- Hanya memilih 5 (lima) soal dari 9 soal yang tersedia.
- Supaya lebih mudah menjawab, gunakan laptop.
- Tulis jawabanya pada kolom komentar jangan lebih dari 4000 karakter.
- Menulis jawaban dengan redaksi yang sama atau copy paste akan dianulir.
- Waktu dari jam 13.00 s/d 14.00
Soal UAS Model Pembelajaran :
1.Bagaimana caranya agar mahasiswa sebagai peserta didik dapat mengembangkan pikiran dan wawasan tentang pandangan hidup yang luas.
2.Lebih luas manakah cakupan antara strategi Pembelajaran dengan metode pembelajaran, jelaskan!
3.Jelaskan apa yang dimaksud dengan Tehnik pembelajaran dan beri contohnya.
4.Berikan penjelasan bahwa pendidikan itu adalah merupakan suatu sistem!
5.Mengapa seorang guru perlu memahami dan menguasai RPP sebelum mengajar?
6.Kemukakan dan jelaskan upaya-upaya apa yang harus dilakukan oleh seorang guru agar dapat menerapkan tehnik pembelajaran dengan baik. Jelaskan dan beri contoh!
7.Jelaskan urgensi Standar kompetensi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar.
8.Bagaimana hubungan antara metode pembelajaran dengan strategi, model, dan teknik pembelajaran?
9.Pada dasarnya setiap peserta didik mempunyai potensi intelektual, kepribadian dan minat, pertanyaannya mengapa harus ikut pendidikan.
Nama : Eri Nur Indrawan
ReplyDeleteSemester : 4
Matkul : Model pembelajaran
Jawab :
1. A) Baca buku apapun baik fiksi maupun non fiksi.
Selain membaca koran, agar mendapat asupan pada otak kita
B) Berbagi apa yang di pelajari dengan orang lain.
Tidak ada ilmu yang berguna ketika kita hanya menggunakannya sendiri.
C) Bergaul dengan orang yang memiliki wawasan yang luas agar menjadi mengerti hal yang baru.
3. Teknik pembelajaran adalah langkah operasional atau implementatif dari strategi pembelajaran yang dipilih dalam mencapai tujuan belajar.
Contohnya : Teknik Ceramah.
Teknik Diskusi.
Teknik Tanya Jawab.
Teknik Penugasan.
Teknik Simulasi.
4. Pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan satu sama lain. Hal ini diakibatkan dari kurangnya kerjasama komponen pendidikan dan kelemahan manajemen serta dukungan dari pemerintah dan masyarakat masih sangat rendah.
5. Karena RPP akan membantu si pengajar dalam mengorganisasikan materi standar, serta mengantisipasi peserta didik dan masalah-masalah yang mungkin timbul dalam pembelajaran.
8.Hubungan tersebut sebagai terciptanya suatu perubahan dalam pembelajaran yang berkaitan dengan strategi, metode, dan teknik itu sendiri. Intinya perubahan dalam pembaharuan ini diharapkan dapat menuju lebih baik dalam membangun anak didik yang kritis dan kreatif.
Nama :Jafar Ridwan Alghazy
ReplyDeleteSoal :Model Pembelajaran
Semester : IV
1. Berfilsafat.. Dengan alat utamanya yaitu berfikir, kita sebagai peserta didik akan di bawa menuju lautan pemikiran dengan objek yang sangat luas, secara mendalam,radikal apalagi kalau hanya pandangan hidup..
Maka tentu kita akan mendapat pandangan yang luas di banding dengan orang2 yang acuh tak acuh..
3. teknik pembelajaran ialah sebuah cara atau taktik yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada para murid agar memeperoleh hasil yang maksimal.banyak tehnik yang bisa kita gunakan untuk proses pembelajaran seperti tehnik ceramah, tehnik diskusi, tehnik tanya jawab, penugasan dsb.
4. Pertama saya kemukakan apa itu sistem, sistem itu adalah kumpulan dari berbagi komponen seperti teori, materi,landasan dll yang di satukan memjadi satu untuk mencapai satu tujuan... Dengan begitu pendidikan sebagai sistem maksudnya adalah di dalam pendidikan terdapat berbagai landasan dan teori yang bisa di gunakan untuk mencapai tujuan pendidikan (berkembangnya potensi peserta didik)
5. Suatu usaha akan lebih maksimal di kala kita sudah memikirkan dan merencanakan terlebih dahulu.. Begitu pun mengajar,seorang guru akan lebih baik mengajar setelah menguasai dan memahami RPP, sehingga pengajaran akan terlihat rapi dan terstruktur dan yang penting adalah hasilnya akan lebih memuaskan..
Menurut saya ini adalah suatu yang harus di dahulukan (Taqaddum) dalam urutannya, dalam ilmu mantiq atau ada juga pada filsafat pendidikan islam ini di sebut "Taqaddum fi rutbah" jadi guru di haruskan menguasai A(RPP) terlebih dahulu, baru mulai mengerjakan yang B(mengajar).
9. Ya karena yang namanya potensi itu adalah suatu yang harus di latih dan di olah, begitupun intelektual pada diri seorang anak, di butuhkan pendidikan untuk mengembangkan potensi tersebut.. Lebih khusus lagi di butuhkan seorang guru yang mengarahkan peserta didik tersebut...
Nama : Muhamad Ramadhan
ReplyDeleteMata Kuliah : Model Pembelajaran
Semester : IV/4
Dosen : Pak Dodo
1. Cara mahasiswa untuk mengembangkan Pikiran dan Wawasan pandangan Hidup yg luas adalah dengan cara bersosialisasi antar masayarakat dan berorganisasi didalamnya, yg dimana mahasiswa dapat paham dan mengerti akan kondisi masyarakat dan itu semua bisa mengembangkan daya pandang dalam mengambil sebuah keputusan dikemudian hari,
Menjadi seorang mahasiswa tidak harus belajar dan belajar, tetapi yg terpenting adalah mahasiswa harus menjadi wakil dari masyarakat yg dikala masyarakat Tsb tidak bisa berbuat apa2.
2. Menurut saya pribadi,
Cakupan yg lebih luas adalah metode Pembelajaran dikarenakan metode pembelajaran menyajikan seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar.
Sedangkan strategi pembelajaran cakupannya lebih sempit yang hanya membahas cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik menerima danmemahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasainya hingga akhir kegiatan belajar mengajar.
3.menurut saya teknik pembelajaran itu adalah cara cara yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik, atau serangkaian cara, upaya dan siasat yang dilakukan oleh guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara optimal kepada para siswa. Misalnya penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif.
Contoh teknik dalam pembelajaran yaitu :
Teknik Ceramah
Teknik Diskusi
Teknik Tanya Jawab
Teknik Penugasan
Teknik Simulasi
Teknik Inquiry
Teknik Eksperimen
Teknik Karya Wisata
Teknik Tutorial
4. Menurut saya pribadi
Pendidikan Sebagai Suatu Sistem,
Fungsinya adalah untuk mengarahkan pada kegiatan sistematis. Dan Hal ini merupakan informasi tentang apa yang hendak dicapai oleh sistem pendidikan dengan urutan pelaksanaannya. Fungsinya ialah belajar. Diharapkan peserta didik mengalami proses perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan umum pendidikan.
Dan juga kenapa pendidikan disebut sebuah sistem karena proses pendidikan berlangsung melalui tahap berkesinambungan, dan sistemik, oleh karena itulah berlangsung dalam semua situasi kondisi disemua lingkungan yang saling mengisi ( lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat).
5. Menurut saya,
Seorang guru harus menguasai dan membuat RPP sebelum mengajar,di karenakan yang pertama, guru dapat mengidentifikasi berbagai keperluan untuk pencapaian tujuan pelajaran. Dan bagi guru pemula akan dapat sangat membantu dalam melatih diri dalam rangka mempersiapkan rencana pembelajaran yang maksimal sesuai dengan kurikulum. kemudian lebih melatih sikap kita untuk tegas dalam berfikir, serta Menghindari kelupaan dan kekhilafan agar masalah-masalah yang ada pada saat proses pembelajaran dapat dihindari dan di minimalisir sejak dini.
Nama : Yulia nurjannah
ReplyDelete3. Menurut Edward M. Anthony mendefinisikan tehnik adalah suatu cara strategi atau taktik yang digunakan oleh guru untuk mencapai hasil yang maksimum pada waktu mengajar pada bagian pelajaran tertentu. Teknik secara harfiah juga diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengaplikasikan dan mempraktikkan suatu metode.
Dengan kata lain Teknik merupakan suatu alat yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan bahan-bahan pengajaran yang telah dipilih untuk peserta didik. Teknik yang dipilih haruslah sesuai dengan pelajaran yang digunakan dan seirama dengan pendekatan yang digunakan.
dari macam-macam teknik pembelajaran.
Teknik Ceramah.
Teknik Diskusi.
Teknik Tanya Jawab.
Teknik Penugasan.
Teknik Simulasi.
Teknik Inquiry.
Teknik Eksperimen.
Teknik Karya Wisata.
4. Maksud dari pendidikan sebagai suatu sistem adalah pendidikan sendiri terdiri dari elemen-elemen atau unsur- unsur pendididkan yang dalam kegiatannya saling terkait secara fungsional, sehingga merupakan satu kesatuan yang terpadu dan diharapkan dapay mencapai tujuan.
5. Pembelajaran tanpa perencanaan cenderung mengalami kegagalan karena tidak memiliki acuan apa yang dilakukan dalam mencapai keberhasilan pembelajaran. Beberapa faktor yang membuat pendidik tidak membuat RPP diantaranya; karena tidak memahami hakekat RPP, prinsip penyusunan RPP, apa pentingnya RPP.
6.Dalam melaksanakan proses pembelajaran, seorang pembelajar
harus memilki sikap dan kemampuan :
A. Menguasai Kurikulum dan Perangkat Pembelajaran
Kurikulum merupakan pemandu dalam kegiatan pembelajaran,
pelaksanaan dan hasil yang akan dicapai. Tanpa berpegang pada
kurikulum proses pembelajaran akan menjadi tidak terarah dan
tidak tercapai tujuannya.
B. Penguasaan Materi Bidang Studi
Pembelajar atau seorang guru adalah tempat menimba ilmu
bagi para peserta didiknya. Sebagai seorang pembelajar ia tentu
harus dapat membantu perkembangan peserta didiknya agar dapat
memahami dan menguasai suatu ilmu pengetahuan.
C. Penguasaan Metode dan Tekhnik Penilaian.
Pembelajar atau seorang guru yang profesional harus memiliki
banyak keterampilan dalam mentransferkan pengetahuan kepada peserta didiknya. Metode, strategi dan teknik merupakan hal yang
paling utama harus dikuasai oleh pembelajar untuk mentransferkan
pengetahuan kepada anak didiknya.
8.Hubungan Antara Model, Pendekatan, Strategi, dan Teknik Pembelajaran
Apabila antara pendekatan, strategi, metode, teknik dan bahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran. Jadi, model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Berdasarkan uraian di atas, bahwa untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru dituntut dapat memahami dan memliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan, sebagaimana diisyaratkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Mencermati upaya reformasi pembelajaran yang sedang dikembangkan di Indonesia, para guru atau calon guru saat ini banyak ditawari dengan aneka pilihan model pembelajaran, yang kadang-kadang untuk kepentingan penelitian (penelitian akademik maupun penelitian tindakan) sangat sulit menermukan sumber-sumber literarturnya. Namun, jika para guru (calon guru) telah dapat memahami konsep atau teori dasar pembelajaran yang merujuk pada proses (beserta konsep dan teori) pembelajaran sebagaimana dikemukakan di atas, maka pada dasarnya guru pun dapat secara kreatif mencobakan dan mengembangkan model pembelajaran tersendiri yang khas, sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja masing-masing, sehingga pada gilirannya akan muncul model-model pembelajaran versi guru yang bersangkutan, yang tentunya semakin memperkaya khazanah model pembelajaran yang telah ada.
Nama : Budi Burhanudin
ReplyDeleteSemester : IV
Jurusan : PAI
Mata kuliah : Model-model Pembelajaran
1. Mahsiswa agar dapat mengembangkan pikiran & wawasan tentang pandangan hidup yg luas yaitu harus banyak membaca, menulis, menyimak, mendengar, merespon hal yg baru, memiliki tujuan hidup atau cita-cita, selalu berfikir positif, taat beribadah, selalu berdoa, menyempurnakan ihtiar dan sabar menjalani kehidupan ini.
4. Pendidikan itu merupakan suatu sistem yg telah di bangun untuk peserta didik baik formal maupun informal. Di Indonesia pendidikan diatur oleh pemerintah melaui UU,P Permen, Pergub, Peraturan Bupati/walikota dan di satuan pendidikan itu sendiri. Peraturan tersebut sebagau acuan sehingga terbentuklah sistem pendidikan ya ada di negara kita ini. Bahkan ada standar pendidikan ya tujuan untuk mengukur dengan parameter yg telah di buat ada SSN dan setandar internasional.
5. Seorang guru sebelum mengajar harus memahami RPP, karena RPP merupakan acuan tertulis yg harus di pahami oleh seorang guru mengenai teknik/metode penyampaikan ke siswa mengenai materi yg sesuai dengan Kopenti Inti (KI) dan tertuangan dalam Kompetensi Dasar (KD) yg berupa Kopentesi Pengetahuan, Praktek, Sikap Soal & Sikso Spiritual. Setelah itu di sampaikan ke siswa melalui tatap muka berupa, ceramah, bertanya, diskusi, praktek, sesui materi yg di sampaikan, di samping itu juga menumbuhkan nilai sikap peduli, toleransi, bekerja sama, dan juga evaluasi serta penilaian.
7. Pentingnya standar kooetensi yaitu untuk mengukur kemampuan peserta didik supaya mempunyai dasa saing nasinal dan internasional.
9. Manusia harus ikut pendidikan karena pendidikan merupakab fitrah manusia, manusia sebagai kholifah di buka bumi dan harus melestarikan alam semesta dengan pengetahuan.
Nama : Farhan naupal
ReplyDeleteSemester : IV
Matkul : Model Pembelajaran
JAWABAN :
1.A).Baca buku apapun baik fiksi maupun non fiksi setiap hari,
Kita bisa membaca buku fiksi ataupun buku pengetahuan apapun itu.
B). Terapkan apa yang Anda pelajari,
Belajar dengan melakukannya merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjadi lebih pintar.
C). Lakukan sesuatu yang Anda takuti,
Ketakutan yang menghambat kita harus kita hilangkan. Dan mengubahnya menjadi potensi baru di dalam diri kita.
3.Tehnik Pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau tehnik pembelajaran tertentu yang sufatnya individual.
Contoh : tehnik debat.
Tehnik simposium. Tehnik demonstrasi.
5.Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.
4.Istilah sistem berasal dari bahasa Yunani “systema”, yang berarti sehimpunan bagian atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupaka suatu keseluruhan. Sistem merupakan istilah yang memiliki makna sangat luas dan dapat digunakan sebagai sebutan yang melekat pada sesuatu.
8.Hububungan Anatar Metode pembelajaran dengan strategi, model, dan tehnik pembelajaran ialah di gambarkan sebagai suatu kesatuan kesatuan sistem yang bertitik tolak dari penentuan harga tujuan pembelajaran.
Nama :adang
ReplyDeleteMatkul : model pembelajaran
Semester : 4
Jawab :
5. Karena guru harus menjabarkan dan mengembangkan kompetensi dasar kedalam indikator pencapaian kompetensi serta tujuan pembelajaran.
No 4
Pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan satu sama lain. ... Hal ini diakibatkan dari kurangnya kerjasama komponen pendidikan dan kelemahan manajemen serta dukungan dari pemerintah dan masyarakat masih sangat rendah.
No 8
Hubungan antara strategi, tujuan, dan metode pembelajaran digambarkan sebagai suatu kesatuan sistem yang bertitik tolak dari penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan strategi pembelajaran, dan perumusan tujuan, yang kemudian diimplementasikan ke dalam berbagai metode dan teknik yang relevan selama proses pembelajaran
Nama : ambariah
ReplyDeleteSemester: 4
3.Teknik pembelajaran adalah serangkaian cara, upaya dan siasat yang dilakukan oleh guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara optimal kepada para siswa
macam-macam teknik pembelajaran
1)Teknik Ceramah
2)Teknik Diskusi
3)Teknik Tanya Jawab
4)Teknik Penugasan
5)Teknik Simulasi
6) Teknik Inquiry
7) Teknik Eksperimen
8) Teknik Karya Wisata
9) Teknik Tutorial
10) teknik Problem Solving
9. Adapun alasan mengapa kita harus mengikuti pendidikan
1) MENINGKATKAN KUALITAS CARA BERFIKIR Dengan berpendidikan otomatis wawasan, pengetahuan dan pendidikan kita bertambah. Dari tiga hal itulah sedikit banyak cara pikir kita akan dipengaruhi. Semakin banyak wawasan fositive, pengetahuan yang luas dan pengalaman yang banyak maka kualitas berfikir kita pun akan meningkat.
2) MENINGKATKAN STATUS SOSIAL meskipun kita dari kalangan menengah kebawah, kita akan tetap dihargai masyarakat ketika kita beperndidikan tinggi. Orang yang memiliki pendidikan cenderung dinilai lebih tinggi derajatnya karena identik cerdas dan pintar. Hal tersebutlah yang mampu meningkatkan status sosial dalam lingkungan masyarakat
3) MEMILIKI KEBANGGAAN SEBAGAI ORANG TERPELAJAR.
Jika anda ditanya lebih bangga mana miskin tapi terpelajar atau kay tapi berpendidikan rendah ? Jelas kita akan bangga jika terpredikat pribadi terpelajar. Karena pendidikan adalah sebuah barang mewah yang tidak semua orang berani memperjuangkannya. Bagi orang miskin menempuh pendidikan adalah sebuah keberanian sedangkan bagi orang kaya pendidikan bisa menjadikan tantangan untuk melawan kemalasan. Karena itu kita harus bangga menjunjung tinggi nilai pendidikan.
4)MENGEMBANGKAN KARIER. Dalam mencari pekerjaan, pendidikan adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan dan menjadi hal penting untuk mengetahui daya tawar kualitas diri kita. Secara tidak langsung, pendidikan dapat menentukan nasib karier seseorang. Semakin tinggi pendidikan maka semakin kita dipercaya dan daya tawar kita pun mengikuti.Beda halnya dengan orang yang berpendisikan rendah semua akan dipertanyakan peluang karier pun terbatas.
5). MAMPU BERSAING DALAM KOMPETISI GLOBAL. Pendidikan merupakan alat pertama dalam menghadapit kompetisi global. Dengan pendidikan kualitas diri akan meningkat Hal tersebut adalah penentu dalam persaingan. Sebabnya, orang yang berkompeten dalam segi intelektual dan skill biasanya akan memegang kendali pada zamannya
Nama: Ambariah
ReplyDeleteSemester:4
(Lanjutan di atas pa)
8. Apabila antara pendekatan, strategi, metode, teknik dan bahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran. Jadi, model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran
9. Adapun alasan mengapa kita harus mengikuti pendidikan
1). MENINGKATKAN KUALITAS CARA BERFIKIR. Dengan berpendidikan otomatis wawasan, pengetahuan dan pendidikan kita bertambah. Dari tiga hal itulah sedikit banyak cara pikir kita akan dipengaruhi. Semakin banyak wawasan fositive, pengetahuan yang luas dan pengalaman yang banyak maka kualitas berfikir kita pun akan meningkat.
2). MENINGKATKAN STATUS SOSIAL. Meskipun kita dari kalangan menengah kebawah, kita akan tetap dihargai masyarakat ketika kita beperndidikan tinggi. Orang yang memiliki pendidikan cenderung dinilai lebih tinggi derajatnya karena identik cerdas dan pintar. Hal tersebutlah yang mampu meningkatkan status sosial dalam lingkungan masyarakat.
3). MEMILIKI KEBANGGAAN SEBAGAI ORANG TERPELAJAR. Jika anda ditanya lebih bangga mana miskin tapi terpelajar atau kay tapi berpendidikan rendah ? Jelas kita akan bangga jika terpredikat pribadi terpelajar. Karena pendidikan adalah sebuah barang mewah yang tidak semua orang berani memperjuangkannya. Bagi orang miskin menempuh pendidikan adalah sebuah keberanian sedangkan bagi orang kaya pendidikan bisa menjadikan tantangan untuk melawan kemalasan. Karena itu kita harus bangga menjunjung tinggi nilai pendidikan.
4). MENGEMBANGKAN KARIER.
Dalam mencari pekerjaan, pendidikan adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan dan menjadi hal penting untuk mengetahui daya tawar kualitas diri kita. Secara tidak langsung, pendidikan dapat menentukan nasib karier seseorang. Semakin tinggi pendidikan maka semakin kita dipercaya dan daya tawar kita pun mengikuti.
Beda halnya dengan orang yang berpendisikan rendah semua akan dipertanyakan peluang karier pun terbatas.
5). MAMPU BERSAING DALAM KOMPETISI GLOBAL.
pendidikan merupakan alat pertama dalam menghadapit kompetisi global. Dengan pendidikan kualitas diri akan meningkay. Hal tersebut adalah penentu dalam persaingan. Sebabnya, orang yang berkompeten dalam segi intelektual dan skill biasanya akan memegang kendali pada zamannya.