Hari Rabu minggu ini sebagai kuliah terakhir bulan Ramadan untuk mata kuliah Model-Model Pembelajaran yang akan membahas tentang;
Tehnik Pembelajaran
Memilih metode pembelajaran yang tepat untuk salah satu mata pelajaran sangat penting sekali sebelum mengajar dimulai, seorang guru harus memikirkan bagaimana cara menyampaikan atau mentranfer bahan ajar kepada murid agar menjadi miliknya, awalnya menempatkan metode yang tepat sesuai dengan mata pelajaran, kemudian pada waktu belajar akan dimulai, guru harus mampu menguasai kelas dengan tehnik pembelajaran, karena tercapainya tujuan mengajar tergantung kepada penetapan digunakan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh seorang guru untuk dijabarkan kedalam teknik dan gaya pembelajaran.
Bila diurai dengan penjelasan kata, maka dua kata tehnik dan gaya ini akan memberikan gambaran, bahwa Kata Teknik adalah prosedur logis
dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen kegiatan yang berhubungan satu
dengan yang lainnya dengan maksud untuk memfunsikan satu kesatuan dalam
usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Menurut Edward M. Anthony mendefinisikan tehnik adalah
suatu cara strategi yang digunakan oleh guru untuk mencapai hasil yang maksimum
pada waktu mengajar pada bagian pelajaran tertentu.
Sedangkan kata Gaya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaya
adalah kesanggupan untuk berbuat terhadap suatu yang akan dikerjakan, jadi gaya dalam mengajar
adalah menjadi sifat yang melekat dari kebiasaan seorang guru dalam mengajar, dan gaya dalam mengajar itu adalah mengaktualisasikan inovasi sifat dari kebiasaan seorang
guru dalam mengaja.
Dari uraian di atas dapat dikatakan bahwa teknik
pembelajaran adalah cara yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan kegiatan
belajar mengajar untuk memperoleh hasil yang optimal.
Teknik pembelajaran ditentukan berdasarkan metode yang digunakan, dan metode disusun berdasarkan pendekatan yang dianut. Dengan kata lain. pendekatan menjadi dasar penentuan teknik pembelajaran. Dari sutu pendekatan itu dapat diterapkan teknik pembelajaran yang berbeda-beda pula.
Sekarang bagaimana bila kalian mengajar bahasa indonesia, apa yang dilakukan pada waktu mengajar mengenai;
- Teknik pembelajaran menyimak
- Teknik pembelajaran berbicara
- Teknik pembelajaran membaca
- Teknik pembelajaran menulis
Nama : Meli Astuti
ReplyDeleteSemester : IV
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Pertemuan ke-11
Dalam teknik pembelajaran seorang guru harus bisa menguasainya agar para siswa-siswi pun mampu menguasai secara maksimum yang di ajarkannya.
Baik,karena yang ditanyakannya adalah bagaimana kita mengajar? Jadi saya akan menjelaskan tentang teknik yang saya praktekan atau gaya dalam mengajar.
1. Teknik pembelajaran menyimak
Dalam teknik ini karena seorang guru pasti sedang menjelaskan materi dan sebelum dalam penjelasan kita seorang guru terlebih dahulu untuk memberikan intruksi kepada siswa-siswi agar fokus untuk bisa menyimak dan tidak boleh ada yang berisik dan harap indra termasuk telinga untuk mampu mendengarkan dengan baik dan tidak boleh melakukan yang mampu menjadikan konsentrasi mereka berubah alias menjadi bengong atau kosong pikirannya kemana2.
2. Teknik pembelajaran berbicara
Dalam teknik ini siswa di belajarkan untuk bisa berbicara mandiri makanya seorang guru selalu menyuruh siswa siswinya untuk berlatih kedepan kelas dan belajar berdiskusi dengan teman-temannya agar mampu berbicara.
3. Teknik pembelajaran membaca
Dalam teknik ini,karena ini adalah yang di tanyakan jika mengajar dalam bahasa indonesia berarti harus sesuai ejaan yang benar. Nah teknik ini adalah teknik yang harus mampu konsentrasi juga karena dalam membaca tidak boleh terburu-buru tidak juga dengan lambat.karena ada tanda titik,koma,dll. Makanya harus benar-benar mampu menguasai tanda-tanda tersebut.Agar siswa siswi pun mampu membaca dengan baik.
4. Teknik pembelajaran menulis
Dalam teknik ini biasanya saya sering mengontrol tulisan anak-anak ketika sudah selesai menulis atau setelah selesai menjelaskan materi. Karena dalam hal menulis juga ada teknik nya dan harus rapi sesuai kolomnya.
Bagaimana jika menulis setelah titik?nah kita kasih tau.Setelah titik itu berarti kita awali dengan huruf kafital lagi yahhh itu adalah ucapan guru kepada muridnya agar bisa membiasakan menulis dengan benar dan rapi.
Terimakasih pak,itu saja yang bisa saya jelaskan.kurang lebihnya mohon maaf.
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Nama : Ambariah
ReplyDeleteSemester : 4
Adapun yang dilakukan ketika mengajar
1. Dalam teknik menyimak, siswa akan dipinta menyimak pembelajaran yang di sampaikan oleh guru dengan baik, keberhasilan dalam menguasai dan memahami materi dengan baik di awali dari menyimak dengan baik.
2. Dalam teknik pembelajaran bicara siswa bisa dipinta untuk melakukan
Wawancara, pidato tanpa teks, pidato dengan teks, cerita berpasangan, mengomentari (filem, sinetron,atau cerpen), debat, menjadi pembawa acara, memumpin rapat dan masih bnyak lagi
3. Di antara banyak teknik pembelajaran membaca yang dapat digolongkan ke dalam membaca lanjutan atau membaca pemahaman adalah: "membaca dalam hati, dan membaca bahasa." Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana penerapan teknik membaca tersebut.
1. Membaca dalam hati berguna untuk melatih anak agar lebih mudah memahami isi bacaan. Membaca dalam hati diberikan di kelas III, IV, V, dan VI sekolah dasar. Semakin tinggi kelasnya harus semakin sering diberikan.
Kepada para siswa terlebih dahulu diberikan kesempatan menanyakan kata-kata sukar. Kemudian para siswa membaca tanpa suara dan tidak perlu tergesa-gesa.
Setelah siswa leluasa membaca, mereka diminta mencermati pertanyaan bacaan. Dan yang terakhir siswa diminta menjawab pertanyaan bacaan terutama yang menyangkut ingatan dan pikiran.
2. Membaca bahasa merupakan aktivitas membaca yang berguna untuk menambah keterampilan siswa dalam menggunakan makna bahasa. Membaca Bahasa diberikan di kelas III, IV, V, dan VI sekolah dasar.
Dalam membaca bahasa ini bahan yang disajikan tidak terlalu panjang, dan setiap guru jika menerangkan kata-kata sukar hendaknya dihubungkan dengan keperluan hidup sehari-hari.
Di samping itu dalam membaca bahasa sedapat mungkin ada peragaan mengenai arti kata. Misalnya, saat menerangkan kata menggigil, guru harus sambil memperagakan seolah-olah sedang kedinginan.
Di samping dua teknis membaca di atas ada juga teknis membaca yang amat penting bagi para siswa serta siapa saja yang ingin memanfaatkan waktu secara cepat dan tepat, yaitu teknik membaca cepat.
Teknik ini harusnya diberikan di kelas III, IV, V, dan VI sekolah dasar. Namun skrng ini banyak skolah2 tk paud yg sudah menerapkan metode ini. Semakin tinggi kelasnya harus semakin sering berlatih. Membaca cepat dilakukan tanpa bersuara, mata dilatih bergerak cepat saat membaca dan diusahakan agar mata dapat menjangkau banyak kata/kalimat saat membaca.
Bahkan kalau perlu baris-baris kalimat yang tidak dianggap penting dilampaui saja Setelah selesai anak ditanya apa saja yang berhasil diperoleh dari proses membacanya tadi.
Di samping ada beberapa teknik yang secara spesifik mengarah pada proses membaca pemahaman, juga terdapat beberapa metode dalam strategi pembelajaran membaca seperti antara lain: metode abjad, metode bunyi, metode suku kata, metode kata lembaga, metode global, metode SAS, dan metode kata-kata kunci.
4. Metode pembelajaran menulis adalah prosedur, urutan, langkah-langkah, dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya aspek ketrampilan menulis.
Pada metode ini siswa dasar dapat belajar menulis huruf kapital atau huruf besar, huruf miring, huruf tebal, karna banyak sekali yang salah dalam penulisan karya ilmiah tentang penggunaan2 huruf-huruf tersebut.
Jika sudah lebih meningkat siwa bisa di ajarkan bagaimana membuat karangan, cerpen dan lain sebaginya
Nama Rimah Hasanah
ReplyDeleteSemester IV
Pertemuan ke-11
Assalamu'alaikum warohmahmatullahi wabarakatuh.
Teknik pembelajaran adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung. Teknik pembelajaran juga dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
1. Teknik pembelajaran menyimak
Dalam teknik pembelajaran menyimak, seluruh murid atau siswa/i mendengarkan dengan baik apa yang disampaikan oleh guru maupun temannya dalam menyampaikan suatu informasi mengenai pembelajaran yang dibahasnya. Contoh seorang guru sedang menjelaskan pengertian puisi dan menyuruh seluruh muridnya untuk menyimak penjelasan guru tersebut.
2. Teknik pembelajaran berbicara
Yaitu seorang guru menyuruh murid yang untuk berbicara di depan teman-temannya atau didepan kelas untuk memberikan suatu penjelasan yang telah ia dapatkan dari teknik menyimak baik secara individu maupun berkelompok. Contohnya murid ditugaskan untuk membaca pidato di depan kelas/teman-temannya
3. Teknik pembelajaran membaca
Dalam teknik ini seluruh siswa atau murid diminta untuk membaca kembali apa yang sudah mereka kerjakan setelah teknik pembelajaran menyimak dan teknik pembelajaran berbicara, atau sebelum materi yang akan dijelaskan oleh guru dan murid diminta untuk membacanya terlebih dahulu.
4. Teknik pembelajaran menulis
Dan pada teknik pembelajaran menulis ini, biasanya saya meminta murid untuk menulis kembali atau merangkum seluruh dari teknik pembelajaran menyimak, teknik pembelajaran berbicara dan teknik pembelajaran membaca sebagai bahan evaluasi dalam penyelesaian sebuah pembelajaran pada pertemuan tersebut.
Nama Jafar Ridwan Alghazy
ReplyDeleteSemester IV
1.Tehnik Pembelajaran Menyimak dapat di lakukan dengan cara.
Simak-ulang ucap (memperkenalkan bunyi bahasa dengan cara mengucapkannya)
Dengar dan Kerjakan.
Menemukan Benda.
Bisik berantai.
Menyelesaikan Cerita.
Identifikasi kata kunci (kalimat yang panjang dapat dicari dengan beberapa kata kunci yang terdapat dalam kalimat)
DLL.
2. Tehnik pembelajaran berbicara bisa di lakukan dengan kegiatan yang lebih condong kepada aktivasi siswa, seperti diskusi, latihan pidato, wawancara, debat, dll sehingga siswa bisa lebih aktif dan bagus dalam berfikir cepat dan berbicara (mengemukakan).
3. Tehnik pembelajaran membaca biasanya di lakukan ketika ingin melakukan pembelajaran berupa penerangan, siswa di persilahkan dulu membaca halaman yang telah di tentukan, dengan berbagai macam tehnik membaca.
4.Tehnik pembelajaran menulis bisa di lakukan dengan kegiatan yang lebih menekankan kepada kerja tangan di barengi dengan kerja otak, seperti merangkum, menulis, mengarang, dll apalagi pelajaran bahsa indonesia yang lebih menekannkan membaca dan menulis..
Nama : Muhamad Ramadhan
ReplyDeleteSemester : 4
Pendapat dan Kesimpulan saya :
Teknik penyajian pembelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara mengajar yang digunakan oleh guru atau instruktur kepada siswa di dalam kelas agar pelajaran itu dapat ditangkap, dipahami dan digunakan siswa dengan baik. Teknik penyajian juga bisa disebut sebagai teknik atau suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan belajar mengajar, teknik penyajian juga diperlukan oleh guru, dengan penggunaan yang bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Menguasai teknik penyajian dalam mengajar merupakan hal yang sangat penting bagi seorang guru sebab seorang guru tidak dapat akan mengajar dengan baik apabila ia tidak menguasai teknik penyajian secara tepat.
Nama : Vivi
ReplyDeleteSemester : IV (empat)
1. Teknik Pembelajaran menyimak
Teknik pembelajaran menyimak dapat dilakukan secara variatif untuk menghindarin dari kesan yang monoton terhadap strategi mengajar guru di sekolah. Selain itu, melalui penggunaan teknik menyimak yang beragam menjadikan pembelajaran lebih menarik bagi siswa.
2. Teknik Pembelajaran Berbicara
Teknik pembelajaran berbicara bertujuan agar siswa lebih berani tampil didepan kelas atau didepan umum dengan menggunakan bahasa indonesia yg baik dan benar, seperti berpidato
3. Teknik Pembelajaran Membaca
Metode membaca bertujuan agar siswa mempunyai kemampuan memahami teks bacaan yang diperlukan dalam belajar siswa.
4. Teknik Pembelajaran Menulis
Teknik pembelajaran menulis ini merupakan salah satu pembelajaran keterampilan berbahasa disekolah. Siswa dapat mengungkapkan pikiran, ide, pengalaman atau perasaannya kedalam bentuk tulisan
Nama : Baniatus Sopiah
ReplyDeleteSemester : IV
1. Teknik Pembelajaran Menyimak
• Simak Ulang Ucap
Teknik simak-ulang ucap biasanya digunakan untuk memperkenalkan bunyi
bahasa dengan pengucapan atau lafal yang tepat dan jelas.
• Bermain Tebak-tebakan
Bermain tebak-tebakan dapat dilakukan dengan berbagai cara.
• Mengidentifikasi Kata Kunci
Untuk menyimak kalimat yang panjang, siswa perlu mencari kalimat intinya.
• Mengidentifikasi Kalimat Topik
Setiap paragraf dalam wacana mengandung dua unsur, yakni kalimat topik dan kalimat pengembang.
• Menjawab Pertanyaan
Melalui teknik ini siswa dilatih untuk memahami isi bahan simakan. Setelah
menyimak, siswa diminta menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi
wacana yang diperdengarkan.
• Menyelesaikan Cerita
Guru atau salah seorang siswa diminta menceritakan sebuah kisah yang sudah
dipersiapkan, sedangkan siswa lain mendengarkan cerita tersebut. Setelah
guru/siswa mengisahkan sebagian cerita, siswa lain diminta meneruskan cerita tersebut.
• Bisik Berantai
Guru membisikkan suatu pesan kepada seorang siswa. Siswa tersebut
membisikan pesan itu kepada siswa kedua. Siswa kedua membisikkan pesan
kepada siswa ketiga. Begitu seterusnya.
• Merangkum
Merangkum atau menyingkat isi bahan simakan berarti menyimpulkan isi bahan
simakan secara singkat. Siswa mencari inti bahan simakan. Bahan yang
dilisankan dapat berupa wacana sastra maupun nonsastra.
2. Teknik Pembelajaran Berbicara
Berbicara merupakan sarana utama untuk membina saling pengertian, komunikasi timbal balik, dengan menggunakan bahasa sebagai medianya. Kegiatan berbicara didalam kelas bahasa mempunyai aspek komunikasi dua arah, yakni antara pembicara dengan pendengarnya secara timbal balik. Dengan demikian latihan berbicara harus terlebih dahulu didasari oleh :(1) kemampuan mendengarkan, (2) kemampuan mengucapkan, dan (3) penguasaan (relatif) kosa kata.
3. Teknik Pembelajaran Membaca
Beberapa teknik pembelajaran membaca yang populer diterapkan dapat disebutkan berikut ini :
• Membaca cepat
• Membaca bergantian
• Presenter
• Membaca teks pidato
• Membaca berita
• Membaca intensif
• Membaca ekstensif
• Membaca kritis
• Membaca memindai
• Memberi catatan bacaan
• Mengubah bacaan ke dalam gambar.
Teknik-teknik pembelajaran membaca yang biasa ditawarkan hingga saat ini dirasa belum menyentuh semua bahasa. Artinya, teknik pembelajaran membaca tersebut lebih banyak menyinggung bahasa-bahasa dengan sistem tulisan tertentu dan tidak memberikan alternatif terhadap bahasa (bahasa) dengan sistem tulisan yang lain mengingat bahwa beberapa bahasa memiliki sistem tulisan yang unik yang berbeda dari sistem tulisan lain.
4. Teknik Pembelajaran Menulis
Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplimentasikan suatu metode. Misalnya, cara yang bagaimana yang harus dilakukan agar metode ceramah yang dilakukan berjalan efektif dan efisien.? Dengan demikian sebelum seorang melakukan proses ceramah sebaiknya memperhatikan kondisi dan situasi, seperti :
• Penulisan Kapital atau Huruf Besar
• Penulisan Huruf Miring
• Penulisan Huruf Tebal.