Soal UAS Psikologi Pendidikan TA 2018/2019
Tulislah identitasmu;
Nama : ........................
Soal Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan
Semester : IV
Perintah;
- Supaya lebih mudah melakukan penulisan, gunakan bagi yang punya laptop atau sejenisnya.
- Buka Web. www.karyailmu-dodo.blogspot.com
- cari soal UAS Model Pembelajaran Tahun Akakademik 2018/2019
- Pilih satu judul artikel Psikologi Pendidikan
- Tulis artikelnya pada kolom komentar, jika sudah selesai klik publish.
- Menulis artikel dengan redaksi yang sama antar sesama teman atau copy paste langsung akan dianulir.
- jangan lupa mengisi absen.
Artikel Psikologi Pendidikan dalam bentuk deskripsi dengan memilih salah satu judul dibawah ini minimal 500 kata;
1. Pendidikan Ayah
2. Perasaan sebagai Pendidik
3. Perilaku Aku
4. Mengajar Efisien
5. Daya Ingat Muridku
Catatan membuat naskah deskripsi;
a. Kriteria deskripsi berisi identififikasi, klasifikasi dan bagian inti deskripsi.
b. Naskah Deskripsi agar memilih salah satu dari jenis deskripsi, yaitu;
Deskripsi Subyektif atau Deskripsi Spacial dan atau Deskripsi Obyektif.
c. Buka posting deskripsi
Nama : Dendi Ramadhan
ReplyDeleteNomor absen : 1718.1.012
Mata kuliah : Psikologi pendidikan
Semester : IV
Perasaan sebagai pendidik
Perasaan (feeling) mempunyai dua arti yaitu : secara fisiologis perasaan berarti pengindraan, merupakan salah satu fungsi tubuh untuk mengadakan kontak dengan dunia luar.
Secara psikologis, perasaan berarti menilai, yaitu penilaian terhadap sesuatu hal.
Memiliki ilmu adalah hak setiap manusia. Oleh sebab itu, bagi saya pribadi adalah sebuah kewajiban untuk membagikan apa yang telah saya pelajari.
Rasa cinta terhadap seluruh peserta didiknya merupakan hal yang amat penting dan dianggap sebagai alat utama dalam pendidikan. Hal yang menjadi tragis ketika para pendidik senantiasa disibukkan dan dituntut untuk menguasai bahan ajar atau mengembangkan metode dan teknologi pembelajaran tertentu, tetapi mereka justru melupakan pentingnya rasa cinta terhadap peserta didik. Penguasaan bahan ajar dan metode dan teknologi pembelajaran oleh guru memang penting, tetapi jika proses pendidikan harus melupakan aspek cinta sebagai alat utamanya maka pendidikan akan terasa menjadi kering dan kehilangan ruhnya.
Disinilah pentingnya pendidik untuk dapat mengembangkan rasa cintanya secara konstruktif dalam berhubungan dengan siswanya, yang diwujudkan dalam bentuk rasa empati, memperhatikan kebahagiaan, kesejahteraan dan perkembangan dari para peserta didiknya, melakukan berbagai upaya dan turut membantu para peserta didiknya untuk mendapatkan kebahagiaan, kesejahteraan, dan kemajuan.
Melaui proses pendidikan yang didasari rasa cinta, pada gilirannya selain dapat mengantarkan seseorang memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang tinggi, meraih kedudukan yang terhormat dan kekayaan yang melimpah, juga diharapkan dapat membelajarkan kepada peserta didiknya untuk mengenal dan memiliki rasa cinta, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi sosok -manusia yang penuh kecintaan, baik terhadap dirinya, sesamanya dan Tuhannya.
Nama: Siti Rohimah
ReplyDeleteNo Absen: 24
Soal Mata Kuliah: psikologi pendidikan
Semester: IV
Daya ingat muridku
Subjektif
Daya ingat yang baik merupakan kebutuhan setiap siswa untuk belajar optimal. Ini karena hasil belajar siswa di sekolah diukur berdasarkan penguasaan siswa atas materi pelajaran, yang prosesnya tidak terlepas dari kegiatan mengingat (kemampuan menggunakan daya ingat).
Namun, tidak setiap siswa memiliki daya ingat yang baik. Dalam setiap kelas, misalnya, pasti ada siswa yang memiliki daya ingat baik dan ada pula yang memiliki daya ingat buruk. Di kelas Saya mengajar ada juga siswa yang daya ingatnya burut, dia selalu meminta temannya untuk menjelaskan atau pun mengingatkannya. Adapula yang memiliki daya ingat baik, dia selalu menjawab dengan benar dan tepat, dan dia selalu mengingat apa yang telah guru sampaikan, sampai hal kecil yang membuatnya lucu pun dia ingat untuk tertawa bersama teman-temannya.
Daya ingat pada seorang anak dapat ditingkatkan dengan berbagai faktor. Salah satunya dengan meningkatkan pembelajaran yang efetif. Pembelajaran efektif mencakup beberapa faktor, yaitu (1) frekuensi, (2) ketekunan, (3) latihan silang, (4) adaptasi, (5) motivasi dan perhatian.Pertama, kerja saraf perlu dibangun kuat oleh pengulangan dan eksplorasi belajar. Kedua, belajar membutuhkan latihan keras. Ketiga, Untuk membangun memori yang baik, dibutuhkan jaringan yang kuat yang saling berhubungan satu sama lain. Keempat, Guru perlu mengawasi perkembangan siswa dan menyesuaikan situasi mengajar/belajar dengan kebutuhan masing-masing siswa. Kelima, kedua faktor inilah yang membuat siswa tetap tertarik untuk belajar.
Nama :Hani Hanifah
ReplyDeleteNo Absen : 10
Semester 4
"Pendidikan ayah"
“Satu ayah lebih berharga dari 100 guru di sekolah” – George Herbert
Ada sebuah kisah, tentang seorang ayah yang sudah terpisah lama dengan anaknya. Karena suatu hal, sang anak lari dari rumah dan sang ayah mencarinya selama berbulan-bulan tanpa hasil. Akhirnya munculah ide dari sang ayah, untuk memasang iklan di koran, surat kabar yang paling besar dan terkenal di ibukota.
Bunyi iklan tersebut “Pato sayang, temui aku di depan kantor surat kabar ini, jam 12 siang hari sabtu ini. Semua sudah aku ampuni, aku mengasihimu nak”. Lalu hari yang di tunggu tiba, ternyata ada 800 orang bernama Pato berkumpul mencari pengampunan dari seorang ayah yang sangat mengasihi.
Data dari statistik mengatakan bahwa orang yang bertumbuh tanpa kasih sayang seorang ayah akan tumbuh dengan kelainan perilaku, kecenderungan bunuh diri dan menjadi kriminal yang kejam. Sekitar 70% para penghuni penjara dengan hukuman seumur hidup adalah orang yang bertumbuh tanpa ayah atau tanpa kedekatan emosional dari ayahnya.
Ada 2 hal penting rahasia sukses dari seorang ayah yang bisa diturunkan kepada anaknya. Apa itu?
1. Pelajaran Untuk Survival
Dari ayah kita akan belajar mengenai pelajaran yang sangat kompleks tentang bertahan hidup. Kenapa kompleks, sebab banyak hal yang perlu di “jaga” kestabilannya dalam hidup. Dalam keluarga, bagaimana ayah berperan dalam keluarga, memperlakukan ibu kita, yang kelak akan kita contoh dan duplikasi kepada pasangan kita.
2. Masalah Karir
Ingat yang point pertama, secara mendasar kita belajar survival dan dalam urusan bekerja seorang ayah adalah “mesin pencetak uang”. Relasi yang baik antara ayah dan anak akan sangat membantu sang anak untuk menuai sukses dikemudian hari saat dia memasuki dunia kerja.
hubungan dan relasinya hancur dengan sang ayah sejak lama, kemudian dengan segala kerendahan hatinya memulai hubungan yang baru dan saling memaafkan maka rejekinya juga berubah.
figur seorang ayah dan mencari perhatian ayahnya dengan melakukan apa yang kita sebut “kenakalan”.
“Kulakukan ini semua untuk keluarga” adalah jawaban klasik yang muncul di mulut kebanyakan ayah. “Saya bekerja untuk siapa kalau bukan untuk keluarga” tetapi yang sering terjadi adalah keluarga menjadi korban.
Maunya yang terbaik buat keluarga tetapi keluarga jadi korbannya kelak dan di masa tuanya terjadi kebingungan, mengapa keluarga amburadul semua, “Salah dimana?” Ya tentunya anda sekalian tahu dimana letak salahnya, bukan.
Seorang manusia, akan mempunyai kehidupan yang maksimal jika “dia diampuni dan mau mengampuni”. Ini adalah dasarnya. Bagi anda seorang ayah, maukah anda mengampuni anak dan minta maaf kepada anak untuk kebaikannya kelak dikehidupan masa depan? Dan anda sendiri sebagai ayah akan menjadi ayah yang sangat maksimal bagi keluarga dan lingkungan sekitar anda.
Nama : SITI RODIAH
ReplyDeleteNo Absen : 25
Semester : IV STAI YAPERI CIBINONG
PENDIDIKAN AYAH
Ayahku namanya Kusmawan lahir di Garut pada tanggal 21 juni 1959,Pekerjaan ayah wiraswasta, Ayahku memiliki putri empat termasuk aku putrinya yang ke empat atau aku anak bungsu dari empat bersaudara, Ayah seorang yang keras, tegas namun sangat penyayang terhadap putri-putrinya, walaupun kami adalah keluarga yang sederhana namun kami hidup bahagia.
Dari kecil ayah menanamkan pendidikan kepada putri-putrinya nilai agama yang kuat terlebih kami berada di lingkungan agamis dekat dengan
pesantren dan kamipun mengikuti kajian-kajian baik Al-Qur'an maupun kitab-kitab,dan dari kecil saya sering diajak ke ta'lim-ta'lim karena ayahpun sebagai ustadz dan guru ngaji, masih terbayang sampai sekarang bagaimana ayah menggendong ku saat kecil karena aku sudah tidur dari rumah sedangkan ayah,ibu dan kakakku semua berangkat ke mesjid, kemudian aku di tidurin di sampingnya saat beliau mengajar kalau ingat kenangan itu, saya pun paham ayah adalah orang yang hebat yang ingin mengajarkan saya dan putri-putrinya tentang begitu pentingnya nilai agama.
Saat saya mulai SD ayah sudah memberikan kedisiplinan mulai pagi sekolah pulang sekolah istirahat sebentar, ba'da dzuhur sudah harus siap-siap sekolah agama sampai asar, ba'da asar ayah baru membolehkan saya untuk main, ba'da magrib ngaji lagi sampai isya.
Begitupun ketika saya beranjak remaja semakin disiplin lagi ayah mendidik saya dengan tidak memperbolehkan saya untuk keluar dengan kegiatan yang tidak ada manfaatnya tetapi memberikan kebebasan kepada saya untuk aktif, baik di mesjid,aktif di sekolah untuk kegiatan-kegiatan yang memang bermanfaat.
Dulu ketika remaja saya merasa hak kebebasa terenggut karena tidak dapat main dengan teman-teman atau bahkan ketika malam takbiran saya berada di mesjid pun ayah menengoknya takut putrinya tidak ada di mesjid, Sesuatu banget kalau saya dapat ambil dari bahasanya syahrini, namun ketika hari ini melihat pergaulan bebas di kalangan remaja baru saya teringat ayah, pendidikan yang beliau tanamkan untuk saya mengajarkan dan menjadikan siapa diri saya sekarang.
Pendidikan Ayah di masa saya kecil dengan pendidikan agama telah menjadi saya tidak terlepas dari syariat agama dan bekal saya untuk mendidik putri-putri saya juga sekarang.
Terima kasih ayah, semoga amal baikmu Alloh balas dengan pahala yang berlipat ganda, Alloh hapuskan dosa-dosanya, di luaskan dalam quburnya dan dimasukan ke dalam golongan yang sholeh...Aamiin
Nama : Amih
ReplyDeleteSmester IV
No Absen 2
STAI YAPERI CIBINONG
Ayah saya bernama Amin, saya anak ke 2 dari 3 bersaudara, ayah saya seorang buruh yang bekerja di bengkel. Semenjak ibu saya meninggal ayah saya menjadi orang tua tunggal di keluarga saya. walaupun dia orang tua tunggal dia tidak pernah mengeluh bahkan selalu tegar mengjalani hidupnya menghidupi ke 3 anaknya. Ayah saya orangnya tegas apalagi menyangkut soal agama dan pendidikan walaupun dia tidak tamat sekolah dasar hanya sampai kelas 3 SD saja tetapi tekad menyekolahkan anaknya sangat tinggi walaupun keadaan ekonomi keluarga pun bisa di bilang pas pasan dan bahkan kurang mampu.
Karna ayah saya selalu memegang teguh prinsip " carilah ilmu dari buayan sampai ke liang lahat " , karna menurut dia sesulit apapun keadaan seseorang jika menyangkut dengan ilmu pasti akan di mudahkan segala urusannya.
Mencakup dengan agama dan pendidikan, ayah saya menyekolahkan anak anaknya di sekolah yang kental dengan keislaman. Mulai dari pendidikan dasar kita anak anaknya di sekolahkan di 2 tempai yakni pagi SD (SEKOLAH DASAR ) dan siang MD (MADRASAH DINIYAH) yang bahkan sampai tingkat menengah pendidikan anaknya tidak lepas dari sekolah yang kental dengan agama agama.
Dan ini adalah salah satu alasan saya mengapa saya kuliah memilih jurusan PAI karena saya ingin menjadi guru agama seperti ayah saya walaupun ayah saya bukan guru bagi murid murid nya tapi ayah saya guru dari anak anaknya yang selalu mengajarkan agama kepada anak anaknya dan selalu menjadi teladan dan panutan bagi anak anaknya.
Dan sekarang ayah saya sudah berhasil menyekolahkan anaknya sampai jenjang perguruan tinggi walaupun dulu sering di ejek " anak perempuan buat apa sekolah tinggi tinggi ujung ujungnya ke dapur juga ". tapi omongan seperti itu di tepis karena orang seperti itu adalah orang orang yang berpikir terlalu dangkal, dan sekarang ayah saya banyak di contoh karena kerja kerasnya menyekolahkan anak sampai jenjang yang tinggi. Alhamdulillah......
Nama: ABDUL MAJID
ReplyDeleteNo absen: 1718.1.011
Semester: Iv
Mata kuliah: fsikologi pendidikan
Jawaban
Perasaan seseorang pendidik
Saya ambil dari dua sisi dari seorang pendidik
1.mungkin bangga iya karna menjadi seorang pendidik beda hal dengan seorang pengajar, seorang pendidik bisa merubah seorang anak atau siswa kearah yang mungkin orang tua yang menitipkan kepada seorang yang dulu bandel,susah di atur, males"melawan kepada orang tua, kk nya atau bisa juga nenek, naah ketika seorang anak atau siswa tersebut masuk kedalam ranah kita atau pendidik, si anak itu menjadi baik,sopan santun, tidak melawan sama orang tuanya, dari situ ada kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai pendidik, karena telah berhasil mendidik anak atau siswa tersebut, beda dengan pengajar, seorang pengajar cuman menyapaai apa yang apa yang seharusnya dia sampai tidak menekan kepada anak atau siswa tersebut bisa berubah atau bisa menjadi orang baik. Itu dari segitu positif nya menjadi seorang pendidik
2. Mungkin sangat tidak enak, karena kita berusaha merubah seorang karakter sikap sifat anak kearah yang baik, bisa di bilang sangat berat karena tidak semua anak bisa mengikuti alur kita sebagai pendidik. Itu dari segi negatif nya atau jelek nya.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteNama : Nuryadi Sopyan
ReplyDeleteNomor absen :18
Soal Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan
Semester : IV
Pendidikan ayah
Assalamu'alaikum
Pendidikan seorang ayah, ayah adalah seorang guru & cerminan bagi setiap anakannya, kenapa saya berkata demikian, karena sejatinnya seorang anak pasti melihat dan mempelajari apa yang di lakukan ayahnnya, maka dari itu ayah adalah seorang guru bagi setiap anaknnya.
Pendidikan ayah sangat penting bagi saya karena setiap anak butuh seorang figur dan itu adalah ayahnnya, dan kenapa saya bilang pendidikan ayah itu penting, kebetulan ayah saya sudah meninggal dan saya tau betul bagaimana rasannya seorang anak tanpa figur pendidik seorang ayah.
Bagi saya Ayah (saya) adalah ayah yang paling luar biasa, satu hal yang paling menempel tentang ayah saya di dalam otak saya adalah bahwa selama kita masih bisa berguna bagi orang lain maka lakukan lah.
Beliau(ayah) yang juga mengajarkan kepada saya apa itu ikhlas dan tetap mencoba tersenyum dalam keadaan seperti apapun,intinnya jika ada orang yang bertannya siapa guru saya yang paling berpengaruh dalam kehidupan saya(meski semua guru berpengaruh) jawabannya adalah ayah.
Ayah saya meninggal pada saat saya kelas 5SD, seperti anak laki laki yang kehilangan super hero nya, ya saat itu saya kehilangan seorang figur yang paling saya hormati, meski pada awal nya kehidupan saya sedikit goyah karena kehilangan sosok ayah, saya menjadi seorang yang membangkang, malas malasan, keras kepala, tapi figur beliau, ingatan ingatan tentang beliau lah yang membuat saya bangkit, beliau(ayah) adalah seorang pendidik yang luar biasa, karena beliau(ayah) masih bisa mendidik saya meski jasad nya sudah tidak ada di dunia.
Bagaimana cara beliau berbahasa, bertingkah laku, itu yang selalu saya terapkan sampai saat ini, semangat yang dia tularkan semasa hidupnnya menjadi sebuah motivasi bagi saya untuk menularkan semangat yang sama kepada orang lain.
Dan kebetulan juga ketika beliau masih hidup, beliau(ayah saya) berpropesi sebagai guru, dan propesi inilah yang juga saya sedang jalani, jadi selain ayah yang baik, bagi saya beliau juga guru(propesi) yang baik, ayah tak hannya mengajarkan saya bagai mana bertanggung jawab pada keluarga, tapi lebih dari itu ayah juga mengajarkan bagai mana bertanggung jawab pada pekerjaan.
Ayah adalah seorang pendidik yang luar biasa,bahkan saya tak bisa membayangkan bagai mana jika saya tidak memiliki figur pendidik seorang ayah, akan menjadi seperti apa saya?.. Entahlah.
Sampai pada kesimpulan yang saya bisa ambil adalah, pendidikan seorang ayah sangat penting bagi saya, bagai mana cara dia mendidik lebih kurang selama 12tahun, itu yang menjadi bekal saya dalam menjalani hidup.
.
terima kasih ayah.
Nama : Karmila Sari
ReplyDeleteNo absen : 13
Soal mata kuliah : Psikolog Pendidikan
Semester : IV
Jawaban:
5. Daya Ingat Muridku
Daya ingat seorang murid merupakan salah satu yang harus kita ketahui sebagaimana kita sebagai pendidik murid tersebut. Karena tidak semua murid memiliki daya ingat yang sama, bahkan adapula murid yang pelupa.
Bahkan seorang murid yang memiliki daya ingat yang bagus merupakan salah satu murid yang cerdas karena kemampuannya dalam mengingat pelajaran sangat baik
Sedangkan jika murid yang memiliki daya ingat yang kurang bagus adalah salah satu murid yang kurang bagus pula dalam mengingat suatu pelajaran tersebut.
Seorang guru yang mengajarkan anak didiknya harus banyak tau tentang anak didiknya tersebut, bahkan seorang guru juga wajib mengetahui potensi anak didiknya, juga mengetahui seberapa luasnya pengetahuan anak didiknya, apalagi masalah daya ingat si murid, seorang guru juga harus tau kemampuan si anak seperti apa, daya ingat seorang murid tersebut seperti apa. Karena seorang guru sangat berperan penting dalam proses belajar anak didiknya.
Seorang anak yang memiliki daya ingat yang bagus terkadang banyak menerima apa saja yang di katakan seorang guru. Sedangkan murid yang memiliki daya ingat yang kurang terkadang ada saja mereka tidzk menerima bahkan tidak mau banyak tau tentang apa saja yang guru katakan.
Daya ingat muridku sangat baik, mereka mampu memahami apa yang kami jelaskan, bahkan mereka selalu banyak bertanya apa yang sudah kami jelaskan. Memang sudah pasti ada saj murid yang memiliki daya ingat yang kurang bagus,disitulah kami sebagai seorang guru harus mengerti murid-murid itu seperti apa.
Tapi Kami sangat senang sekaligus bangga terhadap murid-murid ku.
Karena setiap anak itu berbeda-beda, kita sendiri sebagai seorang pengajar harus mengerti dan memahami apa saja kekurangan dan kelebihan anak didik kita, karena disitulah seorang murid akan merasa dirinya selalu diperhatikan.
Terkadang murid yang merasa diperhatikan akan lebih bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran guru tersebut, karena murid terasebut merasa dirinya berarti, merasa dirinya yang paling diperhatikan oleh guru tersebut. Disitulah guru menjadi peranan penting bagi muridnya.
Nama : Bambang hermawan
ReplyDeleteNomor absen : 4
Soal mata kuliah : Psikologi pendidikan
Semester : IV
DAYA INGAT MURIDKU
Setiap siswa memiliki daya ingat yang berbeda-beda dalam proses belajar mereka. Pebedaan cara inilah yang dapat mempengaruhi banyak atau sedikitnya materi yang dapat ditangkap oleh siswa. Kemampuan mengaplikasikan mata pelajaran dalam pembelajaran yang digunakan menjadi salah satu faktor keberhasilah siswa dalam meningkatkan daya ingat mereka dalam waktu yang lama.
Ingatan adalah tempat penyimpanan data fisik dalam otak kita. Ingatan bersifat pribadi dan menyimpan sejarah hidup kita. Ingatan memberi kita apa yang akan kita lakukan kemarin, sepuluh tahun lalu atau apa yang akan kita lakukan besok.
Semua siswa menginginkan daya ingat mereka lebih baik dan dapat bertahan dalam jenjang waktu yang lama. Namun terkadang beberapa siswa mempunyai daya ingat yang rendah yang disebabkan oleh keadaan fisik, serta cara belajar yang kurang efektif. Kemudian faktor yang harus diperhatikan siswa adalah menggunakan cara belajar efektif yang dapat membantu meningkatkan daya ingat mereka.
Sebagai contoh menggunakan media gambar untuk meningkatkan daya ingat siswa
Kedudukan media selain dapat menciptakan daya ingat juga menciptakan proses belajar menjadi menyenangkan,membangkitkan motivasi dan rangsangan dalam belajar.
nama : siti Rusmia sofyaningsih
ReplyDeletemapel : psikologi pendidikan
absen :25
semester 4
" Daya ingat Muridku"
Daya ingat menurut kamus lengkap psikologi adalah fungsi yang terlihat dalam mengenang atau mengalami lagi pengalaman masa lalu.
cara meningkatkan daya ingat murid menurut barlow ada 2 cara yaitu :
1. overlearning
yaitu terjadi apabila respon atau reaksi tertentu muncul setelah siswa melakukan pembelajaran atas respon tersebut dengan cara di luar kebiasaan . contoh nya berdo'a yang dilaksanakan setiap hari memungkinkan ingatan siswa terhadap doa lebih kuat.
2. ekstra study time (tambahan waktu belajar)
penambahan belajar berarti siswa akan kembali belajar di luar waktu yg sudah di tetapkan oleh sekolah.atau bisa lebih di kenal dengan sebutan Bimbel ( bimbingan belajar) . misalnya jam efektif belajar sampai jam 10:30 . dan untuk siswa yg mengikuti belajar tambahan akan di langsungkan setelah pembelajaran efektif contohnya 10:45-11:00.
dan pastinya murid yg benar-benar mengikuti pelajaran dengan baik dan mengurangi tidak hadir nya pasti daya ingat nya akan lebih kuat dibandingkan siswa yang jarang untuk masuk sekolah. karena guru pun pasti akan mengulangi pelajaran2 yg sudah di sampaikan agar siswa bisa lebih memahami dan mengerti.
dan siswa akan bisa lebih memahami pembelajaran bila di tunjang dengan perlengkapan pembelajarannya agar kita sebagai guru bisa mencontohkan langsung kepada mereka. agar mereka lebih memahami .
karena, jika dilihat dari faktor usia, ingatan paling tajam pada diri manusia adalah pada masa kanak-kanak,dan ini baik sekali untuk data ingatan mekanis, yaitu daya ingatan yang hanya untuk kesan-kesan penginderaan .
jdi dapat di simpulkan bahwa memori anak usia sekolah dasar mencapai tahapan memori paling kuat jika dibandingkan dengan usia-usia lainnya. daya ingat anak pada usia ini bisa bertahan dalam waktu yang panjang. oleh karena itu kita harus berhati-hati menyampaikan informasi kepada anak. karena informasi itu akan diingat dalam waktu yang panjang.
Nama:limah nurhalimah
ReplyDeleteNo absen:15
Mata kuliah:psikologi pendidikan
Semester:IV
Pendidikan ayah
Saya sebagai anak yg udh d didik oleh ayah ku sendiri, begitu besar nya tanggung jawab ayah ku kepada ku sehingga ia rela bkrja keras demi untik mendidik anak nya, itu lah sosok ayah yg sangat bertanggung jaeab kpd ank nya, pendidikan ayah d jmn skrang ini harus benar" mendidik anak nya contoh nya aku, alhamdulillah aku udh d didik oleh ayah sampai skrg ini, karna tanpa didikn ayah mn mungkin aku bisa seperti ini, bisa sklh tinggi d sebagai nya, nah dari aku menghimbau sekali kpda kalian "semua sayangilah org tua mu krna org tua mu yg bisa membuat mu sukses.
Terimakasih ayah bagaimn aku harus membalad budi mu karna engkaulh aku jadi beginih karna engkau lah aku punya pendidikn krna engkau lh aku jadi org berguna, ayah semoga kau sehat slalu aku coba bisa mendoa kn mu agar ayah sehat selalu.
Dan doakn anak mu ini juga agar anak mu jadi org berguna dan taat kpd perintah agama. Tapi aku sangat bangga kpd mu ksu lh sosok org tua yg sangat mulia yg tiada tandingannya.dlm hidup hidup ku banya skali contohsosok seorang ayah ku yg berpendidikan, tterimaksh ayah kau tlah mendidik ku dgn sejaih ini dmoga didikn aya betmanfaat bagi aku sampai akhir nanti.
Nama : Liawati
ReplyDeleteNo absen : 14
Soal mata kuliah : psikologi pendidikan
Semeater : IV
Asalamualikum wr wb.
1 pendidikan ayah
Dari awal aku bisa melihat dunia ini ayah muali mengajari aku dengan cara mengajak bicara selalu memberi laguan yg baik" terdengar di telingaku,setiap bangun pagii ku di ajarai cara menjaga kesehatan., setelah umur ku meranjak 3/5 tahun initi nyah aku sudah mengenall berbagai kegunan. Seperi hp leptop dll,tapi ayah selalu mengajari ku tentang cara membaca dan menghitung melalu hedpone itu, ayah ku tak pernah mengajari aku untuk mengenal apa itu game karna ayah takut aku nanti jadi anak yg malas.dan juga
AYAH MEMBERI DUKUNGAN PENUH TERHADAP SETIAP HAL YG AKU LAKUKAN
Sepulang dari pekerjan nyahwalpun ayah merasa kelelahan tetapu dia harus bertemu dengan ku karna ayah sudah ada janji dengan ku akan pergi ke acara loba aku, karna ayah selalu mendukungku apaun yg aku lakukan asal baik untuk ku.dan untuk di masadepan ku.
Setelah aku dewasa ayah ttp sajah masih selalu mengingatknn aku dan mengajari aku karna ayah takut aku menjadi anak yg tidak benar.
Ayah selalu mengingatkn aku sepulang sekolah bhwa apakh kamu punya pekrjan dari sekolah ayah suka yuruhh kerjakan dulu sesudah beres ayah masih ttp ada bersamaku masih mengajari aku.
Ayah masi ttp ingin aku melanjutkn sekplah ke perguruan tinggi yaituhh sapay sekarang aku di sinih blajar menuntut ilmu ayah masihh bersama ku mengajari aku tentang apa itu pendidikan dan juga cara mendidik untuk anak" di masa depan.
Ayah adalh seorang yg tangguh bagiku dia adalah ayah segalanyah untuk ku mkasih yah ayah selalu menjaga ku mendidikku sapay aku menjadii diriku yg sekarang ini. .
Wasalamualikum wr wb.
NAMA : EVI TAPIANI
ReplyDeleteSEMESTER : IV (EMPAT)
MATKUL : PSIKOLOGI PENDIDIKAN
PENDIDIKAN AYAH
Ayah adalah seorang sosok yang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya anak, baik secara fisik maupun jasmani. ketika seorang ayah merasa cuek dan bersikap begitu saja terhadap anak maka si anak akan mencari sosok ayah itu dari ibunya. maka itu tumbuh kembang anak tersebut akan sedikit terhambat dan mungkin akan menghasilkan hasil yang kurang maksimal.
saya terlahir dari tiga bersaudara, dua perempuan satu laki-laki.kami mempunyai ayah yang sangat bijaksana terhadap anak-anaknya, beliau tidak pernah melarang kami dalam melakukan sesuatu hal selama hal itu positif.mulai dari kecil hingga sekarang beliau tidak pernah memaksakan kehendaknya terhadap anak-anaknya, sehingga kami bisa belajar dari pengalaman hidup yang kami jalani.
Pendidikan yang diberikan kepada kami yaitu, kami diajarkan untuk selalu bersyukur kepada Allah dengan cara kami harus selalu peduli terhadap sesama kapan pun dan dimana pun kita berada,hasilnya dua orang dari kami aktif di kegiatan-kegiatan sosial. jangan memaksakan kehendak kita terhadap orang lain,selalu belajar dari pengalaman,tegas, hidup sederhana bagaimana pun keadaannya dan masih banyak lagi hal-hal tidak dijelaskan.
Pengaruh pendidikan ayah terhadap pertumbuhan mental atau rohani sangat besar, ketika anak dekat dengan ayahnya anak tersebut akan cenderung lebih berani dibandingkan dengan anak yang dekat dengan ibunya, optimis, tegas dan lebih percaya diri.
Nama : Iis Niawati
ReplyDeleteNo Absen : 1718.1.009
Semeseter IV
STAI Yaperi
2019
Daya Ingat Muridku
Daya ingat seseorang berhubungan dengan perkembangan otak yang ia dimiliki. Proses perkembangan otak seseorang, 90% terjadi pada 5 tahun pertama hidupnya. Ini berarti masa balita menjadi sangat penting bagi perkembangan otak manusia.
Proses perkembangan otak di setiap fase dipengaruhi oleh faktor-faktor penting, yang meliputi pengalaman sehari-hari, respons yang diterima, asupan nutrisi, aktivitas dan faktor genetis. Selain dari itu bakat dan minat juga mempengaruhi ingatan serta perkembangan otak anak.
Melihat dari penjelasan di atas maka sangat jelas bagaimana perbedaan ingatan setiap anak di dalam ruang kelas saat melakukan pembelajaran.
seperti ketika saya mulai mengajar di PAUD setiap anak memiliki kemampuan ingatan yang sangat berbeda. Ada seorang anak yang cukup dua sampai tiga kali di ajarkan hapalan doa serta surat pendek langsung hapal tetapi tak jarang juga ada yang harus selalu di coba beberapa kali untuk membantu mengingat hapalan yang sudah di berikan.
Selain dalam bentuk hapalan untuk mengenalkan huruf dan angka juga tak luput harus ada yang beberapa kali di ingatkan, semua itu membuktikan bahwa daya ingat seorang anak berbeda dengan yang lainnya.
Dan seperti yang dijelaskan di atas fase perkembangan otak anak untuk bisa mengingat sesuatu di pergaruhi oleh banyak faktor tetapi faktor yang paling utama adalah pengalaman sehari-hari di lingkungan keluarga bersama orangtua dan keluarga. Di zaman yang modern seperti ini banyak orang tua karena kebutuhan jadi hanya sibuk mencari uang tanpa memikirkan perkembangan dan pertumbuhan anak apalagi di masa anak memasuki usia sekolah seharusnya orangtua dapat selalu membimbing anak saat belajar. Jika anak selalu di bimbing orangtua saat belajar dirumah pasti akan sangat berpengaruh besar dalam daya ingat anak saat belajar sekolah, sehingga siswa dapat lebih mudah menerima ilmu-ilmu yang di sampaikan guru kepadanya.
Nama : SITI MASPUPAH
ReplyDeleteNo absen : 22
Mata kuliah : psikologi pendidikan
Semester : IV
2.perasaan sebagai pendidik
Mengajar di sekolah memang suatu hal yang menyenangkan tatkala kita menyukai profesi itu, saya merasakan betul bagaimana suka duka menjadi seorang pendidik dari berbagai jenjang pendidikan mulau dari TKA SD sampai ke tingkat SLTP. Di tingkat TKA saya menenmukan banyak hal mengenai dunia anak2 mulai dari tingkah laku mereka yang kadang membuat saya tertawa tersenyum melihat nya tak sedikit dari mereka yang selalu merengek kepada saya seperti mereka merengek kepada ibu nya sendiri tak ada sedikitpun kejenuhan ketika belajar samb bermain bersama anak2 yang masih polos itu, saya hanya selalu tersenyum melihat kejenakaan mereka terkadang saya selalu berkata dalam Hati bisa kah saya merubah anak2 yang polos dan tahu apa2 itu menjadi tahu akhirnya dengan semangat dan dorongan dari para orang tua mereka yang tadi nya tak bisa membaca dan mengaji alhamdulillah sedikit2 bisa tak hanya itu saya juga ingin berusaha merubah kebiasaan anak2 yang manja menjadi pribadi yang senantiasa mandiri contoh kecil ke sekolah tak perlu di tunggui oleh ibu nya karena anak2 belajar selalu di tunggui oleh ibu nya maka si anak itu sedikit2 ibu sedikit ibu dengan niat yang baik alhamdulillah hanya tinggal beberapa anak saja yang masih sama orang tua di situ saya merasa bahagia tapi tetap tugas saya sebagai seorang pendidik belum cukup hanya sampai di situ karena saya pun merasa kan mengajar anak2 SD tentu perasaan nya campur aduk karena sedikit banyak nya anak SD beda dengan anak TKA.
Di tingkat SD saya menemukan hal baru yang berbeda dengan anak TKA dimana anak2 SD yang sudah mulai sedikit lebih mengerti, ketakutan pun sempat menyelimuti perasaan ini karena harus mengajar di lingkungan yang baru dengan anak2 yang berbeda karakter tak seperti anak2. Tantangan pun muncul ketika saya si beri mengajar kelas 3 SD mereka sudah sedikit mengerti menulis sendiri tanpa harus di tuntun tanpa harus merengek2 bilang 'bu aku nggak bisa' tapi anak2 SD hanya menanyakan apa yang tak mereka mengerti dan pahami apa bila menemukan soal2 yang sulit.
Mungkin tak ada yang sulit ketika kita memang memiliki niat yang benar2 tulus untuk menjadi seorang pengajar saya pikir mengajar itu adalah suatu hal yang menakutkan karena harus berhadapan langsung dengan peserta didik yang berbeda karakter nya. Akhirnya muncul tantangan baru ketika sya harus mengajar di tingkat MTS dari kelas 7 sampai kelas 9 waw sudah pasti akan terasa lebih berat dari mengajar anak2 tka dan sd namun saya keliru ketika saya mulai mengajar mereka tak sesulit yang saya bayangkan meski kadang ada rasa takut ketika harus mengajar anak2 MTS yang jauh lebih dewasa karena pola pikir mereka yang bisa saja sewaktu2 melawan pada pendidik.
Alhamdulillah kembali lagi dengan niat yang ikhlas mengajar di tingkat apa pun semua kan berjalan baik2 saja selama kita menjadi pendidik yang menyenangkan bagi peserta didik nya.
Nama:Herlin Triana
ReplyDeleteNomor absen:11
Semester:IV
Soal ujian:Psikologi Pendidikan
PENDIDIKAN AYAH
Nama saya herlin Triana biasa d panggil ellyn atau kadang di panggil erlin,saya anak ke 3 dari 3 bersaudara kaka saya laki-laki dan perempuan.Ayah dulu bekerja sebagai karyawan suasta d salah satu pabrik garmen tidak jauh dari rumah,ibu hanya ibu rumah tangga biasa.Dalam mendidik anak2'a ayah sangat disiplin trutama dalam pendidikan agama,walaupun ayah bukan seorang yg panatik dalam agama tp beliau menginginkan kami anak2'a bs belajar agama dengan baik dan taat.Kami sejak kecil sudah d masukkan d sekolah berbasis agama dari muli Mi sampai Aliyah.Setiap sore kami mengaji d dekat rumah,itu wajib dan tidak ada bantahan.Dalam pun sangat disiplin tentang waktu,setiap pulang dan pergi sekolah kita anak2'a harus tepat waktu,pulang sekolah harus tepat waktu bila ada keperluan mendadak kita harus telpon terlebih dahulu dan azin terlebih dahulu,bila kita melanggar'a maka siap2 hukuman menanti kita dari hukuman yang ringan seperti diseruh merenungi segala kesalahan kita sampai yang berat seperti di kurung seharian di dalam kamar atau bila sangat berat maka gesper pun melayang d kaki.
Ayah seorang yang perhatian pada anak2'a dan jaga dekat pada kita tidak membeda2kan antara anak yang satu dengan yang lain nya,bagi ayah setiap anak sama tidak ada yang istimewa.Ayah selalu memantau setiap kegiatan kita setiap hari.Setiap selepas isya ayah selalu mengajak kita bicata dari hati ke hati mendengarkan setiap keluh kesah anak2'a.
Berkat didikan ayah kita anak2'a menjadi disiplin dalam segala hal.Menghormati orang yang lebih tua dari kita dan menyayangi orang yang lebik muda dari kita.
Nama : Dina
ReplyDeleteSemester IV STAI Yaperi Cibinong Bogor
No : 7
Ujian Matkul : Psikologi Pendidikan
" Perasaan sebagai pendidik "
Berdasarkan pengalaman saya , sebagai seorang pendidik . Hal itu tidaklah mudah, banyak suka duka yang harus di laluinya seperti dalam hal mendidik anak didik atau anak asuhnya yang terkadang atau bahkan sering membuat saya sebagai seorang pendidik merasa sedih , dan terkadang membuat bahagia dengan kehadirannya tersebut . Perasaan yang paling muncul adalah ketika saya menjelaskan materi pelajaran tetapi , anak didik saya tidak memperhatikan materi yang disampaikan dari saya , dan justru mereka lebih sibuk bercanda dan mengobrol dengan teman sebangku atau sebelahnya . Dan ketika seorang wali murid menanyakan keadaan anaknya di kelas , terkadang saya sebagai pendidik merasa kasihan terhadap anak didik saya jika harus berterus terang dengan sikap buruknya di kelas karena tidak setiap orang tua menerima fakta terhadap tingkah laku buruk anaknya itu sendiri . Perasaan saya sebagai pendidik juga dirasakan ketika banyak tugas yang harus di selesaikan dan terkadang tugas itu harus di bawa pulang ke rumah , agar dapat terselesaikan . Hal itu membuat saya sedih karena harus mengambil alih waktu pekerjaan di rumah tetapi , itulah resiko yang harus diambil dari pekerjaan . Dengan upah atau bayaran yang cukup di bilang minim , saya cukup bangga karena dengan menjadi pendidik atau guru ilmu yang saya dapat bermanfaat untuk banyak orang . Tetapi, ada suka juga yang di rasakan pendidik ketika seorang anak didik memperhatikan materi dan paham terhadap materi yang disampaikan .Oleh karena itu menjadi seorang pendidik atau guru dikatakan pahlawan tanpa tanda jasa ,.
Nama: Yusuf Hamdani
ReplyDeleteNomor Absen :30/1718.1.025
Mata kuliah :Psikologi Pendidikan
jawaban
Pendidikan ayah peran dari seorang ayah sangat penting untuk tumbuh kembang anak sampai dia dewasa nanti. Di zaman sekarang ini baik ayah atau pun ibu memiliki peranan dalam mendidik ayah yang sama didalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak supaya optimal. Tidak ada lagi pemisahan yang mengatakan bahwa ayah hanya bertugas mencari nafkah saja, sementara untuk anak sepenuhnya tanggung jawab seorang ibu.
Apabila pandangan itu sampai saat ini masih diterapkan, maka seorang anak akan kehilangan figur dari sosok ayah. Mengapa demikian? Karena peran seorang ayah dalam kehidupan anak sangat berarti, terutama untuk membangun kecerdasan emosional, meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi, dan untuk memberi motifasi anak dikemudian hari. Apabila seorang anak sama sekali tidak merasakan peran dari seorang ayah maka dia akan merasa kesulitan untuk melakukan adaptasi baik di sekolah, lingkungan sosial atau pun dalam perubahan yang lain. Hasil dari reset juga menunjukan bahwa seorang anak yang tanpa peran ayah:
1. Sebanyak 63 % anak akan mengalami masalah psikologis seperti: merasa gelisah, suasana hati yang mudah sekali berubah, fobia, dan juga depresi.
2. Sebanyak 56 % lebih memiliki daya tangkap di bawah rata-rata.
3. Sebanyak 43 % anak sangat agresif terhadap orang tua.
Menurut pakar psikologi dari PBKP Fakultas Psikologi Universitas taruma negara, Agustina, M.Psi., dia pun telah menyeret perbedaan antara ayah pada zaman dulu dengan ayah pada zaman sekarang. Terutama dilihat dari segi waktu. Namun yang lebih membedakan antara ayah zaman dulu dengan ayah zaman sekarang adalah adanya peningkatan dalam hal pendidikan. Jadi, secara gamblang dapat disimpulkan bahwa ayah pada zaman sekarang hampir semua memiliki pendidikan yang relatif tinggi, sehingga dia memiliki cara tersendiri untuk ikut andil dalam memberikan pendidikan untuk anak-anaknya. Dengan demikian, anak akan merasa nyaman dan mampu menjadi sosok anak yang memiliki dua figur, yakni dari seorang ayah dan ibu.
Bentuk perhatian yang harus diberikan dari ayah meski sibuk bekerja
Menjadi seorang ayah memang bukan perkara yang mudah, sebab dia memiliki tanggungjawab yang amat berat yakni menafkahi keluarga. Terlepas dari itu dia juga memiliki peranan yang amat penting dalam mendidik anak-anaknya, meski telah sibuk di luar rumah. Lalu perhatian seperti apakah yang harusnya diberikan untuk anak disela-sela kesibukannya? Berikut ini adalah bentuk perhatian yang harus diterapkan oleh seorang ayah pada anak-anaknya.
1. Usahakan untuk selalu meluangkan waktu untuk sang anak.
Dalam satu hari minimal ayah harus memiliki waktu 15 sampai 30 menit untuk melakukan cengkrama dengan keluarga. Dalam momen tersebut ayah bisa menanyakan kepada anak tentang kegiatan hari ini dan mengajaknya bermain.
Dengan demikian, anak akan merasa diperhatikan dan cara tersebut memiliki makna untuk perkembangan anak. Seorang ayah yang positif akan memberikan dampak yang positif pula untuk tumbuh kembangnya.
2. Selalu usahakan untuk menampakan ungkapan sayang pada anak-anak.
Cobalah untuk sejenak memerhatikan anak, dengan bertanya tentang apa saja kegiatan di sekolah, bagaimana belajarnya, bagaimana teman-temannya. Cara seperti itu bisa meningkatkan kemampuan akademis anak. Oleh karena itulah, sesibuk apa pun seorang ayah sebisa mungkin harus meluangkan waktu untuk si buah hati karena sesibuk apapun ayah anak memerlukan perhatian, kasih sayang, dan juga dukungan penuh dari seorang ayah.
Selain ucapan ferbal, ayah juga bisa memberikan perhatian yang berupa belaian sayang, pelukan hangat, dan penghargaan berupa pujian kepada sang anak ketika dia mencapai sesuatu atau ketika dia sudah bisa melakukan hal yang menunjukan perkembangannya. Selain kata-kata, pelukan, sentuhan hangat dari seorang ayah juga amat penting bagi anak. Misalnya ayah bisa menggendong dia saat bersamanya.
3. Selalu usahakan untuk b
Nama :sambas sahuri
ReplyDeleteNo absen:19
Mata kuliah :psikolog pendidikan
Smester:IV
Daya ingat muridku
Ingatan merupakan sebuah modal dalam hal apapun terutama dalam belajar. Kebetulan saya menjadi salah satu pengajar di satu ranah sekolah jenjang smp,hasil observasi selama saya memperhatikan dari beberapa karkter siswa dari mulai daya ingatnya yang rendah ,rata-rata dan luar biasa.
Daya ingat siswa bisa di bentuk sejak dini dengan beberapa metode mulai dari sistem privat dan juga mengulang-ngulang pembahasan
Yang saya temukan di tempat,ada siswa yang ingatan nya rata-rata ini tergolong siswa yang keaktivan nya biasa saja.
Dan yang terakhir siswa yang tergolong daya ingatan nya di atas rata-rata setelah diperhatikan lebih lanjut karakter murid yang seperti ini mempunyai latar belakang yang di dukung keluarga,lingkungan dan teman sejawatnya. Muridku yang daya ingatnya tajam mereka lebih beprilaku diam tidak seagresif murid yang daya ingatannya rata-rata.
Ada beberapa langkah untuk membuat daya ingat meningkat yaitu:
1.berhenti berfikir bahwa daya ingat anda buruk
2.mulai mempercayai diri sendiri
3.mengulang
4.hindari ketidaksukaan
Nama : Ima Rahmawati
ReplyDeleteNo. Absen : 14
Semester : Iv
"Daya ingat Muridku"
Daya ingat seorang murid di sekolahku sangatlah berbeda-beda dalam proses belajar mereka. Pebedaan cara inilah yang dapat mempengaruhi banyak atau sedikitnya materi yang dapat ditangkap oleh siswa. Kemampuan mengaplikasikan mata pelajaran dalam pembelajaran yang digunakan menjadi salah satu faktor keberhasilah murid dalam meningkatkan daya ingat mereka dalam waktu yang lama, ingatan adalah tempat penyimpanan data fisik dalam otak kita.
dalam kelas seorang murid ada yang sungguh-sungguh dalam belajar, dan ada pula yang hanya ingin bermain dengan teman nya di kelas tidak memperhatikan guru yang sedang mengulang pelajaran (Murajaah), memperhatikan guru yang sedang menerangkan pelajaran baik itu pelajaran Agama, Pelajaran Umum, dan Pelajaran lainya.
beberapa jenis-jenis daya ingat muridku di kelas:
. Ingatan jangka pendek : adalah suatu proses penyimpanan memori sementara, artinya informasi yang disimpan hanya dipertahankan selama informasi tersebut masih dibutuhkan. Ingatan jangka pendek adalah tempat kita menyimpan ingatan yang baru saja kita pikirkan. Ingatan yang masuk dalam memori sensoris diteruskan kepada ingatan jangka pendek, contoh : lokasi berpikir secara aktif, tempat menyaring, memilah, dan menggabungkan informasi lama dengan informasi yang baru, lalu mengambil keputusan.
. Ingatan Jangka Panjang: artinya informasi yang disimpan sanggup bertahan dalam waktu yang sangat panjang. Kapasitas yang dimiliki ingatan jangka panjang ini tidak terbatas, informasi yang disimpan dalam ingatan jangka panjang diduga dapat bertahan dalam waktu yang panjang bahkan selamanya, Contohnya : keadaan emosi, gambaran akibat dan sebagainya, oleh karena itu penyimpanan informasi dapat berlangsung secara permanen.
ini adalah jenis-jenis kebiasaan anak muridku di sekolah, terkadang anak yang bandel di kelas dya itu sebenarnya ingin tahu apa yang tidak di ketahuinya. ini adalah "Deskripsi Subjektif" yang menduga-duga anak muridku yang bandel ternyata dya lebih pintar dari teman nya di kelas.
Nama:siti jenab
ReplyDeleteNo absen:21
Semester :IV
Pendidikan ayah
Ayah adalah orang yang sangat hebat bagiku,dari kecil sampai dewasa dia selalu sabar mendidiku, dia bekerja keras supaya anaknya menjadi orang yang sukses,beliau slalu mengajari hal-hal yang baik kepadaku, betapa besar pengorbanan yang sudah dia lakukan kepadaku, dari waktu kecil sampai besar dia slalu mengajariku ,dia sudah menyekolahkanku dari sd sampai kuliah sekarang ini dengan penuh pengorbanan yang luar biasa.beliau ta pernah lelah supaya bisa menyekolahkan anak2nya supaya bisa menjadi orang yang berguna dan membanggakannya,terimakasih ayah karna didikanmu aku sekarang sudah mulai bisa memahami apa arti hidup.
Nama:ani fitriani
ReplyDeleteNo absen :1718.1.004
Soal mata kuliah : psikologi pendidikan
Semester : IV
Pendidikan ayah
Perlu diketahui bahwa peran dari seorang ayah sangat penting untuk tumbuh kembang anak sampai dia dewasa nanti. Di zaman sekarang ini baik ayah atau pun ibu memiliki peranan yang sama didalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak supaya optimal. Tidak ada lagi pemisahan yang mengatakan bahwa ayah hanya bertugas mencari nafkah saja, sementara untuk anak sepenuhnya tanggung jawab seorang ibu.
Apabila pandangan itu sampai saat ini masih diterapkan, maka seorang anak akan kehilangan figur dari sosok ayah. Karena peran seorang ayah dalam kehidupan anak sangat berarti, terutama untuk membangun kecerdasan emosional, meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi, dan untuk memberi motifasi anak dikemudian hari. seorang anak sama sekali tidak merasakan peran dari seorang ayah maka dia akan merasa kesulitan untuk melakukan adaptasi baik di sekolah, lingkungan sosial atau pun dalam perubahan yang lain. Hasil dari reset juga menunjukan bahwa
seorang anak yang tanpa peran ayah:
Sebanyak 63 % anak akan mengalami masalah psikologis seperti: merasa gelisah, suasana hati yang mudah sekali berubah, fobia, dan juga depresi.Sebanyak 56 % lebih memiliki daya tangkap di bawah rata-rata.Sebanyak 43 % anak sangat agresif terhadap orang tua.
Menurut pakar psikologi dari PBKP Fakultas Psikologi Universitas taruma dia pun telah menyeret perbedaan antara ayah pada zaman dulu dengan ayah pada zaman sekarang. Terutama dilihat dari segi waktu. Namun yang lebih membedakan antara ayah zaman dulu dengan ayah zaman sekarang adalah adanya peningkatan dalam hal pendidikan. Dengan demikian, anak akan merasa nyaman dan mampu menjadi sosok anak yang memiliki dua figur, yakni dari seorang ayah dan ibu.
1.Bentuk perhatian yang harus diberikan dari ayah meski sibuk bekerja
Menjadi seorang ayah memang bukan perkara yang mudah, sebab dia memiliki tanggungjawab yang amat berat yakni menafkahi keluarga. Terlepas dari itu dia juga memiliki peranan yang amat penting dalam mendidik anak-anaknya, meski telah sibuk di luar rumah. Lalu perhatian seperti apakah yang harusnya diberikan untuk anak disela-sela kesibukannya? Berikut ini adalah bentuk perhatian yang harus diterapkan oleh seorang ayah pada anak-anaknya.
2.Usahakan untuk selalu meluangkan waktu untuk sang anak.
Dalam satu hari minimal ayah harus memiliki waktu 15 sampai 30 menit untuk melakukan cengkrama dengan keluarga. Dalam momen tersebut ayah bisa menanyakan kepada anak tentang kegiatan hari ini dan mengajaknya bermain.
3.Selalu usahakan untuk menampakan ungkapan sayang pada anak-anak.
untuk sejenak memerhatikan anak, dengan bertanya tentang apa saja kegiatan di sekolah, bagaimana belajarnya, bagaimana teman-temannya. Cara seperti itu bisa meningkatkan kemampuan akademis anak. Oleh karena itulah, sesibuk apa pun seorang ayah sebisa mungkin harus meluangkan waktu untuk si buah hati karena sesibuk apapun ayah anak memerlukan perhatian, kasih sayang, dan juga dukungan penuh dari seorang ayah.
Selain kata-kata, pelukan, sentuhan hangat dari seorang ayah juga amat penting bagi anak. Misalnya ayah bisa menggendong dia saat bersamanya.
4.Selalu usahakan untuk bisa makan bersama di rumah bersama anak.
Sebisa mungkin ayah harus meluangkan waktunya untuk selalu bisa makan bersama atau berdoa bersama. Jika malam tidak bisa, maka bisa ketika sarapan pagi.
Nama : Siti Halimatu Ahmadiyah
ReplyDeleteNo absen :1718.1.010
Jawaban mata kukiah: Psikologi Pendidikan
Daya ingat muridku
Daya ingat Merupakan kemampuan mengingat kembali pengalaman yang telah berlalu atau terlewati.
Pengalaman-pengalaman tersebut biasanya menyangkut pada peristiwa yang mempunyai arti sendiri dalam menjalani kehidupan. Bila kekuatan daya ingat tinggi, maka akan mempermudah langkah dalam mengambil suatu tindakan yang objektif, sehingga bisa dikatakan bahwa pemikirannya sangat cemerlang.
Daya ingat yang baik merupakan kebutuhan setiap siswa untuk belajar optimal. Ini karena hasil belajar siswa di sekolah diukur berdasarkan penguasaan siswa atas materi pelajaran, yang prosesnya tidak terlepas dari kegiatan mengingat (kemampuan menggunakan daya ingat).
Namun, tidak setiap siswa memiliki daya ingat yang baik. Dalam setiap kelas, misalnya, pasti ada siswa yang memiliki daya ingat baik dan ada pula yang memiliki daya ingat buruk.
Maka dengan daya ingat yang baik, siswa akan dapat belajar dengan mudah dan mencapai hasil optimal. Untungnya daya ingat dapat diperbaiki.
Nama:Iis syafitri al-fadilah
ReplyDeleteNo.Absen:11
Mata kuliah:psikologi pendidikan
Semester:4
PENDIDIKAN AYAH
Saya memiliki ayah yang bernama Badru salam.usia 44 tahun .beliau bekerja sebagai buruh pabrik di cikupa tanggerang .beliau pulang seminggu sekali karna lokasi nya yang lumayan jauh .
Seorang ayah pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak nya.
Seperti menyekolahkan,memasukan ke pondok pesantren dan ke perguruan tinggi.
Saya sangat bangga sama pemikiran ayah yang sangat mementingkan pendidikan dan karirnya.
Ayah memiliki 4 anak .kakak saya kuliah di universitas guna darma dan saya kuliah di Stai yaperi cibinong sambil pesantren, adik saya sekolah di MTS al hidayah tajur dan adik saya yang paling kecil sekolah di MI miftahul ulum.alhamdulillah semua anak ayah pada sekolah. karena ayah tidak mau anak-nya tidak sekolah .saya sangat bangga sama ayah karna ayah sudah mendidik dengan baik untuk anak-anak nya dari segi akhlak dan perilaku nya
Terima kasih ayah engkau telah mendidik dan memberikan yang terbaik untuk pendidikan anak-anak nya.
Masih Binggung Mencari Situs Togel Online, Live Casino & Taruhan Bola Yang Terpercaya ?
ReplyDeleteProses Transaksi Yang Cepat Dan Super Mudah
Minimal Depo 20rb & WD 50rb
cs online 1x24 jam
WA : [+855]964630067