Wednesday, April 7, 2021

Soal UTS Psikologi Pendikan Tahun 20/21

 

Soal UTS Psikologi Pendikan

Tahun 20/21

 

Tulislah identitasmu;
  
Nama                  :  ..................................
Soal Mata Kuliah   : Psikologi Pendidikan
Semester             : VI (enam)

Perintah;

  1. Tulis jawabannya pada kolom komentar, jika sudah selesai klik publish.
  2. Menjawab dengan redaksi yang sama antar sesama teman atau copy paste langsung akan dianulir.
  3. jangan lupa mengisi absen.
 

Soal 

  1. Bagaimana  tehnik skala pengukuran perilaku menurut Guttman.
  2. Apa alasan bahwa psikologi yang artinya ilmu jiwa tetapi tidak ingin disebut ilmu jiwa.
  3. John locke berpendapat mengenai teori empirisme, ketika tidak ditemui kebenaran oleh akal, maka kebenaran bisa melalui apa?
  4. Keterampilan mengajar bukanlah karena hereditas melainkan karena hasil dari pengalaman, jelaskan maksudnya.
  5. Apa dampak psikologisnya bagi seorang guru dan siswa dalam belajar mengajar pada masa covid-19 ini menggunakan model pembelajaran Jarak jauh.

18 comments:

  1. Nama : Fahmi Idris
    Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan
    Semester : VI (enam)

    1.Pada skala guttman terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap tertentu seseorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, Iya akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikut.

    2.Karena ilmu jiwa tidak dapat diukur melalui metode ilmiah, sedangkan ilmu psikologi menggunakan metode ilmiah

    3. Melalui pengalaman.

    4. Keterampilan mengajar tidak cukup dengan memiliki sifat keturunan genetik atau hereditas, melainkan harus ada sebuah pengalaman mengajar.

    5. Menurut saya, dampak psikologis bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh adalah dapat menurunkan mental psikologi bagi guru dan siswa karena terlalu lama tidak melakukan tatap muka, materi yang disampaikan guru tidak efektif dan susah diserap oleh siswa karena PJJ itu bisa menimbulkan kendala baru seperti sinyal, dan membuat siswa menjadi malas karena terbiasa di rumah.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Nama: NANANG
    Semester: VI (enam)

    Jawab:
    1. Skala Guttman
    Skala pengukuran dengan tipe ini, akan di dapat jawaban yang tegas, yaitu ya atau tidak, benar atau salah, pernah atau tidak, positif atau negative dan lain - lain.

    2.ilmu psikologi itu adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa, Namun karena setiap orang memiliki pendapat yang berbeda, maka mempelajari ilmu psikologi ternyata ilmu psikologi itu bukanlah ilmu yang mempelajari tentang jiwa melainkan sikap atau tingkah laku manusia.karena sesungguhnya jiwa itu bersifat abstrak, sangat sulit sekali untuk mengetahui bagaimana itu jiwa.

    3. Pengalaman atau apa-apa yang pernah terjadi baik pada diri sendiri ataupun orang lain.

    4.bahwa pengalaman merupakan suatu faktor yang ikut mempengaruhi kinerja seseorang dalam melaksanakan tugas guna mencapai tujuan, sebagai seorang guru yang dibekali banyak pengalaman, maka kemungkinan untuk mewujudkan prestasi atau kinerja yang cukup baik dan sebaliknya bila tidak cukup pengalaman di dalam melaksanakan tugasnya seseorang besar kemungkinan mengalami kegagalan.

    5. Dampaknya bagi guru, tidak bisa mengontrol anak sepenuhnya dan bagi si anak akan mengalami ketergantungan pada bantuan orang lain, kurang mandiri dalam menyelesaikan tugas, dan cenderung menjadi anak yang kurang percaya diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Parhan Naufal
      Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan
      semester : VI (enam)

      1.Skala Guttman
      Skala pengukuran dengan tipe ini, akan di dapat jawaban yang tegas, yaitu ya atau tidak, benar atau salah, pernah atau tidak, positif atau negative dan lain - lain.

      2.Pada skala guttman terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap tertentu seseorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, Iya akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikut.



      3.Melaluli Pengalaman atauapa-apa yang pernah terjadi baik pada diri sendiri ataupun orang lain.

      4.Pada skala guttman terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap tertentu seseorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, Iya akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikut.

      5. Menurut saya, dampak psikologis bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh adalah dapat menurunkan mental psikologi bagi guru dan siswa karena terlalu lama tidak melakukan tatap muka, materi yang disampaikan guru tidak efektif dan susah diserap oleh siswa karena PJJ itu bisa menimbulkan kendala baru seperti sinyal, dan membuat siswa menjadi malas karena terbiasa di rumah.

      Delete
  4. Nama: Ja'far Ridwan Alghazy
    Soal Mata Kuliah :Psikologi Pendidikan
    Semester : VI

    1.Pada skala guttman terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap tertentu seseorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, Iya akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikut.

    2. Karena setiap ilmu jiwa belum tentu psikologi, kalau psikologi sudah pasti termasuk ilmu jiwa, jadi ilmu jiwa lebih umum.
    Karena ilmu jiwa tidak dapat diukur melalui metode ilmiah, sedangkan ilmu psikologi menggunakan metode ilmiah

    3. Melalui pengalaman.

    4. Jadi keterampilan dalam mengajar itu bukan hanya mengandalkan bakat lahir semata apalagi dengan dalih"diamah emang keturunan orang pinter" tapi melalui latihan dan pengalaman yang menjadikannya seorang yang terampil dalam mengajar


    5.Guru menjadi seorang yang kurang memberikan perhatian pada murid, berkurang juga keterampilan mengajarnya,
    Siswa terancaam menjadi seorang yang tak pandai berkomunikasi, bersosialisasi, dan kurang optimal dalam pembelajaran..

    ReplyDelete
  5. Nama : Rohmatulloh
    Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan
    Semester : VI (enam)

    1.Pada skala guttman terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap tertentu seseorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, Iya akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikut.

    2.Karena ilmu jiwa tidak dapat diukur melalui metode ilmiah, sedangkan ilmu psikologi menggunakan metode ilmiah

    3. Melalui pengalaman.

    4. Keterampilan mengajar tidak cukup dengan memiliki sifat keturunan genetik atau hereditas, melainkan harus ada sebuah pengalaman mengajar.

    5. Menurut saya, dampak psikologis bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh adalah dapat menurunkan mental psikologi bagi guru dan siswa karena terlalu lama tidak melakukan tatap muka, materi yang disampaikan guru tidak efektif dan susah diserap oleh siswa karena PJJ itu bisa menimbulkan kendala baru seperti sinyal, dan membuat siswa menjadi malas karena terbiasa di rumah.

    ReplyDelete
  6. Nama : SAHEPA HAKIKI
    Semester : VI (enam)


    1.referensi mengenai skala Guttman. Skala Guttman sendiri tidak terlalu banyak digunakan dalam penelitian psikologis, padahal menurut penulis, skala Guttman memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. Buku ini mencoba untuk memaparkan mengenai skala Guttman, mulai dari dasar pemikiran, kelebihan dan kekurangan, penulisan pernyataan skala, analisis skala, hingga contoh penelitian menggunakan skala Guttman yang dilakukan penelitian sendiri
    1Pada skala guttman terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap tertentu seseorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, Iya akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikut.

    2.karena Jiwa mengandung unsur-unsur metafisik, yang ghoib, atau segala sesuatu yang berada di luar kuasa manusia. Contohnya adalah Tuhan, malaikat, setan, akhirat. Berbeda dengan tingkah laku yang dapat terukur oleh manusia. Manusia masih bisa merasakan emosi, melihat proses berpikir orang lain, mendengar bagaimana orang lain berbicara, merasakan lezatnya makanan atau dinginnya suhu ruangan. Berbeda dengan jiwa yang ada unsur metafisik. Bagaimana tingkat keimanan manusia terhadap Tuhan tentu saja tidak dapat diukur.

    3. Menurut nya kebenaran di dapat melalui pengalaman manusia

    4.Keterampilan mengajar tidak cukup dengan memiliki sifat keturunan genetik atau hereditas, melainkan harus ada sebuah pengalaman mengajar.

    5.Hal itu menyebabkan siswa tidak mau mengerjakan tugas dan pengerjaannya diselesaikan oleh orang tuanya, kakaknya atau orang lain, tentu akan menimbulkan dampak ke depannya. Dampaknya, si anak akan mengalami ketergantungan pada bantuan orang lain, kurang mandiri dalam menyelesaikan tugas, dan cenderung menjadi anak yang kurang percaya diri.
    Kesulitan dalam memahami pelajaran . EQ murid jadi berkurang . Dan masih banyak lagi .

    ReplyDelete
  7. Nama : Muhammad Abdul Muhi
    Mata kuliah: Psikologi Pendidikan
    Semester : VI (enam)

    1.Skala pengukuran menurut guttman Pada skala guttman terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap tertentu seseorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, Iya akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikut.
    2.Banyak para ilmuan yang mengatakan bahwa ilmu psikologi itu adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa definisi ini dapat diperkuat dengan "psikologi berasal dari bahasa yunani yang merupakan gabungan dari dua kata yaitu psyches dan logogs dimana psyche yang artinya jiwa dan logos adalah ilmu. Namun karena setiap orang memiliki pendapat dan setiap orang memiliki pendapat yang berbeda maka disini saya memiliki pendapat yang berbeda bahwa ilmu psikologi tidak d sebut juga dengan ilmu jiwa, karna setiap orang punya pendapat masing masing
    3.jhon locke berpendapat tentang empirisme bahwa ia menerima keraguan sementara yang diajarkan oleh Descartes, tetapi ia menolak intuisi yang digunakan oleh Descartes. Ia juga menolak metode deduktif Descartes dan menggantinya dengan generalisasi berdasarkan pengalaman; jadi, induksi. Bahkan Locke menolak juga akal (reason). Ia hanya menerima pemikiran matematis yang pasti dan cara penarikan dengan metode induksi.
    4.keterampilan tidak cukup dengan memilki sifat genetik atau heriditas melaiankan harus ada sebuah pengalaman
    5.Keseharian belajar di sekolah, keseharian bertemu dan bermain dengan teman-temannya, keseharian keluar rumah untuk datang dan pergi dari rumah ke sekolah,banyak yg kecewa dengan adanya pembelajaran secara jauh,belajar tidak maksimal,penjelasan yg kurang,dan keseharian anak harus bergelut dengan handphone mengakibatkan cahaya contras pada hp membuat anak semakin malas ingin nya bersenang senang dengan hp nya

    ReplyDelete
  8. Nama : Muhamad Ramadhan
    Semester : VI
    Matkul : Psikologis Pendidikan

    1. Teknik skala pengukuran yang membutuhkan jawaban yang tegas dari respondennya, seperti jawaban “iya” atau “tidak, “benar” atau “salah”, “pernah” atau “tidak pernah” dan lain sebagainya. jawaban tersebut diajukan untuk mendapatkan jawaban yang tegas oleh peneliti terkait permasalahan yang ditanyakan.

    2. Karena ilmu Psikologis tersebut bertujuan untuk memahami peran dari fungsi-fungsi mental dalam membentuk perilaku individu maupun sosial, dan jika psikologi adalah ilmu jiwa berarti manusia bisa membuat jiwa karena dengannya sudah ada ilmunya, namun pertanyaannya, sudah adakah orang yang bisa membuat jiwa dan kenyataannya belum ada. Jadi  dapat disimpulkan bahwa psikologi bukan ilmu jiwa tetapi ilmu yang mempelajari sikap atau tingkah laku manusia.

    3. Kebenaran tersebut bisa saja bersumber dari pengalaman manusia sebab sebelum seorang manusia mengalami sesuatu, pikiran atau rasio manusia itu belum berfungsi atau masih kosong diibaratkan seperti sebuah kertas putih (tabula rasa) yang kemudian mendapatkan isinya dari pengalaman yang dijalani oleh manusia itu. Rasio manusia hanya berfungsi untuk mengolah pengalaman-pengalaman manusia menjadi pengetahuan sehingga sumber utama pengetahuan menurut Locke adalah pengalaman.

    4. Maksudnya adalah Semua orang itu dapat mempunyai keterampilan mengajar asalkan didalam hidupnya memiliki pengalaman mengajar disuatu lembaga,kelompok ataupun sekolah, sebab keterampilan itu bukan didapat dari semata2 dia keturunan Keluarga Guru pengajar, keterampilan itu bisa didapat dengan mengenyam pendidikan di bidang Keguruan maupun terjun langsung sebagai tenaga pengajar disuatu lembaga/sekolah.

    5. Dampak bagi Siswa mengenai pembelajaran jarak jauh adalah menyebabkan siswa tidak mau mengerjakan tugas dan pengerjaannya diselesaikan oleh orang tuanya, kakaknya atau orang lain, tentu akan menimbulkan dampak ke depannya. Dampaknya, si anak akan mengalami ketergantungan pada bantuan orang lain, kurang mandiri dalam menyelesaikan tugas, dan cenderung menjadi anak yang kurang percaya diri.

    Dampak bagi Guru adalah menyebabkan kurangnya perhatian guru kepada muridnya bahkan ada yang sampai lepas tangan menyerahkan seutuhnya kepada orang tua.
    Dapat menyebabkan turunnya kualitas Guru dalam keterampilan mengajar.
    Membuat Guru jenuh dan Stress karena bagi guru yg masih honorer, penghasilan mereka bisa saja berkurang dari yang biasanya.


    ReplyDelete
  9. Nama : Ambariah
    Semester : Enam

    1. Skala pengukuran dengan tipe ini, akan di dapat jawaban yang tegas, yaitu ya atau tidak, benar atau salah, pernah
    atau tidak, positf atau negatif, dan lain-lain.

    2.Karena ilmu jiwa tidak dapat diukur melalui metode ilmiah, sedangkan ilmu psikologi menggunakan metode ilmiah

    3.melalui pengalaman

    4.Keterampilan mengajar tidak cukup dengan memiliki sifat keturunan genetik atau hereditas, melainkan harus ada sebuah pengalaman mengajar.

    5. Adapun dampak psikologis bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh adalah :
    dapat menurunkan mental psikologi bagi guru dan siswa karena terlalu lama tidak melakukan tatap muka, materi yang disampaikan guru tidak efektif dan susah diserap oleh siswa karena BDR itu bisa menimbulkan kendala baru seperti sinyal, dan membuat siswa menjadi malas karena terbiasa di rumah. Namun dengan keadaan seperti ini siswa, orang tua dan guru di tuntut untuk menjadi lebih maju dalam ilmu teknologi.

    ReplyDelete
  10. Nama : Neng Elly
    Mata kuliah: Psikologi Pendidikan
    Semester : VI (enam)

    1. Pada skala Guttman terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap tertentu sesorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, ia akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikutnya. Jadi, skala Guttman ialah skala yang digunakan untuk jawaban yang bersifat jelas (tegas) dan konsisten.
    2. Menurut Gerungan ada perbedaan antara psikologi dan ilmu jiwa yaitu: a. Psikologi adalah istilah ilmu pengetahuan yang ilmiah tentang jiwa. b. Ilmu jiwa adalah istilah dalam bahasa sehari-hari dan memiliki arti yang lebih luas yaitu segala pemikiran, rencana, khayalan dan spekulasi mengenai jiwa.
    3. aturalisme: Sesuatu yang bersifat alami memiliki makna, yaitu bukti berlakunya hukum alam dan terjadi menurut kodratnya sendiri.
    4. keterampilan tidak cukup dengan memilki sifat genetik atau heriditas melaiankan harus ada sebuah pengalaman
    5. Dampak psikologis bagi guru, guru kesulitan dalam menyampaikan materi karna tidak bisa berinteraksi langsung dengan murid. Meskipun ada sarana zoom dan google classroom tapi guru tidak bisa mengawasi muridnya secara langsung terkadang terkendala dengan sinyal dan kuota
    Dampak psikologi bagi murid, murid tidak merasa stres belajar, belajar lebih mudah karna ada gadget.

    ReplyDelete
  11. Nama : Ruslan
    Smt : VI
    Matkul : Psikologi Pendidikan

    1.Pada skala guttman terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap tertentu seseorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, Iya akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikut.

    2.Karena ilmu jiwa tidak dapat diukur melalui metode ilmiah, sedangkan ilmu psikologi menggunakan metode ilmiah

    3.Melalui pengalaman di lapangan

    4.Keterampilan mengajar tidak cukup dengan memiliki sifat keturunan genetik atau hereditas, melainkan harus ada sebuah pengalaman mengajar.

    5.Dampak psikologis bagi guru, guru kesulitan dalam menyampaikan materi karna tidak bisa berinteraksi langsung dengan murid.
    Dampak psikologi bagi murid, murid tidak merasa stres belajar, belajar lebih mudah karna ada gadget.

    ReplyDelete
  12. Nama : Dana iskandar
    Mata kuliah : psikologi pendidikan
    Semester. : Vl (Enam)

    Jawab

    1.Pada skala guttman yaitu terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap individu tertentu seseorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, Iya akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikut.

    2.Karena ilmu jiwa tidak dapat diukur melalui metode ilmiah, sedangkan ilmu psikologi menggunakan metode ilmiah yang semakin modern

    3. Melalui pengalaman pengalaman dan perjalanan suatu modern

    4.Keterampilan mengajar tidak cukup dengan memiliki sifat keturunan genetik atau hereditas, melainkan harus ada sebuah pengalaman mengajar.dan adanya pelatihan pelatihan mengajar

    5.Menurut saya dampak psikologis bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh yaitu dapat menurunkan guru dan siswa karena terlalu lama tidak melakukan tatap muka materi yang disampaikan guru tidak efektif dan susah diserap oleh siswa karena (belajar, online, pjj ataupun daring) itu bisa menimbulkan kendala baru seperti tidak ada sinyal tidak mempunyai kuota membuat siswa menjadi malas karena terbiasa di rumah

    ReplyDelete
  13. Nama : Adang
    Sementara : 6
    Matkul : psikologi pendidikan
    1.Pada skala guttman terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap tertentu seseorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, Iya akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikut.

    2.Karena ilmu jiwa tidak dapat diukur melalui metode ilmiah, sedangkan ilmu psikologi menggunakan metode ilmiah

    3. Melalui pengalaman.

    4. Keterampilan mengajar tidak cukup dengan memiliki sifat keturunan genetik atau hereditas, melainkan harus ada sebuah pengalaman mengajar.

    5. Menurut saya, dampak psikologis bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh adalah dapat menurunkan mental psikologi bagi guru dan siswa karena terlalu lama tidak melakukan tatap muka, materi yang disampaikan guru tidak efektif dan susah diserap oleh siswa karena PJJ itu bisa menimbulkan kendala baru seperti sinyal, dan membuat siswa menjadi malas karena terbiasa di rumah.

    ReplyDelete
  14. Nama : Vivi
    Mata Kuliah : Pendidikan Luar Sekolah
    Semester : VI (enam)

    1. Skala Guttman merupakan skala kumulatif. Skala ini pertama kali diperkenalkan oleh Louis Guttman (1916 1987). Dalam penggunaannya, skala guttman menghasilkan binary skor (0 1), dan digunakan untuk memperoleh jawaban yang tegas dan konsisten seperti ya dan tidak ; benar-salah, dan lain-lain. Data yang diperoleh dapat berupa data interval atau rasio dikhotomi (dua alternatif). Jadi, kalau pada Skala Likert terdapat 1,2,3,4,5 interval, dari kata sangat setuju sampai sangat tidak setuju, maka pada Skala Guttman hanya ada dua interval yaitu setuju atau tidak setuju. Penelitian menggunakan Skala Guttman dilakukan bila ingin mendapatkan jawaban yang tegas terhadap suatu permasalahan yang ditanyakan. Skala ini mempunyai ciri penting, yaitu merupakan skala kumulatif dan mengukur satu dimensi saja dari satu variabel.

    2. Karena Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia.

    3. Melalui pengalaman, John Locke adalah seorang tokoh pendekatan teori empirisme yang mengatakan bahwa semua pengetahuan berasal dari pengalaman manusia. Ia menolak teori Rasionalisme yang mengatakan bahwa pengetahuan berasal dari akal / rasio yang dimunculkan oleh Descartes. Locke juga menolak anggapan bahwa manusia lahir dengan pengetahuan bawaan yang dibawa sejak lahir (innate). Ia mengatakan bahwa manusia lahir seperti kertas putih yang masih bersih dan kosong. Pengalaman lah yang akan menulisi kertas putih itu. Apakah akan di tulisi dengan pengalaman yang baik atau kah buruk.

    4. Karena pengalaman mengajar lebih berpengaruh untuk seorang guru dalam menyampaikan materi kepada siswanya dan dalam penguasaan, sehingga materi yg disampaikan lebih mudah dimengerti oleh siswa.

    5. Dampak psikologis bagi seorang guru dan siswa dalam belajar dirumah yaitu siswa lebih sulit untuk memahami pelajaran karena guru tidak menjelaskan secara tatap muka, siswa juga lebih banyak bermainnya dari pada belajar, dan orangtua juga kesulitan untuk membantu anaknya belajar

    ReplyDelete
  15. Nama : Yulia Nurjannah
    Semester : Enam

    1. Skala pengukuran dengan tipe ini, akan di dapat jawaban yang tegas, yaitu ya atau tidak, benar atau salah, pernah
    atau tidak, positf atau negatif, dan lain-lain.

    2.Karena ilmu jiwa tidak dapat diukur melalui metode ilmiah, sedangkan ilmu psikologi menggunakan metode ilmiah

    3.melalui pengalaman

    4.Keterampilan mengajar tidak cukup dengan memiliki sifat keturunan genetik atau hereditas, melainkan harus ada sebuah pengalaman mengajar.

    5. Adapun dampak psikologis bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh adalah :
    dapat menurunkan mental psikologi bagi guru dan siswa karena terlalu lama tidak melakukan tatap muka, materi yang disampaikan guru tidak efektif dan susah diserap oleh siswa karena BDR itu bisa menimbulkan kendala baru seperti sinyal, dan membuat siswa menjadi malas karena terbiasa di rumah. Namun dengan keadaan seperti ini siswa, orang tua dan guru di tuntut untuk menjadi lebih maju dalam ilmu teknologi.

    ReplyDelete
  16. Nama : Baniatus Sopiah
    Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan
    Semester : VI ( Enam )


    1. Pada skala Guttman terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap tertentu seseorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, Iya akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikut.


    2. Karena ilmu jiwa tidak dapat diukur melalui metode ilmiah, sedangkan ilmu psikologi menggunakan metode ilmiah.


    3. Melalui pengalaman.


    4. Keterampilan mengajar tidak cukup dengan memiliki sifat keturunan genetik atau hereditas, melainkan harus ada sebuah pengalaman mengajar.


    5. Dampak bagi Guru adalah menyebabkan kurangnya perhatian guru kepada muridnya bahkan ada yang sampai lepas tangan menyerahkan seutuhnya kepada orang tua.
    Dapat menyebabkan turunnya kualitas Guru dalam keterampilan mengajar.
    Membuat Guru jenuh dan Stress karena bagi guru yg masih honorer, penghasilan mereka bisa saja berkurang dari yang biasanya.

    Dampak bagi Siswa mengenai pembelajaran jarak jauh adalah menyebabkan siswa tidak mau mengerjakan tugas dan pengerjaannya diselesaikan oleh orang tuanya, kakaknya atau orang lain, tentu akan menimbulkan dampak ke depannya. Dampaknya, si anak akan mengalami ketergantungan pada bantuan orang lain, kurang mandiri dalam menyelesaikan tugas, dan cenderung menjadi anak yang kurang percaya diri.

    ReplyDelete
  17. Nama : Iyan Solahudin
    Mata Kukiah : Psikologi Pendidikan
    Semester : VI (Enam)

    1. Pada skala guttman terdapat beberapa pernyataan yang diurutkan secara hierarki untuk melihat sikap tertentu seseorang. Jika seseorang menyatakan tidak terhadap pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, Iya akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikut.

    2. Karena ilmu jiwa tidak dapat diukur melalui metode ilmiah, sedangkan ilmu psikologi menggunakan metode ilmiah yang semakin modern

    3. Melalui pengalaman pengalaman dan perjalanan suatu modern

    4. Keterampilan mengajar tidak cukup dengan memiliki sifat keturunan genetik atau hereditas, melainkan harus ada sebuah pengalaman mengajar.

    5. Menurut saya dampak pendidikan jarak jauh bagi guru dan siswa sangatlah kurang maksimal dalam hasil yang di dapatkan oleh siswanya..karna guru tidak maksimal dapat mendidikan psikologi siswa dan siswa pun tidak ada sikap yang baik untuk mau mengikuti perilaku kedisiplinan yg diberikan guru..akhirnya mental dan karakter siswa pun menjadi kurang baik.

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...