Tuesday, June 23, 2020

Soal UAS Model Pembelajaran 19/20 siang

Tulislah identitasmu;
Nama                      : ...........................
Soal Matakuliah       : Model Pembelajaran
Semester                : IV (empat)


Perintah;
  1. Hanya memilih 5 (lima) soal dari 9 soal yang tersedia.
  2. Supaya lebih mudah menjawab, gunakan laptop.
  3. Tulis jawabanya pada kolom komentar jangan lebih dari 4000 karakter.
  4. Menulis jawaban dengan redaksi yang sama atau copy paste akan dianulir.
  5. Waktu dari jam 13.00 s/d 14.00


Soal UAS Model Pembelajaran :

  1. Bagaimana pendapatmu tentang belajar jarak jauh lewat blogger selama covid-19 ini dilakukan.
  2. Jelaskan perubahan perilaku anak didik sebagai hasil belajar yang kalian lakukan sebagai tenaga pengajar?
  3. Apakah perbedaan antara pengalaman mengajar langsung dan tidak langsung?
  4. Jelaskan lingkungan fisik dan lingkungan sosial yang terjadi didalam interaksi belajar?
  5. Bagaimana pendapatmu tentang memilih metode pembelajaran yang tepat akan memudahkan siswa dalam menerima dan memahami materi yang akan disampaikan, jelaskan alasanna.
  6. Apa makna metodologi secara istilah ?
  7. Apa Definisi Metode Pembelajaran ?
  8. Apa pengertian tentang Belajar ?
  9. Bagaimana penerapan metode, model, tehnik dan strategi pembelajaran dilakukan ?

 
























13 comments:

  1. Nama : Meli Astuti
    Soal Mata Kuliah: Model-Model Pembelajaran
    Semester : IV (empat)
    1. Pendapat saya tentang belajar jarak jauh lewat blogger ditengah pandemi saat ini, suatu apresiasi yang bagus dan sangat setuju.karena,ini adalah suatu jalan atau usaha seorang Guru atau Dosen untuk tetap memberikan arahan atau pengajaran kepada siswa-siswanya /Mahasiswa melalui Blogger tersebut.Agar para mahasiswa tetap tidak ketinggalan dengan materi-materi kuliah atau pelajaran-pelajaran yang di jalankannya.
    3. Perbedaan:
     - pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung atau yang disebut dengan instructional effect. proses pembelajaran langsung oleh mata pelajaran tertentu, pengembangan sikap sebagai proses pengembangan moral dan perilaku dilakukan oleh seluruh mata pelajaran dan dalam setiap kegiatan yang terjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat.
     - Pembelajaran tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus.  Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap.
    6. Makna Metodologi secara istilah, Metodologi merupakan salah satu bagian terpenting dalam aktifitas belajar, pembelajaran, penelitian, dan berbagai aktifitas ilmiah lainnya. Metodologi adalah ilmu-ilmu/cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaranmenggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas yang sedang dikaji.
    7. Definisi metode pembelajaran (learning methods) adalah suatu proses penyampaian materi pendidikan kepada peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan teratur oleh tenaga pengajar atau guru.
    8. Belajar merupakan proses di mana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.

    ReplyDelete
  2. Nama : Rimah Hasanah
    Semester IV

    1. Selama beberapa waktu setelah pandemi belajar melalui Blogger sangatlah mudah dan membantu. Mudah karena tinggal mengakses internet saja dan membantu saat kita sedang betkegiatan yang lain dan tidak perlu di sisikan lagi kegiatannya.

    2. Perubahan pada saat ini jauhlah berbeda. Siswa lebih suka bermain dan cenderung cepat bosan dan dapat sangat mudah meninggalkan jam daring. Dan hasil dari pembelajaran pun tidak sesuai dengan apa di targetkan. Berbeda lagi jika siswa cepat tanggap ia akan sangat mudah menyelesaikan pekerjaan apalagi lewat internet.

    3. Perbedaannya, saat pembelajaran langsung kita secara langsung dapat bertemu, langsung menegur dan mengevaluasi tanpa adanya hambatan apapun. Bila secara tidak langsung, siswa mudah saja meninggalkan pelajaran yang ia sedang kerjakan dan kadang ia mengabaikan perintah/tugasnya.

    7. Metode pembelajaran adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik agar proses belajar-mengajar pada siswa tercapai sesuai dengan tujuan. Metode pembelajaran ini sangat penting di lakukan agar proses belajar mengajar tersebut nampak menyenangkan dan tidak membuat para siswa tersebut suntuk, dan juga para siswa tersebut dapat menangkap ilmu dari tenaga pendidik tersebut dengan mudah.

    8. Belajar ialah mencoba sesuatu yang baru ia ketahui, proses dalam suatu pancapaian yang ia kehendaki.

    ReplyDelete
  3. NAMA. : DANA ISKANDAR
    SEMESTER : IV (empat)
    DOSEN. : H.DODO ,SP.d ,i,MP.d

    JAWAB
    1.pembelajaran dengan jarah jauh selama covid 19 ini tidak merata semua mendapatkan bimbingan langsung karena di jaman sekarang ini manusia tidak semua nya mempunyai alat komunikasi seperti HP, LAPTOP , KOMPUTER,TV.DLL
    Pembelajaran dengan jarak jauh ini mudah di dapatkan sama orang yg punya (kaya)susah di dapatkan oleh orang yang tidak punya(miskin)

    2.Hasil belajar anak tidak semuanya merata dimna anak itu nilai nya kadang tinggi dan terkadang rendah

    3.Pembedaan.
    Mengajar langsung :kita bisa leluasa memberikan pembelajaran langsung dan bisa langsung tanya jawab dengan bertatap muka.dan

    Mengajar tidak langsung:kita kurang leluasa dalam menyampaikan materi pembelajaran dan kesusahan ketika materi yg susah untuk di pertanyakan.

    6. Metodologi adalah ilmu-ilmu/cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas yang sedang dikaji.

    7. Metode pembelajaran adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik agar proses belajar-mengajar pada siswa tercapai sesuai dengan tujuan.

    ReplyDelete
  4. Nama : Muhammad Abdul Muhi
    Semester : IV (empat)
    Dosen : Bpk. H . Dodo S.Pd.i,MM

    1- pendapat saya tentang belajar blog selama Pandemi Corona atau coronavirus disease 2019 (covid 19) memberikan banyak pelajaran berharga dalam setiap sendi kehidupan. Sebagian besar karyawan melaksanakan work from home (WFH) dan para siswa juga “memindahkan’ kegiatan belajar di rumah, secara online. Ini semua sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengurangi dampak penyebaran virus corona. Dan seperti yang telah ditetapkan, kegiatan belajar dari rumah
    Pemindahan kegiatan belajar dari kampus ke rumah ini, sebagai upaya untuk menjaga jarak sosial, Mau tak mau membuat para orang tua mempunyai peran yang baru, yakni sebagai guru dadakan. Itu artinya, para orang tua lah yang menjadi garda terdepan untuk membimbing proses kegiatan belajar hingga pandemi ini berakhir.
    Dengan segala keterbatasan yang ada, tidak mengherankan jika para orang tua menemui banyak kendala dalam pelaksanaannya. Tengok saja, hampir sebagian besar laman sosial media mengunggah suka dan duka para orang tua yang menjadi guru dadakan untuk membimbing anak-anaknya belajar di rumahnya masing-masing.
    Tidak hanya jeritan hati atau duka yang dirasakan orang tua yang menjadi guru dadakan di rumah, namun tidak sedikit juga yang bersuka hati menjadi guru dadakan membimbing anak-anaknya belajar di rumah dan proses belajar online; mengetahui perkembangan akademis yang baik dalam lingkungan rumah.
    Bagi orang tua yang biasanya menganggarkan katering untuk bekal sekolah anak, saat ini bisa menghemat anggaran untuk dialokasikan kepada kebutuhan lain nya.

    2-perbedaan pengalaman mengajar langsung dengan tidak langsung?
    mengajar langsung sesuai pengalaman saya
    ketika saya mengajar mentasfer ilmu kepada peserta didik dengan melihat gerakan dari tubuh saya suara dari mulut saya sehingga peserta didik bisa mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung karna berasal dari sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran yg di cerna secara langsung.
    dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis. atau yang disebut dengan instructional effect
    -adapun secara tidak langsung/via online :
    ketika mengajar berefek pada perilaku dan moral karna kegiatan ini tidak di rancang atau sesuai dengan silabus
    akhir nya ketika mengajar entah apa yang akan di cerna nya..
    sehingga segala sesuatu nya tidak begitu kita perhatiakan..
    sehingga pelajaran yang di sampaikan secara kongkrit akan terlihat abtrak dalam artian kurang efektif.

    3-Makna metodologi secara ilmiyyah : merupakan sebuah cara untuk mengetahui hasil dari sebuah permasalahan yang spesifik, dan menggunakan kriteria yang berbeda untuk memecahkan suatu masalah atau memberikan sebuah ide yang jelas tentang metode apa atau peneliti akan memproses dengan cara bagaimana di dalam penelitiannya agar dapat mencapai tujuan penelitian.

    4-definisi metode pemblajaran : adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik (guru) agar proses belajar-mengajar pada siswa/peserta didik tercapai sesuai dengan tujuan nya.
    -seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru juga segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar.

    5-pengertian tentang belajar:
    -adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon
    -suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya

    ReplyDelete
  5. Nama: Nanang
    Semester: IV (empat) Siang
    Mata Kuliah: Model-model Pembelajaran

    JAWABAN:

    1. Pertama Lebih efisien waktu, Mahasiswa/wi jadi lebih aktif dan berani bertanya atau memberikan gagasan.

    3. Mengajar langsung: Lebih leluasa dalam mentransfer ilmu, dan bisa dengan mudah mengaplikasikan metode pembelajaran sesuai RPP/SILABUS.
    Mengajar tidak langsung: Pertama Kuota Internet harus selalu ada, Harus menyesuaikan latar belakang peserta didik yg mampu atau tidak, dan dalam memberikan materi, dipastikan siswa/wi supaya bisa lebih aktif mencari sumber2 yang lain.

    6. Ilmu-ilmu atau Suatu cara yang digunakan untukperoleh kebenaran melalui penulusuaran/kajian2 untuk memperoleh suatu Ilmu.

    7. Suatu cara atau upaya yang dilakukan tenaga pendidik dalam proses belajar dan mengajar atau mentransfer ilmu.

    8. Belajar ialah, proses dimana yang tadinya tidak tahu menjadi tahu dalam hal menambah wawasan ilmu.



    ReplyDelete
  6. NAMA : NENG ELLY
    SEMESTER :4
    DOSEN. : H.DODO ,SP.d ,i,MP.d
    1. Menurut sudut pandang saya belajar jarak jauh lewat blogger selama covid-19 ini efektif untuk jenjang pendidikan SMA atau Perguruan Tinggi karna akses internet yang sekarang mudah dijangkau dan waktu pembelajaran yang cukup leluasa, namun kurang efektif untuk jenjang SD dan SMP dikarnakan penjelasan materi pembelajaran sulit dimengerti oleh murid karna terbiasa mendapat penjelasan secara tatap muka disertai contoh, ditambah lagi untuk usia pendidikan SD atau SMP diantaranya masih banyak yang belum memiliki gadget sehingga tidak mengikuti atau tertinggal pelajaran atau tugas.
    2.Proses pembelajaran langsung merupakan proses pendidikan di mana dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, siswa mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik dengan berinteraksi secara langsung dengan sumber belajar. Dalam pembelajaran langsung tersebut peserta didik melakukan kegiatan dalam bentuk kegiatan-kegiatan belajar seperti: mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, menganalisis, hingga mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis. Di dalam proses pembelajaran langsung akan dihasilkan pengetahuan (aspek kognitif) dan keterampilan langsung (psikomotor) atau yang disebut dengan instructional effect.
    Adapun pembelajaran tidak langsung merupakan proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap. Berbeda dengan pengetahuan tentang nilai dan sikap yang dilakukan dalam proses pembelajaran langsung oleh mata pelajaran tertentu, pengembangan sikap sebagai proses pengembangan moral dan perilaku dilakukan oleh seluruh mata pelajaran dan dalam setiap kegiatan yang terjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat.
    3. Memilih metode yang tepat dapat memudahkan anak didik menerima dan memahami materi yang diberikan karna anak didik seringkali merasa bosan karna harus mempelajari banyak bidang pelajaran, hendaknya guru membuat inovasi yang dapat mengubah suasana hati dan memudahkan mereka dalam menerima pelajaran, seperti memberi materi dengan diselipkan quiz atau permainan yang membuat mereka bersemangat.
    4. Metodologi secara istilah "ilmu pengetahuan tentang jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai tujuan"
    5. Definisi metode pembelajaran merupakan rentetan kegiatan terarah bagi guru yang menyebabkan timbulnya proses belajar pada murid-murid, atau ia adalah proses yang melaksanakannya yang sempurna menghasilkan proses belajar, atau ia adalah jalan yang dengannya pengajaran itu menjadi berkesan

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. NAMA : IYAN SOLAHUDIN
    SEMESTER : IV (EMPAT)
    DOSEN : H.DODO, S.PdI.,MM

    Jawaban
    1. Menurut saya tidak begitu sempurna ketika belajar lewat jarak jauh..karna sering tertinggal dan sering tidak terlalu fokus.
    5. Dalam proses pembelajaran, siswa hendaknya didorong untuk melakukan kegiatan yang dapat menumbuhkan proses kegiatan kreatif. Oleh karena itu metode pemberian tugas dapat dipergunakan untuk mendukung metodepembelajaran yang lain.
    6. Metodologi adalah ilmu-ilmu/cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas yang sedang dikaji.
    7. Metode pembelajaran adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik agar proses belajar-mengajar pada siswa tercapai sesuai dengan tujuan.
    8. Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Nama : Baniatus Sopiah
    Semester : IV (Empat)

    1. Metodologi adalah ilmu-ilmu/cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas yang sedang dikaji.

    2. Metode pembelajaran itu adalah cara-cara atau teknik penyajian bahan pelajaran yang akan digunakan oleh guru pada saat menyajikan bahan pelajaran, baik secara individual atau secara kelompok. Agar tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan, seseorang guru harus mengetahui berbagai macam metode.

    3. Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.

    4. Pembelajaran langsung adalah proses pendidikan di mana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung atau yang disebut dengan instructional effect.
    Sedangkan Pembelajaran tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap.

    5. Lingkungan fisik adalah lingkungan alam disekitar anak, yang meliputi jenis tumbuh-tumbuhan, keadaan tanah, rumah, jenis makanan, benda gas, benda cair, dan juga benda padat.
    Sedangkan, Lingkungan sosial ini meliputi bentuk hubungan antara manusia satu dengan lainnya, maka sering pula disebut lingkungan yang berujud manusia dan hubungannya dengan atau antar manusia di sekitar anak. Termasuk di dalamnya adalah: sikap atau tingkah laku antar manusia, tingkah laku ayah, ibu, anggota keluarga yang lain, tetangga, teman, dan lain-lainnya.

    ReplyDelete
  11. Nama : Vivi
    Semester : IV (Empat)

    1. Belajar jarak jauh melalui blogger selama Covid 19 ini sangat membantu, sehingga mahasiswa tidak tertinggal materi kuliah, dan tetap mendapatkan bahan materi mata kuliah.

    2. Pembelajaran secara langsung: proses pembelajaran dilakukan oleh guru, siswa mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotor dengan berinteraksi secara langsung dengan sumber belajar. Dan antara guru dan siswa bertemu atau bertatap muka.
    Pembelajaran tidak langsung : proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Antara guru dan siswa belajar melalui online.

    3. Memilih metode pembelajaran yang tepat akan memudahkan siswa untuk menerima materi yang disampaikan karena siswa akan mudah mengerti apa yang disampaikan oleh guru dan sesuai karakter siswa tersebut, sehingga dia mudah untuk memahaminya.

    4. Metode pembelajaran adalah suatu proses penyampaian materi pendidikan kepada peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan teratur oleh tenaga pengajar atau guru

    5. Belajar adalah perubahan yang relative permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat

    ReplyDelete
  12. Nama : Ruslan
    Smpt : IV
    Matkul : Model-Model Pembelajaran
    Dosen : H Dodo S.Pd. MM

    1). Belajar jarak jauh menurut saya pribadi itu kurang efektif bagi siswa, karna kenapa?
    1. Ada keterbatasan siswa dalam belajar karena materi yg ia pelajari tidak di bimbing langsung oleh guru sehingga pemahaman yg siswa serap kurang beitu masuk dalam keterbatasan otaknya.
    2. Kurangnya semangat karena tdak di ajarkan secara langsung oleh guru secara f to f sehingga banyan darpada siswa yg kurang serius dalam belajarnya.

    2). Perubahan yang diperoleh seseorang setelah melalui sesuatu proses belajar meliputi perubahan keseluruhan tingkah laku. Jika seseorang belajar sesuatu, sebagai hasilnya mereka akan mengalami perubahan tingkah laku secara menyeluruh dalam sikap, keterampilan, pengetahuan dan sebagainya.

    3). a.Proses pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung atau yang disebut dengan instructional effect.

    b.Pembelajaran tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus

    4). lingkungan fisik adalah benda mati, lingkungan biologi adalah makhluk hidup, sedangkan kata kunci lingkungan sosial adalah interaksi manusia. -Lingkungan merupakan tempat hidup dari makhluk hidup

    5). Metode apapun yang digunakan oleh pendidik atau guru dalam proses pembelajaran, yang perlu diperhatikan adalah akomodasi menyeluruh terhadap prinsip-prinsip KBM.
    1.Pertama, berpusat kepada anak didik.
    2.Kedua, belajar dengan melakukan.
    3.Ketiga, mengembangkan kemampuan sosial.
    4.Keempat, mengembangkan keingintahuan dan imajinasi.
    5.Kelima, mengembangkan kreatifitas dan ketrampilan memecahkan masalah.

    6). Metodologi adalah ilmu-ilmu/cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas yang sedang dikaji. Metodologi tersusun dari cara-cara yang terstruktur untuk memperoleh ilmu.

    7). Metode pembelajaran adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik agar proses belajar-mengajar pada siswa tercapai sesuai dengan tujuan.

    8). Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.

    9). Penerapan atau penggunaan metode pengajaran sangat bergantung pada tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. NAMA :SAHEPA HAKIKI
    SEMESTER :IV
    TARBIYAH PAI
    . 1.Ada kelebihan nya dan ada kerugian nya.
    kelebihan nya siswa dapat terhindar dari penyebara virus Covid 19, ( Mencegah penyebaran virus Covid 19).Semakin meluas.

    Kekurangan banyak siswa yang kurang serius dalam mengikuti kegiatan belajar jarak jauh seperti bermain game, makan , sambil rebahan, bahkan ada juga yang menggunakan rekaman dirinya sedang mengikuti pembelajaran tapi itu hanya rekanaman.

    3, Proses pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung atau yang disebut dengan instructional effect.
    Lebih enak menjelaskan kepada murid nya dan si siswa nya juga lebih cepat faham memahami pelajaran itu sendiri..
    Pembelajaran tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Contohnya belajar online lewat WA. Atau Classroom. Saya rasa agak sedikit ribet dan juga siswa nya gk mendengarkan materi secara serius. Sulit untuk memahami. Belum lagi gangguan sinyal yg kadang denger suara dosen yg lgi menerangkan tidak terdengar dengan jelas.. .
    Memberi siswa tugas gk seyakin si siswa nya faham. Tidak seperti mengajar langsung. Kita bebas menjelaskan dan membuat siswa menjadi faham atas materi yg kita kasih..

    5.dengan diskusi karna menurut saya diskusi lebih efektif untuk. Menjadi anak didik kita lebih siap untuk mengembangkan mental , asah otak, dan lain sebagainya yg mencakup agar siswa kita bukan hanya pintar tetapi pandai berbicara dalam artian mengeluarkan pendapat .. memanfaatkan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh siswa
    memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyalurkan kemampuannya masing-masing
    memperoleh umpan balik dari para siswa tentang apakah tujuan yang telah dirumuskan telah tercapai
    membantu para siswa balajar berpikir teoretis dan praktis lewat berbagai mata pelajaran dan kegiatan sekolah
    membantu para siswa belajar menilai kemampuan dan peranan diri sendiri maupun teman-temannya (orang lain)
    mengembangkan motivasi untuk belajar lebih lanjut

    7.adalh seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar.

    8.Belajar adalah dimana kita bekerja keras agar mendapat suatu wawasan dan ilmu yg dpt membuat kita menjadi pintar dan cerdas atau
    suatu kegiatan untuk memperkaya pengetahuan, dan melalu pengetahuan tersebut untuk mencapai kesuksesan

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...