Model Media
Komputer dan internet
1. Pengertian
Komputer
Pengertian Komputer adalah suatu perangkat elektronik
yang dapat digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah
dirumuskan sebelumnya sehingga menghasilkan informasi bermanfaat bagi
penggunanya.
Komputer adalah alat elektronik yang terdiri
dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga membentuk suatu
sistem kerja. Sistem di dalam komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan
secara otomatis berdasarkan program yang diperintahkan kepadanya sehingga mampu
menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang ada.
Didalam komputer itu ada otaknya,
yaitu yang disebut Processor, secara jelasnya prosesor
adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang mengontrol keseluruhan jalannya
sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi
melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
Prosesor adalah komponen komputer
yang merupakan otak yang
menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat
komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Prosesor disebut Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga
Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Prosesor maka akan semakin
cepat kinerja komputer saat melakukan proses.
Dengan kapasitas prosesor yang besar
dan didukung oleh memori (RAM) yang besar juga akan membantu setiap
pengerjaan instruksi dengan cepat. Arti lain dari prosesor adalah chip yang
sering disebut “Microprocessor”. Bagian yang terpenting dari prosesor
adalah:
1. Arithmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika
(matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
2. Control Unit (CU) : Pengatur lalu lintas data seperti input,
dan output.
3. Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses
cukup tinggi.
Letak prosesor ini terdapat di motherboard, saat
pemilihan motherboard harus disesuaikan dengan jenis soket dari prosesornya
contoh untuk proscessor intel ada soket LGA maka cari motherboard dengan soket
LGA juga dan proscessor AMD ada AM3+ maka harus disesuikan juga.
Komputer
diartikan berbeda-beda oleh beberapa orang, namun pada intinya apa yang mereka ungkapkan
benar dan semua ada dalam computer itu sendiri. Beberapa definisi dari computer
antara lain :
a.Komputer berasal dari bahasa latin computare
yang mengandung arti menghitung.
b.Menurut Hamacher (dalam Computer Organization),
komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima
informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang
tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
c. Menurut Blissmer (dalam Computer Annual),
komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas :
menerima input, memproses input tadi
sesuai dengan programnya, menyimpan
perintah-perintah dan hasil dari pengolahan.
d.Computer adalah mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi
informasi yang diberi kode, mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan
dan perhitungan sederhana dan rumit (Prof. H. Azhar Arsyad, M.A :53)
e.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2003) mengartikan
komputer sebagai alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah
data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil
pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi,
faksimile, dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit
penyimpanan, serta unit pengontrolan.
Komputer memiliki daya tarik
tertentu, terutama bagi para para guru yang masih muda. Tetapi masalah yang
tampaknya seperti kecanduan juga muncul pada orang dewasa. Pengguna komputer
dapat menarik diri ke dunia maya, di mana ada banyak simulasi audiovisual dan
tidak ada risiko dan ketidaknyamanan berada di dunia non-virtual yang
mengakibatkannya menjadi antisosial. Menghabiskan terlalu banyak waktu di
komputer kemudian mengakibatkan kesehatan fisik lainnya, seperti kelelahan
mata, sikap tubuh yang buruk dan masalah lainnya dari duduk sepanjang hari, dan
radang pergelangan tangan serta rabun mata.
Ada berbagai macam variasi
pembelajaran dengan menggunakan komputer. Tujuan pembelajaran ini adalah
pemanfaatan teknologi dalam hal belajar dan mengajar. Komputer dapat menjadi
asisten atau alat yang sangat berguna apabila si pengajar tahu fungsi dan
kegunaan komputer.
Oleh karena itu amat disarankan
kepada para pengajar untuk mempelajari fungsi komputer sehingga pembuatan media
pembelajaran dengan menggunakan komputer dapat diselenggarakan secara optimal.
2. Pengertian Internet
Sejarah internet awalnya berasal
dari proyek ARPA yang dibentuk tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika
Serikat. Proyek ini kemudian dikenal dengan nama ARPANET (Advanced Research
Project Agency Network) yang melakukan riset tentang cara menghubungkan
komputer satu dengan komputer lainnya agar bisa saling berkomunikasi.
Pada tahun 1970, proyek ini berhasil
menghubungkan lebih dari 10 komputer dalam bentuk jaringan, dan beberapa tahun
kemudian, hasil riset proyek ini dikembangkan di luar Amerika. Karena jumlah
komputer yang terhubung semakin banyak, maka pada tahun 1980 dibuatlah protokol
resmi yang dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet
Protocol).
Internet adalah singkatan dari Interconnection
Network, yang artinya adalah hubungan antar jaringan komputer.
Sedangkan network berarti suatu sistem komunikasi data
antar komputer. Lalu ada juga yang mengartikan bahwa internet adalah jaringan
komputer luas dan besar yang mendunia, yang menghubungkan pemakai komputer dari
satu negara ke negara lainnya di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat
berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis.
Internet telah memberikan kontribusi dan
andil yang sangat besar bagi perkembangan dunia. Kehadiran internet telah
menghapus batas dan jarak terhadap akses informasi. Bagaimanapun juga, perkembangan
internet bisa memberi dampak positif (baik) dan negatif (buruk). Berikut ini
adalah beberapa dampak baik dan buruk terhadap kehadiran internet.
Internet adalah sebuah hasil pengembangan
dari teknologi, teknologi memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya
adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material, dan proses yang
menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Teknologi di buat atas dasar
ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa hindari dalam kehidupan
ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu
pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi
kehidupan manusia dalam memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru
dalam melakukan aktifitas manusia.
Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat
yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir
ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan
manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal
negatif.
Contoh yang sangat menonjol adalah kemajuan teknologi
internet. seperti diketahui dunia internet sekarang dengan sangat mudah dapat diakses
karena banyaknya penyedia layanan internet (ISP) ISP adalah singkatan dari “Internet
Service Provider”. Maksudnya agar supaya bisa mengakses
dan tersambung atau terhubung dengan internet, harus mempunyai akses yaitu
dengan cara berlangganan kepada penyedia jasa layanan internet yaitu Internet
Service Provider.
ISP adalah sebuah
perusahaan yang menawarkan sebuah jasa layanan kepada pelanggan agar
supaya bisa tersambung atau terhubung dengan internet. Untuk
bisa terhubung dengan internet, cukup menghubungi ISP melalui modem dan
komputer atau pc lalu ISP yang akan mengurus detail-detail yang diperlukan
untuk terhubung dengan internet, termasuk biaya-biaya koneksi tersebut. Misalnya
bila sedang mengakses beranda atau homepage mancanegara, maka ISP-lah yang
menanggung biaya hubungan ke mancanegara. Sedangkan kita cukup membayar pulsa
lokal yang digunakan untuk menghubungi ISP tadi.
Yang memberikan layanan internet acces kepada konsumennya membeli pulsa
dengan tarif yang murah dari ISP. beragamnya ISP diindonesia untuk memberikan
layanan dan tentunya meraup keuntungan, mereka berlomba lomba merebut pasar dan
konsumen dengan menyediakan layanan murah untuk konsumennya.
Contoh ISP di Indonesia
a. Telkom Speedy
b. FirstMedia atau FastNet
c. Innovate by Moratelindo
d. Biznet Networks
e. HSPNET
f. CBN Internet
g. Indosat M2
h. AngkasaWave
Jadi Internet
adalah jaringan sistem komputer yang saling berhubungan walau dalam jarak yang jauh
sekalipun seperti antar kota maupun antar negara di belahan dunia. Internet
menghubungkan jaringan antar komputer Internet, telepon, Handphone, Televisi tidak
tersambung secara fisik sehingga komunikasi dapat berjalan dengan baik.
Internet
memiliki jalur server
dan client; server adalah penyedia layanan yang memegang kendali;
sementara para pengguna internet sederhananya disebut client.
Sebagai penghubung aktivitas dunia, internet ini sangat dibutuhkan menjadi alat
komunikasi termudah dan tercanggih di era globalisasi ini.
3. Pembelajaran
Menggunakan Media Internet
Berdasarkan beberapa pengalaman dan menurut kajian teori dan empiris, untuk
mengatasi kelemahan metode ceramah, sekarang ini perlu penggunaan Teknologi
Informasi yang di singkat TI, dalam pembelajaran teknologi informasi dianggap
salah satu cara pemecahan masalah yang sesuai dengan perkembangan teknologi
informasi. Apapun bentuknya dan pemanfaatan teknologi informasi dalam
pembelajaran akan membawa perubahan
tradisi atau budaya pembelajaran.
Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran dapat menjadi sistem
pembelajaran mandiri (Instructor independent) atau juga digabungkan
dalam proses pembelajaran langsung dengan tatap muka di kelas yang mengandalkan
kehadiran guru. Model pembelajaran dengan sumber belajar yang berhubungan dengan teknologi
informasi kini menjadi perhatian dunia pendidikan adalah model Pembelajaran
Berbasis Komputer (komputer based instruction).
Untuk menggunakan media internet ini, guru harus membuat rencana
pembelajaran berupa penyusunan materi
ajar sebagai pengembangan dari RPP yang akan di sampaikan kepada siswa sesuai
lamanya waktu yang tersedia dalam satu jam pelajaran,
Setelah bahan
pembelajaran elektronik dikemas dan dimasukkan ke dalam jaringan sehingga dapat
diakses melalui internet, maka kegiatan berikutnya yang perlu dilakukan adalah
mensosialisasikan ketersediaan program pembelajaran tersebut agar dapat
diketahui oleh masyarakat luas khususnya para calon peserta didik.
Para guru
juga perlu keahlian dalam penggunaan media internet agar mampu mengelola dengan
baik penyelenggaraan kegiatan pembelajaran melalui intenet. Baik Karakteristik atau potensi internet;
Karakteristik internet adalah berupa
jaya Layanan internet yang memperlihatkan perkembangan
sangat pesat dalam bidang penyampaian informasi, karena internet
menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan
dibandingkan media lain nya, antara lain :
1.
Komunikasi murah seperti
menggunakan email , messenger , chatting dibandingkan dengan
menggunakan telefon biasa.
2.
Sumber informasi terbesar terutama
nya kepada para siswa karena Informasi tentang
pelajaran seperti info sains, matematika, geografi, agama dan
pengetahuan lainya. ekonomi, sejarah dan lain – lain, Informasi
ini dapat menambah pengetahuan kepada para siswa
selain yang didapat dari sekolah.
3.
Tantangan baru untuk berusaha.
4.
Keterbukaan dalam menyampaikan
segala informasi.
5.
Internet memberi kemudahan
kepada pengguna untuk membeli sesuatu barang
yang diinginkan dari seluruh Negara tanpa
harus pergi ke Negara asal barang tersebut.
6.
Internet menjadi media komunikasi
antar bangsa jangkauan nya luas
tanpa adanya batasan
4. Media Komputer
Komputer merupakan jenis media yang secara teknis dapat
menyediakan respons yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh
siswa. Lebih dari itu, komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi
informasi sesuai dengan kebutuhan serta menayangkan beragam bentuk media di
dalamnya.
Maksud kata manipulasi itu adalah tindakan untuk mengerjakan
sesuatu dengan tangan atau alat-alat mekanis secara terampil, atau sebuah proses rekayasa dengan melakukan penambahan, pensembunyian,
penghilangan atau pengkaburan terhadap bagian atau keseluruhan sebuah realitas,
kenyataan, fakta-fakta ataupun sejarah yang dilakukan berdasarkan sistem
perancangan sebuah tata sistem nilai, contoh manipulasi, Ketika menguap, batuk, atau bersin di tempat umum,
kita biasanya memanipulasi mulut-hidung dengan gerakan tangan yang menutup. Manipulasi
ini biasanya menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Ketika berusaha
menghindari manipulasi, itupun berarti sedang memanipulasi diri agar tidak terkena
memanipulasi.
Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan
sebagai sarana pengolahan kata atau word processor, tetapi juga sebagai
sarana belajar multimedia yang memungkinkan siswa membuat desain dan rekayasa
suatu konsep dan ilmu pengetahuan. Multimedia dengan berbasis komputer dapat
pula dimanfaatkan sebagai sarana dalam melakukan simulasi untuk melatih
keterampilan dan kompetensi tertentu.
Salah satu upaya mengajar adalah
dengan mengembangkan model pembelajaran berbasis komputer. Dengan pembelajaran
berbasis komputer, siswa akan lebih mudah memahami konsep-konsep yang bersifat
abstrak, hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan hasil pembelajaran.
Mengacu pada masalah tersebut di
atas, Weda (2011:208) menjelaskan pengembangan pembelajaran berbasis komputer
sangat penting bagi guru, siswa dan sekolah.
Pembelajaran pakai media komputer tersambung dengan internet adalah
pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu (Wena, 2011:203).
Melalui pembelajaran ini bahan ajar disajikan melalui media komputer sehingga
kegiatan proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan menantang bagi
siswa.
Menurut pendapat Hick dan Hyde (dalam, Wena 2011:203) mengatakan bahwa
dengan pembelajaran menggunakan komputer tersambung dengan internet, siswa akan
berinteraksi dan berhadapan langsung dengan komputer secara individual sehingga
apa yang dialami oleh seorang siswa akan berbeda dengan apa yang dialami oleh
siswa lain. Salah satu ciri yang paling menarik dari pembelajaran dengan
menggunakan komputer terletak pada kemampuan berinteraksi secara langsung
dengan siswa.
Sedangkan menurut Warsita (2008:137) mengatakan bahwa pembelajaran menggunakan komputer tersambung dengan
internet adalah salah satu media pembelajaran yang sangat menarik dan mampu
meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Jadi berdasarkan pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran menggunakan komputer tersambung dengan internet adalah kegiatan
belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dengan komputer sebagai alat bantu
guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar siswa tidak bosan dan
termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung di
dalam kelas.
Berikut akan dijelaskan satu per
satu.
a. Media komputer bagi guru
Pembelajaran komputer sangat penting
bagi guru karena
(1) guru akan lebih banyak berperan
sebagai fasilitator bagi siswa,
(2) memberi alternatif variasi
metode pembelajaran,
(3) menolong mengembangkan media pembelajaran, karena tidak semua guru
memiliki kreativitas dan waktu untuk melakukannya,
(4) memberi pedoman bagi
pengembangan lebih lanjut, dan
(5) meminimalkan tingkat
kesalahpahaman konsep / teori yang sering dialami siswa sehingga efektivitas
dan efisiensi pembelajaran dapat dicapai secara optimal.
b. Bagi Siswa
Pembelajaran berbasis komputer juga sangat penting bagi siswa karena,
(1) siswa akan lebih mudah dan cepat memahami materi pembelajaran yang bersifat
abstrak, karena konsep/teori yang bersifat abstrak tersebut akan disajikan
secara cermat dan konkret, sehingga mudah ditangkap oleh panca indera,
(2)mampu meningkatkan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran,
(3) meningkatkan hasil belajar siswa,
(4)kendali belajar berada pada siswa sehingga kecepatan belajar dapat
disesuaikan dengan tingkat kemampuannya, dan
(5)dapat mengakomodasi siswa yang lambat karena dapat menciptakan iklim yang
efektif dengan cara yang lebih individual.
c. Bagi Sekolah
Dengan adanya model pembelajaran berbasis komputer yang dikembangkan, maka
di sekolah
(1) akan tersedia bahan ajar yang telah divalidasi sesuai dengan bidang studi
sehingga setiap guru dapat menggunakan dengan mudah,
(2) Pengembangan isi pembelajaran akan sesuai dengan pokok-pokok bahasan, dan
(3) sebagai pedoman praktis implementasi pembelajaran sesuai dengan kondisi dan
karakteristik pembelajaran.
permisi ya
ReplyDeletemau numpang promosi bo kelinci99
menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
untuk Diskon 2D: 29%, 3D: 59%, dan 4D: 66%
Hadiah 4D x 3000, 3D x 400, 2D x 70, 2D Depan&Tengah x 65
pelayanan yang cepat dan ramah
untuk cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME
WA : +85581511017