Friday, April 12, 2019

Pilsafat Ilmu Pertemuan 5




 

Proposisi 

Pernyataan

Menurut kbbi.web,id, pernyataan adalah suatu tindakan untuk menyatakan atau mengungkapkan sesuatu, baik secara lisan maupun tulisan.

Kalimat Berita
Kalimat berita adalah suatu jenis kalimat yang isinya berupa informasi atau peristiwa yang dipaparkan. Kalimat ini berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada para pembaca atau pendengarnya agar mereka mengetahui informasi atau peristiwa yang sedang terjadi. Kalimat berita sendiri terdiri dari beberapa macam bentuk yaitu, kalimat berita langsung, kalimat berita tak langsung, kalimat berita positive, dan kalimat berita negatif.

Kalimat Berita Positif

Kalimat berita positif adalah kalimat yang berisi berita atau peristiwa yang positif yang ditandai dengan tidak adanya pengingkaran atau penyangkalan.
Contoh:
  1. Presiden Jokowi turun tangan langsung untuk mengatasi permasalahan antara KPK dan POLRI.
  2. Budi memenangkan juara satu lomba membaca puisi setingkat provinsi.
  3. Jakarta diterjang banjir akibat hujan yang turun terus-menerus selama 4 hari.

Kalimat Berita Negatif
Kalimat berita negatif adalah kalimat berita yang isinya merupakan berita negatif atau pengingkaran. Kalimat berita negatif ditandai dengan adanya kata-kata pengingkaran seperti, tidak dan bukan.
Contoh:
  1. Presiden Jokowi tidak jadi melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri yang baru.
  2. Air terjun Lembah Hitam bukanlah tempat tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi.
  3. Ancaman bom pada Hotel Merpati bukanlah omong kosong belaka.

Kalimat Berita Langsung
Kalimat berita langsung adalah kalimat berita yang memuat peristiwa atau kejadian yang berasal dari kutipan atau ujaran seseorang yang kembali disampaikan persis sesuai aslinya. Ciri Kalimat berita langsung dapat dilihat dari Intonasi pada kalimat kutipan yang bernada lebih tinggi daripada kalimat pengiringnya.
Contoh:
  1. Ibu guru mengumumkan, ”Besok kalian belajar di rumah dan kembali lagi kesekolah pada hari senin.”
  2. “Evakuasi bangkai pesawat Air Asia telah berhasil kami lakukan,” ujar ketua Basarnas pada konverensi pers.
  3. Ayah memberitahu, “Nenek kamu sudah dipanggil oleh Allah SWT.”

Kalimat Berita Tidak Langsung
Kalimat berita tidak langsung adalah kalimat yang memuat kejadian/peristiwa yang dikutip oleh penutur namun tidak persis seperti apa yang disampaikan sumbernya. Dengan kata lain, penutur menyampaikan kembali apa yang telah disampaikan oleh narasumber. Kalimat ini dicirikan oleh intonasi yang menurun pada akhir kalimat.
Contoh:
  1. Ibu mengatakan bahwa tahun ini merupakan tahun yang bersejarah bagi keluarga kami.
  2. Presiden Jokowi mengintruksikan kepada menteri perikanan untuk menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia.
  3. Presiden Samsung mengatakan bahwa tahun ini mereka akan melemparkan produk terbaru mereka di pasar Indonesia.
 
Kalimat pernyataan
Sebelum membahas pernyataan, terlebih dahulu kita bahas pengertian kalimat. Kalimat adalah rangkaian kata yang disusun menurut aturan bahasa yang mengandung arti.
Pernyataan adalah kalimat yang mempunyai nilai benar atau salah, tetapi tidak sekaligus benar dan salah. (pernyataan disebut juga preposisi, kalimat deklaratif). Benar diartikan ada kesesuaian antara apa yang dinyatakan dengan keadaan yang sebenarnya.
Perhatikan beberapa contoh berikut!
1. Al-Quran adalah sumber hukum pertama umat Islam
2. 4 + 3 = 8
3. Frodo mencintai 1
4. Asep adalah bilangan ganjil
Contoh;
nomor 1 bernilai benar, sedangkan contoh nomor 2 bernilai salah, dan keduanya adalah pernyataan, sementara contoh nomor 3 dan 4 adalah kalimat yang tidak mempunyai arti.

Kalimat Deklaratif.
Kata deklaratif berasal dari bahasa latin, declaratio, yang artinya pernyataan. Sedangkan pengertian kalimat deklaratif adalah kalimat berisi suatu pernyataan yang berfungsi untuk memberi informasi atau berita tentang sesuatu hal.
Contoh Kalimat Deklaratif :
- Orang tua saya telah kembali dari Mekkah
- Tadi pagi ada kecelakaan motor di depan rumah ani
- Saya akan menjenguk nenek di rumah sakit
Pernyataan pada ketiga kalimat yaitu contoh kalimat berita dalam bahasa Indonesia, contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia, dan kalimat deklaratif bisa terkadang  benar dan terkadang bisa salah. Dalam ranah linguistik, benar atau salahnya suatu pernyataan biasa disebut dengan proposisi. Selain termasuk ke dalam istilah linguistik, proposisi juga termasuk ke dalam ranah pembahasan ilmu logika.
Agar pembaca dapat memahami seperti apa proposisi itu, maka di tulisan ini akan dijelaskan hal-hal seputar proposisi, mulai dari pengertian, jenis dan bentuknya. Untuk selengkapnya, bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini!

Pengertian Proposisi
Proposisi merupakan satu tutur atau pernyataan yang melukiskan beberapa keadaan yang belum tentu benar atau salah dalam bentuk sebuah kalimat berita. Proposisi dalam istilah yang dipergunakan dalam analisis logika. Keadaan dan peristiwa-peristiwa itu pada umumnya melibatkan pribadi atau orang yang dirujuk oleh ujaran dalam kalimat.
Kebenaran sebuah proposisi berkorespondensi dengan fakta, sebuah proposisi yang salah tidak berkorespondensi dengan fakta. Proposisi terdiri atas empat unsur, dua di antaranya merupakan materi pokok proposisi, sedangkan dua yang lain sebagai hal yang menyertainya. Empat unsur yang dimaksudkan ialah term sebagai subjek, term sebagai predikat, kopula dan kuantor.
Proposisi adalah istilah yang digunakan untuk kalimat pernyataan yang memiliki arti penuh dan utuh. Hal ini berarti suatu kalimat harus dapat dipercaya, disangsikan, disangkal, atau dibuktikan benar tidaknya. Singkatnya, proposisi adalah pernyataan mengenai hal-hal yang dapat dinilai benar atau salah.
Dalam ilmu logika, proposisi mempunyai tiga unsur yakni:[1]
  1. Subjek, perkara yang disebutkan adalah terdiri dari orang, benda, tempat, atau perkara.
  2. Predikat adalah perkara yang dinyatakan dalam subjek.
  3. Kopula adalah kata yang menghubungkan subjek dan predikat.
Contohnya kalimat Semua manusia adalah fana. Kata semua dalam kalimat tersebut dinamakan dengan pembilang. Kemudian kata manusia berkedudukan sebagai subjek, sedang adalah merupakan kopula. Adapun predikat di sini diwakili oleh kata fana.
Banyak pemikir modern berpikir bahwa "pernyataan" dan "proposisi" adalah sinonim, atau paling tidak seharusnya sama.

Contoh Proposisi
  • Semarang ialah Ibukota provinsi Jawa Tengah (proposisi yang bernilai benar karena Semarang ialah Ibukota Jawa Tengah).
  • Sukarno ialah Presiden Pertama Republik Indonesia.
  • 5 + 7 = 10 (proposisi yang bernilai salah).
  • x + 5 = 11 (bukan proposisi, karena “x” belum ditentukan)

Jenis-Jenis Proposisi

Dilansir id.wikipedia.org, proposisi terbagi atas beberapa jenis, yaitu:
  1. Proposisi tunggal: merupakan proposisi yang terdiri atas satu subjek dan predikat. Contoh: kucing adalah hewan peliharaan. (Subjek: kucing, Predikat: hewan peliharaan)
  2. Proposisi majemuk: merupakan proposisi yang terdiri atas satu subjek dan dua predikat atau bisa juga terdiri atas dua proposisi tunggal. Misalnya: kucing adalah hewan peliharaan sekaligus hewan omnivora. (Subjek: kucing, predikat: hewan peliharaan dan hewan omnivora)
  3. Proposisi kategorial atau kategories: merupakan proposisi yang berisi pernyataan yang membenarkan atau menyalahkan secara mutlak. MIsalnya: semua makhluk hidup pasti akan mati.
  4. Proposisi kondisional: merupakan proposisi yang berisi pernyataan yang berisi pembenaran atau pengingkaran yang bersyarat atau opsional. Misal: langit akan gelap jika akan terjadi hujan. Proposisi sendiri terbagi lagi menjadi dua, yaitu:
    • Hipotesis: berisi pembenaran atau pengingkaran yang berisi sebuah syarat. Misal: lubang jalan akan tergenang air jika waktu hujan deras tiba.
    • Disjungtif: berisi pernyataan yang berupa pilihan dan biasanya terkandung kata atau di dalamnya. Misal: Melly harus memilih apakah dia akan melanjutkan S2 atau menikah terlebih dahulu.
  5. Proposisi universal: merupakan proposisi yang berisi pernyataan suatu hal secara keseluruhan. Biasanya proposisi ini menggunakan kata semua di dalamnya. Misal: semua manusia pasti mempunyai dua mata.
  6. Proposisi partikular: merupakan proposisi yang menyatakan suatu hal secara tidak menyeluruh atau sebagian saja. Proposisi ini biasanya ditandai dengan adanya penggunaan frasa tidak semua. Misalnya: tidak semua anak laki-laki itu kurang ajar.
  7. Proposisi singular: merupakan proposisi yang menyatakan suatu hal secara khusus dan biasanya terkandung kata ini atau itu di dalamnya. Contoh: rumah itu milik Pak Zahrawi.

Bentuk Proposisi

Dilansir dari medialogika.org, proposisi mempunyai sejumlah bentuk, yaitu:
  • Proposisi bentuk A: merupakan bentuk proposisi yang menyatakan bahwa setiap subjek adalah predikat. Misalnya: setiap makhluk hidup adalah ciptaan Tuhan.
  • Propoisisi bentuk E: merupakan bentuk proposisi yang menyatakan bahwa setiap subjek bukanlah sebuah predikat. Misal: setiap laki-laki bukan perokok aktif.
  • Proposisi bentuk I: merupakan bentuk proposisi yang menyatakan bahwa sebagian subjek adalah predikat. Misal: sebagian mahasiswa adalah anak seorang pejabat.
  • Proposisi bentuk O: merupakan proposisi yang menyatakan bahwa sebagian subjek bukanlah predikat. Misal: sebagian mahasiswa bukanlah anak seorang pejabat.
Demikianlah pembahasan mengenai proposisi, dimulai dari pengertian, jenis, hingga bentuk-bentuknya. Jika pembaca ingin menambah referensi seputar kalimat, pembaca bisa membuka artikel unsur-unsur kalimat dalam bahasa Indonesia, ciri-ciri kalimat dalam bahasa Indonesia, pola kalimat dasar beserta contohnya, serta jenis-jenis kalimat. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian.

7 comments:

  1. Nama : Vivi
    Semester : 2 Yaperi Cibinong

    Assalamualaikum, wr. wb.
    Penjelasan mengenai proposisi yg bapak tulis di blog saya rasa sudah cukup jelas dan global,bapak menjelaskan pengertian proposisi,contoh proposisi, jenis-jenis proposisi, bentuk proposisi, dan setiap penjelasan/pengertian menggunakan contohnya, sehingga pembaca mudah memahaminya.
    Sedangkan proposisi yg saya buat masih banyak kekurangannya, dan saya masih perlu belajar lg, dan lebih banyak membaca.
    Wassalamualaikum, wr. wb.

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum, berbeda sekali pak. Yang bapak tulis sangat panjang lebar dan ada contoh disetiap penjelasan. Punya rimah hanya ada pengertian dan jenis-jenisnya saja.
    Tapi rimah mau bertanya pak, gak papa kali ya pak. Misalkan ya pak ada berita tapi hoax gitu, itu termasuk berita negatif enggak pak? Terimakasih, wassalamu'alaikum.

    ReplyDelete
  3. Nama :Meli Astuti
    Semester :II

    Perbedaan penjelasan tentang proposisi yang ditulis oleh Bpk H.Dodo,S.pd.MM dengan yang ditulis oleh saya.
    -Penjelasan tentang proposisi yang Bpk jelaskan dan tulis cukup jelas dan global,dan mudah dimengerti penjelasannya karena disitu langsung tertera beserta penjelasan contohnya.
    -dan proposisi yang saya tulis dan jelaskan itu hanya pengertian dan contoh yang simple,asalkan mudah untuk di mengerti.
    Dan terimakasih pak untuk materi penjelasan Proposisi yang bapak buat semoga dapat bermanfaat untuk kami yang mempelajarinya.

    ReplyDelete
  4. Nama : Baniatus Sopiah

    Semester : 2

    Assalamu'alaikum.Wr.Wb.


    Perbedaan tentang proposisi yang ditulis Bapak H.Dodo,S.Pd.MM dengan punya saya.
    Menurut saya penulisan tentang pengertian proposisi,jenis-jenis proposisi,bentuk-bentuk proposisi,dari penulisan Bpk ada kalimat berita positif dan negatif,serta ada kalimat berita langsung dan kalimat berita tidak langsung,penulisan Bpk begitu jelas, luas,lengkap dan global.serta mudah dimengerti dan di pahami.
    Sedangkan penulisan punya saya sudah jelas,hanya saja tidak luas,lengkap,dan global.Masih banyak yang perlu di perbaiki,dilengkapi, dan masih banyak kekurangan.

    Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

    ReplyDelete
  5. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    untuk Diskon 2D: 29%, 3D: 59%, dan 4D: 66%
    Hadiah 4D x 3000, 3D x 400, 2D x 70, 2D Depan&Tengah x 65
    pelayanan yang cepat dan ramah
    untuk cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME
    WA : +85581511017

    ReplyDelete
  6. numpang share ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  7. Halloo semua kini DEWALOTTO menghadirkan permainan yang lengkap hanya dengan modal 20rb saja kita sudah bisa menikmati beragam permainan seperti :

    *TOGEL ONLINE dengan 8 pasaran resmi ( Singaporepools, Sydneypools, Hongkongpools, Tokyo4d, Koreanlotto, Omanpools, Shanghailotto, dan Malay4d )
    * Permainan Bola Liga, Champions dan lain2 dengan 2 permainan ( M-Sports dan United Gaming )
    * LIVE CASINO ONLINE menyediakan Baccarat, Roullete, SIC BO, DRAGON TIGER dan masih banyak lagi..
    * SLOT GAMES menyediakan ( TEMBAK IKAN, BOLA TANGKAS, BATU GONCANG, NUMBER GAME dan masih banyak lagi
    * SABUNG AYAM menyediakan 3 pilihan games didalam nya
    dan masih banyak lagi game2 lain nya hanya dengan 1 userid saja dan modal 20ribu rupiah saja
    anda bisa mencoba peruntungan dengan bermain bersama kami disini .
    yukk silahkan bergabung dan coba bermain dengan modal kecil dan menangkan hadiah besar nya
    silahkan di add WA kami +855 69312579 dengan cs kami siaga 24 jam melayanin keluhan anda semua
    jika kesulitan silahkan hubungin kami melalui WA atau LIVE CHAT
    Kepuasaan anda dalam bermain adalah perioritas kami salam DEWALOTTO semua bisa jadi DEWA...

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...