Friday, October 18, 2019

Soal UTS kapita selekta pendidikan TA 19/20

Tulis identitasmu;

Nama                    : .........................
Mata kuliah.           : kapita selekta pendidikan
Semester.             : VII

1. Tulis jawaban pada kolom komentar
2. Jika sudah selesai klik publish;
3. Jawaban dengan redaksi yang sama dianulir.

Soal:

  1. Apa yang kalian bisa baca dari tanda tanda masa sekarang ini tentang perkembangan PAI di indonesia?
  2. Menghadapi tantangan globalisasi, bahwa PAI harus mampu menanamkan karakter berbasis lokal. Bagaimana pendapatmu?
  3. Browsing pendapat "Sa'id Ismail Ali" tentang PAI mendatang, apakah benar akan terjadi? bagaimana pendapatmu
  4. Jelaskan tentang ideologi pendidikan?
  5. Kejujuran;
       Hadir kuliah  : 6 kali pertemuan = ......*
       *....... + 100 = .......**
       ** ...... : 2 = .........
       lihat Rentang nilai    ( .........)***

       

       Rentang nilai
       A =    86  - 100
       B =    70  -   85
       C =    57  -   69
       D =    45  -   56
       E =     0   -    44
   




43 comments:

  1. Khasbi nimal maola
    Kapita selekta pendidikan
    Semester 7

    1.dalam perkembangan ilmu agama dari zaman dahulu hingga sekarang mengalami perubahan yang sangat signifikan.ini di karena kan perkembangan teknologi dan informasi yg semakin mudah menjadi kan seseorang dapat dengan mudah mempelajari agama melalui smartphone
    2.agar tidak terpengaruh oleh budaya barat yg cenderung mempengaruhi ke hal yg negatif.ini sebagai Protex untuk anak² segenap generasi penerus bangsa agar menjadikan cinta tanah air.
    3.pendidikan agama Islam (Pai) semakin hari seiring perkembangan zaman ini menghadapi tantangan yang luar biasa ini di dasari oleh perkembangan teknologi informasi yang semakin mudah mempengaruhi ketertarikan minat pelajar untuk mendalami ilmu agama.
    4.ideologi pendidikan merupakan fondasi atau akar dari suatu sistem pendidikan.ina

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4.ideologi pendidikan merupakan suatu sistem atau fondasi dalam dunia pendidikan.ini di dasari karena pengaruh besar atau efek yg timbul dari suatu ideologi yang menjadikan hal ini sebagai suatu hal yang pokok.
      5.2/6x100=31+100= 131:2=65 (c)

      Delete
  2. Nama : Rani Apriani
    Pelajaran : seleksa
    Semester : Vll
    Jawaban soal
    1. Pada jaman sekarang perkembangan PAI di Indonesia sangat lah canggih belajar PAI dan sangat Globalisasi seperti teknologi yang membuat kita bisa belajar di mana saja dan mendapatkan ilmu di mana saja .
    2.tantangan globalisasi Menanamkan karakter berbasis lokal sangat di perlukan karakter yang berbasis lokal itu tidak bisa di hilangkan dari lingkungan atau masyarakat itu sendiri karna itu adalah keturunan dari nenek moyang yang harus di kembangkan dan di pertahankan .
    3. Menurut saya di negara ini sangatlah kurang pengetahuan dan perkembangan pEndidikan sehingga masyarakatnya banyak tertinggal dari teori yang akan datang bahkan gaya hidupnya pun tidak pernah memikirkan kedepanya hayang senang - senang saja, negara ini pun kurang kreatif .
    4. Ideologi pendidikan adalah ide atau gagasan melalui ilmu atau pengetahuan diri seseorang dari pribadi yang baik.gagasan di buat untuk di laksanakan.
    5. 3/6 x 100 = 50 + 100 = 150 : 2 = 75
    Grade B

    ReplyDelete
  3. Nama : R.Devi Amelia Safitri
    Mata pelajaran :Kapita selekta pendidikan
    Semester : VII


    1.perkembangan PAI di indonesia tertinggal jauh dan terbawa arus karena pendidikan tidak berkembang dengan sesuai.
    2.menghadapi tantangan globalisasi PAI memang harus mampu menanamkan karakter berbasis lokal.mulai dr tenaga pengajar juga harus menguasai tentang budaya budaya lokal agar apa yg disampaikan oleh pengajar bisa dipahami oleh siswa untuk menanamkan karakter berbasis lokal.
    3.ya benar akan terjadi karena dimasa sekarang sudah terbukti kebanyakan orang kurang mampu menyeleksi informasi dan teori teori yang maslahat.serta kebanyakan orang sekarang kebanyakan bergaya hidup yang hedonis dan
    berkiblat dan berbarometer kepada negara maju contoh anak anak jaman sekarang lebih suka membuka gadget dr pada membuka atau membaca al quran.
    4.ideologi pendidikan adalah ide atau gagasan melalui ilmu atau pengetahuan dari pribadi diri seseorang.
    5.3/6x100=50+100=150:2=7,5

    ReplyDelete
  4. nama : eneng siti warsiah
    mata kuliah: kapita selekta pendidikan
    smester ; VII

    jawaban
    1. menurut saya perkembangan islam di masa sekarang sudah sangat kurang, karena pergaulan yang salah dan menyesatkan, sebagai orang tua harus bisa lebih baik lagi dalam mendidik anak-anak agar tidak menjerumus ke pergaulan yang salah.
    2. teknologi yang makin berkembang kita juga mampu menemukan informasi banyak mengenai PAI di manca negara, kalo kita menanamkan nilai agama dalam suatu budaya maka untuk mewujudkan bangsa yang maju akan berjalan dengan baik
    3. intinya kita selalu menerapkan sunah-sunah nabi muhamad saw dalam kehidupan sehari-hari, selalu bergaul dengan orang-orang yg beriman, menerapkan gaya hidup yang sesuai dengan peraturan yang ada, serta berpedoman pada alquran dan hadis
    4. konsep yang harus d pahami secara keseluruhan dengan ilmu sosial dan agama
    5. 2 : 6 = 0,3 + 100
    100,3 : 2 = 50,15

    57-69= C

    ReplyDelete
  5. 1. Pengembangan pai merupakan satu bentuk nyata penyokong pengembangan kebudayaan di masyarakat, namun keadaanya adalah terjadinya kemerosotan PAi di indonesia, mislnya maraknya korupsi, kurangnya pendidikan islam, juga pasal² yang menjadi kendala islam di indonesia. Maka sebaiknya lebih di sebar luaskan lagi pai indonesia.

    2. Walaupun Indonesia memiliki pesaing yqng banyak, juga budaya barat yang semakin menggeser budaya timur. Namun, terkait dengan PAI yang digunakan tetap PAI berbasis lokal. Hal tersebut dilakukan guna agar pai lokal tidak terkikis. Mampu juga menguasai IPTEK agar lokal tidak tertinggal oleh pesaing global.

    3. Jika menurut said ismail ali adalah demikian tentang tantangan. Sebenarnya tergantung bagaimana dengan generasi penerusnya. Jika mereka mengalami kemajuan akan kreativitas juga agamanya. Maka pendapat tsb belum tentu terjadi, sebaliknya jika generasi mengalami kemunduran maka bisa di yakinkan bahwa tantangan tsb. Akan terjadi.

    4. Ideologi pedidikan merupakan sebuah ide, gagasan atau pemikiran yang tertuju pada pendidikan.

    5. Kalau gk salah
    3x100/6+100:2
    =300/6+100:2
    =50+100:2
    =150:2 = (75)

    ReplyDelete
  6. Nama :Munawar Mata kuliah :Kapita selekta pendidikan Semester :VII
    1.Di indoesia perkembangan PAI sudah berkembang sejak dulu hingga sekarang pada waktu itu pendidikan agama islam yang hanya di lakukan di dalam masjid (Non formal) tapi sekarang sudah di lakukan di luar masjid. Dengan adanya perkembangan zaman pendidikan agama islam yang dulu hanya di lakukan di dalam masjid sekarang sudah di luar masjid yaitu dengan munculnya pondok pesantren di dalam pondok pesantren terdapat sekolah di sebut madrasah di situlah mulai pendidikan agama islam menjadi formal.
    2.Menurut saya penanam karakter berbasis lokal bagus, kenapa karena di zaman era milenial ini akan sangat banyak tantangan, ketika kemampuan cara berfikir tidak di barengi dengan penanaman karakter kepada seorang anak akan sangat menghawatirkan. Karena menyangkut kepribadian dan moral anak.
    3.A. Ya tantangan islam kedepannya yaitu bersumber dari suatu informasi yang di dapat dari sosial media sehingga akan mengakibatkan terpecah belah nya umat dan ketika mendapatkan informasi itu tidak di tabayyun dulu ataupun di saring, sehingga yang terjadi adalah berita HOAX. B. Gaya hidup hedonis memang sudah terjadi saat ini sehingga menurut nya kebebasan adalah kebahgian sehingga tidak memikirkan hal negatif dari kebebasan tersebut. c. Ya sekarang cara berpenampilan misalkan melihat kepada negara maju tetapi tidak melihat kepada norma-norma agama islam dan akhlak yang merupakan komponen dasar di dalam agama islam. 4. Suatu ide atau gagasan melalui ilmu atau pengetahuan dari diri pribadi seseorang 5.3/6x100=50+100=150:2=7,5

    ReplyDelete
  7. Nama:Dewi ratna sari
    semester:7
    Dosen:bpk.hj.Dodo.M.pd
    Tgl:19 oktober 2019

    1.perkembangan pai diindonesia sekarang ini semakin diterbelakangkan oleh negara kita dan sangatlah kurang akan peminat belajarnya.dan lebih diutamakan dizaman ini untuk umumnya saja,perkembangan pai ini akan tetapi tetap masih berjuang untuk kebangkitan indonesia.

    2.adalah guru yg harus mampu memberikan suatu kualitas prmbelajaran yang baik kepada murid"nya dan gurupun harus mempunyai kemampuan yang profesional.

    3.iya benar.karna akanadanya manusia yang mempunyai akhlak yang baik atau yg tdk baik dan kita susah untuk membedakannya dan begitupun mempunyai gaya hidup yang berlebihan,begitupun dengan mengikuti akan kebiasaan "orang orang kebarat baratan dan ketergantungan kepada negara negara lain diluar sana.

    4.ideologi pendidikan adalah sebagai alat/perangkat dan aturan yg diyakini dan dijadikan suatu landasan bagi kependidikan dalam rangka untuk tujuan yang akan dicapai oleh guru ataupun murid itu sendiri.

    5.2:6×100
    =200:6
    =33+100:2
    =133:2
    =66

    ReplyDelete
  8. Nama : Annisa Oktavia
    Mata kuliah : Kapita Selekta Pendidikan
    Semester : VII

    1. Perkembangan islam pada masa sekarang dapat diartikan semakin pesat pertumbuhannya dikarenakan banyaknya sekolah-sekolah berbasis islami seperti pesantren, selain itu pendidikan islam selalu terkait dengan elemen kehidupan terutama manusia,melalui pendisikan islam manusia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

    2. Didalam era globalisasi pendidikan agama islam harus mampu menanamkan karakter berbasis lokal dengan cara dapat mengembangkan serta menguasai teknologi, mampu menghadapi arus dari informasi,menyiasati modernisasi,dan tantangan untuk selalu menghadapi kesenjangan sosial.

    3. Ya benar, karena mereka kurang bisa menyeleksi informasi seperti berita yang tidak benar, serta mereka akan mempunyai gaya hidup yang hedonis yaitu kehidupan yang berisi hanya kesenangan saja yang berkiblat dan berbarometer kepada negara, dan maju secara fisikly tetapi terbelakang pada aspek peradaban dan akhlak yang diakibatkan oleh pengaruh era globalisasi.

    4.ideologi pendidikan adalah sebuah pola gagasan yang mengarahkandan menggerakan suatu tindakan dalam pendidikan yang dipandang suatu keyakinan(nilai) yang mengarahkan kepada suatutindakan sosial.

    5. 4÷6x100+100÷2=83

    ReplyDelete
  9. Nama : Raden Risna Rahma Salsabila
    Semester : VII
    Mata kuliah : Kapita slekta

    1. Perkembangan PAI saat ini cukup berkembang pesat, karna banyak nya minta masyarakat saat ini mempelajari pendidikan agama islam dengan berbagai metode dan cara.

    2. Ya pai harus mampu menanamkan karakter berbasis lokal, seperti menguasai dan mengembangkan teknologi internet saat ini,sesuai dengan perkembangan zaman saat ini, yaitu teknologi kualitas, menentukan produktivitas dan menentukan efisien, kemudian dapat mengenal arus informasi saat ini, lalu menyiasati modelisasi dan mampu mengatasi kesenjangan sosial ( faktor ekonomi).

    3.bisa saja terjadi, karena memang benar tantangan yg ada saat ini cukup banyak karna seiring perkembangan yg cukup pesat saat ini,dan ada nya percampuran antara budaya budaya luar yg masuk ke dalam diri masing2 masyarakat, sehingga dapat menjadi tantangan itu sendiri bagi perkembangan Pai saat ini dan masa yang akan datang.

    4.ideologi pendidikan sebagai rujukan paradigmatic dalam mendesain kebijakan kebijakan pendidikan pada tingkat nasional maupun regional.

    5. 5 ÷ 6 × 100 + 100 ÷ 2 = 91

    ReplyDelete
  10. Nama : Mirah Tayibah Nur
    Mata Kuliah : Kapita Selekta pendidikan
    Semester : VII

    1) pada zaman saat ini PAI dianggap kurang dalam mengubah sikap dan perilaku keberagamaan seseorang serta membangun moral etika bangsa, namun dibalik banyak pembicaraan negatif tentang PAI tetapi masih ada yang ingin belajar PAI supaya hidup nya tertata, perilaku baik dan sikap yang baik.

    2) harus menguasai dan dapat mengembangkan ilmu teknologi, mampu menghadapi arus informasi agar tidak ketinggalan informasi saat ini, bisa menyiasati modernisasi,mengatasi kesenjaganan dalam hal ekonomi dan sosial.

    3)iya benar, nanti dimasa mendatang ada banyak orang yang hanya memikirkan kesenangan, komsumtif, fantasi, dengan mengikuti zaman dan meniru dari negara negara lain padahal semua itu hanyalah sementara, banyak berita yang belum bertabayun terlebih dulu tetapi langsung disebar dan akibat nya akan perpecah saling salah menyalahkan satu sama lain,

    4) ideologi pendidikan sebagai gagasan yang mengarahkan suatu tindakan dalam pendidikan yang dipandang sebagai suatu keyakinan yang mengarahkan dalam bersosial

    5) 5÷6×100+100÷2=91

    ReplyDelete
  11. Nama : rio ilham muharom
    Mata kuliah: kapita selekta pendidikan
    Semester : VII

    1. Sangat lemahnya pengetahuan penerus penerus guru PAI karna faktor ketertinggalan belajar yang tidak sesuai dengan aturan. Sehingga melemahkan perkembangan pendidikan agama islam. Prakteknya bisa,teorinya tidak bisa. Jdi kurang sempurna dalam pelaksanaan, dan perkembangan PAI
    2. Sangat bagus, karna ilmu tanpa media yang harus dikembangkan. Jadi tidak perlu terfokus dengan teknologi karna sangat melemahkan kemauan dalam membaca.
    3.pendapat saya,bahwa pendidikan agama islam akan berdampak kurang bagus jika kita selalu pakai teknologi. Contohnya ketika membaca alquran, banyak yang kitab alquran menjadi pajangan karna pengaruh dari teknologi.
    4.suatu hasil pemikiran yang ditanamkan dalam pendidikan dalam bentuk gagasan.sehingga gagasan tersebut dipakai untuk pelaksanaan disekolah
    5.5/6×100+100=180÷2=90

    ReplyDelete
  12. nama : siti rahmah
    mata kuliah : kapita selekta pendidikan
    semster : VII

    1.perkembangan PAI semakin maju, yang dahulunya dibawa oleh para pedagang muslim dari arab sekarang sebagian besar masyarakat memeluk dan mempelajari agama islam dengan ditandai perkembangan pendidikan secara non formal yaitu melalui masjid masjid dengan diajarkan ceramah, mengaji, dan beribadah, semakin lama banyak yang mengikuti pendidikan di masjid, sehingga tidak dapat menampung dan mendidik dengan baik, lalu muncullah pendidikan formal seperti madrasah (pondok pesantren).

    2.tantangan globalisasi, maka harus:
    - menguasai dan mengembangkan teknologi
    - menghadapi arus informasi
    - menyiasati modernisasi
    - mengatasi kesenjangan

    3.bahwa tentang PAI mendatang:
    - kurang mampu menyeleksi informasi dan teori teori mana yg maslahat untuk diaplikasikan dan mana pula yg tidak
    - gaya hidup hedonis, konsumtif, dan fantantif akibat pengaruh era globalisasi dan era informasi
    - berkiblat dan berbarometer kepada negara maju secara fisikly padahal terbelakang pada aspek peradaban dan akhlak

    4. ideologi berasal dari bahasa yunani dan merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu 'edios' yg artinya ide, gagasan, atau konsep dan 'logo' yg berarti ilmu, yg berarti ideologi adalah satu keyakinan yg bisa membuat satu ilmu gagasan. Dan ideologi pendidikan adalah pola gagasan yang mengarahkan dan menggerakkan tindakan dalam pendidikan.

    5. 2:6+100:2 =66

    ReplyDelete
  13. Nama:nur annisa haqi.k
    Matapelajaran:kapita selekta pendidikan
    Semester:VII

    1.perkembangan adalah suatu tahap peristiwa dari awal sampai akhir yg mengalami perubahan menjadi lebih baik. Di Indonesia agama islam masuk dibawa oleh para pedagang muslim. Pendidikan diajarkan secara informal lewat orang orang yg membeli barang dagang mereka dengan cara memberikan contoh perilaku yg baik.sopan,jujur. Dengan adanya perkembangannya zaman,pendidikan agama islam dilengkapi masyarakat mulai muncul cara yg baru.
    2.tantangan globalisasi dalam pendidikan agama islam yg berkarakter yaitu harus menguasai dan mengembangkan teknologi,menghadapi arus informasi, menyiasati moderisasi,dan tantangan mengatasi kesenjangan.
    3 . ya, benar akan terjadi karna kurang mampu ya menyeleksi informasi dan teori terori contohnya handphone,gaya hidup yg hedonis yaitu kesenangan sendiri, Konsumtif yaitu belanja dengan semaunya, fantantantif yaitu imajinasi atau khayalan akibat pengaruh era globalisasi dan era informasi,berakibat dan berbarometer kepada negara maju secara fisikly padahal terbilang pada aspek peradaban dan akhlak,juga harus bisa mana yg maslahat untuk diaplikasikan dan mana pula yg tidak.
    4.idiologi pendidikan adalah suatu keyakinan yg bisa membuat satu ilmu gagasan,dan gagasan itu sendiri yaitu dari sebuah ide yg memiliki keinginan, keyakinan.
    5.5:6x100+100:2=91

    ReplyDelete
  14. Nama : Nurlaeli
    Mata Kuliah : Kapita Selekta
    Semester : VII

    1. Perkembangan PAI di Indonesia cukup tertinggal. Dengan adanya pengaruh globalisasi dengan kemajuan teknologi,PAI masih jauh tertinggal karena hanya menikmati kecanggihan teknologinya saja.

    2. Tentu PAI harus mampu menanamkan karakter berbasis lokal, karena itu menjadi suatu karakter bangsa agar mampu mengatasi pengaruh dari globalisasi. Namun tentu saja, tidak semua pengaruh globalisasi berdampak buruk, ada juga dampak positifnya yang harus kita pelajari dan kembangkan.

    3. Benar. Karena pada saat ini pun sudah terjadi apa yang diungkapkan oleh Said Ismail yaitu masyarakat yang konsumtif, berkiblat kepada negara maju, dan juga tidak dapat menyeleksi pengaruh globalisasi.

    4. Ideologi pendidikan yaitu keyakinan yang bisa membuat satu ilmu gagasan.

    5. 5:6×100 = 83.33+100 = 183.3 : 2 = 91,67.

    ReplyDelete
  15. Nama :iwang septian
    Mata kuliah : kapita selekta pendidikan
    Semester : VII
    1. Perkembagan pai di masa sekarang bisa mengalami kemajuan dengan cara mengikuti perkembangan zaman akan tetapi tidak melupakan ajaran ajaran yang telah di ajarkan oleh orang orang terdahulu.
    2. Pai menanamkan karakter berbasis lokal bertujuan agar pengajaran pai yang terdahulu tidak dilupakan akan tetapi dengan berkembangnya zaman pai pun harus bisa menyikapi dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi agar pembelajaran pai bisa semakin maju dan berkembang.
    3. Menurut saya tentang pendapat sa'id ismail ali pai dimasa mendatang pasti akan mengalami kemajuan tidak akan mengalami kemunduran,akan tetapi pai harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang berkembang pada era sekarang.
    4. Ideologi pendidikan merupakan landasar dasar sebuah pendidikan yg ada disetiap lembaga pendidikan baik yang bersifat formal maupun non formal
    5. 4/6x100=66+100=166:2=83.

    ReplyDelete
  16. Nama : Aprilia Mubarok
    Mata kuliah : Kapita Selekta Pendidikan
    Semester : VII
    Dosen : Bpk H Dodo


    1. Perkembangan PAI di Indonesia pada zaman sekarang ini masih butuh peningkatan dalam hal mutu atau kualitas. Tentu saja ini harus dilakukan karena perkembangan tekhnologi yang semakin canggih menuntut kita untuk bisa berkembang secara dinamis, terlebih di era globalisasi 4.0 saat ini tentu sistem PAI harus sesuai agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.

    2. Say setuju menurut saya ini sangatlah penting karena dengan menerapkan penanaman karakter berbasis lokal siswa akan lebih mencintai budaya yang dimilikinya dan diharapkan siswa dapat memiliki karakter yang baik dan sesuai dengan budaya lokal tidak meniru budaya barat yang hedonisme atau bebas , tidak radikal dan ekstrim dalam berpikir.

    3. Menurut saya pendapat Said Ismail telah terjadi sekarang jika melihat realita yang terjadi sekarang masyarakat kita sudah banyak yang kurang selektif dalam mengakses berita, ini terbukti dengan banyaknya hoax di Indonesia. Gaya hidup kita juga tanpa kita sadari sudah banyak mengikuti budaya luar/ hedonisme. Banyak dari kita juga lebih memilih menjadi konsumtif dibanding menciptakan atau memproduksi dan negara kita saat ini juga masih jauh tertinggal dengan negara negara maju dalam beberapa sektor, maka sektor sektor seperti pendidikan,pertanian dll harus ditinggkatkan. Harapan kedepan semoga di masa akan datang kita mampu mengatasi permasalahan permasalahan di atas dengan tekad dan usaha yang kuat.

    4. Ideologi pendidikan adalah ide/ gagasan melalui ilmu/ pengetahuan dari diri seseorang dari pribadi yang baik.

    5. 3/6x100= 50 + 100 = 150 : 2 = 75 ( grade B )*

    ReplyDelete
  17. Nama : Sulaeman Daud
    Semester : VII
    Mata kuliah : Kapita selekta pendidikan



    1. Pendidikan yg terencana untuk menyiapkan perserta didik dalam meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran islam. Melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan.

    2. -Kemampuan antisipasi.
    -kemampuam mengenali dan mengatasi masalah.
    -kemampuan mengakomodasi perbedaan yg terdapat pada perserta didiknya.
    -kemmpuan melakukan reorientasi

    3. Pendidikan islam menantang menurut pandangan "said ismail ali"
    -kurang mampu menyeleksi informasi dan teori-teori.
    -mana yg maslahat untuk di aplikasikan dan mana pula yg tidak.
    -gaya hidup hedonis, konsumtuf, dan fantatif akibat pengaruh globalisasi dan era informasi
    -berkiblat dan berbarometer kepada negara maju secara fisikly padahal terbelakang pada aspek peradaban dan akhlak.

    4. Berbicara masalah ideologi berarti juga membicarakan konsep yang tersistem secara rapi atau boleh dikatakan ideologi itu sebuah teori.

    5. 3:6=0,5
    0,5×100=50
    50+100=150
    150:2=75
    Rentang nilai (B)

    ReplyDelete
  18. Nama : Yayan Nuryanah
    Mata kuliah:kapita selekta pendidikan
    Semester: VII (tujuh)

    Jawaban
    1.masa kini perkembangan PAI di indonesia memang cukup bagus dan cukup pesat juga karena banyak para ulama yg menyiarkan ajaran agama islam melalui media sosial,karena zaman sekaarang hampir setiap orang mempunyai gadget yg bisa mereka akses kapanpun dia mau.selain itu banyak juga melalui beberapa kajian2 di majlis2 tertentu.
    2.Di era globalisasi seperti ini memang banyak sekali tantangan2 yg sangat berpengaruh terhadap PAI ,sehingga banyak hal yg baru tentang PAI yg sebelumnya tidak ada ,sekarang menjadi ada. Nah dari situ kita harus bisa tetap mempertahankan ajaran2 PAI yg sesuai dengan Al-Qur'an dan hadits. Karena ajaran2 PAI memang dari dulu sampai sekarang tidak pernah akan pernah ada perubahan ,karena itu sifatnya mutlak dari Allah swt.
    3. Pendidikan Islam Mendatang menurut pandangan “said Ismail Ali”
    •Kurang mampu menyeleksi informasi dan teori-teori
    •Mana yang maslahat untuk di aplikasikan dan mana pula yang tidak
    •Gaya hidup Hedonis, Konsumtif, dan Fantatif akibat pengaruh globalisasi dan era informasi
    •Berkiblat dan berbarometer kepada Negara maju secara Fisikly padahal terbelakang pada aspek peradaban dan akhlak.
    Menurut saya pendapat diatas memang benar adanya ,entah apa yang ada di fikiran muslim indonesia yg jelas banyak muslim sekarang yg bersifat hedonis ,mungkin karena ingin terlihat lebih keren atau gaul sehingga mereka mengikuti apa yg orang lain pakai dan apa yg mereka lakukan.
    4.Ideologi Pendidikan
    Sehubungan dengan pendidikan, ideology di artikan sebagai perangkat aturan yang di yakini dan dijadikan landasan bagi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan.sebuah ideology pendidikan akan bergantung pada aliran pendidikan itu sendiri, yaitu koservatif dan liberal.
    5.1:6 = 0,16
    0,16x 100 = 16
    16+100=116:2 = 58

    ReplyDelete
  19. Nama: Nena Fauzi
    Semester:7
    Mata kuliah: kapita selekta pendidikan
    1perkembangan Pai di Indonesia ,75 persen penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam,tanda jaman sekarang lebih berorientasi kepada bagaimana meningkatkan kecerdasan, prestasi, keterampilan dan persaingan,jaman sekarang kehilangan misi untuk investasi karakter manusia, pendidikan moral dan karakter bukan lg merupakan faktor utama seorang anak mengenyam pendidikan kedua hal ini dianggap menjadi tugas orang tua dan tugas para tokoh agama ,
    2 tantangan karakter berbasis lokal adalah krisis dalam karakter yang berpotensi besar selalu mengikuti model atau faham dari luar yg tanpa terpikir kalau semua itu bisa menjerumuskan nya contoh nya dalam berpakaian dan tingkah laku yg mengikuti kebarat-baratan ,
    3 gaya hidup hedonis konsumtif berkiblat berbarometer negara maju ,itu tidak bermasalah selagi ada manfaatnya atau baiknya untuk kemajuan negara tapi kalau berkiblat untuk gaya hidup atau pakaian itu tidaklah pantas untuk diterapkan di Indonesia karena mayoritas agamanya​ adalah Islam yg tidak sesuai dengan norma agama,
    4ideologi pendidikan adalah kumpulan konsep bersistem yang di jadikan asas pendapat atau kejadian yg memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup mempunyai dua pengertian secara fungsional dan secara struktural, diartikan sebagai pemikiran yang digunakan untuk kebaikan bersama,

    5) 5÷6×100+100÷2=91

    ReplyDelete
  20. Nama : MASKURIANTO
    Mata kuliah : Kapita Slekta Pendidikan
    Semester : VII
    Dosen : H. Dodo, S.Pd,MM

    1. Perkembangan PAI dimasa jaman sekarang ini banyak revensi buku-buku yang kita baca, dan banyak sekali di internet yang dikelola oleh serta browser atau Google dan dipandu oleh revensi serta daftar pustaka, yang kongrit, tentang perkembangan zaman sekarang, tentang membahas pendidikan ahlak, yang berbudi luhur kepada Tuhan yang maha esa. Serta mengamalkan ajaran agama islam
    2. - Kemampuan antisipasi
    - Kemampuan mengenali dan mengatasi masalah.
    - Kemampuan mengakomodasi seorang GURU. Harus mampu mengakomodasi, perbedaan yang terdapat pada peserta didiknya
    - Kemampuan melakukan reorentasi sikap terhadap suatu HAM
    - kompetensi generic
    3. merupakan salah satu faktor yang harus selalu ada
    dalam setiap aktifitas pendidikan, termasuk pendidikan Islam,
    disamping itu tujuan juga merupakan pedoman bagi suatu
    kegiatan yang akan dikerjakannya. Dengan tujuan yang jelas
    kegiatan pendidikan akan efektif dan efisien dan akan terfokus
    dengan apa yang kita citi-citakan
    4. Berbicara masalah ideologi berarti juga membicarakan konsep yang tersistem secara rapih atau boleh dikatakan ideologi itu sebuah teori didalam pemikiran
    5. 3:6=0,5
    0,5+100=100,5
    100,5:2=50,25 Maskurianto

    ReplyDelete
  21. Nama : Mad yusup
    Semester : VII (Tujuh)
    Mata kuliah : Kapita Selekta Pendidikan

    Jawaban
    1. Menurut saya perkembangan PAI di indonesia pada saat ini ialah Mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia, yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan hidup secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya religius dalam komunitas sekolah/ madrasah.
    2. Karakter Berbasis Lokal adalah Sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya.
    Jadi menurut saya menamkan karakter berbasis lokal sangat lah penting bagi kehidupan manusia itu sendiri.
    3. Pendidikan islam mendatang menurut pandangan "said ismail ali" ialah
    1. Kuarang mampu menyeleksi informasi dan teori-teori
    2. Mana yang maslahat untuk diaplikasikan dan mana pula yang tidak.
    3. Gaya hidup hedonis, konsumtif dan fantatif akibat pengaruh era globalisasi dan era informasi.
    4. Berkiblat dan berbarometer kepada negara maju secara fisikly padahal terbelakang pada aspek peradaban dan akhlak.
    Jadi menurut pendapat saya mengenai pendapat "sa'id ismail ali" tentang PAI mendatang ialah benar akan pendapatnya.
    4. Ideologi pendidikan ialah memahami sejarah bangsa ini, kita tidak akan memahami apa yang menjadi ideologi pendidikannya disadari atau tidak. Karena ideologi pendidikan itu bukan yang tertulis di dalam falsafah,GBHN,retorika pejabat. Ideologi pendidikan itu terlihat dari hasil nyata pendidikan itu sendiri.
    5. 3:6=0,5
    0,5x100=50
    50+100=150
    150:2=75
    Rentang nilai (B)

    ReplyDelete
  22. Nama : Sri Rahma aulia
    Mata kuliah : kapita selekta pendidikan
    Semester : VII

    1. perkembangan PAI di Indonesia. Perkembangan adalah suatu tahap peristiwa dari awal sampai akhir yang mengalami perubahan menuju ke arah lebih baik. Di Indonesia agama Islam masuk di bawa oleh para pedagang muslim, pendidikan di ajarkan secara informal lewat orang-orang yang membeli barang dagangan mereka dengan cara memberikan contoh perilaku teladan.

    2. Menghadapi tantangan globalisasi dengan cara menguasai dan mengembangkan teknologi, menghadapi arus informasi, menyiasati modernisasi, mengatasi kesenjangan

    3. Itu akan terjadi jika kurang mampu menyeleksi informasi dan teori-teori mana yang maslahat untuk di aplikasikan dan mana pula yang tidak, gaya hidup hedonis, konsumtif, dan fantatif akibat pengaruh era globalisasi dan era informasi, berkiblat dan berbarometer kepada negara maju secara fisikly padahal terbelakang pada aspek peradaban & akhlak.

    4. Ideologi pendidikan berasal dari bahasa Yunani dan merupakan gabungan di 2 fakta yaitu, edios yg artinya ide, gagasan atau konsep dan logo yg brarti ilmu. Ideologi yaitu suatu keyakinan yang bisa membuat satu ilmu gagasan.
    Jadiologi pendidikan adalah pola gagasan yang mengarahkan dan menggerakkan tindakan dalam pendidikan

    4. 5 ÷ 6 x 100 + 100 : 2 = 91

    ReplyDelete
  23. Nama : Dina Juliantika Ernawati
    Mata Kuliah : Kapita Selekta Pendidikan
    Semester : VII
    1. pekembangan Pendidikan PAI di Indonesia sangatlah perlu kita perhatikan karena pendidikan adalah suatu yang wajib kita miliki untuk menghadapi ancaman negatif yang masuk kedalam negeri karena, tanpa adanya pendidikan yang kita miliki, maka kita akan mudah terjerumus dalam era globalisasi negatif.maka dari itu kita haruslah mempunyai pendidikan untuk bekal kita agar dapat memilih dan memilah berbagai arus yang masuk pada zaman modern ini.
    2. dalam menghadapi tatangan globalisasi PAI harus mampu menanamkan karakter berbasis lokal,Maka Pendidikan Agama Islam Harus menguasai dan mengembangkan teknologi Internet, Menghadapi arus informasi, menyiasati modernisasi (mengadakan inovasi dan revolusi) dan menghadapi tantangan untuk mengatasi kesenjangan (sosial).
    3. ya benar, karena semakin berubahnya zaman mereka kurang mampu menyeleksi informasi dan teori-teori mana yang maslahat untuk diaplikasikan dan mana yang tidak contohnya : seperti Handphone (teknologi), merekapun akan menghadapi gaya hidup Hedonis ( kehidupan yang senang), Konsumtif (belanja semaunya), dan Fantantif ( Imajinasi/berkhayal) semua itu akibat pengaruh era globalisasi dan era informasi berkiblat dan berbarometer kepada negara, Dan mereka akan merasakan maju secara fisikly saja padahal terbelakang pada aspek peradaban dan akhlaknya.
    4. Ideologi berasal dari kata Ide= gagasan ( Dari sebuah pemikiran bahwa manusia itu memiliki otak,keinginan,keyakinan)dan Logo bahasa yunani pengetahuan (logos) sedangkan pendidikan adalah suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman dan membuatnya menjadi seorang yang kritis dalam berpikir. jadi ideologi pendidikan adalah suatu gagasan yang mengarahkan dan menggerakan suatu tindakan dalam pendidikan agar dipandang sebagai suatu keyakinan yang mengarahkan kepada suatu tindakan sosial.
    5. 6 : 6 = 1
    1 x 100 = 100
    100 + 100 = 200
    200 : 2 = 100

    ReplyDelete
  24. Nama : Reni nabilah salsabila
    Mata kuliah : kapita selekta pendidikan
    Semester : VII (tujuh)
    Jawaban
    1. Tanda-tanda perkembangan PAI pada masa sekarang sudah cukup bagus apalagi sekarang sudah banyak ulama-ulama yang menyiarkan agama islam dengan media social bukan hanya menyiarkan dengan metode ceramah.
    2. Karakter yaitu watak, akhlak , kepribadian seorang individu dengan individu lain sedangkan local yaitu sesuatu hal yang berasal dari daerah kita sendiri , jadi menurut saya PAI itu harus menanamkan karakter karena karakter itu sangat penting untuk kehidupan kita misalkan walaupun kita ini sangat cerdas tapi kita tidak mempunyai karakter kecerdasan kita akan sia-sia , tidak akan dihargai oleh orang lain.
    3. Pendidikan islam mendatang menurut pandangan “said ismail ali”
    • Kurang mampu menyeleksi informasi dan teori-teori
    • Mana yang maslahat untuk diaplikasikan dan mana pula yang tidak
    • Gaya hidup hedonis , konsumtif dan fantatif akibat pengaruh globalisasi dan era informasi
    • Berkiblat dan berbarometer kepada Negara maju secara fisikly padahal terbelakang pada aspek peradaban dan akhlak.
    Menurut pendapat saya benar akan terjadi karena sudah terlihat dari sekarang orang-orang sudah banyak yang bergaya hidup hedonis .
    4. Ideology pendidikan yaitu pemikiran yang digunakan untuk menyebarkan virus-virus kebaikan kepada kalangan masyarakat.
    5. 2 : 6 = 0,3
    0,3 x 100 = 33,33
    33,33 + 100 = 133,33 : 2 = 66,66

    ReplyDelete
  25. Nama : Nurhayati
    Mata Kuliah : kapita selekta pendidikan
    Semester : VII

    1. Dilihat dari tanda tanda masa sekarang ini perkembangan PAI di Indonesia cukup menurun karena banyak budaya luar yang menarik sehingga PAI menjadi kurang diminati.
    2. Manurut saya PAI harus mampu menanamkan karakter lokal karena awal pembentukan karakter seseorang harus berdasarkan PAI
    3. Benar, karena menurut saya pendapat said ismail ali tentang PAI mendatang memang terjadi pada masyarakat saat ini.
    4. Ideologi pendidikan : keyakinan / pola pikir yang menggerakkan dan mengarah suatu tindakan sosial.
    5.0 : 6 = 0
    0 + 100 = 100
    100 : 2 = 50

    ReplyDelete
  26. NAMA : Siti Mu'arifah
    MATA KULIAH : Kapita Selekta Pendidikan
    SEMESTER : VII ( Tujuh )


    1. Perkembangan PAI di Indonesia saat ini sudah mulai maju dan berkembang, dalam bidang pendidikan pun sudah mulai menggunakan peralatan modern, seperti laptop, HP , dan alat pembelajaran lainnya yang mendukung, tetapi ada juga pengaruh negatif dari perkembangan PAI ini karna arus globalisasi tersebut.

    2. Tantangan globalisasi berarti hal yang mengharuskan kita membuka jendela dunia yang lebih luas, artinya mengetahui dan mempelajari budaya negara - negara lain, tetapi di samping itu PAI harus tetap mempertahankan budaya lokal dengan tetap berpedoman pada ajaran-ajaran islam.

    3. Menurut saya pendapat said ismail ali tersebut memang benar dan sudah banyak di buktikan dengan fakta saat ini, dimana masyarakat kurang mampu membedakan informasi yang baik dan buruk untuk di terapkan, gaya hidup yang hedonis, konsumtif dan fantatof serta berakibat pada negara majupun sudah jelas terbukti saat ini, sementara aspek akhlak semakin terbelakang.

    4. Ideologi pendidikan di artikan sebagai pola gagasan yang mengarahkan dan menggerakan keyakinan sebagai suatu tindakan sosial. Dimana ideologi adalah keyakinan dan pendidikan adalah suatu proses transfer ilmu dari pendidik kepada peserta didik.

    5. 5 : 6 × 100
    = 83 + 100
    = 183 : 2
    = 91

    ReplyDelete
  27. Nama : Restu Qonita
    Mata Kuliah : kapita selekta pendidikan
    Semester : VII
    1. Perkembangan PAI di Indonesia pada masa sekarang ini sudah berkembang cepat lebih baik , setelah Indonesia merdeka pesantren menjadi tren modern. Tidak hanya pesantren salafi, melainkan Banyak pesantren di Indonesia Yang berbasis modern .
    2. PAI harus mampu menanamkan karakter berbasis lokal karena dalam pendidikan agama Islam banyak mempelajari hal Yang bersifat positif baik untuk kehidupan di dunia maupun untuk kelak di akhirat ,Dan setelah mempelajari pendidikan agama Islam akan terlihat di kehidupan sehari-hari bagaimana akhlak / kepribadian seseorang . Karena Manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah.
    3. Menurut saya tentang pendapat " sa'id ismail Ali" bisa terjadi dikarenakan 1.kurang mampu menyeleksi informasi Dan teori-teori mana Yang maslahat untuk di aplikasi Dan mana pula Yang tidak 2. Gaya hidup hedonis, konsumtif Dan fantatif akibat pengaruh era globalisasi Dan era informasi 3. Berkiblat Dan berbarometer kepada negara maju Dan fisikly .
    4. Ideologi pendidikan merupakan ilmu atau kajian Yang membahas suatu keyakinan atau gagasan tertentu atau ideologi bisa diartikan sistem yang dijadikan asas
    pendapat yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup,
    ideologi sifatnya mengarah pada aksi dan dalam pendidikan ideologi bermakna
    konsep cita-cita yang secara eksplisit dirumuskan, dipercaya dan diperjuangkan .
    5. 0/6×100+100÷2 = 50

    ReplyDelete
  28. nama:lilis saadah
    semester:Vll
    mata kuliah:kapita selekta pendidikan
    jawaban:
    1.perkembangan pai d indonesia d era modern ini lebih berorientasi kepada bagaimana meningkat kecerdasan prestasi ketrampilan dan bagaimana menghadapu persaingan pendidikan sekarang kehilangan misi utamanya untuk investasi karakter manusia .pendodikan moral dan karakter bukan lagi merupakan faktor utama seorang anak mengenyam pendidikan .kedua hal ini di anggap menjadi tugas para tokoh agama.atau orang tua di rumah .
    2.tantangan globalisasi pai d era modern ini adalah sesuatu yang wajib kita miliki untuk mengarungi berbagai ancaman negatif .karena tanpa adanya pendidikan yang kita miliki maka kita akan mudah terjerumus dalam era globalisasi negatif .contohnya kita harus berpegang teguh kepada alkuran dan alhadis .bukan berarti kita kita kembali pada gaya jaman dulu tetapi bisa menyesuaikan pendidikan agama dengan jaman sekarang .
    3.untuk gaya hidup atau pakaian itu tidaklah pantas untuk diterapkan di indonesia karena mayoritas agamanya adalah islam.
    4ideologi pendidikan adalah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat atau kejadian yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup.secara fungsional ideologi di artikan sebagai pemikiran yang digunakan untuk kebaikan bersama.
    5. 5÷6×100+100÷2=91

    ReplyDelete
  29. Nama :Yunida susilawati
    Mata kuliah:kapita selekta
    pendidikan
    Semester :VII

    1.perkembangannya sangat baik,ada kebijakan pemerintah terjadap pendidikan Agama islam dg memasukan pendidikan islam kedalam kurikulum pendidikan umum maupun swasta melalui pelajaran agama,selain itu banyak berdirinya pesantren2 modern dan diniyah pada saat ini.

    2.ikut acara pengajian,berkumpul bersama ulama,dan mengadakan kegiatan yang bersifat islami,

    3.Berkiblat dan berbarometer kepada negara maju secara fisikly padahal Terbelakang pada aspek peradaban dan akhlak.

    4.ideologi pendidikan adalah suatu konsep yang paling sukar di pahami dalam ilmu sosial secara keseluruhan.

    5.3/6x100=50
    50+100=150
    150:2=75
    =B(70-85)

    ReplyDelete
  30. Nama : Nurhijjah
    semester :VII
    jawaban

    1. Pada masa sekarang ini pendidikan agama islam belum mampu menghadapi ancaman yang serius dari negara negara yang lain yang sudah maju.di sebabkan kecenderungan menggunakan alat tekhnologi tinggi.

    2.yaitu guru harus memiliki kemampuan dalam menguasai keahlian di suatu bidang dan tugas guru memberikan pendidikan bermutu secara profesional kepada anak didik.

    3.iyaa benar dikarenakan kurang mampu menyeleksi informasi dan teori teori yang maslahat diaplikasikan dan yang tidak di aplikasikan dan kurangnya bersosialosasi di karenakn masyarakat berkiblat dan berbarometer kepada negara lain

    4.idiologi pendidikan yaitu suatu perangkat pendidikan sesuai aturan yang di yakini dan idiologi pendidikan juga di jadikan sebagai landasan bagi pendidikan untuk mencapai tujuan

    3.3:6x100=50+100=150:2=75

    ReplyDelete
  31. Nama : M. SUKRI GOZALI
    Mata Kuliah : Kapita Selekta Penddikan
    Semester : VII

    JAWABAN
    1. Menurut saya perkembangan Pendidikan Agama Islam di Indonesia itu sifatnya stuck (jalan di tempat) artinya tidak mengalami kemajuan dan tidak juga mengalami kemunduran, adapun hal itu terjadi dikarenakan orang-orang pengembang PAI tersebut yang tidak mengembangkannya, banyak faktor yang menghalangi pengembang PAI tidak mengembangkan PAI itu sendiri, salah satunya kurangnya kepedulian dan tibanya kita pada era Globalisasi, dimana 3 aspek penting kehidupan yaitu : (Makanan, Pakaian dan Hiburan) Indonesia berkiblat ke Barat.

    2. Karakter Berbasis Lokal, adalah sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti dan tabiat yang di miliki manusia atau mahluk hidup lainnya.
    Local : cakupannya bersifat sempit atau pribumi
    Artinya karakter berbasis local adalah suatu karakter yang di ciptakan dan berkembang dari budaya local atau suatu tempat itu sendiri.
    Jadi PAI memang harus mampu menanamkan karakter berbasis local kepada peserta didiknya, karena dengan kita dapat menguatkan fondasi atau dasar pemikiran peserta didik dengan budaya local (budaya PAI) sudah dapat dipastikan ke depan nya peserta didik tersebut akan mampu menghadapi dan tidak akan pernah terpengaruhi badai akulturasi budaya yang terjadi saat ini (globalisasi).

    3. Pendidikan Islam Mendatang menurut pandangan “said Ismail Ali”
    • Kurang mampu menyeleksi informasi dan teori-teori
    • Mana yang maslahat untuk di aplikasikan dan mana pula yang tidak
    • Gaya hidup Hedonis, Konsumtif, dan Fantatif akibat pengaruh globalisasi dan era informasi
    • Berkiblat dan berbarometer kepada Negara maju secara Fisikly padahal terbelakang pada aspek peradaban dan akhlak.
    Menurut Saya Di tahun ini bahkan beberapa tahun ke belakang, ke empat hal tersebut benar-benar terjadi, faktanya masyarakat sekarang banyak yang lebih mementingkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi demi mampu bersaing dengan Negara-negara lain, tapi di belakang itu kita tidak memperhatikan ada satu hal penting yang bahkan malah terbelakang akibat maju nya teknologi yaitu Adab dan Akhlak.

    4. Ideologi Pendidikan dirumuskan sebagai suatu konstruksi pemikiran pendidikan yang berada pada level abstraksi lebih tinggi. Atau bisa dipahami sebagai rangkaian konsep pendidikan dari sudut filosofi tertentu yang kemudian menjadi model pendidikan tertentu.

    5. 4 : 6 = 0,66
    0,66 X 100 = 66,66
    66,66 + 100 = 166,66
    166,66: 2 = 83,33

    ReplyDelete
  32. Nama: Ika karlianingsih
    Semester: VII
    Mata kuliah: kapita selekta pendidikan

    1. Perkembangan PAI di Indonesia era modern ini, kita ketahui bahwa penduduk Indonesia mayoritas penduduknya beragama Islam.tetapi banyak nya pemeluk agama Islam tidak cukup memiliki kekuatan jumlah yang dtudak didukung kualitas, kekompakan antar umat muslim. Karena mereka masih berfokus dengan urusannya sendiri,dengan cara memperkaya dirinya atau anggota nya tanpa memikirkan kesejahteraan umat muslim,bahkan di Indonesia msih banyak umat muslim yang korupsi, pendidikan Islam harus diarahkan pada kebudayaan perubahan masyarakat yg modern untuk menjawab tantangan zaman baik kualitas, sumber daya manusia, dan kurikulum, agar bisa bersaing dengan negara maju, sehingga di era modern pendidikan PAI dapat mencerdaskan anak bangsa.
    2.globalisasi sendiri dapat diartikan meningkatnya hubungan internasional antara suatu negara dengan negara lain, tantangan Islam saat ini harus mempunyai visi, misi, tujuan kurikulum, proses belajar mengajar, pendidik dan peserta didik, sarana dan prasarana. Di era globalisasi ini pendidikan Islam membutuhkan sumberdaya manusia yg handal berpegang teguh pada Al-Qur'an dan Al hadits, sebagai generasi muda kita harus mempunyai pendidikan yg cukup agar tidak terjerumus ke arus yg salah.karena pendidikan Islam bertujuan untuk melahirkan generasi yg mampu menerapkan hukum aturan Allah.
    3. Menurut saya sebagai generasi muda kita haruslah mempunyai pendidikan yg cukup agar tidak terjerumus kedalam arus yang salah, pendidikan harus di tanamkan sejak usia dini, di peroleh dari pendidikan islam keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat, sehingga kita dapat membedakan yg mana baik dan tidak, boleh negara kita bersaing dengan negara maju tetapi kita tidak boleh terlena dg mengikuti gaya hidup mereka, kita harus bisa membedakan mana yg boleh atau tidak sesuai hukum aturan Allah kita berpegang pada Al-Qur'an dan Al hadits.
    4.ideologi pendidikan merumuskan dan menetapkan kebijakan mengenai pendidikan dengan peningkatan mutu pendidikan nasional dengan berdasarkan standar pendidikan, ideologi sebagai patokan dasar untuk meningkatkan mutu pendidikan.
    5. 5÷6×100+100÷2=91

    ReplyDelete
  33. Nama : Maskurianto
    Mata kuliah : Kapita Slekta Pendidikan
    Semester : VII
    Dosen : H. Dodo, S.Pd,MM
    1. Perkembangan PAI dimasa jaman sekarang ini banyak revensi buku-buku yang kita baca, dan banyak sekali di internet yang dikelola oleh serta browser atau Google dan dipandu oleh revensi serta daftar pustaka, yang kongrit, tentang perkembangan zaman sekarang, tentang membahas pendidikan ahlak, yang berbudi luhur kepada Tuhan yang maha esa. Serta mengamalkan ajaran agama islam
    2. - Kemampuan antisipasi
    - Kemampuan mengenali dan mengatasi masalah.
    - Kemampuan mengakomodasi seorang GURU. Harus mampu mengakomodasi, perbedaan yang terdapat pada peserta didiknya
    - Kemampuan melakukan reorentasi sikap terhadap suatu HAM
    - kompetensi generic
    3. pendapat tersebut benar ada nya dan
    memang di butuhkan beberapa faktor
    yang menjadi sebuah pedoman di dalam
    dunia pendidikan salah satunya
    dengan memanfaatkan tekhnologi yang
    sesuai zaman agar tidak terjadi ke
    terlambatan dalam hal informasi.
    dan juga faktor keja sama antara
    orang tua dan institusi pendidikan
    sangatlah penting agar terciptanya
    pendidikan yang sesuai dengan UUD
    1945 dan norma agama.
    4. Berbicara masalah ideologi berarti juga membicarakan konsep yang tersistem secara rapih atau boleh dikatakan ideologi itu sebuah teori didalam pemikiran
    5.3:6=0,5
    0,5+100=105
    100,5:2=50,25
    Bahrun Naseh

    ReplyDelete
  34. Nama:rachmansyah
    Matakuliah:kapita selekta pendidikan
    Semester:VII
    Dosen:H. Dodo

    Jawaban:
    1.pendisikan agama islam saat ini
    sangat memperhatinkan yang di
    jajah oleh zaman. Di era
    globalisasi ini begitu berat di
    karnakan perkembangan zaman dan
    teknologi yang bisa membuat lalai
    dari setiap pribadi dan jauh dari
    kehidupan beragama. Disinilah
    pentinganya pendidikan agama, agar
    terciptanya keseimbangan antara
    pendidikan umum dan pendidikan
    spritual(agam) demikian kehidupan
    akan berjalan dengan serasi antara
    ilmu iman dan taqwa .
    2.-kemampuan antisipasi
    -kemampuan mengenali dan mengatasi
    masalah
    -kemampuan mengakomodasi. Seorang
    GURU harus mampu mengakomodasi
    perbedaan yang terdapat pada
    peserta didik.
    -kemampuan melakukan reorentasi
    sikap terhadap suatu HAK Asasi
    Manusia.
    3.merupakan salah satu faktor yang menjadi sebuah pedoman di dalam dunia pendidikan salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang sesuai zaman agar tidak terjadi kerlambatan dalam hal informasi. Dan faktor kerjasama antara orang tua dan intitusi pendidikan sangatlah penting agar terciptanya pendidikan yang sesuai dengan UUD 1945 dan norma agama .
    4.Berbicara masalah ideologi berarti
    juga membicarakan konsep yang
    tersistem secara rapih atau
    terstruktur dan sistematis, bisa
    di katakan ideologi adalah sebuah
    teori yang menyebabkan seseorang
    menjadi terikat oleh ideologi
    tersebut.
    5.3:6=0,5
    0,5+100=100,5
    100,5:2=50,25

    ReplyDelete
  35. Pak maaf.
    Ralat jawaban saya no 5.2/6x100=33,3+100=133,3
    =133,3:2=66.6
    =C

    ReplyDelete
  36. NAMA : Siti Rusnita Nuraeni
    MATA KULIAH : Kapita Selekta Pendidikan
    SEMESTER : VII (Tujuh)

    JAWABAN
    1.Tentang perkembangan PAI sekarang ini jauh berbeda dengan pendidikan islam yg di tawarkan pada zaman klasik dan tengah baik eksternal maupun internal

    2.Dengan menanamkannya karakter berbasis local sangat perlu dalam setiap pembelajaran salah satunya PAI,dan ini merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat yg tidak dapat di pisahkan dari bahasa masyaakat itu sendiri.

    3.Menurut Dr.Sa’id Ismail Ali pendidikan ialam terdiri 6 macam
    -Al-Quran
    -Sunah nabi
    -Kata-kata sahabat
    -Nilai-nilai dan adat kebiasaan masyarakat dan
    -Hasil pemikiran para pemikir islam
    Perlu adanya 6 macam di terapkan dlm kehidupan kita, dalam halnya kita perlu bnayak memehami lebih dalam lagi supaya dalam kehidupan kita tidak salah langkah.

    4.Idiologi pendidikan adalah kumpulan konsep bersistem yg di jadikan asas pendapat atau kejadian yg memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup sehubung dengan pendidikan di artikan sebagai perangkat aturan yang yakin dan di jadikan landasan sebagai pendidikan dalam rangkamencapai tujuan.

    5. 2:6 = 0,3
    0,3 x 100 = 33,33
    33,33 + 100 = 133,33 : 2 = 66,66 ( C )

    ReplyDelete
  37. Nama : Nuraeni
    Mata Kuliah : Kapita Selekta Pendidikan
    semester : VII

    1. perkembangan pendidikan agama islam pada zaman sekarang ini sudah banyak perubahan karena terlihat banyak dibangunnya lembaga lembaga pendidikan islam seperti pondok pesantren baik itu modern atau salafi, sekolah tinggi islam , institut pedidikan islam ataupun majlis" talim lainnya sehingga berkembang cepat maka kita sebagai calon seorang pendidik harus mempunyai kemampuan agar bisa menciptakan suatu inovasi supaya nantinya anak didik kita memiliki akhlak yang baik karena kualitas guru sangat diperhitungkan sehingga guru yang profesional akan menciptakan anak didik yang hebat dan seorang muslim.

    2.menurut saya iya, ketika kita menghadapi tantangan global kita harus mampu menanamkan karakter berbasis lokal sebab upaya membangun pendidkan globalisasi tidaklah mudah karena dalam waktu yang bersamaan pendidikan agama islam memiliki kewajiban untuk melestarikannya, dan menanamkan nilai nilai ajaran islam. begitupun upaya kita dalam membangun pendidikan agama islam yang globalisasi itu dilaksanakan dengan langkah yang strategis dan terencana sehingga menanhkap peluang dan bersiaga dalam menghadapi masa depan.

    3. menurut saya bisa saja terjadi , sebab dizaman sekarang sudah terlihat banyak orang-orang yang kurang memfilter dalam hal hal informasi bak itu maslahat ataupun tidak ,gaya hidup di era global sekarang pula sudah terlihat banyak yang kurang memperhatikan dalam segi ekonomi tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu.

    4.idiologi pendidikan adalah sebuah konsep ataupun model dalam suatu pendidikan yang mana ada pendidikan modern dan pendidikan pesantren berbeda sehingga mempunyai konsepnya tersendiri.

    5. 4/6 x 100 = 66 + 100 = 166 : 2 : 83 (grade B )

    ReplyDelete
  38. Nama : DEVI SARTIKA
    Mata Kuliah : Kapita Selekta Pendidikan
    Semester : VII

    1. Jika dilihat dari masa sekarang perkembangan PAI di Indonesia sudah banyak tertinggal atau bisa dikatakan tertinggal jauh oleh seiringnya perkembangan zaman yang mengedepankan teknologi. Apa lagi jika PAI tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, yang ada PAI ini akan mengalami kemerosotan. Tapi jika mengikuti perkembangan PAI ini akan banyak peningkatan.
    2. Dengan adanya masyarakata yang masih terikan dengan kehidupan yang lokal dan mereka yang tidak akan mudah meninggalkan kehidupan yang lokal karna kehidupan ini sudah mendarah dalam dirinya, maka PAI harus mampu menanamkan karakter berbasis lokal agar masyarakat mampu mengikuti pembelajaran PAI dengan mudah tanpa meninggalkan kehidupan yang lokal. Contoh pembelajaran ini dilakukan oleh wali songo saat menyebarkan agama islam dengan menanamkan karakter lokal pada saat itu tanpa harus menghilangkannya.
    3. Menurut pendapat said ismail ini akan terjadi pada masyarakat, apalagi dizaman sekarang ada sebagian masyarakat yang kurang teliti dalam mengambil keputusan tanpa memikirkan baik buruknya, dan sebagian masyarakat yang egois akan dirinya tanpa memikirkan bagaimana kehidupan orang lain, yang terbenak dalam dirinya hanyalah bagaimana mencapai kehidupan yang bahagia. Bahkan saat ini masyarakat mudah terbawa oleh karakter masyarakat yang berasal dari negara maju tanpa memperhatikan akhlak nya, jadi banyaknya masyarakat yang terbawa oleh zaman.
    4.idiologi pendidikan adalah suatu ilmu yang terpaku kepada pendidikan dengan tujuan agar tercapainya tujuan pendidikan.
    5. 6/6x100=100(Grade A)

    ReplyDelete
  39. Nama : SITI AISYAH NUR
    Semester : VII (Tujuh)
    Dosen : Bpk. H. Dodo
    MatKul : kapita slekta pendidikan

    1. Perkembangan PAI di Indonesia pada masa sekarang sudah sangat berkembang di banding awal mulanya prtama kali pendidikan islam di bawa oleh para pedagang arab, karena saat ini sudah bnyak penduduk indonesia memeluk agama islam dan mempelajari islam lebih dalam guna membentuk pribadi dan potensi muslim yg sesuai dgn sumber hukum islam(alquran dan hadits),

    2. Dalam penanaman suatu karakter memang harus bersifat luas, agar setiap individu dapat belajar atau memperbaiki karakter nya masing2 guna menjadi manusia yg lbih baik lagi, untuk itu penanaman pendidikan agama islam harus mencakup smua kalangan dan berbasis lokal agar dapat menyesuaikan dgn masyarakat yg masih awam akan agama, dan mempermudah masyarakat trsbut untuk memahami agama lebih mendalam, sehingga mampu menjadikan masyarakat yg berkarakter

    3. Menurut sail ismail ali dalam bukunya hasan langgulung menyebutkan bahwa dasar ideal pendidikan agama islam ada 6 macam,yaitu : al-qur'an , sunnah nabi, kata2 sahabat, kemashlahatan sosial, nilai2 dan kebiasaan sosial, hasil pemikiran para pemikir islam

    4. Ideologi pendidikan merupakan gagasan2 atau ide2 pemikiran yg bersangkutan dengan pendidikan

    5. 2 : 6 x 100 = 33,3 + 100 = 133,3 : 2 = 66,6

    ReplyDelete
  40. 1. Pengembangan pai merupakan satu bentuk nyata penyokong pengembangan kebudayaan di masyarakat, namun keadaanya adalah terjadinya kemerosotan PAi di indonesia, mislnya maraknya korupsi, kurangnya pendidikan islam, juga pasal² yang menjadi kendala islam di indonesia. Maka sebaiknya lebih di sebar luaskan lagi pai indonesia.

    2. Walaupun Indonesia memiliki pesaing yqng banyak, juga budaya barat yang semakin menggeser budaya timur. Namun, terkait dengan PAI yang digunakan tetap PAI berbasis lokal. Hal tersebut dilakukan guna agar pai lokal tidak terkikis. Mampu juga menguasai IPTEK agar lokal tidak tertinggal oleh pesaing global.

    3. Jika menurut said ismail ali adalah demikian tentang tantangan. Sebenarnya tergantung bagaimana dengan generasi penerusnya. Jika mereka mengalami kemajuan akan kreativitas juga agamanya. Maka pendapat tsb belum tentu terjadi, sebaliknya jika generasi mengalami kemunduran maka bisa di yakinkan bahwa tantangan tsb. Akan terjadi.

    4. Ideologi pedidikan merupakan sebuah ide, gagasan atau pemikiran yang tertuju pada pendidikan.

    5. Kalau gk salah
    3x100/6+100:2
    =300/6+100:2
    =50+100:2
    =150:2 = (75)

    ReplyDelete
  41. Nama: Mardiah
    Matkul: Kapita Selekta Pendidikan
    Smtr: Vll

    Jawaban UTS

    1.Perkembangan PAI cukup tertinggal,dengan adanya pengaruh globalisasi terhadap kemajuan teknologi,PAI karena hanya menikmati kecanggihan teknologi saja.

    tentu PAI harus mampu menanamkan karakter lokal, karena itu menjadi suatu konsep /karakter bangsa agar mampu mengatasi pengaruh globalisasi.

    3 .Benar karena pada saat ini pun sudah terjadi apa yang di ungkapkan Sa'id Ismail Ali yaitu masyarakat konsumtif, berkiblat pada negara maju.

    4. Ideologi pendidikan bisa membuat suatu konsep ilmu.

    5. 75
    B

    ReplyDelete
  42. Nama:Ilham Arisandi
    Semester:VII
    Mata Kuliah:Kapita Selekta Pendidikan


    1.Perkembangan PAI saat ini cukup berkembang pesat, karna banyak nya minta masyarakat saat ini mempelajari pendidikan agama islam dengan berbagai metode dan cara.

    2. Ya pai harus mampu menanamkan karakter berbasis lokal, seperti menguasai dan mengembangkan teknologi internet saat ini,sesuai dengan perkembangan zaman saat ini, yaitu teknologi kualitas, menentukan produktivitas dan menentukan efisien, kemudian dapat mengenal arus informasi saat ini, lalu menyiasati modelisasi dan mampu mengatasi kesenjangan sosial ( faktor ekonomi).

    3.bisa saja terjadi, karena memang benar tantangan yg ada saat ini cukup banyak karna seiring perkembangan yg cukup pesat saat ini,dan ada nya percampuran antara budaya budaya luar yg masuk ke dalam diri masing2 masyarakat, sehingga dapat menjadi tantangan itu sendiri bagi perkembangan Pai saat ini dan masa yang akan datang.

    4.ideologi pendidikan sebagai rujukan paradigmatic dalam mendesain kebijakan kebijakan pendidikan pada tingkat nasional maupun regional.

    5. 5 ÷ 6 × 100 + 100 ÷ 2 = 91

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...