerdasan mental atau intelektual adalah kemampuan daya berfikir seseorang tentang pengetahuan yang meliputi pemahaman bahasa, memecahkan masalah, dsb.
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengontrol emosinya sendiri dan orang lain di sekitar nya.
Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan dalam dirinya ( jiwanya) untuk mengembangkan dirinya secara utuh dalam menerima hal hal yang positif. Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya, mampu menghadapi penderitaan.
3. Belajar menurut pendapat saya adalah transfer ilmu dari yang tahu kepada orang yang tidak tahu.
4. Langkah langkah
- membangun suasana yang harmonis agar siswa berfikir kreatif.
- guru mulai memberi materi yang menggunakan teknik teknik untuk menuju ke arah ide ide yang baru.
- guru mengevaluasi dan menyimpulkan materi yang telah di sampaikan.
5. Perbedaan mengajar dan mendidik adalah mengajar hanya sebagai transfer ilmu atau memberikan pengetahuan sedangkan mendidik lebih ke arah akhlak yang baik. Persamaan dari mengajar dan mendidik adalah sama sama mentransfer sesuatu kepada orang lain untuk mengetahui ilmu dan menjadi lebih baik.
Nama : ika gandriasih
ReplyDeleteSemester : IV
Matkul : model pembelajaran
1.✓Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran.
✓Strategi = adalah suatu perencanaan atai penentuan sesuatu.
✓Taktik = naluri untuk mengubah
✓Tehnik = yaitu suatu kiat atau siatan penemuan di gunakan untuk menyelesaikan sesuatu.
✓Metode : rangkaian penyelesaian suatu materi yg meliputi segala pembelajaran yg di lakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yg di gunakan secara lngsung maupun tdak langsung dlm proses belajr mengajar
✓Model : desain pembelajaran pola
2.✓kecerdasan fisik = org yg seimbang fisik dan mental, dan berkaitan dengan otot badan, kebugaran otak dan mental.
✓kecerdasan emosional = untuk menata perasaan dan mengenali , melihat, dan mendengar
✓kecerdasan spiritual = adalah semangat ( alam sadar 12% dan bawah sadar 88% )
3. Belajar adalah melatih suatu pengetahuan seseorang yg tidak tauu menjadi tau. Dan untuk menambah wawasan dan perubahan .
4. ✓merangsang daya imajinasi
✓ harus mendorong ungkapan pribadi ( berkaitan dengan ide )
✓ Memgusahakan susana seperti bermain dan mengajar
✓ mendorong berfikir kreatif
5.Persamaan mengajar dan mendidik adalah sama² memberikan ilmu dengan cara penyamapian yg berbeda.
Perbedaan mengajar dan mendidik adalah sama² memberikan pengetahuan dan mendidik lebih ke arah sopan satun dan berkahlak yang baik.
Nama :siti Rukoyah
ReplyDeleteSemester:4
Matkul:model pembelajaran
1.pedekatan
Sudut pandang kita kita terhadap proses pembelajar dengan cara itu memudahkan kita mngetetahui apa yang kita lakukan terlebih daluhu dan memudahkan kan kita melaksanakan pembelajaran.
Strategi adalah perencanaan yang berisi tentang kegiatan disusun untuk mencapai tujuan tertentu.
Tehnik yaitu cara yang kita lakukan dalam rangka mengimplementasikan suatu metode.
Taktik adalah cara yang bersifat spesifik yang dilakukan untuk menerapkan strategi yang dipilih
2.fisik atau tubuh adalah orang yang seimbang fisik dan memtal dan betkaitan dengan otot badan kebugaran otak dan mental
Kecerdasan emosional untuk menata perasaan dan mengenali melihat dengan benar
Keserdasan spiritual adalah semangat(alam adar 12% dan bawah sadar 88%)
3.belajar adalah cara kita untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan meningkatkan daya ingat dan serta mengasah otak agar lebih pintar.
4.merangsang daya imajinasi
Mengajak si anak" untuk membayangkan suatu gambaran invisi suatu petunjuk
Ilham:petunjuk
Dalam kratifitas harusampu memdorong ungkapan pribadi.
Mgusahakan suasana seperti bermain dan mngajar
Mendorong berfikir kreatif
5.persamaan sama" mmberikan pelajaran agar anak dapat mengetahui dan memahami apa yang dipelajari
Perbedaan mengajar memberi pelajaran misalnya matematika
Mendidik memelihara dan memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.
Nama : Ma'mun Maulana
ReplyDeleteSemester : 4
Mata kuliah : model pembelajaran
Jawaban
1. Pendekatan : kegiatan
Strategi : tindakan
tekhnik : penerapan
taktik : mengubah
Metode : cara
Model : Rancangan/pola
2. Kecerdasan idividiual.
¹.Kecerdasan secara pisik ialah, kecerdasan yg berhubungan dengan kemamampuan untuk mengontrol gerakan tubuh.
². Kecerdasan mental atau intelektual ialah secara umum untuk menjelaskan silat, pikiran yg mencakup sejumalah kemampuan, sperti kemampuan menalar.
³ kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang utk menerima, menilai, mengelola serta mengontrol emosi dirinya dan org lain.
⁴ . kecerdasan spritual ialah kemampuan yg dapat membantu seseorang mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan .
3.belajar: suatu kegiatan merubah yg tadinya tidak tahu menjadi tahu. Dan yg tadinya tidak bisa menjadi bisa. Yg tadinya tidak mengerti menjadi faham / mengerti. Karena kita memerlukan perubahan.
4.-merangsang daya imajinasi
-harus mendorong ungkapan pribadi (berkaitan dengan ide)
-mengusahakan suasana seperti bermain dan mengajar.
-mendorong berfikir kreatif.)
Pertama yang harus di lakukan seorang guru yaitu menentukan metode, lalu guru harus menyiapkan model pembelajaran setelah itu guru membuat teknis pembelajaran dan disampaikan kepada siswa agar siswa memahami materi yang akan di praktekkan.
5.
Nama mahasiswa:Ivania Rismawati Rahayu
ReplyDeleteSemester:IV(Empat)
1. Pendekatan : kegiatan
Strategi : tindakan
tekhnik : penerapan
taktik : mengubah
Metode : cara
Model : Rancangan/pola
[7/4 15.29] +62 896-3001-4275: 2. Kecerdasan idividiual.
¹.Kecerdasan secara pisik ialah, kecerdasan yg berhubungan dengan kemamampuan untuk mengontrol gerakan tubuh.
². Kecerdasan mental atau intelektual ialah secara umum untuk menjelaskan silat, pikiran yg mencakup sejumalah kemampuan, sperti kemampuan menalar.
³ kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang utk menerima, menilai, mengelola serta mengontrol emosi dirinya dan org lain.
⁴ . kecerdasan spritual ialah kemampuan yg dapat membantu seseorang mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan .
: 3.belajar: suatu kegiatan merubah yg tadinya tidak tahu menjadi tahu. Dan yg tadinya tidak bisa menjadi bisa. Yg tadinya tidak mengerti menjadi faham / mengerti. Karena kita memerlukan perubahan.
4.-merangsang daya imajinasi
-harus mendorong ungkapan pribadi (berkaitan dengan ide)
-mengusahakan suasana seperti bermain dan mengajar.
-mendorong berfikir kreatif.
) Pertama yang harus di lakukan seorang guru yaitu menentukan metode, lalu guru harus menyiapkan model pembelajaran setelah itu guru membuat teknis pembelajaran dan disampaikan kepada siswa agar siswa memahami materi yang akan di praktekkan
Mengajar adalah memberi pelajaran semisal, pelajaran matematika, pelajaran bahasa, pelajaran geografi, agar siswa yang di ajar itu mengetahui dan paham tentang pelajaran yang di ajarkan tadi. Sedangkan mendidik adalah memelihara dan memberi latihan mengenai ahlak dan kecerdasan pikiran.
L
Nama : Dede AbdulRohim
ReplyDeleteFakuktas : Tarbiyah
Jurusan : PAI
Semester : IV (Empat)
Dosen : H.Dodo s.pd.I MM
Mata Kukiah : Model-Model Pembelajaran
JAWABAN
1.Pendektan itu suatu kegiatan atau proses pendektan atau perkenalan untuk tujuan tercapai.
Strategi itu adalah tindakan agar tujuan tetcapai.
Teknik itu(penerapan)
Taktik itu(Mengubah)
Metode itu(cara)
Model itu(Rancangan atau pola)
2.*Kecerdasan Fisik atau tubuh adalah kemampuan yg dimiliki fisik atau tubuh itu sendiri dalam merespos,mengatasi,menghadapi terhadap fisik atau tubuh itu sendiri.
*Kecerdasan Mental adalah kemampuan otak dalam menghadapi suatu tekanan yg dapat membuatnya lemah atau menyerah agar tetap setabil sampai apa yg dia inginkan tetcapai dan terwujud sesuai apa yg dia inginkan atau lebih.
*kecerdasan Emosial adalah kemampuan mengontrol Hati dan pikiranya dalam bertindak secara tenang tanpa emosi.
*Kecerdasan spritual adakah kemampuan Rohani dalam jiwanya seperti beribadah kepada sang penciptanya yg dia nyakini.
3.Belajar Menurut sayah adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) di timbulkan atau di ubah melalui peraktek arau latihan kegiatan tertentu untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuannya.
4.*Merangsang imajinasi
*harus mendorong ungkapan pribai
*mengusahakan suasana seperti bermain dan mengajar
*mendorong berpikir kreatif
5Pesamaanya Dilakukan secara Bersama2 untuk mecapai tujuan bersana
Petbedanya mendidik adalah orang yg mengarahkan sesorang untuk mencapai tujuan sedamgkan pendidik orang yg melakukan sesaui yg diarahkan
Nama : Fauzan fazri
ReplyDeleteSoal Mata Kuliah : Model Pembelajaran
Semester : IV (empat)
1 ~Pendekatan itu proses dalam penyusunan rpp
~ Strategi itu tindakan dalam penyusunan rpp
~ Teknik itu institusional
~ Taktik itu penerapan
~ Metode itu ada 2 ada yg disebut teori dan praktek
~ Model itu rancangan ataupun juga pola
2 ~ Kecerdasan Fisik atau Tubuh (Physical Intelligence atau Physical Quotient PQ)masalah yang menyangkut kekuatan dan kebugaran otot sekaligus kekuatan dan kebugaran otak dan mental. Orang yang seimbang fisik dan mentalnya memiliki tubuh yang ideal serta otak yang cerdas.
~ Kecerdasan Mental atau Intelektual (Inteliligence Quotient IQ)menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak dan memahami gagasan
~ Kecerdasan Emosional (Emosional Quotient EQ)adalah kemampuan seseorang dalam mengelola emosinya, khususnya ketika berhadapan dengan orang lain
~ positif.Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient SQ) adalah kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai
3. Belajar itu suatu perubahan didalam kepribadian yang tadinya tidak bisa menjadi bisa
4. langkah langkah
Menyampaikan
Mendemonstrasikan
Membimbing
5. Perbedaan
Mendidik dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mengantarkan anak didik kearah kedewasaan baik secara jasmani maupun rohani sedangkan Mengajar diartikan sebagai usaha guru untuk menyampaikan dan menanamkan pengetahuan kepada siswa/anak didik.
Persamaan
Mendidik dengan mengajar memiliki persamaan sama-sama mentransfer sesuatu kepada orang lain untuk menjadi lebih baik dan mengetahuinya