Tuesday, March 31, 2020

Soal UTS Model Pembelajaran Smt IV 19/20

Soal UTS Model Pembelajaran Smt IV 19/20


Tulis identitasmu
Nama                    : .....................................
Matakuliah             : Model-Model Pembelajaran
Semester               : IV

Perintah;
  1. Supaya lebih mudah menjawab, gunakan bagi yang punya laptop atau sejenisnya;
  2. Tulis jawabannya pada kolom komentar, jika sudah selesai klik publish, hindari upload dua kali;
  3. Menulis jawaban dengan redaksi yang sama antar sesama teman atau copy paste langsung akan dianulir;
  4. waktunya dibatasi mulai jam 13.00 hingga 14.00 


Soal;
  1. Jelaskan Kata Model Pembelajaran menurut bahasa, pengertian yang kebih luas dan bahasa verbal ? disertakan dengan contohnya
  2. Jelaskan tentang bagaimana cara pendekatan pembelajaran bagi guru PAUD?
  3. Kapan Strategi pembelajaran dimulai ?
  4. Pendapatmu mengapa seorang guru harus punya kompetensi?
  5. Bagaimana mulai mengajar siswa yang baru bertemu dengan latarbelakang pendidikan keluarga yang berbeda-beda agar tujuan proses belajar mengajar berjalan dengan lancar.  














15 comments:

  1. Nama : Yulia nurjannah
    Semester : 4
    Kampus : yaperi..

    1.model pembelajaran menurut bahasa itu adalah contoh, acuan, atau pola. Model dalam arti luas adalah referensi contoh : mewakili satu objek
    Model dalam arti verbal adalah memberikan gambaran.
    2.cara pendekatan pembelajaran bagi guru paud .. yaitu
    - dengan cara metode pembelajaran dengan sistem bermain,karena metode ini hal yg paling disukai oleh anak". Dalam keceriaan bermainlah guru bisa menyelipkan ajaran-ajarannya.
    - metode pembelajaran melalui bercerita. Karena metode bercerita merupakan salah satu metode yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak paud dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan.
    - metode pendekatan pembelajaran melalui bernyanyi,karena bernyanyi bersifat menyenangkan, bernyanyi dapat digunakan mengatasi kecemasan.
    3.ketika ingin memberikan isi pembelajaran kepada pembelajaran
    4.karena peranan guru sangat menentukan dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan.maka dari itu seorang guru harus memiliki kompetensi yang utuh.
    5.-bisa memahami karakteristik siswa,memahami cara dan kesulitan belajar siswa,menguasai prinsip-prinsip dasar pembelajaran yang mendidik

    ReplyDelete
  2. Nama : Eri Nur Indrawan
    Mata kuliah : Model model pembelajaran
    Semester : 4 (empat)


    Jawab :
    1. Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang
    digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran adalah pola interaksi siswa dengan guru di dalam kelas yang menyangkut pendekatan.
    Contohnya yaitu strategi, metode, teknik pembelajaran yang
    diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

    2. A. Pembelajaran bebas
    B. pembelajaran terpimpin
    C. pembelajaran kondusif. Pengertian pembelajaran bebas, Pembelajaran bebas merupakan suatu strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna kepada anak.

    3.Saat guru sudah mampu meliputi pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran, dan teori yang melandasi,
    serta berbagai jenis pendekatan dalam strategi pembelajaran.
    Dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran.

    4. Karena peran guru sangat menentukan dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan.

    5. Perlunya adaptasi dalam pembelajaran dan observasi, agar dapat memahami dan tidak salah dalam melangkah. Oleh karena itu perpikir kritis itu penting.

    ReplyDelete
  3. Nama : Rimah Hasanah
    Semester : IV (empat)
    1. Model menurut bahasa adalah acuan, pola acuan. Model pembelajaran adalah suatu proses untuk memulai dalam pembelajaran. Acuan itu adalah yang memberikan suatu aturan yang ada. Model yang lebih luas diartikan adalah sebagai referensi (mewakili suatu objek) bisa dengan gambar atau verbal. Model dalam bahasa verbal adalah menjelaskan/memberikan gambaran. Contohnya mengajar secara langsung dalam proses KBM menggunakan fasilitas yang terkait sesuai dengan RPP
    2. Cara pendekatan guru paud dengan anak anak adalah memahami setiap perkembangan anak, potensi dasar pengetahuan anak, memilih dan menyusun materi materi, dan memahami anak secara individual sebagai fasilitator
    3. Strategi pembelajaran dimulai saat KBM dikelas hendak dimulai dan guru harus mampu dan memiliki pendekatan bagaimana cara pandang atau titik tolak guru memberikan tugas yang bisa di terima oleh semua mulai dari kecakapan dan kemampuan.
    4. Seorang guru harus memiliki kompetensi supaya ia mampu menyelenggarakan proses pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Karena seorang guru adalah agen penyaluran pembelajaran dalam bidangnya.
    5. Yang pertama yang harus dilakukan adalah strategi pendekatan cara pandang kepada setiap siswa, agar mudah memahami karakter setiap murid satu dengan yang lainnya. Setelah selesai mengamati setiap siswa, masuk kepada perkenalan yang ringan tapi mudah memecah suasana kelas, jika semuanya sesuai dengan perencanaan strategi baru dimulai pembelajaran dan memberikan tugas yang bisa diterima oleh semuanya

    ReplyDelete
  4. Nama : Muhamad Ramadhan
    Semester : IV/4
    Dosen : Pak Dodo

    Jawaban
    1. Secara Umum atau lebih luasnya model pembelajaran berarti suatu cara atau teknik penyajian yang terstruktur dengan kaidah2 tertentu yang digunakan oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran agar tercapai tujuan yang diharapkan dari pembelajaran guru tersebut.
    Kalau secara Verbal model pembelajaran itu berarti lebih kepada Gaya belajar yg ditandai dengan Mengedepankan kata-kata, baik dalam membaca maupun menulis dalam memahami pelajaran. Pelajar bisa nyaman dengan banyak membaca, berbicara, dan menulis saat belajar.
    Adapun contoh yang saya ketahui dari model pembelajaran yaitu.
    Belajar dg mengedepankan Visual.
    Belajar dg mengedapankan Logika
    Dan belajar dg mengedepankan verbal.

    2.model Mengajar di PAUD itu lebih mengedepankan belajar menyenangkan,maksudnya belajar dengan permainan/game.
    Dan biasa nya si anak harus di pantau sedemikian rupa agar anak tsb dapat mengikuti pembelajaran dg baik yg tentu nya diselingi dg sebuah permainan oleh guru nya.
    My Quote :
    "Guru yang Terbaik adalah Guru PAUD karena mereka adalah guru pertama yang akan mempersiapkan masa depan penerus bangsa"
    Hehehe👌.

    3.Klw pengalaman saya pribadi.
    Strategi/Rencana/Planning/persiapan pembelajaran guru itu dimulai ketika guru pada waktu malam hari mempersiapkan sedemikian rupa bahan ajaran untuk besok tentu dengan memakai kaidah2 yg ada.
    Karena Kyai saya pernah berkata:
    "Perbedaan guru dan murid itu terdapat pada waktu belajarnya,
    Jika Murid belajar di siang hari
    Sedangkan guru belajar pada malam Harinya"

    4. Pendapat saya sangat Simple pak.
    "Jika tugas seorang guru untuk mencetak generasi yang berkompeten,
    Sangat Lucu jika ada guru dari generasi itu dicetak oleh Guru yg TIDAK berkompeten".
    Jadi,
    Seorang Guru itu wajib mempunyai kompeten di bidang yang akan dia ajar.
    Contoh
    Guru MTK : harus ahli dibidang Mtk
    Guru agama : harus ahli dibidang agama

    5. Jawaban ini saya akan merujuk pada Film Big Brother thn 2018.
    Dimana ada seorang guru Baru yg pertama kali mengajar murid2 nya yang mayoritas mempunyai latar belakang yang berbeda2.
    Apa yg dia dilakukan?
    Dia Melalui pendekatan dengan cara murid dan guru itu jgn ada penghalang.
    Diibaratkan seperti seorang Sahabat.
    Yang artinya mengajar seperti hal nya sahabat dengan cara mencari informasi tentang latarbelakang keluarga murid Tsb dan secara perlahan mengambil 'hatinya'agar murid tersebut juga dapat mengakui kita sbgai gurunya.
    Dan pada akhirnya proses pembelajaran dapat berjalan dg lancar, dan Hubungan batin antara Guru dan murid akan terjaga.

    ReplyDelete
  5. Nama : Ruslan
    Smt : IV
    Matkul : Model-model Pembelajaran

    1.Model adalah representasi dari suatu objek, benda, atau ide-ide dalam
    bentuk yang disederhanakan dari kondisi atau fenomena alam. Model berisi
    informasi- informasi tentang suatu fenomena yang dibuat dengan tujuan untuk
    mempelajari fenomena sistem yang sebenarnya. Model dapat merupakan tiruan
    dari suatu benda, sistem atau kejadian yang sesungguhnya yang hanya berisi
    informasi- informasi yang dianggap penting untuk ditelaah.

    Kata ”model” diturunkan dari bahasa latin mold (cetakan) atau pettern
    (pola).
    Model verbal adalah sebuah model perilaku sistem pada kondisi yang
    berbeda dideskripsikan dengan kata-kata. Sebagai cotoh apabila suku bank naik,
    maka tingkat penggangguran akan naik.

    2.Cara pendekatan pembelajaran bagi guru PAUD yaitu Dasar filosofi dalam pendekatan ini adalah guru
    Lharus mampu menggunakan bermacam – macam strategi untuk memenuhi kebutuhan anak dalam aspek perkembangan sosial, fisik, kognisi dan bahasa. Dalam pendekatan ini terdapat beberapa elemen – elemen penting dari kurikulum kreatif.

    3.Ada banyak strategi yang digunakan dalam menerapkan belajar aktif dalam pembelajaran di sekolah, Semuanya dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas sesuai dengan jenis materi dan tujuan yang diinginkan dapat dicapai oleh siswa. Strategi tersebut antara lain who is in the class (siapa di kelas), group resume (resum kelompok), predictional (prediksi), question student have (pertayaan peserta didik), critical inciden (pengalaman penting), reading guide (panduan membaca) “(Harianto, 2008: 67). Disini kita akan membahas tentang reading guide yaitu strategi yang digunakan untuk materi yang membutuhkan banyak waktu dan tidak mungkin dijelaskan semua dalam kelas dan untuk mengefektifkan waktu, maka siswa diberi tugas membaca teks yang telah ditentukan oleh guru dan siswa harus mengerjakan dengan menjawab beberapa pertanyaan atau kisi-kisi yang diberikan oleh guru.

    4.Peranan guru sangat menentukan dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan. Untuk itu guru sebagai agen pembelajaran dituntut untuk mampu menyelenggarakan proses pembelajaran dengan sebaik-baiknya.


    5.ada banyak cara untuk memulai belajar dengan siswa baru di antaranya :
    1. Memberi kesan baik dan hangat pada murid baru
    Tips pertama yang bisa anda lakukan dalam rangka menyambut dan menghadapi siswa-siswi baru yakni dengan bersikap baik dan hangat. Oleh karena itu seorang guru dianjurkan dalam menghadapi siswa-siswi baru agar bersikap lemah lembut, hangat dan bersahabat dengan para siswa baru.

    Bersikap lemah lembut dan bersahabat dengan siswa baru cukup urgent guna menanamkan mindset dalam pikiran anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan, sehingga siswa-siswi baru tersebut merasa betah dan nyaman di sekolah.

    2. Hindari sikap mengintimidasi siswa
    Tak dapat dipungkiri bahwa karakter setiap siswa sangat beragam begitu pula halnya dengan karakter siswa-siswi baru, misalnya saja yang memiliki sikap sabar, pemalu, nakal, usil dan lain-lain. Namun dalam menagatasi berbagai karakter murid tersebut sangat disarankan untuk menghindari sikap mengintimidasi guna meredam perilaku kurang baik yang ditunjukan oleh murid tersebut.

    Selain itu melakukan kekerasan fisik guna mengintimidasi perilaku siswa baru sebaiknya tidak dilakukan namun yang lebih tepat adalah mengamati/membaca karakter anak yang nakal tersebut guna mencari solusi yang lebih persuasif dalam merubah kebiasaanya tersebut.

    ReplyDelete
  6. Nama : ambariah
    Smester : VI


    1). Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar.
    Model mengajar dapat diartikan sebagai suatu rencana atau pola yang digunakan dalam menyusun kurikulum, mengatur materi peserta didik, dan memberi petunjuk kepada pengajar di kelas dalam setting pengajaran atau setting lainnya.
    Adapun contoh2 model pembelajaran :
    #Pembelajaran langsung
    #Pembelajaran kooperatif
    #pembelajaran berdasarkan masalah
    #Pembelajaran melalui diskusi-diskusi
    Strategi #pembelajaran atau learning strategi.

    2).Pertama, pendidikan haruslah berorientasi terhahadap kebutuhan anak. Karena setiap anak memiliki kemampuan dan kebutuhan sendiri-sendiri.

    Kedua, belajar melalui bermain, dan bermain sambil belajar yakni harus mengetahui apa, bagaimana dan kapan seorang guru menerapkan strategi, metode maupun media.
    Ketiga, pendekatan kreatif & Inovatif. Yaitu didalam sebuah pendidikan pembelajaran, terutama pada anak usia dini. Seorang guru harus mempunyai potensi seni atau kekreativan. sehingga dapat berorientasi untuk mengembangkan curiosity dan kreativitas pada anak.
    Keempat, lingkungan yang kondusif. Makhsudnya yaitu lingkungan yang bersih akan memberikan dampak nyaman bagi anak didik, dan juga sebaliknya. Dalam hal proses pembelajaran diharuskan memperhatikan desain lingkungan yang dapat menciptakan rasa aman, dan nyaman bagi anak. sehingga anak akan merasa senang dan lebih fokus dalam menerima pelajaran.

    Kelima, mengembangkan berbagai kecakapan hidup. Yakni dalam proses pembelajaran seharusnya dapat membekali anak untuk mempunyai ketrampilan hidup dan kemampuan tersendiri bagi anak. Karena seharusnya mulai dari usia dini seorang anak harus dibekali kemampuan dengan berbagai ketrampilan.

    Keenam, stimulasi teroadu yakni dalam proses pembelajaran terutama ditingkat dasar harus lebih sering menggunakan stimulus agar dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak.

    Ketujuh menggunakan berbagai sumber media dan sumber belajar. Sesuai dengan teorinya peace bahwa anak usia dini dalam proses pembelajaran masih bersifat bermain dan membutuhkan benda-benda konkrit disetiap kegiatannya, selain itu media dan sumber belajar adalah alat yang utama untuk
    menumbuhkan semngat belajar siswa dan agar siswa lebih mudah memahami suatu pelajaran.

    Dan asas yang kedelapan yakni pembelajaran haruslah berorientasi pada prinsip perkembangan. yang meliputi non diskriminasi, mengakui adanya hak setiap hidup dan melakukan hal-hal yang terbaik serta menerapkan metode yang dapat memberikan perhatian dan penghargaan atas ide yang dilakukan oleh anak.

    3). Strategi pembelajaran di mulai sbelum kita melakukan KBM

    4). Karna Mutu pendidikan sebagai sistem selanjutnya tergantung pada mutu komponen yang membentuk sistem, serta proses yang berlangsung hingga membuahkan hasil. Bila hasilnya bagus, maka mutu pendidikan di lembaga pendidikan itu pasti bagus. Salah satu komponen di dalam sistem pendidikan yang membuat bagus mutu pendidikan adalah guru. Gurulah yang menjadi garda terdepan dalam meningkatkan mutu pendidikan.

    5). Memperkenalkan diri masing2 lalu kita lihat latar belakang kluarga dan lingkungannya, serta memberikan pelajaran sesuai dengan kemampuan nya, misalkan ada yg latar belakang kluarganya rajin dalam soal agama dan sering mengajarkan anak itu mengaji, ada juga anak yg latar belakang kluarganya sibuk bekerja dan tidak punya waktu untuk mengajari anaknya bahkan tdk di tidak di titipkan ke tempat pengajian di lingkungannya, maka dlm memberikan materi pun harus sesuai jangan di samaratakan.. misalkan disuruh membaca al quran, tentu akan tidak adil karna anak yg satu sudah terbisa yg satunya lagi belum, maka berilah porsi yg sesuai, misalkan mulai dari mengenal huruf ijaiyah .

    ReplyDelete
  7. NAMA : Meli Astuti
    MATA KULIAH : Model-Model Pembelajaran
    SEMESTER : IV (empat)

    *JAWABAN*
    1. MODEL PEMBELAJARAN
    - Model menurut bahasa adalah pola,acuan. Contohnya : RPP,SILABUS.
    - Model dalam arti yang lebih luas diartikan sebagai refresentasi (mewakili suatu objek).contohnya : bisa dengan gambar, infocus.
    - Model dalam bahasa Verbal adalah menjelaskan atau memberikan gambaran. Contohnya : dengan sebuah kursi, kursi adalah terdapat beberapa komponen komponen.

    2. Cara pendekatan pembelajaran bagi guru PAUD adalah interaktif,inspiratif,menyenangkan,menantang dan partisipatif.

    3. Saat memulai pembelajaran berlangsung

    4. Karena,guru merupakan unsur penting dalam keseluruhan sistem pendidikan,maka dari itu mutu dan kualitas bahkan kompetensi guru haruslah diperhatikan.Dari kompetensi itu berupa kemampuan pengetahuan,kemampuan dari keterampilan dan tanggung jawab pada murid-murid yang di didiknya,sehingga dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik bisa berjalan dengan baik.

    5.Dengan cara :
    -pembelajaran kooperatif
    -pembelajaran kolaboratif

    ReplyDelete
  8. Nama. :Jafar Ridwan Alghazy.
    Mata kuliah:Model Pembelajaran.
    Semester. :IV.

    1. Adalah Sebuah Kegiatan yang di lakukan secara sistematis (yaitu pembelajaran yang di rencanakan yang didalamnya memiliki Tujuan, materi, Proses, dan Evaluasi) dalam suatu proses Belajar untuk memcapai tujuan.

    2. Bagi guru PAUD ada beberapa pendekatan pembelajaran yaitu:
    1.MONTESSORI (Pendekatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan seluruh kemampuan anak melalui stimulasi yang dipersiapkan).
    2.Bank street (Pendekatan pembelajaran pada model Bank Street adalah anak-anak merupakan pebelajar, pencoba, penjelajah, dan artis yang aktif.)
    3.Kurikulum Kreatif ( guru harus mampu menggunakan bermacam – macam strategi untuk memenuhi kebutuhan anak dalam aspek perkembangan sosial, fisik, kognisi dan bahasa.)
    4.dll

    3. Strategi pembelajan dimulai sembelum,ketika,atau sesudah Pembelajaran.

    4. Setiap Profesi harus memiliki kompetensi agar maksimal dalam menjalani kegiatannya. Begitupun guru, guru yang memliki kemampuan akan melaksanakan pembelajaran dengan baik, sehingga tercapai tujuan dari suatu proses Belajar Mengajar.

    5. Memulai terlebih dahulu pendekatan terhadap siswa2 di kelas, dengan latar belakang yang berbeda-beda para siswa Latar belakang keluarga, latar belakang sosial ekonomi, dan lingkungan, membuat peserta didik berbeda dalam aktifitas, kreatifitas, intlegensi, dan kompetensinya.
    pendidik harus memahami ciri-ciri peserta didik yang harus dikembangkan dan yang harus diarahkan kembali.
    Anak didik, masing-masing memiliki tingkat kemampuan dan kompetensi yang berbeda dalam menyerap pelajaran. Oleh sebab itu, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi sangatlah dianjurkan.

    ReplyDelete
  9. Nama : Vivi
    Semester : IV (Empat)

    Jawaban :
    1. Model pembelajaran menurut bahasa yaitu pola, contoh, acuan.
    Model pembelajaran diartikan dalam arti luas yaitu referensi itu mewakili suatu objek, dimana benda atau objek yang disederhanakan.
    Dan model pembelajaran menurut bahasa verbal yaitu memberikan gambaran pembelajaran.
    Pengertian model pembelajaran adalah suatu cara atau teknik penyajian sistematis yang digunakan oleh guru dalam mengorganisasikan pengalaman proses pembelajaran agar tercapai tujuan dari sebuah pembelajaran.
    Contoh model pembelajaran : ceramah, diskusi, demonstrasi, studi kasus, bermain peran (role play)

    2. Pendekatan pembelajaran bagi guru PAUD yaitu dengan belajar sambil bermain, dengan metode bercerita, bernyanyi.

    3. Strategi pembelajaran dimulai sebelum guru mengajar dan mempersiapkan materi yang akan disampaikan

    4. Seorang guru harus mempunyai kompetensi karena guru adalah pendidik untuk generasi yang akan datang, dalam meningkatkan kualitas mengajar agar tercapai tujuan pendidikan nasional, dan guru juga sebagai teladan.

    5. Seorang guru hendaknya dapat mengenal kepribadian siswa yang nantinya dapat membantu untuk melihat karakter siswa tersebut. Guru harus mampu memotivasi siswanya agar siswa dapat menjadi diri mereka yang terbaik, dapat memperbaiki kekurangan mereka dan meningkatkan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki.

    ReplyDelete
  10. Nama : Iyan Solahudin
    Semester :IV ( empat )

    Jawaban

    1. Model pembelajaran menurut bahasa yaitu pola, acuan dan contoh.
    Model pembelajaran diartikan dalam arti luas yaitu referensi itu mewakili suatu objek, dimana benda atau objek yang disederhanakan.
    Dan model pembelajaran menurut bahasa verbal yaitu memberikan gambaran pembelajaran.
    Pengertian model pembelajaran adalah suatu cara atau teknik penyajian sistematis yang digunakan oleh guru dalam mengorganisasikan pengalaman proses pembelajaran agar tercapai tujuan dari sebuah pembelajaran.
    Contoh model pembelajaran : ceramah, diskusi, demonstrasi, studi kasus, bermain peran
    2. Pendekatan pembelajaran bagi guru PAUD yaitu dengan belajar sambil bermain, dengan metode bercerita, bernyanyi sampai ada acara game seru nya.
    3. Strategi pembelajaran dimulai sebelum guru mengajar dan mempersiapkan materi yang akan disampaikan
    4. Seorang guru harus mempunyai kompetensi karena guru adalah pendidik untuk generasi yang akan datang, dalam meningkatkan kualitas mengajar agar tercapai tujuan pendidikan nasional, dan guru juga sebagai teladan.
    5. Seorang guru sdikitnya memahami latar belakang para siswa agar agar lebih mudah dalam pembauran dengan siswa hingga siswa nya pun tidak sungkan dengan gurunya atau bisa disebut dengan pendekatan kepada siswa.
    Sampai sebaiknya guru tdak bersikap keras atau galak kepada siswa.bersikaplah yang baik ramah sampai murah senyum agar siswa nya pun merasa nyaman dengan guru barunya..

    ReplyDelete
  11. Nama : Iyan Solahudin
    Semester :IV ( empat )

    Jawaban

    1. Model pembelajaran menurut bahasa yaitu pola, acuan dan contoh.
    Model pembelajaran diartikan dalam arti luas yaitu referensi itu mewakili suatu objek, dimana benda atau objek yang disederhanakan.
    Dan model pembelajaran menurut bahasa verbal yaitu memberikan gambaran pembelajaran.
    Pengertian model pembelajaran adalah suatu cara atau teknik penyajian sistematis yang digunakan oleh guru dalam mengorganisasikan pengalaman proses pembelajaran agar tercapai tujuan dari sebuah pembelajaran.
    Contoh model pembelajaran : ceramah, diskusi, demonstrasi, studi kasus, bermain peran
    2. Pendekatan pembelajaran bagi guru PAUD yaitu dengan belajar sambil bermain, dengan metode bercerita, bernyanyi sampai ada acara game seru nya.
    3. Strategi pembelajaran dimulai sebelum guru mengajar dan mempersiapkan materi yang akan disampaikan
    4. Seorang guru harus mempunyai kompetensi karena guru adalah pendidik untuk generasi yang akan datang, dalam meningkatkan kualitas mengajar agar tercapai tujuan pendidikan nasional, dan guru juga sebagai teladan.
    5. Seorang guru sdikitnya memahami latar belakang para siswa agar agar lebih mudah dalam pembauran dengan siswa hingga siswa nya pun tidak sungkan dengan gurunya atau bisa disebut dengan pendekatan kepada siswa.
    Sampai sebaiknya guru tdak bersikap keras atau galak kepada siswa.bersikaplah yang baik ramah sampai murah senyum agar siswa nya pun merasa nyaman dengan guru barunya..

    ReplyDelete
  12. Nama : Fahmi Idris
    Matakuliah: Model-Model Pembelajaran
    Semester : IV
    Jawaban
    1. Model pembelajaran menurut bahasa yaitu pola, contoh, acuan.
    Model pembelajaran diartikan dalam arti luas yaitu referensi itu mewakili suatu objek, dimana benda atau objek yang disederhanakan.
    Dan model pembelajaran menurut bahasa verbal yaitu memberikan gambaran pembelajaran.
    Pengertian model pembelajaran adalah suatu cara atau teknik penyajian sistematis yang digunakan oleh guru dalam mengorganisasikan pengalaman proses pembelajaran agar tercapai tujuan dari sebuah pembelajaran.
    Contoh model pembelajaran : ceramah, diskusi, demonstrasi, studi kasus, bermain peran (role play)
    2. Pendekatan pembelajaran bagi guru PAUD yaitu dengan belajar sambil bermain, dengan metode bercerita, bernyanyi sampai ada acara game seru nya.
    3. Strategi pembelajaran dimulai sebelum guru mengajar dan mempersiapkan materi yang akan disampaikan
    4. Karena,guru merupakan unsur penting dalam keseluruhan sistem pendidikan,maka dari itu mutu dan kualitas bahkan kompetensi guru haruslah diperhatikan.Dari kompetensi itu berupa kemampuan pengetahuan,kemampuan dari keterampilan dan tanggung jawab pada murid-murid yang di didiknya,sehingga dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik bisa berjalan dengan baik.

    5.Dengan cara :
    -pembelajaran kooperatif
    -pembelajaran kolaboratif

    ReplyDelete
  13. Nama : Dana Iskandar
    Semester :IV (empat)

    1.Model adalah representasi dari suatu objek, benda, atau ide-ide dalam
    bentuk yang disederhanakan dari kondisi atau fenomena alam. Model berisi
    informasi- informasi tentang suatu fenomena yang dibuat dengan tujuan untuk
    mempelajari fenomena sistem yang sebenarnya.

    2.Pendekatan dalam KBM bagi guru PAUD yaitu dengan belajar sambil bermain, dengan metode bercerita, bernyanyi.yang membuat anak semangat menerima pelajaran

    3.Strategi KBM dimulai Guru mempersiapkan cara .cara ,materi,pembelajaran yang akan disampaikan pada anak anak

    4.Peranan guru sangat menentukan dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan. Untuk itu guru sebagai agen pembelajaran dituntut untuk mampu menyelenggarakan proses pembelajaran dalam pengetahuan maupun keterampilan dengan sebaik-baiknya.

    5.Memberi kesan baik dan hangat pada murid baru
    Tips pertama yang bisa anda lakukan dalam rangka menyambut dan menghadapi siswa-siswi baru yakni dengan bersikap baik dan hangat. Oleh karena itu seorang guru dianjurkan dalam menghadapi siswa-siswi baru agar bersikap lemah lembut, hangat dan bersahabat dengan para siswa baru.selain itu juga berikan pelajaran dengan cara yg ampuh tidak membosan kan .anak anak

    ReplyDelete
  14. Nama : SAHEPA HAKIKI
    Semester : lV (empat)


    Jawaban......
    1..Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambarkan dari awal sampai akhir pembelajaran yang disusun secara khas oleh seorang pendidik.
    Metode pembelajaran diartikan sebagai sebuah cara yang dipergunakan dalam pengimplementasian rencana yang telah disusun dalam suatu kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    Pengertian verbal biasanya d ungkapkan/di utarakan dengan menggunakan kata, pujian, penghargaan, persetujuan.
    Misalnya (bagus/bagus sekali, betul, pintar, ya, seratus buat kamu.)

    2. Kegiatan bermain adalah hal yang paling disukai oleh anak-anak. Dalam keceriaan bermainlah guru bias memanfaatkan dalam menyelipkan ajaran-ajarannya. Metode bermain sifatnya adalah wajib adanya. Informasi apa pun yang akan diberikan kepada anak, hendaknya dikemas dalam kegiatan bermain yang menyenangkan dan mengasikkan.
    Selain itu ada juga metode yg lain nya yaitu metode pembelajaran berceritabercerita, melalui bernyanyi, karya wisata, dsb

    3.di mulai sebelum guru masuk kelas /sebelum guru mengajar

    4.mampu mengembangkan potensi siswa. menguasai prinsip-prinsip dasar pembelajaran yang mendidik. mengembangkan kurikulum yang mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran. merancang pembelajaran yang mendidik.

    5. Karena guru merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses pembelajaran itu sendiri,maka dari melalui terlebih dahulu pendekatan terhadap siswa /peserta didik itu sendiri, yang latar belakangnya berbeda-beda.latar belakang Keluarga merupakan satu kesatuan hidup (sistem nasional), dan keluarga menyediakan situasi belajar. Sebagai satu kesatuan hidup bersama (sistem sosial), keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ikatan kekeluargaan membantu anak mengembangkan sifat persahabatan, cinta kasih, hubungan antarpribadi, kerja sama, disiplin, tingkah laku yang baik, serta pengakuan akan kewibawaan..
    Dan bertujuan supaya kita mudah untuk melaksanakan tugas proses belajar mengajar itu sendiri..

    ReplyDelete
  15. Nama : Baniatus Sopiah
    Mata Kuliah : Model-Model Pembelajaran
    Semester : IV

    1. Model pembelajaran secara bahasa adalah contoh, acuan atau pola serta suatu cara atau teknik penyajian sistematis yang digunakan oleh guru dalam mengorganisasikan pengalaman proses pembelajaran agar tercapai tujuan dari sebuah pembelajaran. Model pembelajaran dalam pengertian luas adalah suatu referensi itu mewakili suatu objek, dimana benda atau objek yang disederhanakan. Sedangkan Model pembelajaran menurut bahasa verbal adalah memberikan gambaran pembelajaran.
    Beberapa contoh model-model pembelajaran di antaranya adalah ceramah, diskusi, demonstrasi, studi kasus, bermain peran (role play) dan lain sebagainya yang bisa diterapkan. Tentu tiap model pembelajaran memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.
    2.Didalam proses pendidikan anak usia dini akan lebih dikenalkan agar anak didik dapat menyampaikan apa yang ada dipikirkannya sehingga anak tersebut dapat melakukan gerak fisiknya entah itu dengan cara menyanyi, menggambar, bercerita ataupun kegiatan yang lainnya. Melihat dari penjabaran diatas, dapat dikatakan bahwa didalam proses pendidikan PAUD seorang guru harus mengetahui dan menjalankan apa saja pendekatan-pendekatandan arah dalam pendidkan PAUD. bahwasannya pendekatan dan arah dalam pendidikan PAUD ini dirasa sangat penting karena akan mempengaruhi proses belajar pada tingkat selanjutnya dan sangat berpengaruh pada proses tumbuh berkembangnya anak itu sendiri.untuk itu, setiap guru harus memperhatikan ke delapan asas sebagai berikut :
    Pertama, pendidikan haruslah berorientasi terhahadap kebutuhan anak.
    Kedua, belajar melalui bermain, dan bermain sambil belajar yakni harus mengetahui apa, bagaimana dan kapan seorang guru menerapkan strategi, metode maupun media.
    Ketiga, pendekatan kreatif & Inovatif. Yaitu didalam sebuah pendidikan pembelajaran, terutama pada anak usia dini.
    Keempat, lingkungan yang kondusif. Makhsudnya yaitu lingkungan yang bersih akan memberikan dampak nyaman bagi anak didik, dan juga sebaliknya.
    Kelima, mengembangkan berbagai kecakapan hidup. Yakni dalam proses pembelajaran seharusnya dapat membekali anak untuk mempunyai ketrampilan hidup dan kemampuan tersendiri bagi anak.
    Keenam, stimulasi terpadu yakni dalam proses pembelajaran terutama ditingkat dasar harus lebih sering menggunakan stimulus agar dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak.
    Ketujuh menggunakan berbagai sumber media dan sumber belajar. Sesuai dengan teorinya peace bahwa anak usia dini dalam proses pembelajaran masih bersifat bermain dan membutuhkan benda-benda konkrit disetiap kegiatannya, selain itu media dan sumber belajar adalah alat yang utama untuk menumbuhkan semngat belajar siswa dan agar siswa lebih mudah memahami suatu pelajaran.
    Dan asas yang kedelapan yakni pembelajaran haruslah berorientasi pada prinsip perkembangan.
    3. Strategi pembelajaran di mulai itu pada saat Guru menjelaskan latar belakang tujuan pembelajaran yang akan dibahas, memberikan informasi secara bertahap dan merencanakan serta memberi bimbingan pelatihan awal.
    4. Menurut saya seorang Guru harus mempunyai kompetensi, karena itu merupakan suatu kemampuan Guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban secara bertanggung jawab, agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif serta harus mempunyai pengetahuan tentang belajar dan tingkah laku, mempunyai pengetahuan dan menguasai bidang studi yang dibinanya, mempunyai sikap yang tepat tentang dirinya sendiri, sekolah, serta mempunyai keterampilan teknik mengajar.
    5. Guru terlebih dahulu harus mengenali dan memperhatikan perbedaan kemampuan masing-masing siswa, Guru sebaiknya tidak hanya melakukan pengajaran di dalam kelas tetapi juga di luar kelas. Guru juga sebaiknya lebih sering memberikan pengarahan serta bimbingan kepada siswa tersebut.

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...