Wednesday, March 20, 2019

Soal UTS Psikologi Pendidkan TA 18/19


Tulislah identitasmu;
  
Nama                  : ........................
Soal Mata Kuliah   : Psikologi Pendidikan
Semester             : IV

Perintah;
  1. Supaya lebih mudah melakukan publish, gunakan bagi yang punya laptop atau sejenisnya.
  2. Buka Web. www.karyailmu-dodo.blogspot.com 
  3. cari soal UTS Filsafat pendidikan TA 18/19 
  4. Tulis jawabannya pada kolom komentar, jika sudah selesai klik publish.
  5. Menjawab dengan redaksi yang sama antar sesama teman atau copy paste langsung akan dianulir.
  6. jangan lupa mengisi absen.


Soal;


  1. Jelaskan apa yang di maksud dengan Insting?
  2. Jelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada anak !
  3. Perhatian intensif dan perhatian tidak intensif.  jelaskan maksud ke dua nya dan berikan contohnya?
  4. Apa yang di maksud dengan fenotipe dan genotipe? contohnya.
  5. sebutkan definisi psikologi menurut seorang ahli?

20 comments:

  1. Nama : Siti Rodiah
    Jawaban Soal Mata Kuliah : Psikolog Pendidikan
    Semester : IV


    JAWABAN :


    1. Naluri atau insting adalah suatu pola perilaku dan reaksi terhadap suatu rangsangan tertentu yang tidak dipelajari tetapi telah ada sejak kelahiran suatu makhluk hidup dan diperoleh secara turun-temurun (filogenetik).


    2. - Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan pertambahan ukuran, berat, serta tinggi yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali pada keadaan semula). Pertumbuhan lebih bersifat kuantitatif, dimana suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring dengan pertambahan waktu.

    - Perkembangan adalah suatu proses differensiasi, organogenesis dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih lengkap dan dewasa. Perkembangan lebih bersifat kualitatif, dimana suatu organism yang sebelumnya masih belum matang dalam sistem reproduksinya (dewasa), menjadi lebih dewasa dan matang dalam sistem reproduksinya sehingga dapat melakukan perkembangbiakan.


    3. · Perhatian intensif : yaitu perhatian yang banyak dikuatkan oleh banyaknya rangsang atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.
    Contoh : Bau, Bau hanya berhubungan dengan gas atau uap yang keluar dalam materi.

    · Perhatian tidak intensif : yaitu perhatian yang kurang diperkuat oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.
    Contoh : Volume, Pada dasarnya semakin banyak jumlah dari suatu materi, maka akan semakin besar pula jumlah volume materi tersebut.

    4. - Fenotipe merupakan suatu karakteristik, baik struktural, biokimiawi, fisiologis dan perilaku yang dapat diamati dari suatu organisme yang diatur oleh genotipe dan lingkungan serta interaksi keduanya. Pengertian ini mencakup berbagai tingkat dalam ekspresi gen dari suatu organisme yang dapat dilihat/diamati/diukur.
    Contoh : warna mata, berat badan atau ketahanan terhadap suatu penyakit tertentu.

    - Genotipe merupakan istilah yang dipakai untuk menyatakan keadaan genetik dari suatu individu atau sekumpulan individu populasi yang merujuk pada keadaan genetik suatu lokus maupun keseluruhan bahan genetik yang dibawa oleh kromosom “genom”.
    Contohnya adalah seperti gen yang bertanggung jawab untuk warna rambut, gen yang bertanggung jawab untuk Warna mata, gen yang bertanggung jawab untuk perilaku tertentu, gen yang bertanggung jawab untuk ukuran paruh burung, dan sebagainya.


    5. Menurut BRUNO Pengertian psikolog terbagi ke dalam 3 bagian :
    1. Psikolog ialah pendidikan(stadi)mengenai ruh.
    2. Psikolog ialah ilmu pengetahuan tentang kehidupan mental.
    3. Psikolog ialah ilmu pengetahuan berkenaan dengan tingkah laku.

    ReplyDelete
  2. Nama : Bambang hermawan
    Mata kuliah : Psikologi pendidikan
    Semester : VI
    1.Insting adalah kemampuan yang mendorong sesuatu yang dibawa sejak lahir yang dituju pada pemuasan dorongan-dorongan nafsu dan dorongan lain.

    2.Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat diwaktu yang normal.Pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses transmisi dari keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah yang secara herediter dalam bentuk proses aktif secara berkesinambungan.
    Sedangkan perkembangan menunjuk pada perubahan-perubahan dalam bentuk bagian tubuh dan integrasi sebagai bagiannya ke dalam satu kesatuan fungsional bila pertumbuhan itu berlangsung. Intinya bahwa pertumbuhan dapat diukur sedangkan perkembangan hanya dapat dilihat gejala-gejalanya. Perkembangan dipersyaratkan adanya pertumbuhan.

    3.Perhatian intensif,
    yaitu perhatian yang melibatkan banyak aspek kesadaran, perhatian yang diberikan terus menerus yang dikuatkan oleh jumlah rangsangan atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.
    Perhatian tidak intensif,
    yaitu perhatian yang tidak banyak memperhatikan aspek kesadaran. Perhatian yang tidak didukung oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.

    4.Fenotipe adalah ciri-ciri lahiriah organisme yang dihasilkan karena interaksi antara ciri-ciri keturunan dan lingkungan adalah sifat yang tampak pada suatu individu dan dapat diamati dengan panca indra. Sedangkan
    genotipe yaitu susunan gen yang menentukan sifat dasar suatu makhluk hidup dan bersifat tetap yang mengikuti aturan tertentu.

    5.Edwin G. Boring dan Herbert S. Langfeld. Psikologi adalah ilmu yang membahas tentang hakekat manusia.
    Dapat disimpulkan dari beberapa ahli psikologi adalah ilmu Pengetahuan Yang mempelajari tingkah laku Manusia, baik sebagai individu maupun hearts hubungannya dengan lingkungannya.

    ReplyDelete
  3. Iis Niawati
    Semester IV
    STAI Yaperi
    2019

    1. Insting adalah pola tingkah laku yang bersifat turun temurun yang dibawa sejak lahir tanpa pengalaman sebelumnya atau tanpa tujuan yang mendasar.

    2. - Pertumbuhan adalah perubahan secara fisik baik itu berupa berat badan, tinggi badan, lingkar kepal, lingkar lengan, lingkar dada anak atau perubahan proporsi tubuh pada anak sesuai umur dan tumbuh kembangnya.
    - perkembangan menunjuk pada perubahan-perubahan dalam bentuk bagian tubuh dan integrasi bagiannya ke dalam satu kesatuan fungsional bila pertumbuhan itu berlangsung.
    Intinya bahwa pertumbuhan dapat diukur sedangkan perkembangan hanya dapat dilihat gejala-gejalanya. Perkembangan dipersyaratkan adanya pertumbuhan.

    3. - perhatian intensif adalah perhatian yang seseorang lakukan fokus terhadap sesuatu yang ia lihat atau ia rasakan. contoh seseorang yang sedang menonton film di bioskop maka ia akan fokus menonton sampai film itu usai sehingga ia mengingat bagian2 film yang ia tonton.
    - perhatian tidak intensif adalah perhatian yang sesorang lakukan tetapi tidak fokus pada ia lihat karena ia juga melakukan hal lain.
    contoh ketika seseorang menonton berita di tv tetapi ia juga mengerjakan hal lain selama menonton tv maka tidak semua yang ia tonton ia ingat karena ia tidak hanya fokus pada satu kegiatan.

    4. - Fenotipe adalah ciri-ciri lahiriah organisme yang dihasilkan karena interaksi antara ciri-ciri keturunan dan lingkungan adalah sifat yang tampak pada suatu individu dan dapat diamati dengan panca indra.
    contoh seorang anak yang orangtuanya murni keturunan asli dari daerah papua maka anak tersebut memiliki kulit hitam dan rambut kriting.
    - Genotipe yaitu susunan gen yang menentukan sifat dasar suatu makhluk hidup dan bersifat tetap yang mengikuti aturan tertentu.
    contoh seorang anak yang memilki ayah bermata biru karna ia berasal dari inggris makan anak tersebut ikut memiliki mata biru karna genotipe yang diturunkan dari ayahnya.

    5. Menurut Bruno Psikologi Ialah Ilmu Pengetahuan Yang Mengkaji Tentang Kehidupan Psikis Dan Moral Merupakan Ilmu Pengetahuan Tentang Perilkau Makhluk Hidup.

    ReplyDelete
  4. Nama : Amih
    Smester: IV
    Matkul : psikologi pendidikan

    1. insting bisa disebut juga dengan naluri
    insting merupakan kemampuan seseorang berbuat sesuatu yang dibawa sejak lahir atau bisa juga diartikan pola tingkah laku yang bersifat turun temurun yang dibawa sejak lahir tanpa pengalaman sebelumnya atau tanpa tujuan yg mendasar.

    2. Perbedaan pertumbuhan pada anak

    a. pertumbuhan pada anak biasanya terjadi perubahan pada bentuk fisiknya baik berat badan lingkar kepala dan lain lain. dan seiring bertambahnya umur pertumbuhan (fisik) itu akan terlihat semakin jelas

    b. perkembangan pada anak lebih menunjuk pada perubahan bagian tubuh. misalnya perkembangan anak menuju dewasa yaitu prubahan fungsi alat kelamin dan sebagainya.

    3. - perhatian intensif => perhatian yang betul betul tercurah pada objek dan secara terus menurus

    - perhatian tidak intensif adalah perhatian yang kurang sepenuhnya tercurah pada suatu objek dan dilakukan secara alakadarnya

    4. - fenotif => adalah ciri lahiriah organisme yg dihasilkan karena interaksi antara ciri ciri keturunan dan lingkungan adalah sifat yg tampak pada suatu individu dan dapat di lihat dengan panca indra.

    contohnya : tumbuh besar/ kecil, rasa manis dsb, rambut lurus/ keriting dan sebagainya.

    - genotif => penurunan sifat
    genotif ino merupakan susunan gen yg menentukan sifat dasar suatu makhluk dan besifat tetap mengikuti aturan tertentu

    contoh : marah, baik, penurut, pemalu dan sebagainya

    5. psikolologi menurut para ahli di antaranya :

    - Bruno => menurut bruno pengertian psikologi terdapat 3 definisi

    1. study (pengetahuan) mengenai ruh
    ruh => meliputi jiwa, nyawa, akal, nafsu dan fitrah

    2. ilmu pengetahuan mengenai kehidupan mental={> terbangun dari suatu kenyataan bahwa kita hidup (mental)

    3. ilmu pengetahuan mengenai tingkah laku organisme
    tingkah laku => perbuatan dan prilaku kita dapat di ketahui oleh panca indra

    ReplyDelete
  5. Nama : Evi Tapiani
    Semester : IV
    Matkul : Psikologi Pendidikan


    1. Insting adalah perasaan, rasa, perkiraan, yang dimiliki oleh makhluk hidup.


    2. pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis (fisik) sebagai hasil dari proses pematangan yang ditandai adanya perubahan ukuran, baik volume, bobot dan jumlah sel yang bersifat tidak dapat kembali ke asal.
    - perkembangan adalah perubahan hormon dan perubahan dalam pada seorang anak.contohnya Haid bagi anak perempuan, besarnya suara anak laki-laki, tumbuh kumis, tumbuh jakun.dan lain-lain.

    3.perhatian intensif adalah perhatian yang dikuatkan oleh banyaknya rangsang atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.
    contoh : bunyi suara
    - perhatian tidak intensif adalah perhatian yang tidak dikuatkan oleh banyaknya rangsang atau keadaan.
    contoh: penglihatan

    4.fenotipe adalah pewarisan bentuk fisik dari induknya, bersifat lahiriyah yang bisa dilihat oleh indra. contoh: warna rambut, tinggi badan, warna kulit, bentuk hidung (mancung/pesek),dan lain-lain.

    - Genotipe adalah pewarisan sifat dari induknya.yang bersifat batiniyah atau tidak bisa dilihat oleh indra.contoh: pemarah, humoris pendiam, cengeng, galak, berani.dan lain-lain.

    5. Psikologi adalah ilmu jiwa yang meneliti tingkah laku / prilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku, dan mempunyai objek penelitian.

    ReplyDelete
  6. Nama: Abdul majid
    Mata kuliah: fisikologi pendidikan
    Semester: 4

    ReplyDelete
  7. Nama : Hani Hanifah
    Mata pelajaran : Psikologi pendidikan
    Semester IV

    1. Insting adalah kemampuan berbuat sesuatu yang dibawa sejak lahir yang dituju pada pemuasan dorongan-dorongan nafsu dan dorongan lain.

    2. Pada masa pertumbuhan, anak umumnya akan mengalami perubahan secara fisik baik itu berupa berat badan, tinggi badan, lingkar kepal, lingkar lengan, lingkar dada anak, dan lain-lain. Pada masa pertumbuhan, anak juga akan mengalami perubahan proporsi atau perbandingan yang dapat terlihat pada fisik atau organ anak yang muncul mulai dari masa kecil hingga dewasa Sedangkan perkembangan menunjuk pada perubahan-perubahan dalam bentuk bagian tubuh dan integrasi pelbagai bagiannya ke dalam satu kesatuan fungsional bila pertumbuhan itu berlangsung. Intinya bahwa pertumbuhan dapat diukur sedangkan perkembangan hanya dapat dilihat gejala-gejalanya. Perkembangan dipersyaratkan adanya pertumbuhan. Perkembangan selalu melibatkan proses pertumbuhan yang diikuti dari perubahan fungsi, misalnya perkembangan sistem reproduksi akan diikuti perubahan pada fungsi alat kelamin.

    3. a. Perhatian intensif,
    yaitu perhatian yang menyertakan banyak aspek kesadaran, Perhatian yang diberikan secara terus menerus yang dikuatkan oleh banyaknya rangsangan atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin. Contoh dari sifat intensif adalah sebagai berikut :
    - Bau. Bau hanya berhubungan dengan gas atau uap yang keluar dari dalam materi.
    - Rasa. Rasa ditentukan oleh komposisi yang terkandung di dalam sebuah materi.
    b. Perhatian tidak intensif,
    yaitu perhatian yang tidak banyak menyertakan aspek kesadaran. Perhatian yang kurang diperkuat oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin. Dengan demikian semakin banyak kesadaran yang menyertai suatu aktifitas, maka makin intensiflah perhatiannya Contoh dari sifat tidak instensif adalah sebagai berikut :
    - Volume. Pada dasarnya semakin besar ukuran suatu materi, maka akan semakin besar pula jumlah volume dari materi tersebut.
    - Massa / berat. Semakin banyak jumlah dari suatu materi, maka akan semakin besar pula jumlah massa dari materi itu sendiri.

    4.-Fenotipe adalah ciri-ciri lahiriah organisme yang dihasilkan karena interaksi antara ciri-ciri keturunan dan lingkungan adalah sifat yang tampak pada suatu individu dan dapat diamati dengan panca indra, misalnya warna bunga merah, rambut keriting, tubuh besar, buah rasa manis, dan sebagainya. Fenotipe merupakan perpaduan dari genotip dan faktor lingkungan. Sehingga suatu individu dengan fenotip sama belum tentu mempunyai genotip sama.
    - genotipe yaitu susunan gen yang menentukan sifat dasar suatu makhluk hidup dan bersifat tetap yang mengikuti aturan tertentu. Contoh :
    -Gen yang bertanggung jawab untuk warna mata
    -Gen yang bertanggung jawab untuk warna rambut
    -Gen yang bertanggung jawab untuk tinggi.
    5. a. Edwin G. Boring dan Herbert S. Langfeld. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hakekat manusia 2.
    b. Garden Murphy Psikologi adalah ilmu yg mempelajari respon tentang mahluk hiduo dengan lingkungannya.
    c. Woodworth dan Marquis Psikologi adalah ilmu pengetahuan yg mempelajari aktivitas individu dari sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungan dengan alam sekitar.
    d. Wilhem Wund Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia seperti perasaan, pikiran, merasa, dan kehendak.
    e. Pengertian Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.
    f. Pengertian Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.

    ReplyDelete
  8. Nama : Dendi Ramadhan
    Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan
    Semester : IV

    1.Insting yaitu pola tingkah laku yang bersifat turun-temurun yang dibawa sejak lahir

    2. Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan pada anak, yaitu :
    Pertumbuhan merupakan perubahan ukuran organisme karena bertambahnya sel-sel dalam setiap tubuh organisme yang tidak bisa diukur oleh alat ukur atau bersifat kuantitatif. Atau secara bahasanya perubahan ukuran organisme dari kecil menjadi besar. Sedangkan, Perkembangan merupakan salah satu perubahan organisme ke arah kedewasaan dan biasanya tidak bisa diukur oleh alat ukur atau bersifat kualitatif.

    3.Perhatian intensif yaitu perhatian yang banyak dikuatkan oleh banyaknya rangsang atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.

    Perhatian tidak intensif yaitu perhatian yang kurang di perkuat oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai kegiatan atau pengalaman batin.

    4.Fenotipe merupakan suatu karakteristik, baik struktural, biokimiawi, fisiologis serta juga perilaku yang dapat diamati dari organisme yang diatur oleh genotipe serta juga lingkungan juga interaksi keduanya.
    Genotipe
    Genotipe ialah suatu istilah yang dipakai dalam menyatakan keadaan genetik dari suatu individu atau juga sekumpulan individu populasi yang merujuk pada suatu keadaan genetik lokus ataupun keseluruhan bahan genetik yang dibawa oleh kromosom “genom”.
    5. Pengertian Psikologi menurut para Ahli, sebagai berikut :

    A. Menurut Bigot, Pengertian Psikologi adalah ilmu yang mempelajari adanya jiwa dan kehidupan jiwa.
    B. Menurut Garrett adalah suatu studi sistematik mengenai tingkah laku.
    C.Woodworh dan Marquis mengemukakan pengertian psikologi, psikologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari aktivitas individu sejak di dalam kandungan sampai dengan meninggal dunia di dalam hubungannya dengan alam sekitar.
    D. Zimbardo mengatakan bahwa Psikologi merupakan suatu ilmu mengenai tingkah laku organisme.
    E. Menurut Hilgard dan Atkinson, Pengertian Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses mental.
    F. Menurut pendapat Morgan, King dan Robinson, Psikologi ialah ilmu mengenai tingkah laku manusia yang meliputi penerapannya kepada manusia.
    G. Singgih Dirgagunarsa mengemukakan bahwa Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku dari manusia.
    H. Menurut John Broadus Watson, Pengertian Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dari lahiriah dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban (respons).

    ReplyDelete
  9. Soal Jawaban Psikologi Pendidikan
    Nama : Dina
    Semester IV STAI Yaperi Cibinong Bogor

    1. Insting adalah kemampuan berbuat sesuatu yang dibawa sejak lahir yang dituju pada pemuasan dorongan-dorongan nafsu dan dorongan lain , diartikan juga sebagai pola tingkah laku yang bersifat turun temurun yang dibawa sejak lahir tanpa pengalaman sebelumnya atau tanpa tujuan yang mendasar seperti pada hewan misalnya pembuatan tempat tinggal yang khas, secara turun menurun tidak pernah berubah yaitu contohnya sarang burung.

    2. Pertumbuhan diartikan sebagai proses transmisi dari keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah yang secara herediter dalam bentuk proses aktif secara berkesinambungan. Jadi, pertumbuhan berkaitan dengan perubahan fisik yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis, bertambah jumlah dan besarnya sel diseluruh bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat diukur perkembangan merupakan bertambah  sempurnanya fungsi alat tubuh yang dapat dicapai melalui tumbuh kematangan dan belajar .

    3. Perhatian intensif, yaitu perhatian yang menyertakan banyak aspek kesadaran, Perhatian yang diberikan secara terus menerus yang dikuatkan oleh banyaknya rangsangan atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin. Contohnya Seorang guru fokus memusatkan pengajarannya kepada seorang anak yang berkebutuhan khusus di kelasnya .Perhatian tidak intensif, yaitu perhatian yang tidak banyak menyertakan aspek kesadaran.Perhatian yang kurang diperkuat oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.contohnya Tugas seorang ibu tidak hanya mengurus rumah , tetapi ia berperan aktif dalam mendidik anak anaknya .

    4. Fenotipe adalah ciri-ciri lahiriah organisme yang dihasilkan karena interaksi antara ciri-ciri keturunan dan lingkungan adalah sifat yang tampak pada suatu individu dan dapat diamati dengan panca indra, misalnya warna bunga merah, rambut keriting, tubuh besar, buah rasa, manis ,dsb . genotipe yaitu susunan gen yang menentukan sifat dasar suatu makhluk hidup dan bersifat tetap yang mengikuti aturan tertentu.

    5. Menurut Pendapat Dari Bruno, Psikologi ialah Ilmu Pengetahuan Yang Mengkaji Tentang Kehidupan Psikis Dan Moral Merupakan Ilmu Pengetahuan Tentang Perilaku Makhluk Hidup.

    ReplyDelete
  10. Nama :ani fitriani
    Semester : 4
    Mata pelajaran : pisikologi

    Jawaban
    1. insting adalah suatu pola perilaku dan reaksi terhadap suatu rangsangan tertentu yang tidak dipelajari tetapi telah ada sejak kelahiran suatu makhluk hidup dan diperoleh secara turun-temurun (filogenetik).

    2. Proses tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Menurut Ketua Unit Kerja Kelompok Tumbuh Kembang, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K), untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat, orang tua perlu memenuhi kebutuhan dasar anak, di antaranya nutrisi, stimulasi, imunisasi, aktivitas bermain, dan cukup tidur.

    Mam perlu tahu bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak adalah dua hal yang berbeda, tetapi selalu berkaitan dan sulit dipisahkan. Pertumbuhan (growth) adalah perubahan yang bersifat kuantitatif atau dapat diukur. Pertumbuhan biasanya menyangkut ukuran dan struktur biologis pada tubuh anak. Sementara yang dimaksud dengan perkembangan (development) adalah perubahan kuantitatif dan kualitatif yang meliputi bertambahnya kemampuan (skill) struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks. Perkembangan terjadi dalam pola yang teratur seiring dengan proses pematangan/maturitas anak.Pertumbuhan anak usia 0-24 bulan pada penelitian ini juga
    berhubungan dengan berat badan saat lahir dan seks anak. Hal ini dijuga
    diperkuat oleh adanya perbedaan pertumbuhan anak menurut stratifikasi
    usia. Pertumbuhan anak usia 0-6 bulan berbeda dengan pertumbuhan anak
    usia di atas satu tahun, yang mana kondisi anak usia 7-12 bulan merupakan
    transisi kedua kelompok tersebut.

    3. Intensif adalah secara sungguh-sungguh dan terus menerus dalam mengerjakan sesuatu hingga memperoleh hasil yang optimal.
    Contohnya :
    bau, warna, titik didih,titik lebur, titik beku, rasa, daya hantar, kekerasan (hardness),dll.

    Tidak intensif dalam kehidupan sehari-hari bermakna mempunyai jangkauan yang luas. Contoh : Heru membaca ekstensif untuk lebih memahami apa poin yang terpenting dalam suatu bacaan tersebut.

    4. Fenotipe adalah suatu karakteristik yang dapat diamati dari suatu organisme yang diatur oleh genotipe dan lingkungan serta interaksi keduanya. Pengertian fenotipe mencakup berbagai tingkat dalam ekspresi gen dari suatu organisme.
    Contohnya :
    warna mata
    warna rambut
    tinggi Badan
    - Genotipe adalah informasi yang terkandung dalam dua alel. Genotipe hanya dapat ditentukan oleh tes biologis, bukan observasi. Genotipe adalah sifat yang diturunkan dan informasi turun-temurun disahkan oleh orang tua menentukan genotipe.
    Contohnya :
    Gen yang bertanggung jawab untuk penyakit tertentu
    Gen yang bertanggung jawab untuk perilaku tertentu
    Gen yang bertanggung jawab untuk ukuran paruh burung.

    5.Pengertian definisi menurut para ahli yaitu sebagai berikut:
    1. Aristoteles
    Sejarah adalah satu sistem
    yang meneliti satu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi.
    Pada masa yang sama, menurut beliau juga sejarah adalah peristiwa-peristiwa
    masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod, atau bukti-bukti yang konkret.
    2.Herodotus
    Sejarah ialah satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat, dan peradaban.
    3. Kuntowijoyo
    Sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris.
    4.Ibnu Khaldun
    Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban
    manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.
    5. Charles Harding Firth
    Sejarah merekam kehidupan masyarakat manusia, perubahan masyarakat yang terus menerus,
    merekam ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat, dan merekam
    kondisi-kondisi material yang telah membantu atau merintangi perkembangnnya.

    ReplyDelete
  11. Nama: Siti Rohimah
    Mata kuliah: Psikologi pendidikan
    Semester: IV

    1. Insting atau naluri adalah suatu pola perilaku dan reaksi terhadap suatu rangsangan tertentu yang tidak d pelajari tetapi ada sejak kelahiran suatu makhluk hidup dan diperoleh secara turun temurun.

    2. - Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, berat, serta tinggi dan jumlah sel yang bersifat tidak bisa kembali keasal. Petumbuhan lebih bersifat kuantitatif, dimana suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring dengan berjalannya waktu.
    - Perkembangan lebih bersifat kualitatif dimana suatu organisme yang sebelumnya masih belum matang dalam sistem reproduksi (dewasa) menjadi lebih dewasa dan matang.

    3. - Intensif yaitu perhatian yang banyak dikuatkan oleh banyaknya rangsangan atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalanan batin
    Contoh : rasa. Rasa ditentukan oleh komposisi yang terkandung didalam sebuah materi
    - tidak intensif yaitu perhatian yang kurang diperkuatkan oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin

    4. -Fenotipe yaitu merupakan suatu karakteristik baik struktural, biokimiawi, fisikologis dan.perilaku yang dapat d amati dari suatu organisme yang diatur oleh genotipe dan lingkungan serta interaksi keduanya.
    Contoh: warna mata, berat badan/ ketahana terhadap suatu penyakit tertentu.
    - Genotipe yaitu merupakan istilah yang dipakai untuk menyatakan keadaan genetik dari suatu individu.

    5. Menurut Dakir (1993) Psikologi Membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan.

    ReplyDelete
  12. Nama : Siti Halimatu Ahmadiyah Nurawaliyah
    Mata kuliah : psikologi pendidikan
    Semester : IV

    1.Insting adalah kemampuan yang mendorong sesuatu yang dibawa sejak lahir yang dituju pada pemuasan dorongan-dorongan nafsu dan dorongan lain.
    bisa disebut juga naluri atau garizah.dapat diartikan sebagai Pola tingkah laku Yang bersifat turun-temurun Yang Dibawa sejak lahir Tanpa Pengalaman sebelumnya ATAU Tanpa tujuan Yang mendasar

    2. - pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi² fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat pada waktu yang normal.

    - perkembangan adalah berlangsung dari keadaan global dan kurang berdiferensi atau proses perbedaan awal perkembangan sampai ke keadaan dimana diferensi yang baru, dalam artikulasi dan integrasi meningkat secara bertahap.

    3. •Perhatian intensif : yaitu perhatian yang banyak dikuatkan oleh banyaknya rangsang atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.

    •Perhatian tidak intensif : yaitu perhatian yang kurang diperkuat oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin


    4. •fenotipe adalah ciri lahiriah sesuai jenis anak tersebut contoh nya : memiliki bola mata yang kecoklatan

    •genetipe adalah penurunan sifat contohnya : memiliki sifat pemarah

    5. Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam pembahasan dengan lingkungannya.

    ReplyDelete
  13. Nama:Herlin Triana
    Semester:IV
    Mata kuliah:Psikologi Pendidikan

    1.insting, atau naluri
    1. Insting adalah kemampuan berbuat sesuatu yang dibawa sejak lahir yang dituju pada pemuasan dorongan-dorongan nafsu dan dorongan lain.
    2. Insting bisa disebut juga naluri atau garizah.
    3. Insting juga dapat diartikan sebagai pola tingkah laku yang bersifat turun temurun yang dibawa sejak lahir tanpa pengalaman sebelumnya atau tanpa tujuan yang mendasar
    seperti pada hewan misalnya pembuatan tempat tinggal yang khas, secara turun menurun tidak pernah berubah yaitu contohnya sarang burung.
    2.Pertumbuhan
             Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat pada waktu yang normal. Pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses transmisi dari konstitusi fisik (keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah ) yang herediter dalam bentuk proses aktif secara berkesinambungan. Jadi, pertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis.

    b)      Perkembangan
            Secara umum konsep perkembangan dikemukakan oleh Werner (1957) bahwa perkembangan berjalan dengan prinsip orthogenetis, perkembangan berlangsung dari keadaan global dan kurang berdiferensiasi sampai ke keadaan di mana diferensiasi, artikulasi, dan integrasi meningkat secara bertahap. Proses diferensiasi diartikan sebagai prinsip totalitas pada diri anak. Dari penghayatan totalitas itu lambant laun bagian- bagiannya akan menjadi semakin nyata dan tambah jelas dalam rangka keseluruhan.

    3.a.  Perhatian intensif adalah perhatian yang betul-betultercurah pada obyek
    Contoh:Rasa,rasa di tentukan oleh komponen yang terkarkandung di dalam sebuah materi.
    b. Perhatian tidak intensif adalah perhatian yang kurang sepenuhnya tercurah pada suatu obyek
    Contoh:Volume,vilume pada dasarnya semakin besar ukuran suatu materi,maka akan semakin besar pula jumlah volume dari materi.
    4.4. - Fenotipe merupakan suatu karakteristik, baik struktural, biokimiawi, fisiologis dan perilaku yang dapat diamati dari suatu organisme yang diatur oleh genotipe dan lingkungan serta interaksi keduanya. Pengertian ini mencakup berbagai tingkat dalam ekspresi gen dari suatu organisme yang dapat dilihat/diamati/diukur.
    Contoh : warna mata, berat badan atau ketahanan terhadap suatu penyakit tertentu.
    - Genotipe merupakan istilah yang dipakai untuk menyatakan keadaan genetik dari suatu individu atau sekumpulan individu populasi yang merujuk pada keadaan genetik suatu lokus maupun keseluruhan bahan genetik yang dibawa oleh kromosom “genom”.
    Contohnya adalah seperti gen yang bertanggung jawab untuk warna rambut, gen yang bertanggung jawab untuk Warna mata, gen yang bertanggung jawab untuk perilaku tertentu, gen yang bertanggung jawab untuk ukuran paruh burung, dan sebagainya.
    5.Zimbardo mengatakan bahwa Psikologi merupakan suatu ilmu mengenai tingkah laku organisme.
    Menurut Hilgard dan Atkinson, Pengertian Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses mental.

    ReplyDelete
  14. Nama : Karmila Sari
    Semester : IV
    Mata kuliah : Psikologi Pendidikan

    1. Insting adalah kemampuan berbuat sesuatu yang dibawa sejak lahir yang dituju pada pemuasan dorongan-dorongan nafsu dan dorongan lain. Insting bisa disebut juga dengan (naluri). Insting juga dapat diartikan sebagai pola tingkah laku yang bersifat turun temurun yang dibawa sejak lahir tanpa pengalaman sebelumnya atau tanpa tujuan yang mendasar.

    2. pertumbuhan diartikan sebagai suatu penambahan dalam ukuran bentuk, berat atau ukuran dimensif tubuh serta bagian-bagiannya. Sedangakn perkembangan menunjuk pada perubahan-perubahan dalam bentuk bagian tubuh dan integrasi berbagai bagiannya ke dalam satu kesatuan fungsional bila pertumbuhan itu berlangsung. Intinya bahwa pertumbuhan dapat diukur sedangkan perkembangan hanya dapat dilihat gejala-gejalanya.
    Salah satu ciri dari pertumbuhan ialah : > Dalam pertumbuhan akan terjadi perubahan ukuran dalani hal bertambahnya ukuran fisik, seperti berat badan, tinggi badan, dan sebagainya. Sedangjan salah satu ciri dari perkembangan ialah :
    > Perkembangan memiliki tahapan yang berurutan mulai dari kemampuan melakukan hal yang sederhana menuju kemampuan melakukan hal yang sempurna.

    3. Perhatian intensif : yaitu perhatian yang banyak dikuatkan oleh banyaknya rangsang atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.

    · Perhatian tidak intensif : yaitu perhatian yang kurang diperkuat oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.
    Contoh perhatian yang intensif :
    > Bau. Bau hanya terkait dengan gas atau uap yang keluar dari dalam materi.

    4. > Fenotipe adalah suatu karakteristik (baik struktural, biokimiawi, fisiologis, dan perilaku) yang dapat diamati dari suatu organisme yang diatur oleh genotipe dan lingkungan serta interaksi keduanya.
    > Genotipe (harafiah berarti "tipe gen") adalah istilah yang dipakai untuk menyatakan keadaan genetik dari suatu individu atau sekumpulan individu populasi.

    5.> Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
    > Dr. Singgih Dirgagunasa Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.
    > Plato dan Aritoteles Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.
    > Jhon Broadus Watson Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku lahiriah dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan.

    ReplyDelete
  15. Nama: ABDUL MAJID
    Mata kuliah: fhisikologi pendidikan
    Semester: IV

    Jawaban
    1. naluri atau insting adalah suatu pola perilaku dan reaksi terhadap suatu rangsangan tertentu yang tidak dipelajari tetapi ada sejak kelahiran nya suatu makhluk hidup dan di peroleh secara turun temurun ( filogenetik)

    2. Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan pertumbuhan ukuran, tinggi badan, berat, yang bersifat irreversible(tidak dapat kembali pada keadaan semula sedangkan perkembangan terjadi dalam jangka panjang atau terus menerus terjadi tanpa ukuran.

    3. Perhatian intensif adalah perhatian yang banyak dikuatkan oleh banyaknya rangsang atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman. Perhatian tidak intensif adalah perhatian yang kurang diperkuat oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.

    4. Fenotife adalah suatu karakteristik ( baik struktural, biokimiawi, fisiologis, dan perilaku) yang dapat di amati dari suatu organisme yang di atur oleh genotife dan lingkungan serta interaksi keduanya. Contohnya misalnya warna mata, berat badan atau ketahanan terhadap suatu penyakit tertentu.

    5.Pengertian Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.
    Pengertian Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
    Pengertian Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
    Dari beberapa definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.

    ReplyDelete
  16. Nama:Iis Syafitri Al-Fadilah
    Semester:4
    Mata kuliah:psikologi pendidikan

    1.Insting/naluri adalah suatu pola perilaku dan reaksi terhadap suatu rangsangan tertentu yang tidak dipelajari tapi telah ada sejak kelahiran suatu makhluk hidup dan diperoleh secara turun-temurun (filogenetik).

    2. - Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan pertambahan ukuran, berat, serta tinggi yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali pada keadaan semula). Pertumbuhan lebih bersifat kuantitatif, dimana suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring dengan pertambahan waktu.

    - Perkembangan adalah suatu proses differensiasi, organogenesis dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih lengkap dan dewasa. Perkembangan lebih bersifat kualitatif, dimana suatu organism yang sebelumnya masih belum matang dalam sistem reproduksinya (dewasa), menjadi lebih dewasa dan matang dalam sistem reproduksinya sehingga dapat melakukan perkembangbiakan.


    3. · Perhatian intensif : yaitu perhatian yang banyak dikuatkan oleh banyaknya rangsang atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.
    Contoh : Bau, Bau hanya berhubungan dengan gas atau uap yang keluar dalam materi.

    · Perhatian tidak intensif : yaitu perhatian yang kurang diperkuat oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.
    Contoh : Volume, Pada dasarnya semakin banyak jumlah dari suatu materi, maka akan semakin besar pula jumlah volume materi tersebut.

    4. - Fenotipe merupakan suatu karakteristik, baik struktural, biokimiawi, fisiologis dan perilaku yang dapat diamati dari suatu organisme yang diatur oleh genotipe dan lingkungan serta interaksi keduanya. Pengertian ini mencakup berbagai tingkat dalam ekspresi gen dari suatu organisme yang dapat dilihat/diamati/diukur.
    Contoh : warna mata, berat badan atau ketahanan terhadap suatu penyakit tertentu.

    - Genotipe merupakan istilah yang dipakai untuk menyatakan keadaan genetik dari suatu individu atau sekumpulan individu populasi yang merujuk pada keadaan genetik suatu lokus maupun keseluruhan bahan genetik yang dibawa oleh kromosom “genom”.
    Contohnya adalah seperti gen yang bertanggung jawab untuk warna rambut, gen yang bertanggung jawab untuk Warna mata, gen yang bertanggung jawab untuk perilaku tertentu, gen yang bertanggung jawab untuk ukuran paruh burung, dan sebagainya.

    5. Pengertian Psikologi menurut para Ahli, sebagai berikut :

    A. Menurut Bigot, Pengertian Psikologi adalah ilmu yang mempelajari adanya jiwa dan kehidupan jiwa.
    B. Menurut Garrett adalah suatu studi sistematik mengenai tingkah laku.
    C.Woodworh dan Marquis mengemukakan pengertian psikologi, psikologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari aktivitas individu sejak di dalam kandungan sampai dengan meninggal dunia di dalam hubungannya dengan alam sekitar.

    ReplyDelete
  17. Nama: ABDUL MAJID
    Mata kuliah: fhisikologi pendidikan
    Semester: IV

    Jawaban
    1. naluri atau insting adalah suatu pola perilaku dan reaksi terhadap suatu rangsangan tertentu yang tidak dipelajari tetapi ada sejak kelahiran nya suatu makhluk hidup dan di peroleh secara turun temurun ( filogenetik)

    2. Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan pertumbuhan ukuran, tinggi badan, berat, yang bersifat irreversible(tidak dapat kembali pada keadaan semula sedangkan perkembangan terjadi dalam jangka panjang atau terus menerus terjadi tanpa ukuran.

    3. Perhatian intensif adalah perhatian yang banyak dikuatkan oleh banyaknya rangsang atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman. Perhatian tidak intensif adalah perhatian yang kurang diperkuat oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.

    4. Fenotife adalah suatu karakteristik ( baik struktural, biokimiawi, fisiologis, dan perilaku) yang dapat di amati dari suatu organisme yang di atur oleh genotife dan lingkungan serta interaksi keduanya. Contohnya misalnya warna mata, berat badan atau ketahanan terhadap suatu penyakit tertentu.

    5.Pengertian Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.
    Pengertian Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
    Pengertian Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
    Dari beberapa definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.

    ReplyDelete
  18. Nama : Yusuf Hamdani
    Semster : IV
    Mata kuliah : Psikologi Pendidikan

    jawaban

    1.insting pola tingkah laku yang bersifat turun-temurun yang di bawa sejak lahir
    2.pertumbuhan dan perkembangan pada anak



    3.Perhatian intensif : yaitu perhatian yang banyak dikuatkan oleh banyaknya rangsang atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.
    · Perhatian tidak intensif : yaitu perhatian yang kurang diperkuat oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.
    Makin banyak kesadaran yang menyertai suatu aktivitas atau pengalaman batin berarti makin intensiflah perhatiannya. Dan makin intensif perhatian yang menyertai suatu aktivitas akan makin sukseslah aktivitas itu.
    4. Fenotipe adalah suatu karakteristik (baik struktural, biokimiawi, fisiologis, dan perilaku) yang dapat diamati dari suatu organisme yang diatur oleh
    genotipe dan lingkungan serta interaksi keduanya.
    Pengertian fenotipe mencakup berbagai tingkat dalam ekspresi gen dari suatu organisme. Pada tingkat organisme, fenotipe adalah sesuatu yang dapat dilihat/diamati/diukur, sesuatu sifat atau karakter. Dalam tingkatan ini, contoh fenotipe misalnya warna mata, berat badan, atau ketahanan terhadap suatu penyakit tertentu. Pada tingkat biokimiawi, fenotipe dapat berupa kandungan substansi kimiawi tertentu di dalam tubuh. Sebagai misal, kadar
    gula darah atau kandungan protein dalam beras. Pada taraf molekular, fenotipe dapat berupa jumlah RNA yang diproduksi atau terdeteksinya pita DNA atau RNA pada elektroforesis.
    Fenotipe ditentukan sebagian oleh
    genotipe individu, sebagian oleh lingkungan tempat individu itu hidup, waktu, dan, pada sejumlah sifat, interaksi antara genotipe dan lingkungan. Waktu biasanya digolongkan sebagai aspek lingkungan (hidup) pula. Ide ini biasa ditulis sebagai
    P = G + E + GE,
    dengan P berarti fenotipe, G berarti genotipe, E berarti lingkungan, dan GE berarti interaksi antara genotipe dan lingkungan bersama-sama (yang berbeda dari pengaruh G dan E sendiri-sendiri.
    Pengamatan fenotipe dapat sederhana (masalnya warna bunga) atau sangat rumit hingga memerlukan alat dan metode khusus. Namun, karena ekspresi genetik suatu genotipe bertahap dari tingkat molekular hingga tingkat individu, seringkali ditemukan keterkaitan antara sejumlah fenotipe dalam berbagai tingkatan yang berbeda-beda.
    5. sikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: "ψυχή" ( Psychē yang berarti jiwa) dan "-λογία" ( -logia yang artinya ilmu, sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa.
    Sejarah
    Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, psikologi melalui sebuah perjalanan panjang. Konsep psikologi dapat ditelusuri jauh ke masa Yunani kuno . Psikologi memiliki akar dari bidang ilmu
    filsafat yang diprakarsai sejak zaman
    Aristoteles sebagai ilmu jiwa, yaitu ilmu untuk kekuatan hidup ( levens beginsel ). Aristoteles memandang ilmu jiwa sebagai ilmu yang mempelajari gejala - gejala kehidupan. Jiwa adalah unsur kehidupan (Anima), karena itu setiap makhluk hidup.

    ReplyDelete
  19. Nama :siti Rusmia sofyaningsih
    Semester 4
    Psikologi pendidikan

    1.suatu pola perilaku dan reaksi terhadap suatu rangsangan tertentu yang tidak dipelajari tetapi telah ada sejak kelahiran suatu makhluk hidup dan diperoleh secara turun-temurun (filogenetik).

    2.*Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, berat, serta tinggi dan jumlah sel yang bersifat tidak bisa kembali keasal,Jadi, pertumbuhan berkaitan dengan perubahan fisik yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis, bertambah jumlah dan besarnya sel diseluruh bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat diukur perkembangan.

    perkembangan adalah Perkembangan lebih bersifat kualitatif, dimana suatu organism yang sebelumnya masih belum matang dalam sistem reproduksinya (dewasa), menjadi lebih dewasa dan matang .

    3.perhatian intensif adalah perhatian yang seseorang lakukan fokus terhadap sesuatu yang ia lihat atau ia rasakan.

    Perhatian tidak intensif : yaitu perhatian yang kurang diperkuat oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.
    Contohnya Seorang guru fokus memusatkan pengajarannya kepada seorang anak yang berkebutuhan khusus di kelasnya .

    4.Fenotipe merupakan suatu karakteristik, baik struktural, biokimiawi, fisiologis dan perilaku yang dapat diamati dari suatu organisme yang diatur oleh genotipe dan lingkungan serta interaksi keduanya.
    Cintohnya tinggi badan, warna penglihatan.

    genotipe yaitu susunan gen yang menentukan sifat dasar suatu makhluk hidup dan bersifat tetap yang mengikuti aturan tertentu.
    Contohnya dia memiliki warna kulit yg gelap karena keturunan dari ayahnya . Jdi memiliki gen yg sama.

    5.Bruno Psikologi yaitu suatu Ilmu Pengetahuan Yang Membahas Tentang Kehidupan Psikis Dan Moral Merupakan Ilmu Pengetahuan Tentang Perilkau Makhluk Hidup.
    Dan ada 3 bagian :
    1. Psikolog ialah pendidikan yang mengenai ruh.
    2. Psikolog ialah ilmu pengetahuan tentang kehidupan mental.
    3. Psikolog ialah ilmu pengetahuan berkenaan dengan tingkah laku.

    ReplyDelete
  20. Nama : Ima Rahmawati
    Semester: IV
    Mata Kuliah :Psikologi Pendidikan
    -JAWABAN-
    1.) Insting adalah kemampuan berbuat sesuatu yang dibawa sejak lahir yang dituju pada pemuasan dorongan-dorongan nafsu dan dorongan lain. Juga dapat diartikan sebagai pola tingkah laku yang bersifat turun temurun yang dibawa sejak lahir tanpa pengalaman sebelumnya atau tanpa tujuan yang mendasar.
    2.) a. Pertumbuhan : dalam pertumbuhan anak akan terjadi perubahan ukuran fisik, seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan, dan lain-lain.
    b. Perkembangan : tingkah laku anak yang terdapat pada tiap-tiap tahap perkembangan manusia sepanjang rentang kehidupannya. perkembangan terjadi dalam jangka panjang atau terus menerus terjadi tanpa ukuran.
    3.) - Perhatian intensif : yaitu perhatian yang banyak dikuatkan oleh banyaknya rangsang atau keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.
    - Perhatian tidak intensif : yaitu perhatian yang kurang diperkuat oleh rangsangan atau beberapa keadaan yang menyertai aktivitas atau pengalaman batin.
    Makin banyak kesadaran yang menyertai suatu aktivitas atau pengalaman batin berarti makin intensiflah perhatiannya. Dan makin intensif perhatian yang menyertai suatu aktivitas akan makin sukseslah aktivitas itu.
    4.) - Fenotipe :
    merupakan suatu karakteristik, baik struktural, biokimiawi, fisiologis dan perilaku yang dapat diamati dari suatu organisme yang diatur oleh genotipe dan lingkungan serta interaksi keduanya. Pengertian ini mencakup berbagai tingkat dalam ekspresi gen dari suatu organisme yang dapat dilihat/diamati/diukur, seperti warna mata, berat badan atau ketahanan terhadap suatu penyakit tertentu.
    - Genotipe
    merupakan istilah yang dipakai untuk menyatakan keadaan genetik dari suatu individu atau sekumpulan individu populasi yang merujuk pada keadaan genetik suatu lokus maupun keseluruhan bahan genetik yang dibawa oleh kromosom “genom”.
    5.) Pengertian Psikologi Menurut Beberapa Ahli
    1. Edwin G. Boring dan Herbert S. Langfeld. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hakekat manusia manusia.
    2. Garden Murphy Psikologi adalah ilmu yg mempelajari respon tentang mahluk hiduo dengan lingkungannya
    3. Woodworth dan Marquis Psikologi adalah ilmu pengetahuan yg mempelajari aktivitas individu dari sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungan dengan alam sekitar
    4. Wilhem Wund Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia seperti perasaan, pikiran, merasa, dan kehendak.
    5. Pengertian Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...