Thursday, June 25, 2020

Soal UAS Psikologi Pendidikan 19/20 pagi


Tulislah identitasmu;
Nama                     : ...................
Soal Matakuliah       : Psikologi Pendidikan
Semester                : VI (enam)


Perintah;
  1. Hanya memilih 5 (lima) soal dari 18 soal yang tersedia.
  2. Supaya lebih muda menjawab, gunakan laptop
  3. Tulis jawabanya pada kolom komentar jangan lebih dari 4000 karakter.
  4. Menulis jawaban dengan redaksi yang sama atau copy paste akan dianulir.
  5. Waktu dari jam 09.00 s/d 10.00


Soal UAS Psikologi Pendidikan;
  1. Jelaskan pengertian dari psikologi belajar!
  2. Apa yang dimaksud dengan belajar dan aktivitas belajar?
  3. Apa perbedaan dari pengertian tingkah laku nyata dan tingkah laku tidak nyata? berikan contohnya.
  4. Apa yang dimaksud dengan rasa ingin belajar?
  5. Sebutkan 4 prinsip siswa utama dalam proses pembelajaran! Menurut pendapat dari seorang ahli psikologi.
  6. Mengapa motivasi instrinsik lebih utama dari pada ekstrinsik?
  7. Apa yang dimaksud dengan kunci teori belajar?
  8. Yang dimaksud dengan negatif belajar dan mengajar adalah....
  9. Apa yang dapat mempengaruhi hasil belajar?
  10. Jelaskan pendapat B.F Skiner tentang "Operant Conditioning" !
  11. Bagaimana cara pemanfaatan hasil belajar untuk mempertahankan ilmu pengetahuan yang diterima dari kebiasaan belajar?
  12. Sebutkan prinsip – prinsip belajar menurut Syaiful Sagala!
  13. Jelaskan pengertian motivasi belajar!
  14. Apa motivasi instrinsik?
  15. Apa motivasi ekstrinsik?
  16. Bagaimanakah guru yang berhasil mengajar muridnya?
  17. Mengapa hukuman badan oleh guru di zaman modern ini tidak boleh lagi dilakukan lagi? jelaskan alasana.
  18. Mengapa di dalam belajar, seorang siswa harus memerlukan konsentrasi?








12 comments:

  1. Nama : Amih
    Smester : VI

    STAI YAPERI CIBINONG

    1. Psikologi belajar merupakan ilmu pengetahuan yang berusaha mempelajari, menganalisis prinsip-prinsip perilaku manusia dalam proses belajar
    dan pembelajaran.

    2. Empat prinsip siswa utama dalam proses pembelajarn menurut Dimyati dan mudjiono yaitu :
    a. Perhatian dan motivasi

    Perhatian dalam proses pembelajaran itu sangat penting karena jika Tidak adanya perhatian tak mungkin terjadi belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila bahan pelajaran sesuai dengan kebutuhannya.
    Disamping perhatian, motivasi mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar. Motivasi adalah tenaga yang menggerakkan dan mengarahkan aktivitas seseorang.

    b. Keaktifan
    Kegiatan Belajar tidak bisa dipaksakan orang lain dan juga tidak bisa dilimpahkan kepada orang lain. Maka dari itu Belajar hanya mungkin tejadi apabila anak aktif mengalaminya sendiri. Jika anak tidak berinisiatif untuk memulai belajar makan tidak akan terjadi pembelajaran.

    c. Keterlibatan Langsung/Pengalaman
    Prinsip keterlibatan langsung merupakan hal yang penting dalam pembelajaran. Pembelajaran sebagai aktivitas mengajar dan belajar, maka guru harus terlibat langsung begitu juga peserta didik.

    d. Pengulangan
    Pengulangan dilakukan Untuk melatih daya-daya yang ada pada manusia seperti daya mengamat, menangkap, mengingat, menghayal, merasakan, berpikir dan sebagainya. Dengan mengadakan pengulangan maka daya-daya tersebut akan berkembang.

    3. Belajar dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:
    a. Faktor internal
    Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu dan dapat memengaruhi hasil belajar individu. Seperti
    •> Faktor psiologis
    •> faktor jasmani

    b. Faktor psikologis
    faktor psikologis adalah keadaan psikologis seseorang yang dapat mempengaruhi proses belajar. Seperti :
    •> Kecerdasan
    •> motivasi
    •> minat
    •> sikap
    •> bakat
    c. Faktor eksternal
    Seperti :
    •> lingkungan sosial
    •> lingkungan soaial masyarakat
    •> lingkungan sosial keluarga.

    4. Prinsip belajar menurut syariful sagala yaitu :
    a. Prinsip perkembangan, peserta didik yang sedang belajar di kelas berada dalam proses perkembangan, dan akan terus berkembang. Pembelajaran harus menyesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik.

    b. Prinsip perbedaan individu, setiap peserta didik memiliki cirri dan karakteristik yang berbeda-beda. Pembelajaran harus mempertimbangkan dan mengakomodasi setiap perbedaan karakteristik peserta didik.

    c.Prinsip minat dan kebutuhan, setiap peserta didik memiliki minat dan kebutuhan yang berbeda-beda. Pembelajaran harus memenuhi kebutuhan dan disesuaikan dengan minat peserta didik. Meskipun tidak dapat memenuhi minat dan kebutuhan secara total, tetapi sedapat mungkin mendekatinya.

    d. Prinsip motivasi, setiap perbuatan belajar pasti didorong oleh motif-motif tertentu. Pembelajaran harus dapat menumbuhkan dan memelihara motivasi peserta didiknya.

    5. Motivasi belajar adalah dorongan yang timbul dari dalam diri siswa (intrinsik) dan dari luar diri siswa (ekstrinsik) untuk melakukan sesuatu.

    ReplyDelete
  2. Nama : Evi Tapiani
    Semester : VI (enam)
    Matkul. : Psikologi Pendidikan

    1. Pengertian Psikologi belajar
    Psikologi belajar adalah ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip perilaku manusia dalam penerapannya bagi belajar dan pembelajaran. Bagaimana cara individu belajar atau melakukan pembelajaran.
    2. Apa yang dimaksud belajar dan aktivitas belajar?
    - belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.( Menurut James O withakker)
    Atau belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri seseorang mengenai hal-hal yang bermanfaat baginya melalui interaksi dengan lingkungan sekitarnya.

    - aktivitas belajar
    Adalah serangkaian kegiatan fisik atau jasmani maupun mental atau rohani yang saling berkaitan sehingga tercipta belajar yang optimal.

    3. Rasa ingin belajar adalah keinginan untuk mengetahui, menyelidiki, dan mencari pemahaman tentang sesuatu hal.
    4.prinsip-prinsip belajar menurut Syaiful Sagala
    a.perhatian dan motivasi
    b.keaktifan
    c.keterlibatan langsung
    d.pengulangan
    e.proses individual
    f.balikan penguatan
    5.motif intrinsik adalah motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak memerlukan rangsangan dari luar karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu.

    ReplyDelete
  3. Nama :Herlin Triana
    Semester :VI
    Soal matakuliah : Psikologi Pendidikan

    1.psikologi belajar adalah ilmu pengetahuan yg berusaha mempelajari,menganalisa prinsip-prinsip perilaku manusia dalam proses belajar dan pembelajaran.
    2.-Belajar adalah proses atau upaya yg dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan,keterampilan,sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yg telah dipelajari.
    -Aktivitas belajar adalah serangkaian kegiatan fisik atau jasmani maupun rohani yg saling berkaitan sehingga tercipta belajar yg optimal.
    3.Motivasi intrinsik adalah motif-motif yg menjadi aktif/berfungsinya tidak memetlukanra gsangan dari luar.
    4.Motivasi Ekstrisik adalahmotivasi yg datang dari luar/orang lain.
    5.Konsentrasi penting bagi siswa,karena dengan konsentrasi belajar yg baik dapat menghasilkan hasil belajar yg baik pula.Siswa yg memiliki konsentrasi dalam kegiatan belajar jg merupakan salah satu tanda bahwa siswa tersebut sedang aktif belajar.

    ReplyDelete
  4. Nama : Dina
    Semester : VI ( Enam )
    UAS Psikologi pendidikan ___
    STAI Yaperi Cibinong Bogor

    1. Apa yang dimaksud dengan belajar dan aktivitas belajar?
    Jawaban : " Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Aktivitas belajar adalah serangkaian kegiatan fisik, jasmani mental dan rohani yang saling berkaitan sehingga tercipta belajar yang optimal ".

    2. Apa perbedaan dari pengertian tingkah laku nyata dan tingkah laku tidak nyata? berikan contohnya. !
    Jawaban : " Tingkah laku yang nyata adalah proses yang dapat diamati (eksplisit; terbuka) Contoh tingkah laku nyata seperti berbicara, membaca, tertawa dan lain sebagainya;
    Tingkah laku yang tidak nyata merupakan proses yang tidak dapat diamati. Kecuali setelah berubah atau termanifestasikan dalam bentuk gejala, barulah proses itu dapat diamati. Contoh tingkah laku yang tidak nyata (implisit; tertutup) seperti berfikir, mengingat, merasakan, menghendaki dan lain sebagainya ".

    3. Mengapa motivasi instrinsik lebih utama dari pada ekstrinsik?
    Jawaban : " Menurut saya motivasi yang lebih penting adalah motivasi instrinsik atau motivasi yang berasal dari dalam diri individu Karena setiap individu mempunyai individual differences yang membedakan dirinya dengan orang lain. Individual differences ini meliputi kesenangan, tingkat kepuasan, kemampuan penyesuaian diri, tingkat emosi, kerentanan dan sebagainya. Selain itu, motivasi intrinsik jauh lebih sakti untuk bisa memunculkan sebuah perilaku tertentu. Kesaktiannya lantaran motivasi ini berasal dari dalam diri, sehingga mempunyai kecenderungan yang lebih kuat serta tahan lama. Berbeda dengan motivasi ekstrinsik, ketika sumber motivasi itu sudah hilang atau berkurang nilainya, maka perilaku yang diharapkan tidak akan muncul.
    “Orang-orang yang punya motivasi intrinsik adalah orang yang punya self awarenessyang baik. Jadi mereka memahami dirinya, memahami potensi, bakat yang dia punya. Dia juga mengerti ada tujuan-tujuan hidup ini. Akhirnya dia hidup untuk mengejar tujuan tersebut . Sedangkan seseorang yang bekerja berdasarkan stimulus dari luar akan dengan mudah kehilangan motivasi tersebut.

    4. Apa yang dapat mempengaruhi hasil belajar?
    Jawaban : Ada Faktor internal dan eksternal . tiga faktor yang menjadi faktor intern yaitu :
    1)    Faktor jasmaniah , yang dapat mempengaruhi belajar adalah faktor kesehatan dan cacat tubuh.
    2)    Faktor psikologis ,yang mempengaruhi belajar, faktor-faktor ini adalah : intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kesiapan.
    3)    Faktor kelelahan , ditinjau dari dua aspek yaitu kelelahan jasmani dan kelelahan rohani. Kelelahan jasmani terlihat dengan lemah lunglainya tubuh dan dilihat dengan adanya kelesuan dan kebosanan, sehingga minat dan dorongan untuk menghasilkan sesuatu hilang.
    Faktor ekstern ^
    1)    Faktor keluarga , Siswa yang belajar akan menerima pengaruh dari keluarga berupa: cara orangtua mendidik, relasi antara anggota keluarga, suasana rumah tangga dan keadaan ekonomi keluarga.
    2)    Faktor sekolah , Faktor sekolah yang mempengaruhi belajar mencakup metode mengajar , kurikulum, relasi guru dengan guru, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, pengajaran dan waktu sekolah, standar pelajaran, keadaan gedung, metode belajar, dan tugas rumah.
    3)    Faktor masyarakat , Faktor masyarakat yang mempengaruhi belajar yaitu berupa kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media, teman bergaul dan bentuk kehidupan masyarakat.

    5 . Sebutkan prinsip – prinsip belajar menurut Syaiful Sagala!
    Jawaban : " Menurut Syaiful Sagala prinsip-prinsip pembelajaran yaitu meliputi prinsip perkembangan , perbedaan individu, minat, kebutuhan, aktivitas dan motivasi ".

    ReplyDelete
  5. Nama:iis syafitri al-fadilah
    Semester:VI
    Matkul:psikologi pendidikan


    1. psikologi belajar adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mempelajari, menganalisis prinsip-prinsip perilaku manusia dalam proses belajar
    dan pembelajaran.
    #Psikologi belajar adalah ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip perilaku manusia dalam penerapannya bagi belajar dan pembelajaran

    13.Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai

    14.motivasi belajar adalah dorongan yang timbul dari dalam diri siswa (intrinsik)



    15.dan dari luar diri siswa (ekstrinsik) untuk melakukan sesuatu.

    Motivasi instrinsik meliputi hasrat dan keinginan untuk berhasil, dorongan kebutuhan untuk belajar, dan harapan akan cita-cita siswa.

    motivasi ekstrinsik yang meliputi adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, kegiatan belajar yang menarik, dan adanya upaya guru dalam membelajarkan siswa.

    12.menurut Syaiful Sagala prinsip-prinsip pembelajaran yaitu prinsip perkembangan, perbedaan individu, minat, kebutuhan, aktivitas dan motivasi.

    ReplyDelete
  6. Nama : Dendi Ramadhan
    Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan
    Semester : VI

    1. Pengertian Psikologi belajar adalah ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip perilaku manusia dalam penerapannya bagi belajar dan pembelajaran.

    7. Yang dimaksud kunci Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas.

    9. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar, yaitu :
    A. Faktor internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa.
    Yang termasuk kedalam faktor ini adalah:
    1) Faktor jasmani, yaitu meliputi:
    a) Faktor Kesehatan. Sehat berarti dalam keadaan baik segenap badan beserta bagian-bagiannya/bebas dari penyakit. Kesehatan adalah keadaan atau hal sehat. Kesehatan seseorang berpengaruh terhadap belajarnya. Proses belajar seseorang akan terganggu jika kesehatan seseorang terganggu, selain itu juga ia akan cepat lelah, kurang bersemangat.
    b) Cacat Tubuh. Yaitu sesuatu yang menyebabkan kurang baik atau kurang sempurna mengenai tubuh/badan.
    2) Faktor psikologis, yaitu meliputi intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kesiapan.
    a) Intelegensi adalah kecakapan yang terdiri dari tiga jenis yaitu kecakapan untuk menghadapai dan menyesuaikan kedalam situasi yang baru dengan cepat dan efektif, mengetahui/menggunakan konsep-konsep yang abstrak secara efektif, mengetahui relasi dan mempelajarinya dengan cepat.
    b) Perhatian adalah keaktifan jiwa yang dipertinggi, jiwa itu pun semata-mata tertuju kepada suatu obyek (benda/hal) atau sekumpulan objek.
    c) Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan.
    d) Bakat adalah kemampuan untuk belajar.
    e) Motif erat sekali hubungannya dengan tujuan yang ingin dicapai.
    f) Kematangan adalah suatu tingkat atau fase dalam pertumbuhan seseorang, dimana alat-alat tubuhnya sudah siap untuk melaksanakan kecakapan baru.
    g) Kesiapan adalah kesediaan untuk memberi response atau bereaksi.
    3) Faktor kelelahan, yang meliputi kelelahan jasmani dan kelelahan rohani.
    b. Faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa, yang termasuk kedalam faktor eksternal adalah:
    1) Faktor keluarga,
    2) Faktor sekolah, &
    3) Faktor Masyarakat.

    13. Yang dimaksud motivasi belajar yaitu keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang ingin dicapai oleh individu atau seorang pelajar itu dapat tercapai.

    15. Yang dimaksud motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang timbul akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena ajakan, suruhan atau paksaan dari orang lain sehingga dengan keadaan demikian seseorang mau melakukan sesuatu.

    Jazakallah khairan Pak. H. Dodo, sehat selalu Pak, semoga bahagia dunia & akhirat😊

    ReplyDelete
  7. Nama: ABDUL MAJID
    SEMESTER:6 (enam)
    Mata kuliah:psikologi pendidikan


    Jawaban
    1. Yang dapat mempengaruhi hasil belajar diantaranya:
    -gurunya yg bisa memperhatikan murid dengan baik
    -siswanya yang bener2 pengen mencari ilmu
    -kedisiplinan guru dan murid
    -kesehatan jasmani dan rohaninya

    2. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri seseorang yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arahan pada kegiatan belajar sehingga subyek belajar itu dapat dicapai.

    3. Motivasi instrinsik yaitu motif-motif yang aktif atau fungsinya tidak memerlukan rangsangan dari luar.
    4. Motivasi ekstrinsik yaitu motivasi yang memerlukan rangsangan dari luar atau yang datang dari luar atau datang dari orang lain.
    5. Dengan konsentrasi dalam kegiatan belajar mengajar dapat menghasilkan sesuatu tujuan yang baik atau mendapatkan hasil yang baik dalam setiap belajar tersebut.

    ReplyDelete
  8. Nama:iis syafitri al-fadilah
    Semester:VI
    Matkul:psikologi pendidikan


    1. psikologi belajar adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mempelajari, menganalisis prinsip-prinsip perilaku manusia dalam proses belajar
    dan pembelajaran.
    #Psikologi belajar adalah ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip perilaku manusia dalam penerapannya bagi belajar dan pembelajaran

    13.Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai

    14.motivasi belajar adalah dorongan yang timbul dari dalam diri siswa (intrinsik)



    15.dan dari luar diri siswa (ekstrinsik) untuk melakukan sesuatu.

    Motivasi instrinsik meliputi hasrat dan keinginan untuk berhasil, dorongan kebutuhan untuk belajar, dan harapan akan cita-cita siswa.

    motivasi ekstrinsik yang meliputi adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, kegiatan belajar yang menarik, dan adanya upaya guru dalam membelajarkan siswa.

    12.menurut Syaiful Sagala prinsip-prinsip pembelajaran yaitu prinsip perkembangan, perbedaan individu, minat, kebutuhan, aktivitas dan motivasi.

    ReplyDelete
  9. Nama:iis syafitri al-fadilah
    Semester:VI
    Matkul:psikologi pendidikan


    1. psikologi belajar adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mempelajari, menganalisis prinsip-prinsip perilaku manusia dalam proses belajar
    dan pembelajaran.
    #Psikologi belajar adalah ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip perilaku manusia dalam penerapannya bagi belajar dan pembelajaran

    13.Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai

    14.motivasi belajar adalah dorongan yang timbul dari dalam diri siswa (intrinsik)



    15.dan dari luar diri siswa (ekstrinsik) untuk melakukan sesuatu.

    Motivasi instrinsik meliputi hasrat dan keinginan untuk berhasil, dorongan kebutuhan untuk belajar, dan harapan akan cita-cita siswa.

    motivasi ekstrinsik yang meliputi adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, kegiatan belajar yang menarik, dan adanya upaya guru dalam membelajarkan siswa.

    12.menurut Syaiful Sagala prinsip-prinsip pembelajaran yaitu prinsip perkembangan, perbedaan individu, minat, kebutuhan, aktivitas dan motivasi.

    ReplyDelete
  10. Nama : ani fitriani
    Semester :6 (enam )


    1.Psikologi belajar adalah ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip perilaku manusia dalam penerapannya bagi beajar dan pembelajaran

    2.-Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
    -aktifitas belajar adalah rangkaian kegiatan fisik atau jasmani maupun mental atau rohani yang saling berkaitan sehingga tercipta belajar yang optimal. Dalam aktivitas belajar ini peserta didik haruslah aktif mendominasi dalam mengikuti proses belajar mengajar sehingga mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.

    3.tingkah laku nyata :Berupa tingkah laku atau perilaku yang bisa diamati secara langsung dan diobservasi dengan indera manusia. Perilaku terbuka adalah respon yang ditunjukkan seseorang terhadap rangsangan dalam bentuk tindakan nyata berupa tindakan atau praktek,contohnya : tertawa, berjalan, berlari dan lain – lain.
    -tingkah laku tidak nyata yaitu :bahwa perilaku tersebut tidak dapat ditangkap melalui indera manusia melainkan harus menggunakan alat pengukuran tertentu misalnya melalui psikotes.
    Contohnya proses berpikir berkhayal, ide – ide atau kreativitas yang sedang dipikirkan.

    4.Rasa ingin belajar yaitu berupa rasa ingin tahu sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yang dipelajarinya, dilihat dan didengar.

    5.konsep belajar berupa:
    -Perhatian dan Motivasi.
    -keterlibatan Langsung/Pengalaman.
    -Pengulangan.
    -perbedaan individu
    Prinsip-prinsip belajar Menurut Ratna Wilis Dahar yaitu :prinsip-prinsip belajar hendaknya dijadikan pegangan guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat optimal. Maka dari itu salah satu prinsip dalam teori belajar ialah konsekuensi perilaku akan lebih mempengaruhi perilaku dari pada konsekuensi yang lambat datangnya.


    ReplyDelete
  11. Nama : Ima Rahmawati
    Semester : VI
    Matkul : Psikologi Pendidikan
    Pertemuan : UAS

    1.)psikologi pendidikan adalah penerapan teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan, belajar, motivasi, pengajaran dan permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan.
    - ilmu mengenai kehidupan mental
    - ilmu mengenai pikiran
    - ilmu mengenai tingkah Laku manusia

    2.) => belajar itu secara sederhana sebagai aktivitas yang dilakukan individu secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari apa yang telah dipelajari dan sebagai hasil dari interaksinya dengan lingkungan sekitarnya.

    =>Aktifitas Belajar dapat dipahami sebagai serangkaian kegiatan jiwa raga, psikofisik, menuju ke perkembangan pribadi individu seutuhnya, yang menyangkut unsur cipta (kognitif), rasa (afektif), dan karsa (psikomotor).

    3.) maksud Rasa ingin Belajar rasa ingin mengetahui tentang ilmu pengetahuan yg akan di Pelajarinya.

    4.) Menurut Sadirman: Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai.

    5.) Syaiful Bahri (2002:115) motivasi intrinsik yaitu motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak memerlukan rangsangan dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu.

    ReplyDelete
  12. Nama : Hani Hanifah
    Semester : VI

    4. Apa yang dimaksud dengan rasa ingin belajar?
    10. Jelaskan pendapat B.F Skiner tentang "Operant Conditioning" !
    11. Bagaimana cara pemanfaatan hasil belajar untuk mempertahankan ilmu pengetahuan yang diterima dari kebiasaan belajar?
    16. Bagaimanakah guru yang berhasil mengajar muridnya?
    18. Mengapa di dalam belajar, seorang siswa harus memerlukan konsentrasi?
    Jawaban!
    4. Rasa ingin belajar ialah rasa yang ingin banget mendapatkan ilmu dari guru, ingin bisa sesuatu memcahkan masalah dengan ada nya rasa belajar
    10. Operant Conditioning adalah teori yang dikembangkan oleh B.F Skinner. bahwa perilaku bukanlah sekedarrespon terhadap sesuatu, tetapi sesuatu tindakan disengaja. Jadi perilakuataupun sifat bisa di ubah dengan di bantu oranglain atau dengan sendirinya.
    11. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dari hasil belajar dengan adanya kita belar rasa ingin tahu rasa penasaran terhadap ilmu, rasa iri terhadap orang yg pintar dengan begitu kita bisa mengembangkan ilmu pengetahuan yang kita dapat
    16. Seorang guru bila siswa nya tidak berhasil kepada tahap yg diinginkan ada rasa kecewa,sedih, tapi bila pantang menyerah,murid tersebut mau menerima pelajaran yg ada keberhasilan akan datang pada anak tersebut karena sudah belajar terus menerus.
    18. Supaya menangkap pelajaran dan memahami pelajaran yg diajarkan oleh guru, ketika siswa tidak berkonsentrasi maka pelajaran yg di ajarkan tdk akan dipahami.

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...