Friday, October 18, 2019

Soal UTS Pendidikan Luar Sekolah TA Sekolah 19/20



Tulislah identitasmu;

Nama                           : ........................
Soal Mata Kuliah           : Pendidikan Luar Sekolah
Semester                     : VII

Perintah;

1.    Supaya lebih mudah melakukan publish, gunakan bagi yang punya laptop atau sejenisnya.
2.    Buka Web. www.karyailmu-dodo.blogspot.com 
3.    cari soal UTS Bimbingan dan Konseling TA 19/20 
4.    Tulis jawabannya pada kolom komentar, jika sudah selesai klik publish.
5.    Menjawab dengan redaksi yang sama antar sesama teman atau copy paste langsung akan dianulir.
6.    jangan lupa mengisi absen mengikuti UTS

Soal;
1.  Setelah lulus Madrasah Aliyah, SMK, SMA, apa yang harus dilakukan oleh seorang siswa yang ingin menambah keahlian minat dan bakat yang dimilikinya?
2.    Jelaskan maksud dengan Peserta didik yang ingin memperluas wawasan, peningkatan keterampilan dan kesejahteraan keluarga dalam Pendidikan Luar Sekolah.
3.    Pendidikan tidak hanya diperoleh dari sekolah saja, melainkan dari “kesadaran masyarakat untuk belajar” jelaskan maksudnya.
4.    Apa legalitas formal pendidikan homeschooling?
5.    Berapa kali datang mengikuti kuliah untuk mata kuliah olahkPendidikan Luar Se dari 6 kali pertemuan?. Rumusnya; jumlah Hadir dibagi 6 kali Pertemuan kali 100 = ........ kemudian hasilnya ditambah nilai UTS 100, hasil penjumlahanya dibagi 2 = ........ (.......)*




Rentang Nilai;*
A   dari      86  -  100
B   dari      70  -    85
C   dari      57  -    69
D   dari      45  -    56
E   dari        0  -    44





45 comments:

  1. Nama: khasbi nimal maola
    Semester : 7
    Materi : pendidikan luar sekolah
    Dosen : H.dodo
    1.hal yg pertama di lakukan adalah mengetahui kompetensi diri atau minat yg ada pada diri kita kemudian di kembangkan melalui berbagai aktivitas baik itu secara non formal semisal aktif di organisasi atau mengikuti program bimbingan belajar.
    2.proses dmna seorang pelajar ingin mengembangkan potensi yang ada pada dirinya dengan cara mengetahui dan mengolah kegiatan itu secara bijak agar tercipta nya kegiatan positif dan menghasilkan pengalaman yang terbaik yang menjadikan wawasan berkembang dan tingkat keilmuan nya bertambah
    3.dalam hal ini memang kegiatan belajar mengajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja melainkan dari segi keilmuan bisa di peroleh dari berbagai macam aktivitas di luar kelas baik itu secara formal ataupun non formal.agar menciptakan keseimbangan dan keragaman dalam proses belajar mengajar.dan dalam kesadaran masyarakat untuk belajar ini merupakan bentuk keinginan dan motivasi untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi.
    4.legalitas homeschooling ini bisa dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran dengan syarat kurikulum dan metode serta hasil dari kegiatan tersebut memenuhi standar dan syarat dalam proses pembelajaran
    5. 3÷6x100+100÷2=75

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.hal pertama yang dilakukan adalah mengetahui kompetensi yang ada pada diri dalam kita kemudian di kembangkan melalui berbagai macam aktivitas baik secara non formal semisal aktif di organisasi atau mengikuti program bimbingan belajar
      2.proses dmna seorang pelajar ingin mengembangkan potensi minat bakat dan mengolah kegiatan itu secara bijak agar tercipta nya kegiatan positif dan dan menghasilkan pengalaman yang terbaik yang menjadikan wawasan berkembang dan tingkat keilmuan bertambah
      3.dalam hal ini kegiatan belajar tidak hanya dilakukan atau diperoleh di dalam kelas melainkan bisa di dapat di luar kelas dengan cara menciptakan aktivitas di luar kelas baik itu secara formal ataupun non formal agar tercipta nya keragaman dan keseimbangan belajar dan mendapatkan edukasi yang baik.
      4.kesadaran masyarakat ini harus ditumbuhkan dan dipupuk sejak dini agar menjadi kan sebuah kebiasaan baik dan agar memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi
      5.legalitas homeschooling ini bisa dijadikan alternatif dalam kegiatan belajar yg terpenting kurikulum dan hasil belajar sesuai target yg di harapkan
      (50,4)(D)

      Delete
  2. NAMA: Rio ilham muharom
    MATA KULIAH: Pendidikan luar sekolah
    SEMESTER: VII

    1.Dengan melanjutkan pendidikan sesuai minat dan bakat. Baik diperguruan tinggi (formal) , maupun kursus(nonformal).
    2.dengan belajar keterampilan apa saja yang bermanfaat untuk ksejahteraan kebutuhan hidup dalam keterampilan berwirausaha
    3.karna beajar bisa dilaksnakan diluar sekolah dengan keinginan yang tinggi untuk sesuatu yang akan dicapai. Bisa dengan keterampilan yang dikembangkan diluar sekolah. Karna pendidikan bisa didapatkan dimana saja yang penting kita ada usaha dan kemauan.
    4. Resmi dan diakui oleh pemerintah dan dalam pembelajarannya mengikuti kurikulum yang sedang berjalan tetapi cara pembelajarannya husus tambahan dalam belajar diluar sekolah
    5.6/6 ×100= 100+100=200

    200÷2= 100

    ReplyDelete
  3. NAMA : IWANG SEPTIAN
    MATA KULIAH : PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
    SEMESTER : VII

    1. Siswa yang telah lulus dari jenjang pendidikan untuk mengasah minat dan kemampuannya bisa melalui pendidikan luar sekolah, karen dalam pendidikan luar sekolah disana di ajarkan apa yang tidak ada disekolah formal pada umumnya,di ajarkan juga keterampilan keterampilan yang dapat mengasah bakat seseorang.
    2. a. Memperluas wawasan yaitu menambah pengetahuan dan pelajaran pelajaran yang bisa di dapat pada pendidikan luar sekolah.dengan adanya tambahan pendidikan luar sekolah maka wawasan pun akan semakin bertambah.
    b. Peningkatan keterampilan di ajarkan pada pendidikan luar sekolah hal ini bertujuan agar peserta didik bisa mengasah keterampilan/kemampuan yabg dimiliki oleh diri pribadinya melalui pendidikan luar sekolah.
    c. Kesejahteraan keluarga dalam pendidikan luar sekolah merupakan peran penting dalam pengembangan bakan minat pada peserta didik agar kemampuan yg dimiliki peserta didik bisa lebih baik lagi.
    3. Kesadaran masyarakat untuk belajar merupakan langkah yang baik untuk menambah pengetahuan keterampilan dan wawasan pada masyarakat.
    4. Homeschooling merupakan pendidik formal akan tetapi dilaksanakan diluar pendidikan sekolah pada umumnya dan home schooling ini boleh diselenggarakan.artinya tidak ada larangan dalam pembelajaran homevschooling.
    5. 4/6 x 100 = 66+100=166:2=83

    ReplyDelete
  4. Nama : APRILIA MUBAROK
    Soal Mata Kuliah : PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
    Semester : VII ( Tujuh )

    1. yang harus dilakukan untuk menambah keahlian dan minat yaitu diantaranya mengembangkan ilmu dan potensi yang dimilikinya serta menyesuaikan minat dengan potensi yang dimilikinya. yakni dengan cara mencari pengalaman yang sebanyak banyak nya. dalam proses nya barulah ia dapat mengetahui sejauh mana potensi yang dimilikinya dari hal hal yang dialaminya secara natural ( langsung ). maka ia akan mengetahui apakah minat nya sesuai dengan potensi atau kemampuan yang dimilikinya. jika cocok tentu itu akan memperkaya kemampuan dan minat nya setelah proses mencari pengalaman tersebut. contoh : minat dan keahliannya dalam bidang pendidikan. maka setelah lulus ia mencari pengalaman mengajar di sekolah. maka dari sana akan bertambah keilmuan serta minat yang dimilikinya.
    2.maksud dari peserta didik memperluas wawasan adalah bahwasanya ia tidak hanya belajar didalam bangku sekolah saja, namun setelah itu ia memperluas wawasannya dengan berbagai jenis ilmu yang ada diluar sekolah/ pendidikan formal. misalnya dengan sering membaca buku, bertanya dengan kawan yang lebih pintar darinya ataupun mencari tahu dan menganalisis apapun yang belum dan ingin ia ketahui. kemudian meningkatkan keterampilan juga sebagai salah satu bentuk pendidikan luar sekolah seperti keterampilan menulis, berdagang, dan masih banyak lagi keterampilan-keterampilan yang bisa di dapatkan dalam pendidikan luar sekolah. kemudian pendidikan luar sekolah juga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan ini menjadi salah satu tujuan adanya pendidikan luar sekolah itu sendiri. pelaku atau pembelajar pendidikan luar sekolah tentu saja akan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya.
    3. kesadaran masyarakat dalam belajar tentu sangatlah penting ini juga sesuai dengan hadits nabi yang berbunyi " carilah ilmu dari buaian sampai liang lahat " ini juga sesuai dengan konsep " long life education " yang mana manusia yang patuh tentu akan menjalankan kewajibannya untuk belajar dan belajar sendiri tidak hanya terpaku pada pendidikan formal saja, belajar juga dapat dilakukan di luar sekolah. misalnya dengan memperbanyak membaca, mencari pengalaman yang berguna dan melakukan hal-hal positif lainnya. yang bertujuan untuk menambah keilmuan dan minat yang kita miliki. jika masyarakat kurang minat belajar tentu kualitas masyarakat juga akan berpengaruh.
    4. legalitas pendidikan homeschoolig sama seperti lembaga pendidikan formal/ sekolah. hanya saja homescholing menerapkan pembelajaran yang berlangsung di rumah.

    5. JUMLAH NILAI 75 ( Grade B )*

    ReplyDelete
  5. Nama: Nurlaeli
    Mata kuliah : Pendidikan Luar Sekolah
    Semester : VII

    1. Jika seseorang ingin menambah minat dan bakat yang dimilikinya, maka yang harus dilakukan yaitu mengembangkan potensi yang ada dalam diri bisa dengan mengikuti kursus, pelatihan, extrakurikuler, dan pengajaran yang pelajari dari pendidik yang memiliki keterelampilan tersebut.

    2.yang dimaksud dengan peserta didik ingin memperluas wawasan tersebut adalah tujuan dari pendidikan luar sekolah. Karena tujuan dari pendidikan luar sekolah itu sendiri adalah untuk memperluas wawasan, meningkatkan keterampilan, dan kesejahteraan keluarga.

    3. Maksud dari kesadaran masyarakat untuk belajar yaitu bahwa pendidikan tidak hanya dapat dilakukan dalam lembaga formal saja yaitu pendidikan yang terikat seperti sekolah SD, SMP, dan SMA saja. Tetapi jika ada kemauan dalam diri masyarakat untuk belajar, maka, pendidikan itu dapat terlaksana bisa melalui pelatihan khusus, seperti kursus.

    4.Legalitas Pendidikan Homeschooling yaitu diakui oleh pemerintah. pendidikan homeschooling merupakan pendidikan tambahan yang sesuai kurikulum hanya saja pengajarannya bukan dilakukan di lembaga formal.

    6/6 = 1
    1×100 = 100+100= 200/2 = 100

    ReplyDelete
  6. Nama : Maskurianto
    Mata kuliah : pendidikan luar Sekolah
    Semeter : VII (TUJUH)
    1. Kadang situasi kondisi yang memaksa kita untuk memperiotaskan tanggung jawab, itu bukan pilihan kita
    2. Setiap kegiatan diluar sitemtasis sekolahan yang mapan, dilakukan secara mandiri,
    3. Mengwujudkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlaq mulia, berilmu, kreatif, serta menjadi warga yang bertanggung jawab.
    4. Pendidikan merupakan potensi yang akreditasi serta kompetensi secara pembelajaran secara manual dan merupakan pembelajaran yang aktual serta homescooling
    5. 1X6:2= 6 pertemuan. Nama : Maskurianto semester VII

    ReplyDelete
  7. Nama:Rani Apriani
    Pelajaran :pendidikan luar sekolah
    Semester : Vll
    Jawaban soal
    1. Setelah lulus sekolah sma, aliyah maupun SMK jika ingin menambah ke ahlianya yaitu dengan mencari peluang dengan orang lain . Baik dalam bidang ilmu atau bidang lainya dan menggembangkan ya dalam bidang keterampilan.
    2.memperluaas wawasan adalah keilmuan seseorang karna di biasakan dalam hal yang kita tuju,di karnakan sering membaca diskusi.
    Peningkatan keterampilan adalah tekhnik menjelaskan kecakapan dalam suatu hal agar menjadi hal yang baik dan bermanfaat.
    Kesejahteraan keluarga adalah Endang kehidupan .
    3. Pendidikan memang tidak hanya di dapat di sekolah saja
    Bisa di keluarga , Individual di salah satu kesatuan didalamnya ada proses pendidikan yang berbeda beda cara pendidikan nya.
    4. Legalitas formal pendidikan homeschooling yaitu sekolah pendindikan swasta . Ada yang tunggal, majemuk, dan Comuniti.
    5.kehadiran
    4:6 = 0,6 x 100 =66,6 + 100 =166,6 :2 = 83,3

    ReplyDelete
  8. 1.terkadang, situasi dan kondisi yang memaksa kita untuk memprioritaskan yang sebenarnya itu bukan pilihan kita, nah saat seperti inilah kita ditantang untuk bersikap dewasa.

    2.setiap kegiatan terorganisasi dan sistematis, diluar system persekolahan yg mapan, dilakukan secara mandiri atau merupakan bagian penting dari kegiatan yg lebih luas yg sengaja dilakukan untuk melayani peserta didik tertentu didalam mencapai tujuan belajarnya.

    3.mewujudkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yg beriman dan bertaqwa kepada tuhan yg maha esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yg demokrasi serta bertanggung jawab.

    4.pendidikan merupakan hak setiap warga negara.

    5.3x6:2=9 pertemuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak mohon maaf yg gk ada namanya itu punya
      Ilham Arisandi
      Mata kuliah: pend. Luar sekolah
      Semester VII

      Delete
  9. 1. Terkadang, situasi dan kondisi yang memaksa kita untuk memperioritaskan yang sebenernya itu bukan pilihan kita, nah saat seperti inilah kita di tantang bersikap dewasa.

    2. Setiap kegiatan terorganisasi dan sistematis, di luar syistem persekolahan yg mapan, di lakukan secara mandiri atau merupakan bagian penting dari kegiatan yg lebih luas.

    3. Mewujudkan potensi perserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada tuhan yg maha esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,. Dan menjadi warga negara yg demokrasi serta bertanggung jawab.

    4. Pendidikan merupakan hak setiap warga negara

    5. 3x6:2=9

    Nama : Sulaeman Daud
    Semester : VII
    Pel : Pendidikan luar sekolah

    ReplyDelete
  10. Nama : Mirah Tayibah Nur
    soal mata kuliah : pendidikan luar sekolah
    semester : VII

    1) untuk menambah bakat setelah lulus sekolah dengan cara menggali kembali bakat saat sekolah, sambil mengikuti bakat yg di minati seperti ia ingin menjadi qori, maka belajarlah ke lembaga yang mengajarkan qori agar bakat nya akan lebih baik.

    2.) peserta didik yang ingin memperluas wawasan maka harus mempunyai fikiran terbuka, rajin membaca, banyak teman, dan meluangkan waktu untuk berdiskusi bareng dengan teman-teman nya menjadi tambahlah wawasan yang tadinya tidak tahu maka jadi tau

    3. belajar bukan hanya di sekolah saja melainkan bisa dirumah, apalagi sekarang banyak hp canggih, jikalau seseorang memanfaatkan hp (internet) tersebut dengan baik maka akan terlihat banyak sekali ilmu didalamnya.

    4) legalitas homescooling antara formal dan non formal

    5) 6÷6=1×100=100+100=200÷2=100


    ReplyDelete
  11. Nama : nur annisa haqi .k
    Mata kuliah:pendidikan luar sekolah
    Semester:VII

    1.pertama harus tau dahulu apa bakat siswa tersebut , misalnya berbakat dalam bidang bernyanyi, siswa tersebut harus terus belajar dengan les singing. Dengan terus giat dalam belajarnya.
    2.membangun keahlian vocasional:kejujuran,bimbingan kejujuran,kemampuan membangun,kemampuan membangun eksplorasi terhadap pendidikan pekerjaan. Menjelajah,memperluas wawasan.contohnya dengan kursus
    3.tidak hanya belajar disekolah, tetapi bisa juga belajar dilingkungan keluarga,masyarakat dengan menggunakan internet yg digunakan dengan baik tidak untuk disalahgunakan .
    4.homeschooling ada pada formal
    1.karna menajalankan kurikulum
    2.homeschooling majemuk(2keluarga digabung)
    3.homeschooling komunitas (darisemua komunitas tidak semua)
    5. 5:6×100+100:2=91

    ReplyDelete
  12. Nama:Mardiah
    Soal matkul:Pen luar Sekolah
    Smt:Vll

    1.Dengan adanya niat menambah pengetahuan yaitu dengan cara menimba ilmu melalui pendidikan di bangku kuliah.di samping menimba ilmu kita juga di barengi dengan mengajar untuk menambah pengalaman di bidang pendidikan.

    2.Dengan cara Mengembangkan wawasan anak /bakat, dan minat anak contohnya anak berbakat di bidang Tahfiz kita sbagai orang tua harus terus mendukungnya.

    3.waktu di sekolah sangatlah terbatas maka di rumah pun anak harus belajar dengan di perhatikan dan di bantu oleh orang tua.

    4. Menyalurkan dan menyediakan ijazah sesuai pemerintah yang memiliki akreditasi.

    5. 3 × 6×100:2=90

    ReplyDelete
  13. Nama : R.Devi Amelia Safitri
    Semester :VII

    1.memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan dengan pendidikan diluar
    sekolah..

    2.maksudnya bisa sebagai jembatan seseorang masuk dunia kerja dan sebagai wahana untuk bertahan hidup.
    3.yang dimaksud dengan kesadaran masyarakat untuk belajar yaitu contoh seseorang yg lulusan SMP bisa membuat robot tanpa sekolah atau kursus..dengan keinginan yg kuat dia bs menciptakan sebuah robot hanya dengan belajar dr internet.
    4.legalitas home schooling itu ada di non formal dan formal.
    5.4/6x100=66+100=166:2=83

    ReplyDelete
  14. 1. Yang harus dilakukan oleh seorang siswa setelah lulus jenjang MA,SMK,SMA untuk menambah keahlian minat dan bakat yang dimilikinya ialah dengan cara melanjutkan keahlian minat dan bakat yang dimilikinya kejenjang perguruan tinggi kalau minat dan bakat nya tersebut tentang pendidikan. Supaya minat dan bakatnya lebih terolah dengan baik.
    2. Setiap kegiatan terorganisasi dan sistematis di luar sistem persekolahan yang mapan, dilakukan secara mandiri atau merupakan kegiatan yang lebih luas.
    3. Mewujudkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi dan bertanggung jawab.
    4. Menyalurkan dan menyediakan jasa sesuai pemerintah yang memiliki akreditasi.
    5. 1x6x100:2=50
    Nama: Mad yusup
    Semester: VII (Tujuh)
    Mata Kuliah: Pendidikan luar sekolah

    ReplyDelete
  15. Nama : Nuraeni
    Mata kuliah : Pendidikan Luar sekolah
    semester : VII

    1. Setelah lulus pendidikan tingkat sd,smp,sma jika ingin menambah keahlian dan bakat kita harus melanjutkan kuliah ataupun pendidikan luar sekolah guna memperdalam bakat yang dimiliki seperti ikut kursus bahasa inggris jika kita ingin kuliah keluar negri ataupun bekerja diluar negri selama beberapa bulan , bisa juga ikut pendidikan desainer jika kita ingin memperdalam ilmu desain

    2.yakni peserta didik yang ingin mengetahui atau membaca dunia luar yang terjadi dizaman sekarang dengan rajinnya membaca dan mengerti dalam teknologi sering update pada berita sehingga peserta didik meningkatkan keterampilannya atau mengembangkan bakatnya melalui ikut pendidikan luar sekolah guna kecakapan diri ketika bekerja dan diakhir tercapainya suatu keterampilan dapat mensejahterakan keluarganya
    3.pendidikan tidak hanya diperoleh dari pendidikan sekolah saja melainkan dari kesadaran masyarakat itu sendiri untuk belajar yakni pendidikan didalam keluarga , pendidikan non formal yang dilakukan dengan adanya kumpulan dimasyarakat seperti berorganisasi dalam masyarakat sehingga terjadi sebuah pembelajaran dan akan timbul sebuah kesadaran untuk belajar
    4.pendidikan homeschooling itu termasuk pendidikan alternatif dalam bentuk tunggal , majemuk maupun komunitas yang mana legalitasnya sudah tertera dalam undang undang dan homeschooling memiliki kesetaraan tingkat formal
    5. 5:6x100 = 83 + 100 = 183: 2 =91

    ReplyDelete
  16. Nama : Annisa Oktavia
    Mata Kuliah : Pendidikan Luar Sekolah
    Semester :VII

    1. Untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik yang sudah lulus sekolah adalah dengan cara mengembangkan minat dan bakatnya agar lebih berkembang dari sebelumnya.

    2. Peserta didik yang ingin mempunyai wawasan yang luas,meningkatkan keterampilannya, dan mempunyai kesejahteraan keluarga dalam pendidikan luar sekolah maka harus mempunyai pikiran yang terbuka,mau membaca,dan bisa meluangkan waktunya untuk berdiskusi serta mau bersosialisasi dengan teman atau saudaranya.

    3. Belajar itu bukan hanya disekolah saja tetapi belajar di rumah juga harus dilaksanakan karena peranan keluarga adalah peran yang paling penting untuk mendidik anak, kesadaran tersebut didasari oleh pentingnya akan pendidikan tersebut

    4. Legalitas homeschooling adalah diantara formal dan nonformal

    5. 5÷6×100+100÷2= 91

    ReplyDelete
  17. 1. Melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yang sesuai dengan bidangnya.
    Mencari pengalaman bekerja yang sesuai dengan vokasionalnya

    2. Mencari pendidikan diluar sekolah yang bersifat formal maupun nonformal

    3. Karena masyarakat yang kreatif tentunya memiliki kesadaran tersrndiri untuk melaksanakan pendidikan

    4. Home schooling adlah pendidikan nonfomal yang diakui oleh pemerintah,

    5. 2/6 x 100
    = 200/6= 33,3

    ReplyDelete
  18. Nama : Raden Risna rahma Salsabila
    mata kuliah : Pendidikan luar sekolah
    Semester : VII

    1.melakukan belajar dengan menggunakan metode luar sekolah sesuai dengan bakat yg dimiliki anak itu, atau memasukan nya kedalam les yg sesuai dgn kemampuan nya supaya potensi, minat, keahlian,bakat dan kemampuan sang anak bisa lebih berkembang lagi dgn baik

    2. Biasanya peserta didik yg ingin memperluas wawasan akan mengikuti metode pendidikan luar sekolah supaya menambah wawasan dan peningkatan keterampilan peserta didik, dan bisa juga untuk menjadi jembatan seseorang untuk masuk dunia kerja,wahana untuk bertahan hidup, dan memartabatkan manusia.

    3.kesadaran masyarakat untuk belajar adalah kesadaran yg ada pada diri masyarakat menuju pendewasaan dalah hal belajar, contoh nya : masyarakat mulai menggunakan internet dengan bijak dan baik, membaca buku dengan sendiri, dan menjadikan pengalaman sebagai pelajaran hidup.

    4.legalitas homescooling diantaranya pendidikan formaldan non formal

    5. 4 ÷ 6 × 100 + 100 : 2 = 83


    ReplyDelete
  19. 1. melanjutkan pelajaran ke jenjang yang lebih tinggi atau melanjutkan kuliah atau juga berkerja yang sesuai minat dan bakatnya misalnya seorang anak tg telah lulus smk jurusan automotif berusaha mencari pekerjaan tang sesuai dengan minat dan bakatnya.
    2. dengan cara berkerja denga. sesuai vakat san minatnya dngan demikianseoatan pelajar akan mendapatka ilmu atau wawasan yang luas tentanf ilmu yang sia dapatkan di sekolah dan bisa membantu orang tua salam masalah ekonomi
    3. pada dasarnya pendidikan itu berawal dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. bahkan begitu besar pengaruh nya lingkungan masyarakat dengan pendidikan seorang anak oleh karena itu sebagai orang tua sangatlah penting di memperhatikan masalah ini agar anak kita tidak terpengaruh oleh lingkungan yang rusak.
    4. menyediakan ijazah resmi yang sesuai dengan aturan pemerintah
    memiliki akreditasi dan kopetensi yang mencukupi untuk melakukan kegiatan homescooling
    5.1x6x100:2=50

    Nama :Bahrun Naseh

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Dina Juliantika Ernawati
      Mata Kuliah : Pendidikan Luar Sekolah
      Semester : VII
      1. Ketika seseorang yang ingin mengembangkan dan menanamkan keahlian minat dan bakat yang dimilikinya, maka ia harus memperluas wawasan dan meningkatkan kemampuannya sehingga ia akan terus berubah sesuai dengan kemampuannya.
      2. Peserta didik yang ingin memperluas wawasan, meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan keluarga dalam pendidikan luar sekolah peserta didik harus melakukan suatu proses belajar dan berlatih secara sistematis untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja mereka dalam pekerjaannya sekarang dan menyiapkan diri untuk peran dan tanggung jawab yang akan datang.
      3. pendidikan diperoleh seseorang dari keluarga,sekolah dan masyarakat agar suatu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia naik secara intelektual, psikologi maupun aspek sosial, bahkan maju mundurnya bangsa sangat ditentukan oleh pendidikan masyarakatnya. Rendahnya kualitas pendidikan merupakan permasalahan yang sampai sekarang masih dihadapi oleh bangsa indonesia. semua ini karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak bangsa.
      4. Homeschooling ada di legalitas formal :
      ~ Karena menjalankan kurikulum
      ~ Homeschooling majmuk ( 2 keluarga digabung )
      contoh :pesantren
      ~ Homeschooling Komunitas ( Dari semua komunitas )
      contoh : pendidikan alam
      5. 4:6x100=66+100=166:2=83

      Delete
  21. nama : siti rahmah
    soal mata kuliah : pendidikan luar sekolah
    semester : VII

    1. jika ingin menambah minat dan bakat maka diharuskan nya lah sebuah usaha, agar terus berkembang dan terlatih menjadi baik, tentunya diniatkan dan diperlukan usaha yang maksimal.

    2.maksud dari peserta didik yang ingin memperluas wawasan, peningkatan keterampilan, dan kesejahteraan keluarga adalah dengan kejujuran, kemampuan membangun, memperluas wawasan terhadap pendidikan pekerjaan yang dimana akan menghasilkan tipe tipe belajar yg dikehendaki oleh kelompok orang dewasa maupun anak anak.

    3.pendidikan dapat diraih dimana saja, dirumah, dilingkungan rumah, di lingkungan masyarakat, tidak hanya tentang pelajaran umum di sekolah, melainkan terdapat cara bersikap, tata krama, cara menghargai, cara menerima, dan cara bermasyarakat dengan baik.

    4.legalitasnya karena menjalankan kurikulum
    - homeschooling majemuk ( 2 keluarga digabung )
    - homeschooling komunitas (dari semua komunitas) (tidak semua)

    5. 2:6x100+100:2 =66

    ReplyDelete
  22. nama:lilis saadah
    semester;VII
    mata kuliah:pendidikan luar sekolah
    jawab 1.harus membangun suatu lembaga contohnya membuka keahlian apa yang dimilikinya seperti keahlian dalam bidang otomotip harus membuka bengkel atau yang berhubungan dengan keahlian yang dimilikinya.
    2.peserta didik tersebut harus terbuka bersosialisasi yerjadap lingkungan harus sering membaca karena dalam pendidikan membaca itu sangat penting menjadi jembatan seseorang masuk dunia kerja .
    3.karena pendidikan tidak hanya disekolah dan didalam masyarakat kita harus mampu bersosialisasi demgan yang lain agar tercipta saling menghargai dan menghormati antar warga belajar disini harus menjadi wawasan.
    4.legalitas formal dan nonformal
    5.5:6x100+100:2=91

    ReplyDelete
  23. nama : Reni nabilah salsabila
    soal mata kuliah : pendidikan luar sekolah
    semester : VII (tujuh)

    jawaban
    1. pertama yaitu harus mengetahui kemampuan diri sendiri setelah mengetahui kemampuan diri sendiri kita harus ada kemauan untuk belajar dan setelah matang dengan kemampuan kita , baru kita terjun ke lingkungan masyarakat untuk menampilkan keahlian atau bakat kita .
    2. - perluasan wawasan yaitu keilmuan seseorang yang dibiasakan dalam hal yang dituju , yang dikarenakan sering membaca,diskusi,berkomunikasi dan belajar
    - peningkatan keterampilan yaitu teknik menjelaskan dengan kecepatan dalam suatu hal dalam menjadi hal yang baik dan bermanfaat.
    -kesejahteraan keluarga
    3. pendidikan memang tidak dari sekolah saja , pendidikan juga bisa dari lingkungan keluarga , masyarakat dan kesadaran diri kita sendiri .
    4. UU no 20 tahun 2003 . permendikbud no 129 tahun 2014
    5. 1 : 6 = 0,16
    0,16 x 100 = 16 + 100
    = 116 : 2 = 58 = C
    58-69 ( C )

    ReplyDelete
  24. Nama : RESTU QONITA
    Mata kuliah : pendidikan luar sekolah
    Semester. :VII (Tujuh)



    1. Setelah lulus madrasah SMK, Aliyah dan setaranya siswa Yang ingin menambah keahlian bakat Dan minatnya harus melanjutkan kepada study jenjang Yang lebih tinggi (kuliah) sesuai dengan minat Dan bakat Yang ada pada dirinya ,karena jika tidak sesuai dengan minat bakatnya hasilnya tidak akan maksimal, dengan mengasah kemampuannya dia akan belajar lebih Dalam Dan akan menguasai bakatnya .

    2. Peserta didik Yang ingin memperluas wawasan dia harus belajar lebih dalam dengan mempelajari sesuatu Yang lain Yang belum di pelajarinya atau dengan bertanya kepada Yang lebih faham . Dan untuk meningkatkan keterampilan siswa harus berlatih dengan bahan ajar Yang ada di sekitar. Untuk kesejahteraan pendidikan luar sekolah bisa dengan home schooling (private belajar dirumah)

    3. Kesadaran masyrakat dalam belajar maksudnya belajar tidak harus di sekolah bisa dengan cara mengadakan kelompok belajar dalam masyarakat dengan cara berkumpul di suatu tempat asal ada pendidik Dan peserta yang didik .

    4. Legalitas formal homeschooling maksudnya Yang mengajar dengan kualitas pendidikan Yang mumpuni .

    5. 0:6×100+100:2 =50

    ReplyDelete
  25. Nama : M. SUKRI GOZALI
    Soal Mata Kuliah : Pendidikan Luar Sekolah
    Semester : VII

    JAWABAN
    1. Beberapa hal yang harus dilakukan :
    a. Tahap awal yang harus dilakukan siswa tersebut adalah, memfokuskan tujuan dan keahlian, minat dan keterampilan yang ingin dia kembangkan;
    b. Menambah pengetahuan atau wawasan dari minat yang ingin ia kembangkan, seperti misalnya mengikuti kursus menjahit bagi seseorang yang ingin mengembangkan keterampilan di jahit
    c. Melatih keterampilan tersebut yang sudah di tambah dengan wawasan yang baru dengan cara, membuka bisnis sendiri atau sekedar kerja pada suatu perusahaan.

    2. Memperluas wawasan : wawasan lebih identik dengan pengetahuan, jadi ketika seorang siswa yang bertujuan untuk memperluas wawasan ia hanya memfokuskan diri untuk menambah wawasan atau pengetahuan yang bertujuan untuk memperkuat orang tersebut dalam berpublic speaking dan menguatkan argument dalam berpendapat, karena ketika seseorang bicara tanpa dilandaskan wawasan, semua ucapannya tidak dapat dipercaya.

    Peningkatan Keterampilan : Keterampilan adalah satu hal atau bentuk kegiatan yang hanya bisa di lakukan oleh orang tersebut, ketika seorang siswa ingin meningkatkan keterampilan artinya, siswa tersebut ingin menumbuhkembangkan sesuatu yang ia bisa dan sesuatu yang ia bisa itu lebih ke gerak fisik atau skill.

    Kesejahteraan Keluarga dalam dalam Pendidikan Luar Sekolah : Dengan adanya pendidikan luar sekolah yang berfungsi membelajarkan individu agar mampu mengembangkan potensi yang ada pada diri ke arah perwujudan pribadi yang utuh dan dari proses tersebut akan berefek pada kesejahteraan lingkup keluarga orang tersebut.

    3. Kesadaran Masyarakat untuk belajar : pada hakikat nya proses belajar mengajar tidak memerlukan legalitas formal, terbatas ruang dan waktu, artinya ketika kesadaran suatu masyarakat terbangun untuk belajar, proses belajar itu siap untuk dilaksanakan, kapanpun dan dimanapun, dengan bermodalkan tutor dan bahan belajar yang ada, proses belajar mengajar bisa terjadi.

    4. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
    Peraturan Menterin Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 129 Tahun 2014


    5. 1 : 6 = 0,16
    0,16 x 100 = 16
    16 + 100 = 116
    116 : 2 = 58
    = C
    = 58 – 69 (C)

    ReplyDelete
  26. Linda Nur'Amalia
    5. 2*100:6+100:2
    = 66,6

    ReplyDelete
  27. Nama:Yayan nuryanah
    Jawaban uts
    1.yang pertama kita harus tahu terlebih dahulu bakat yg kita miliki,kemudian setelah itu kita kembangkan terus menerus .sehingga ketika kita mulai action bakat tersebut sudah kita kuasai.
    2.maksud dari peserta didik memperluas wawasan adalah bahwa sebenarnya belajar itu tidak hanya di sekolah ,tetapi di luar pun bisa .contohnya bisa melalui sosial media ,dari orang ke orang .tergantung apa yg kita ingin pelajari. Apapun yg kita ingin pelajari bisa kita cari asal kita mau belajar .
    3.Dalam hal ini sama seperti jawaban no 3 ilmu bisa kita cari dimanapun selain di bangku sekolah .tergantung kita mau atau tidaknya belajar
    4.uu no 20 th 2003 .Permendikbud no 129 th 2014
    5.1:6x100+100=58 (c)

    ReplyDelete
  28. Nama:Yunida susilawati
    Soal Mata kuliah:pendidikan Luar Sekolah
    Semester:VII(tujuh)

    Jawaban:
    1.Bisa ikut kursus sesuai keahlian dan bakat yang dimiliki,misal punya ahli menjahit maka ikut kursus menjahit,dan bakatnya tersalurkan.
    2.A.peserta didik yang ingin memiliki wawasan yang luas,untuk memiliki wawasan maka dia harus mencari atau berbaur dengan orang banyak,berkomunikasi atau berdiskusi. bisa juga dengan banyak membaca buku,
    B.teknik menjelaskan dgn kecepatan dalam suatu hal agar menjadi hal yg baik dan bermanfaat.
    C.kesejahteraan keluarga dalam pendidikan luar sekolah
    "untuk mendapatkan kesejahteraan tidak hanya dapat dr sekolah saja,karena d luar sekolah kita juga bisa mendapatkan pendidikan,pendidikan umum salah satunya,anak bisa bekerja untuk mensejahterakan keluarganya.

    3.kesadaran masyarakat untuk belajar
    Masyarakat harus mau belajar karena dengan belajar bakat dan keahlian akan terlihat.

    4.UU no.20 tahun 2003,permendikbud nomer 129 tahun 2014.

    5.2:6=0.3
    0.3x100=30+100
    =130:2=65
    =C(57-69)


    ReplyDelete
  29. Nama : eneng siti warsiah
    mata kuliah : pendidikan luar sekolah
    semester : VII

    JAWABAN
    1. yang pertama itu adanya niat, dan mengetahui apa bakat yang kita miliki, setelah itu kita gali bakat kita dengan melakukan kegiatan yang menjurus ke tujuan kita. setelah itu kita kembangkan ke dunia luar
    2. memperluas wawasan dengan cara mengikuti sosialisai di sekolah,homeschooling dan bisa belajar di media internet
    3. betul sekali, kita tidak bisa hnya mengandalkn belajar di sekolah karna itu sangat terbatas, misalnya mengikuti les, ekskul, homeschooling.
    4. UU nomer 20 tahun 2003, kemendikbud nomer 129 th 2014 , itu sangat baik, bisa mengurangi waktu bermain anak, belajr d rumah lebih tenang dan tidak terbatas waktu.
    5.1 : 6 = 0,16
    0,16 x 100= 16 x 100 = 116
    116 : 2 = 58
    (58-69) = C

    ReplyDelete
  30. Nama : Munawar
    Soal mata kuliah : Pendidikan luar sekolah
    semester : VII ( tujuh )

    1. Yang harus dilakukan seorang siswa yang ingin menambah keahlian minat dan bakat yang dimilikinya yaitu dengan cara mengikuti seminar ataupun privat dan bisa juga dengan mengikuti kegiatan yang memang menjadi bakat dan keahliannya.

    2. yaitu seorang peserta didik dengan memperluas wawasanya dengan cara membaca buku maupun yang lainnya sehingga meningkatnya keterampilan yang dimiliki dan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

    3. Pendidkan di peroleh bukan hanya di sekolah akan tetapi bisa di dapat di luar sekolah dengan cara jejaringan ( komunikasi ) dengan orang lain dan juga dengan cara belajar di luar sekolah dengan di bantu oleh orang tua maupun lingkungan sekitar.

    4. Legitas formal pendidikan homescholling yaitu pendidikan di luar sekolah dan di akui oleh pemerintah ( legal ) dan berhak mendapaktan ijazah.

    5. 4/6 x 100 = 66 + 100 = 166 : 2 = 83

    ReplyDelete
  31. Nama : nurhayati
    Smt: VII

    1. Peserta didik yang ingin menambah kan minat dan bakatnya dapat dilakukan dengan cara mencari informasi melalui internet maupun media cetak
    2. Peserta didik yang ingin menambah wawasan : peserta didik yang menambah informasi wawasannya
    Peserta didik peningkatan keterampilan : peserta didik yang menambah kemampuan keterampilannya
    Peserta didik kesejahteraan keluarga dalam pendidikan luar sekolah
    3. Kesadaran masyarakat untuk belajar : kesadaran masyarakat untuk tahu pentingnya belajar dilingkungan masyarakat
    4. Pembelajaran yang dilakukan dirumah atas kemauan keluarga nya
    5. 0:6x100+100:2 = 50

    ReplyDelete
  32. Nama : Sri Rahma aulia
    Mata kuliah : pendidikan luar sekolah
    Semester : VII

    1. melakukan belajar dengan metode luar sekolah dengan sesuai bakat yg dimiliki

    2. Sebagai jembatan seseorang untuk masuk dunia kerja, wahana untuk bertahan hidup, memartabatkan manusia

    3. Kesadaran masyarakat dalam belajar adalah kesadaran dari diri sendiri dalam menuju pendewasaan contoh masyarakat mulai suka membaca, menggunakan internet, dan pengalaman sebagai hidup

    4. Legalitas pendidikan homeschooling adalah pendidikan antara formal dan non formal . Baik homeschooling majemuk maupun komunitas

    5. 4 ÷ 6 x 100 + 100 ÷ 2 = 83

    ReplyDelete
  33. Linda Nur'Amalia
    5. 2*100:6+100:2
    = 66,6

    ReplyDelete
  34. Nama: Ika karlianingsih
    Semester:VII
    Mata kuliah: pendidikan luar sekolah

    Jawaban:
    1. Yaitu siswa tersebut harus belajar tentang lifeskill atau kecakapan hidup,agar memiliki keterampilan, pengetahuan,dan sikap yg dibutuhkan dalam memasuki dunia kerja secara mandiri sesuai dengan bakat yg dimiliki, mengikuti latihan-latihan atau kursus sebagai bekal dasar untuk mengembangkan bakatnya.
    2.peserta didik tersebut harus lebih terbuka,bersosialisasi terhadap lingkungan, harus sering membaca,karena dalam pendidikan luar sekolah dengan bekal keterampilan dan wawasan luas, menjadi jembatan seseorang masuk dunia kerja, dan untuk bertahan hidup.
    3. Karena pendidikan tidak hanya di sekolah, dan di dalam masyarakat kita harus mampu bersosialisasi dengan yg lain agar tercipta saling menghargai dan menghormati antar warga, belajar disini harus menjadi orang yg berwawasan luas, pintar, memiliki keterampilan, dan kecakapan hidup atau lifeskill.
    4.pendidikan homeschooling yaitu antara legalitas formal dan informal.
    5.5:6×100+100÷2=91

    ReplyDelete
  35. Nama: Nena Fauzi
    Semester: VII
    Mata kuliah: pendidikan luar sekolah
    Jawaban:
    1. Mengikuti pelatihan, kursus, keterampilan, atau mengembangkan ilmu potensi yg dimilikinya serta menyesuaikan minat dengan potensi yang ada.dan mencari pengalaman untuk menambah keilmuan.
    2. Tidak hanya belajar di dalam bangku sekolah saja setelah itu memperluas wawasannya dengan berbagai jenis ilmu yang ada di luar sekolah pendidikan formal seperti banyak membaca dan meningkatkan keterampilan.
    3. Carilah ilmu dari buaian sampai luang lahat, menjalankan kewajiban untuk belajar dan belajar sendiri dan tidak terpaku pada pendidikan formal saja, banyak membaca, mencari pengalaman,
    4. Sama seperti lembaga pendidikan formal sekolah hanya saja menerapkan penambahan pembelajaran yang berlangsung di rumah
    5.5:6X100+100:2=91

    ReplyDelete
  36. Nama : Siti Rusnita Nuraeni
    Semester VII

    1.Ingin menambahnya ilmu tentang mengetahui adanya minat bakat yaitu harus adanya tambahan les atau sekolah khusus sesuai dengan bakat masing-masing anak.

    2.
    -Ingin menambahnya wawasan yaitu dengan banyaknya membaca, sering berdiskusi, berorganisasi, dan memanfaatkan media elektronik dan internet dengan baik.

    - berdasarkan hasil penelitian peningkatan keterampilan yaitu siswa dapat melaksanakan interaksi social dan komunikasi dalam kelompoknya. Aktifitas siswa cukup tinggi dalam pembelajaran sehingga terlibat langsung dalam pembelajaran. Membiasakan siswa untuk memahami permasalahan sosila

    - dengan adanya pendidikan luar sekolah sebagai pemberdaya masyarakat setiap usaha pelayanan pendidikan yang di selenggarakan di luar sistem sekolah, dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana yang bertujuan untuk mengaktualisasi potensi manusia sehingga dapat terwujud manusia agar gemar belajar mengajar dan mampu meningkatkan kesejahteraan. Pendidikan luar sekolah sebagai pemberdaya masyarakat adalah suatu cara untuk menggali suatu prosesj belajar suatu kelompok masyarakat

    3. harapan semoga masyarakat sadar akan pentingnya pendidikan karena orang-orang atau orang tua yang mempunyai jalan pikiran sempit yang menganggap pendidikan tidak penting, mengakibatkan anak-anak mereka yang tidak mengenyam pendidikan formal akan menjadi beban bagi masyarakat bahkan sering menjadi pengganggu ketentraman masyarakat. Hal ini di akibatkan oleh kurangnya pendidikan atau pengalaman intelektualnya.

    4. legalitas formal homeschooling adalah :
    1. undang – undang no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (disdiknas) didalam undang-undang tersebut disebutkan mengenai keberadaan tiga jalur pendidikan yang di akui yaitu : jalur pendidikan formal, non formal, dan informal. Ketentuan mengenai pendidikan informal diatur dalam UU sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 27 `kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.

    5. 3 : 6 x 100
    = 300 : 6
    = 50 + 100 : 2
    = 150 : 2
    = 75
    = B

    ReplyDelete
  37. Nama :rachmansyah
    Mata kuliah :pendidikan luar sekolah
    Semester:VII
    Dosen: H Dodo

    Jawaban:
    1.Melanjutkan pelajaran ke jenjang yang lebih tinggi atau melanjutkan kuliah atau juga berkerja yang sesuai minat dan bakatnya misalnya seorang anak telah lulus SMK jurusan parmasi mencoba mengajukan lamaran dirumah sakit atau di apotik berusaha mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.
    2.dengan cara bekerja sesuai bakat dan minatnya dengan demikian seorang pelajar akan mendapatkan ilmu atau wawasan yang luas tentang ilmu yang dia dapatkan di sekolah dan bisa membantu orang tua dalam masalah ekonomi.
    3.pada dasarnya pendidikan itu berawal dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Bahkan begitu besar pengaruhnya lingkungan masyarakat dengan pendidikan orang anak oleh karna itu seagai orang tua sangatlah penting di memperhatikan masalah ini agar anak kita tidak terpengaruh oleh lingkungan yang rusak .
    4.menyediakan ijazah resmi yang sesuai dengan aturan pemerintah
    Memiliki akreditasi dan kopetensi yang mencukupi untuk melakukan kegiatan homescooling.
    5.1x6x100:2=50

    ReplyDelete
  38. Nama : Siti Mu'arifah
    Semester : VII
    Mata kuliah : Pendidikan Luar Sekolah


    1. Seorang siswa setelah lulus MA, SMK, atau SMA dapat menambah keahliannya dengan cara melanjutkan kembali pendidikannya baik formal maupun nonformal untuk mengembangkan kembali bakat yang sudah di miliki

    2. Peserta didik yang ingin memperluas wawasan berarti peserta didik yang ingin terus belajar mengembangkan potensi dirinya dengan meningkatkan keterampilannya dengan cara belajar yang baik untuk kesejahteraan keluarga dan masa depannya

    3. Artinya pendidikan itu juga dapat di peroleh di lingkungan masyarakat dengan cara berinteraksi dan bersosialisasi, karena pendidikan itu tidak hanya formal saja bisa informal dan nonformal,usia pun tidak menjadi batasan untuk terus belajar.

    4. Legalitas formal pendidikan homeschooling yaitu UU , di dalam pendidikan homeschooling memuat materi sesuai kurikulum pemerintah.

    5. 4 × 100 : 6
    = 66 + 100
    = 166 : 2
    = 83

    ReplyDelete
  39. Nama : Nurhijjah
    semester : VII

    Jawaban :
    1. Siswa harus mendalami atau mengasah keahlian atau bakat yang dimilikinya agar dapat berkembang
    2. Dalam Memperluas wawasan siswa harus sering membaca buku dan mengikuti kegiatan yang berkaitan tentang bakat yang dimilikinya dan setelah memiliki keahlian siswa dengan cepat meningkatkan bakat yang dimilikinya
    3. Pendidikan tidak hanya di peroleh dari sekolah saja tetapi dari keluarga juga kita dapat memperoleh pendidikan dengan adanya orang tua dan keluarga
    4. Legalitas formal homeschool yaitu Tunggal orang tua atau keluarga, pendidikan yang terdiri antara dua keluarga contohnya pesantren dan pendidikan secara umum atau komunitas

    5. 3:6x100+100:2 = 75

    ReplyDelete
  40. Nama:Dewi ratna sari
    semester:7
    Dosen:bpk.hj.Dodo.M.pd

    1.membuka suatu tempat membaca atau bimbingan belajar anak ditempat tersebut

    2.memperbanyak wawasan supaya kita bisa menerapkannya kepada org"disekitar kita.

    3.memberikan kesempatan kepada masyarakat dan org"disekitar kita untuk memahami apa itu pentingnya pendidikan suapaya tidak buta akan apa yg terjadi disekitarnya

    4.ialah bimbingan belajar dirumah yg dibimbing oleh orang tua atau jga bisa dengan guru prifat kita sendiri dirumah

    5.2:6×100
    200÷6
    33+100÷2
    66

    ReplyDelete
  41. Nama : SITI AISYAH NUR
    Semester : VII (Tujuh)
    Dosen : Bpk.H.Dodo
    MatKul : Pendidikan Luar Sekolah

    1. Seseorang tersebut harus memperbnyak belajar dan menambah wawasan/ ilmu yg sesuai dgn keahlian / bakatnya sendiri dari segi manapun baik formal maupun non formal agar minat nya smakin tumbuh sehingga ia yakin untuk trus blajar di bidang tersebut dan mau mengembangkan bakat yg sdah di milikinya ke dalam sesuatu hal yg positif

    2. Merupakan suatu usaha sadar bahwa belajar itu memang sangat penting dan bisa di dapat drimana saja (formal/non formal) , kita juga hrus sadar bhwa dgn memperluas wawasan (belajar) keterampilan kita akan semakin meningkat karena sering terasah sehingga kita pun akan mendapatkan suatu masa depan yg sejahtera nantinya.

    3. Kesadaran masyarakat akan belajar merupakan salah satu bentuk tindakan untuk mencerdaskan bangsa / masyarakat yg lebih maju dan sejahtera, karena kesadaran tersebut akan mendorong masyarakat untuk selalu menuntut ilmu dimanapun, baik formal maupun non formal. Sehingga kehidupannya pun akan lebih terarah ke depannya dri hasil belajar tersebut.

    4. Legalitas formal pendidikan homeschooling dapat membantu masyarakat dalam proses belajar yg lebih luas lagi, karena waktunya bisa di sesuaikan dgn kebutuhan dan pelajarannya tidak terbatas.

    5. 2 : 6 x 100 = 33,3 + 100 = 133,3 : 2 = 66,6

    ReplyDelete
  42. Nama :Devi Sartika
    Mata Kuliah : Pendidikan Luar Sekolah
    Semester : VII

    Jawab
    1. Dengan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan syarat melihat kepada keahlian minat dan bakat yang dimilikinya, karna dengan cara inilah yang akan memudahkan untuk memperdalam dan menguasai ilmu nya dengan cara menekuni nya. Contoh jika seseorang memilili keahlian dalam ilmu agama maka ia mampu untuk menjadi seorang pendakwah atau dai.

    2. a. Peserta didik yang ingin memperluas wawasan ialah dengan cara menggunakan waktu sebaik mungkin dengan belajar di luar jam pelajaran, bisa juga dilakukan dengan membaca buku-buku yang berbau ilmu, maka peserta didik ini akan memiliki wawasan yang berbeda dengan temen nya.
    b. Peserta didik yang ingin meningkatkan keterampilah ialah peserta didik yang telah mengetahui keahlian dan keterampilan dalam dirinya dengan cara meningkatan keterampilan dengan mengadakan belajar tambahan atau suka disebut less sesuai dengan keterampilannya.
    c. Peserta didik yang ingin mendapatkan kesejahteraan keluarga dalam pendidikan luar sekolah ialah peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar, karna faktor dari keluarga dan lingkungan sekitar ini sangat dominan untuk mendapatkan kesejahteraan yang baik.
    3. Karna pendidikan bukanlah yang berada dalam ruang kelas saja melainkan ialah apa yang dilihat oleh mata kepala dan kesadaran dalam diri, sehingga pendidikan akan di capai walau ia tak sekolah tapi kesadaran dalam dirinya sangatlah tinggi.

    4. Homeschooling ialah salah satu pendidikan informal atau pendidikan oleh keluarga dan lingkungan, maka legalitas homeschooling ini juga pasti sudah di atur oleh perundang-undangan, karna belajar itu dianjurkan untuk semua manusia.

    5. 6/6X100=100 (Grade A)

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...