Wednesday, June 16, 2021

Soal UAS Model Pembelajaran Tahun 20/21

 

Soal UAS Model Pembelajaran Tahun 20/21

 Tulislah identitasmu;
  
Nama                  :  ..................................
Soal Mata Kuliah  : Model Pembelajaran
Semester            : IV (empat)

Perintah;

  1. Tulis jawabannya pada kolom komentar, jika sudah selesai klik publish.
  2. Menjawab dengan redaksi yang sama antar sesama teman atau copy paste langsung akan dianulir.
  3. jangan lupa mengisi absen.

 Soal

  1. Coba bedakan pengertian belajar, mengajar dan pembelajaran.
  2. Jelaskan tentang hakikat evaluasi, pengukuran, penilaian dan tes dalam pembelajaran.
  3. Apa saja Model pembelajaran yang umum dan sering dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran di kelas.
  4. Apa yang kalian ketahui Pembelajaran berbasis web yang popular dengan sebutan Web-Based Education(WBE).
  5. Apakah yang disebut pendekatan Ilmiah oleh seorang guru dalam mengajar.
  6. Apa indikator yang diharapkan dari model pembelajaran kreatif

20 comments:


  1. Nama : Dede Rakhman
    Soal Mata Kuliah : Model Pembelajaran
    Semester : IV (empat)
    1.belajar adalah suatu proses kegiatan untuk menghasilkan ilmu pengetahuan.
    Mengajar adalah suatu proses kegiatan yang bertujuan untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik.
    Pembelajaran adalah proses ajar mengajar secara sistematis yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas peserta didik baik ranah afektif psikomotorik dan kognitif.
    2.hakikat dari evaluasi, pengukuran, penilaian dan tes dalam pembelajaran adalah berfungsi sebagai tolak ukur atas sejauh mana peserta didik dapat menyerap kompetensi dasar dalam proses pembelajaran. Sehingga evaluasi yg dibuat harus sesuai dengan IPK atau indikator pencapaian kompetensi.dan senada dengan tujuan pembelajaran.
    3.-Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
    Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
    Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
    Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Discovery Learning)
    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
    Model pembelajaran berbasis proyek (projeck based learning)
    4.Salah satu model pengembangan pembelajaran berbasis web yang dapat digunakan adalah model pengembangan web-based learning environment yang dikembangkan oleh Hall, Watkins, dan Eller.

    Model pengembangan ini dikembangkan sebagai acuan bagi pengembang pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk diterapkan dalam pendekatan belajar yang hybrid (yang mencampurkan pembelajaran tradisional tatap muka dengan penggunaan komputer dan jaringan).
    5.pendekatan ilmiah atau yg lebih dikenal dengan Pendekatan saintifik (scientific approach) adalah model pembelajaran yang menggunakan kaidah-kaidah keilmuan yang memuat serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui observasi, menanya, eksperimen, mengolah informasi atau data, kemudian mengkomunikasikan.
    6.Pembelajaran kreatif adalah pembelajaran yang menekankan kepada bagaimana guru atau tutor memfasilitasi kegiatan belajar, sehingga suasana belajar menjadi kondusif dan nyaman, hal ini menuntut pendidik mengemas bahan pembelajaran, sehingga anak- anak dapat terangsang untuk melakukan kegiatan-kegiatan kreatif dan inovatif tapi tetap menyenangkan.
    Jadi indikator yg diharapkan adalah bagaimana siswa belajar dg menyenangkan sehingga proses transfer ilmu lebih mudah dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  2. *Nama : NUNU NURYADI*
    *Mata kuliah : model pembelajaran.*
    *Semester 1V (empat)*

    *1.* Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari peng alaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya.

    mengajar adalah" secara umum, merupakan suatu kegiatan yang kompleks dan tidak hanya sekedar menyampaikan informasi dari guru kepada siswa, tetapi mengandung banyak tindakan yang harus dilakukan agar hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan

    Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. ... Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
    Jadi kesimpulannya dari perbedaan belajar,mengajar dan pembelajaran adalah.Pembelajaran lebih menekankan pada kegiatan belajar peserta didik secara sunggh-sungguh yang melibatkan aspek intelektual, emosional, dan sosial, sedangkan pengajaran lebih cenderung pada kegiatan mengajar guru di kelas. Dengan demikian, kata pembelajaran ruang lingkupnya lebih luas daripada kata pengajaran.

    *2.* Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria-judgment atau tindakan dalam pembelajaran. ... Pengukuran atau measurement merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat nume.

    *3..*.. Pembelajaran. Istilah “model” diartikan sebagai kerangka konseptual yang ... yang efektif dilakukan siswa. ... Secara umum, pendekatan atau strategi pembelajaran dibedakan menjadi rasioanal teoretik logis.

    *4.* Menurut saya pembelajaran menggunakan web- based adalah proses belajar mengajar yang memanfaatkan internet dan media digital dalam penyampaian materinya. Metode online learning dianggap lebih dekat dengan generasi pelajar saat ini yang dikenal sangat menyatu dengan produk-produk teknologi.

    *5.* Pendekatan ilmiah merupakan suatu cara atau mekanisme pembelajaran untuk memfasilitasi siswa agar mendapatkan pengetahuan atau keterampilan dengan prosedur yang didasarkan pada suatu metode ilmiah. Agar anak semakin tekun dalam belajar dan lebih dekat dengan guru . dan guru juga lebih mengenal karakter si anak .

    *6.* . pembelajaran kreatif, merupakan model pembelajaran yang berlandaskan pada teori konstruktivisme. Model ini memfasilitasi peserta didik untuk membangun sendiri konsep-konsep baru berdasarkan konsep lama yang telah dimiliki.
    Pembelajaran “Kreatif” diartikan bahwa guru memberikan variasi dalam kegiatan pembelajaran dan membuat alat bantu pembelajaran bahkan menciptakan tekni-teknik mengajar tertentu sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik dan tujuan belajarnya

    Mohon yaa pak kalau jawaban nya tidak memuaskan

    ReplyDelete
  3. Nama : Maulana Akbar
    Soal Mata Kuliah : Model Pembelajaran
    Semester : IV (empat)

    1.perbedaan pengertian Belajar ,mengajar dan pembelajaran
    -Belajar yaitu suatu proses suatu usaha yang tidak bisa menjadi bisa yang tidak tahu menjadi tahu
    -Mengajar yaitu suatu kegiatan transfer pengetahuan dari seorang pendidik atau guru terhadap murid atau siswa guna untuk mlatih dan mendidik
    -Pemblajaran yaitu suatu Proses kegiatan pedalaman suatu materi atau pengetahuan yang khusus dalam kegiatan belajar
    2).a.Pengukuran (Measurement)
    Dengan adanya alat ukur (tes), Anda dapat melaksanakan pengukuran.
    Sering terjadi, hasil pengukuran berbeda bila diukur dua kali dengan alat
    ukur yang sama atau diukur dengan alat ukur yang berbeda walaupun
    alat ukurnya sudah baku.
    -b.Penilaian (evaluation)
    Kegiatan penilaian merupakan tindak lanjut dari adanya alat ukur (tes),
    dan dilaksanakannya pengukuran yang membuahkan hasil pengukuran.
    Keputusan mengenai penilaian tidak semata-mata didasarkan pada hasil
    pengukuran tetapi ada unsur pertimbangan dari pihak guru.
    3).-Metode Pembelajaran Metode Ceramah
    -Metode Pembelajaran
    Diskusi.
    -Metode Pembelajaran Tanya Jawab.
    -Metode Pembelajaran Demonstrasi.
    Metode Pembelajaran Eksperimen.
    - Metode Pembelajaran Karyawisata
    4).Yang saya ketahui tentang pemblajaran berbasis Web yaitu suatu kegiatan belajar yang memanfaatkan intrnet sebgai media pemblajaran sebgai komunikasi dan menyampaikan informasi pembelajaran
    5).Pendekatan ilmiah merupakan suatu cara atau mekanisme pembelajaran untuk memfasilitasi siswa agar mendapatkan pengetahuan atau keterampilan dengan prosedur yang didasarkan pada suatu metode ilmiah.
    6).Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran kreatif
    mengandung makna ketuntasan dalam belajar dan ketuntasan dalam proses pembelajaran. Artinya belajar tuntas adalah tercapainya kompetensi yang meliputi pengetahuan, ketrampilan, sikap, atau nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak.

    ReplyDelete
  4. Nama : Yanuar Heri Saputra
    Mata Kuliah : Model-nodel Pembelajaran
    Semester : IV (Empat)


    1. Pengertian Belajar adalah berubahnya pola pikir menjadi lebih luas dikarenakan bertambahnya pengetahuan dan berubahnya perilaku menjadi lebih baik dikarenakan hasil dari pemikiran-pemikiran tersebut. Sedangkan MENGAJAR adalah proses mendidik atau mengajarkan anak dengan adanya interaksi antara guru dan siswa secara langsung dan murid pun memahami proses tersebut. Jadi lebih ke proses. Lalu pengertian PEMBELAJARAN adalah wadah atau satuan atau paduan antara belajar dan mengajar. Jadi dalam pembelajaran terjadi suatu interaksi langsung antara siswa dan guru yang kemudian menghasilkan pola pikir baru karena bertambahnya pengetahuan dan juga perubahan perilaku ke arah lebih baik.

    2. Hakekat evaluasi adalah menyangkut keseluruhan sistem pembelajaran, sedangkan penilaian hanya pada aspek tertentu, kemudian pengukuran merupakan tindakan untuk mendapatkan data berupa proses atau hasil belajar dalam bentuk kuantitatif, sedangkan tes merupakan alat untuk melakukan pengukuran.

    3. ModelModel pembelajaran yang umum dan sering dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran di kelas.
    a) Model Pembelaharan Inquiry
    b) Model Pembelajaran Kontekstual
    c) Model pembelajaran berbasis Masalag
    d) Model Pemb. Project Basic Learning
    e) Model Pembelajaran Tematik
    f) Model Pembelajaran Portofolio


    4. Web based learning merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan media website yang berorientasi pada aktivitas membaca, berdiskusi. mengkonstruksi pengetahuan serta pencarian informasi dan bisa diakses melalui jaringan internet. Pembelajaran berbasis web merupakan salah satu penerapan dari pembelajaran elektronik (e-learning).


    5. Pendekatan ilmiah merupakan suatu cara atau mekanisme pembelajaran yang ditempuh oleh seorang guru untuk memfasilitasi siswa agar mendapatkan pengetahuan atau keterampilan dengan prosedur yang didasarkan pada suatu metode ilmiah.

    6. Indikator Pencapaian Pemebelajaran Kreatif :

    A. Dari dimensi guru:
    a) dalam proses belajar mengajar guru aktif dalam memantau kegiatan belajar siswa, memberi umpan balik, mengajukan pertanyaan yang menantang, mempertanyakan gagasan siswa,
    b) guru harus kreatif dalam mengembangkan kegiatan yang beragam, membuat alat bantu atau media pembelajaran, pembelajaran efektif jika guru dapat mencapai tujuan pembelajaran,
    c) agar pembelajaran menyenangkan guru harus bisa mengemas materi agar lebih mudah dipahami siswa, menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

    B. Dari dimensi siswa:
    a).siswa harus aktif dalam bertanya, mengemukakan gagasan, mempertanyakan gagasan orang lain dan gagasannya,
    b) siswa kreatif dalam menulis /merangkum, merancang atau membuat sesuatu dan menemuakan seseatu yang baru bagi diri siswa,
    c) keefektifan siswa bisa dilihat dari penguasaan ketrampilan yang dibutuhkan oleh siswa,
    pembelajaran yang menyenangkan dapat membuat siswa berani mencoba atau berbuat, berani bertanya, berani mengemukakan gagasan, berani mempertanyakan gagasan orang lain.

    ReplyDelete
  5. Nama :Nida Shania
    Soal mata kuliah :Model pembelajaran
    Semester :lV (Empat)


    Jawaban
    1. perbedaannya.
    *mengajar adalah penyampaian bahan pelajaran kepada murid agar dpaat menerima menanggapi menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran itu.
    *belajar itu merupakan suatu aktivitas Diamna kita melakukannya untuk mempelajarinya sementara
    *pembelajaran itu sesuatu yang akan kita pelajari disaat kita belajar.

    2. menurut Buana evaluasi adalah suatu kegiatan atau proses untuk menentukan nilai segala sesuatu dalam dunia pendidikan seperti program pendidikan termasuk perencanaan suatu program, substansi pendidikan seperti kurikulum, pengadaan dan peningkatan kemampuan guru, pengelolaan pendidikan, dan lain-lain.
    *pengukuran ialah proses pengumpulan informasi.
    *penilaian adalah suatu usaha yang dilakukan dalam pengambilan keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik-buruk ->bersifat kualitatif.
    *tes sebagai instrumen pengumpulan data adalah serangkaian pertanyaan / latihan yang digunakan untuk mengukur ketrampilan pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki individu / kelompok.

    3.
    1.Model Pembelajaran Inquiry.
    2.moodel Pembelajaran Kontekstual.
    3.Model Pembelajaran Ekspositori.
    4.Model Pembelajaran Berbasis Masalah.
    4.Model Pembelajaran Kooperatif.
    4.Model Pembelajaran Project Based Learning.
    5.Model Pembelajaran PAIKEM.
    6.Model Pembelajaran Kuantum (Quantum Learning)

    4.Pembelajaran berbasis web merupakan suatu pembelajaran yang bisa
    diakses melalui jaringan internet. Pembelajaran berbasis web yang popular

    dengan sebutan web-based traning (WBT) atau kadang juga disebut web

    based education (WBE)

    5.Pendekatan ilmiah merupakan suatu caraatau mekanisme pembelajaran untuk memfasilitasi siswa agar mendapatkan pengetahuan atau keterampilan dengan prosedur yang didasarkan pada suatu metode ilmiah

    6.pembelajaran kreatif adalah pmbljaran yang menekankan kpda bagiamana guru atau tutor memfasilitasi kegiatan belajar.

    ReplyDelete
  6. Nama : Siti Halimah
    SMT : IV ( Empat )
    Matkul : Model Pembelajaran
    NIM : 1920.1.023
    Hari/Tgl : Rabu, 16 Juni 2021

    1.Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat, Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya.
    Mengajar adalah proses menyampaikan informasi atau pengetahuan dari guru kepada peserta didik. Paradigma ini berimplikasi bahwa segala sesuatu ditentukan oleh guru.
    Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

    2. Hakikat tes adalah suatu alat yang berisi serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau soal-soal yang harus dijawab oleh peserta didik untuk mengukur suatu aspek perilaku tertentu
    Hakikat Pengukuran (measurement) adalah proses pemberian angka atau usaha memperoleh deskripsi numeric dari suatu tingkatan dimana seseorang peserta didik telah mencapai karakteristik tertentu.
    Hakikat Penilaian adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dari pertimbangan tertentu.
    Hakikat evaluasi adalah suatu kegiatan atau proses untuk menentukan nilai segala sesuatu dalam dunia pendidikan seperti program pendidikan termasuk perencanaan suatu program, substansi pendidikan seperti kurikulum, pengadaan dan peningkatan kemampuan guru, pengelolaan pendidikan, dan lain-lain.

    3. - Discovery-Inquiry
    - Flipped Classroom
    - Project Based Learning
    - Blended Learning dengan blog

    4. Pembelajaran yang dilakukan secara On-Line bisa dimana saja kapan saja dan dengan siapa saja. referensi belajar nya bisa dari E-Book atau sumber online yg lainnya.

    5. Pendekatan ilmiah atau Scientific yang menginspirasi atau melatarbelakangi perumusan metode mengajar dengan menerapkan karakteristik yang ilmiah

    6. (a) dapat mendukung pelaksanaan kurikulum secara maksimal,
    (b) melatih peserta didik berpikir kreatif, dan
    (c) memicu peserta didik menjalani hidup secara kreatif.

    ReplyDelete
  7. Nama : Neng syifa Nurullita
    Semester : IV
    Mata pelajaran : Model pembelajaran


    1. Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya.

    Mengajar dalam paradikma lama adalah proses menyampaikan informasi atau pengetahuan dari guru kepada peserta didik. Paradikma ini berimplikasi bahwa segala sesuatu ditentukan oleh guru.
    Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses memperoleh ilmu pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

    2. evaluasi pada hakikatnya merupakan suatu proses membuat keputusan tentang nilai suatu objek. Keputusan penilaian (value judgement) tidak hanya didasarkan kepada hasil pengukuran (quantitative description), dapat pula didasarkan kepada hasil pengamatan (qualitative description).

    pengukuran adalah membandingkan sesuatu dengan atau atas dasar ukuran tertentu Pengukuran tidak menggunakan pertimbangan mengenai baik buruknya atau nilai, tetapi hanya menghasilkan data kuantitatif dari sesuatu yang diukur.

    Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan

    Pada hakikatnya tes adalah suatu alat yang berisi serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau soal-soal yang harus dijawab oleh peserta didik untuk mengukur suatu aspek perilaku tertentu. Dengan demikian, fungsi tes adalah sebagai alat ukur.

    3. Model pembelajaran inquiry
    Model pembelajaran kontekstual
    Model pembelajaraninteraksional
    Model pembelajaran perilaku
    Model pembelajaran kooperatif
    Model pembelajaran project based learning
    4. Web-based education adalah pengajaran dan pembelajaran yang didukung oleh penggunaan teknologi internet,baik sebagai alat maupun sumber informasi.
    5. Pendekatan ilmiah merupakan suatu cara atau mekanisme pembelajaran untuk memfasilitasi siswa agar mendapatkan pengetahuan atau keterampilan dengan prosedur yang didasarkan pada suatu metode ilmiah

    6. Model ini diharapkan dapat digunakan sebagai cara memecahkan
    masalah kualitas proses dan hasil belajar pada sejumlah
    matapelajaran secara kreatif. Pengembangan model
    pembelajaran kreatif ini diharapkan dapat mendukung pembelajaran yang mampu mengantarkan peserta didik
    berpikir, bertindak, dan mempertahankan hidup secara
    kreatif. Hidup abad 21 diperlukan kecakapan berpikir,
    bertindak, dan menjalani hidup. Pengembangan model
    pembelajaran kreatif ini diharapkan (a) dapat mendukung
    pelaksanaan kurikulum secara maksimal, (b) melatih
    peserta didik berpikir kreatif, dan (c) memicu peserta didik
    menjalani hidup secara kreatif.

    ReplyDelete
  8. Nama: Novi wulandari
    Semester 4
    Mata kuliah model pembelajaran
    Jawaban:
    1. Belajar adalah suatu proses perubahan yg di dapat dalam segi perilaku atau pemikiran.
    Mengajar yaitu penyampaian materi yg lebih di dominasi guru atau pemberian materi yg berpusat hanya dari guru itu.
    Pembelajaran adalah suatu proses belajar yg dimna d 1 kelas itu guru dan murid saling berinteraksi dan menjadikan kelas lebih aktif .

    2. Hakikat evaluasi: suatu cara penilaian di akhir pembelajaran dari hasil pengamatan agar guru tahu apa materi yg belum tercapai.
    Pengukuran : membandingkan suatu nilai dengan ukuran yg sudah tertentu ukurann dasarnya dalam penilaian.
    Penilaian : kegiatan untuk memperoleh atau menganalisa hasil belajar dalam pengambilan keputusan. Tes dalam pembelajaran : tugas yg harus dikerjakan siswa untuk mengukur pencapaian apa yg sudah di dapat.

    3. Model pembelajaran berbasis masalah yg dimana guru memberikan suatu materi permasalahan yg harus di selesaikan siswa secara berkelompok. Dan mengawasi siswa agar siswa dapat memecahkan permasalahan itu. Model pembelajaran berbasis masalah sering di pakai guru dalam praktek mengajar agar siswa paham dalam materi dan saling berinteraksi satu sama lain.

    4.pembelajaran berbasis web yaitu pola pembelajaran yg memanfaatkan media yg ma pembelajaran itu memanfaatkan internet untuk berkomunikasi dan berinteraksi dan juga dapat menyampaikan informasi pembelajaran dalam situasi apapun dan dapat mengontrol kelas dari luar kelas atau jarak jauh.

    5. Pendekatan secara teratur atau alami yg dilakukan guru seperti mengamati berkomunikasi dan berinteraksi langsung agar guru dapat memahami murid dan mencapai tujuan pembelajaran dengan cara pendekatan ilmiah itu.

    6. Indikator yg diharapakan dari model pembelajaran kteatif yaitu dapat merangsang daya kteatif siswa dan merangsang daya imjinasinya dan mendorong ungkapan pribadi (daya fikir )

    ReplyDelete
  9. Nama : Dede AbdulRohim
    Semester : IV (Empat)

    JAWABAN

    1. -Pembelajaran Merupakan proses komunikasi Dua arah.
    -mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagi pendudik.
    -Sedangkan, Belajar dilakukan oleh peserta dudik atau murid.

    2. -Evalusi merupakan cara untuk mengetahui ketercapaian dari sebuah proses dalam pembelajaran dan pendidikan.
    -Pengukuran (measurement) adalah suatu proses untuk menentukan kuantitas dari sesuatu. Sesuatu itu bisa berarti peserta didik, starategi pembelajaran, sarana prasana sekolah dan sebagainya. Untuk melakukan pengukuran tentu dibutuhkan alat ukur. Dalam bidang pendidikan, psikologi, maupun variabel-variabel sosial lainnya, kegiatan pengukuran biasanya menggunakan tes sebagai alat ukur.
    -Penilaian (assesment) adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu.
    -Tes adalah pemberian suatu tugas atau rangkaian tugas dalam bentuk soal atau perintah yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Hasil pelaksanaan tugas tersebut digunakan untuk menarik kesimpulan-kesimpulan tertentu terhadap peserta didik.

    3. Model pembelajaran Yg umum dan sering Dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajar di kelas antara lain sebagai berikut:
    a.Flipped Classroom
    b.Discovery Learning
    c.Debat
    d.Play Role
    e.E Learning
    f.Problem Based Learning
    g.Inquiry Learning
    h.Project Based Learning
    i.Action Learning
    j.BYOD

    4.pembelajaran berbasis Web-based learning adalah pengajaran dan pembelajaran yang didukung oleh penggunaan teknologi internet,baik sebagai alat maupun sumber informasi, pengalaman belajar dengan memanfaatkan jaringan internet untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi pembelajaran.

    5.Pendekatan ilmiah adalah mekanisme atau cara mendapatkan pengetahuan dengan prosedur yang didasarkan pada suatu struktur logis yang terdiri atas beberapa tahapan kerja, yaitu:

    1.adanya kebutuhan objektif,
    2.perumusan masalah,
    3.pengumpulan teori,
    4.perumusan hipotesis,
    5.pengumpulan data/informasi/fakta,
    6.analisis data,
    7.penarikan kesimpulan.
    Secara sederhana, pendekatan ilmiah yaitu pendekatan disipliner dan pendekatan ilmu pengetahuan yang fungsional terhadap masalah tertentu.

    Di dalam pendekatan ilmiah, dituntut untuk dilakukan cara-cara atau langkah-langkah dengan tata urutan tertentu pula sehingga tercapai pengetahuan yang benar dan logis.

    6.model Pembelajaran kreatif adalah pembelajaran yang menekankan kepada bagaimana guru atau tutor memfasilitasi kegiatan belajar, sehingga suasana belajar menjadi kondusif dan nyaman, hal ini menuntut pendidik mengemas bahan pembelajaran, sehingga anak- anak dapat terangsang untuk melakukan kegiatan-kegiatan kreatif.

    ReplyDelete
  10. Nama: Suhaeti
    Semester:IV empat
    Matakuliah: model pembelajaran
    1. ✓Belajar adalah
    - Proses yang berifat individu yg dimana terjadi perubahan stimuli ke sejumlah informasi sehingga menyebabkan adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang dan mempengaruhi perilaku.
    ✓mengajar adalah
    - Menanamkan pengetahuan kepada anak didik dengan harapan terjadi suatu proses pemahaman
    ✓Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. ... Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

    2.Tes
    Istilah ini berasal dari bahasa latin “testum” yang berarti sebuah piringan atau jambangan dari tanah liat. Istilah ini dipergunakan dalam lapangan psikologi dan selanjutnya hanya dibatasi sampai metode psikologi, yaitu suatu cara untuk menyelidiki seseorang. Penyelidikan tersebut dilakukan mulai dari pemberian suatu tugas kepada seseorang atau untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Pada hakikatnya tes adalah suatu alat yang berisi serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau soal-soal yang harus dijawab oleh peserta didik untuk mengukur suatu aspek perilaku tertentu. Dengan demikian, fungsi tes adalah sebagai alat ukur.
    Tes adalah suatu pertanyaan atau tugas/seperangkat tugas yang direncanakan untuk memperoleh informasi tentang trait/atribut pendidikan atau psikologik yang setiap butir pertanyaan atau tugas tersebut mempunyai jawaban atau ketentuan yang dianggap benarEvaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria-judgment atau tindakan dalam pembelajaran.
    √ Penilaian dalam pembelajaran adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui program kegiatan belajar

    3.kognitif (pengetahun)
    Afektif (sikap)
    Siko motorik (keterampilan)
    4.: Web based Learning (WBL) atau Web Based Education (WBE) merupakan pembelajaran dan sistem pendidikan yang memanfaatkan halaman - halaman web pada jaringan internet. Web Based Learning merupakan salah satu bagian dari E-learning

    5.Penggunaan Pendekatan Ilmiah dan Pendekatan Klinis dengan Supervisi Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melakukan Inovasi Proses Pembelajaran, Penilaian Hasil Belajar, Evaluasi Proses Pembelajaran dan Tindak Lanjut Pelaksanaan Proses Pembelajaran

    6.Ada lima indikator pembelajaran efektif, yaitu:
    (1) pengelolaan pelaksanaan pembelajaran,
    (2) proses komunikatif,
    (3) respon peserta didik;
    (4) aktifitas belajar,
    (5) hasil belajar
    Pembelajaran dikatakan efektif bila semua indikator dimaksud mencapai kategori minimal baik.

    ReplyDelete
  11. Nama : siti jamilah
    Semester : 4
    Mata kuliah : model model pembelajaran

    Jawaban

    1. - Belajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh siswa atau peserta didik.
    - Mengajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru sebagai pendidik untuk menyampaikan pengetahuan kepada murid atau peserta didik.
    - Pembelajaran adalah proses komunikasi dua arah antara pendidik dan peserta didik

    2. - Evaluasi menyangkut keseluruhan sistem pembelajaran.
    - pengukuran merupakan tindakan untuk mendapatkan data berupa proses atau hasil belajar dalam bentuk kuantitatif.
    - penilaian yaitu hanya pada aspek tertentu.
    - tes merupakan alat untuk melakukan pengukuran.

    3. - model pembelajaran langsung
    - model pembelajaran kontekstual
    - model pembelajaran kooperatif

    4. Web Based Education ( WBE) adalah sistem pembelajaran dan pengajaran yang di dukung oleh penggunaan teknologi internet.

    5. Pendekatan ilmiah yaitu konsep dasar yang melatarbelakangi perumusan metode mengajar dengan menerapkan karakteristik ilmiah. Penerapan metode ilmiah membantu guru mengidentifikasi perbedaan kemampuan siswa.

    6. Indikator model pembelajaran kreatif
    - memiliki kemampuan imajinatif
    - percaya diri
    - bisa menghasilkan sesuatu yang
    baru.

    ReplyDelete
  12. Nama : Novia Rahmawati
    Semester : 4
    Mata Kuliah : Model-model Pembelajaran


    1. ✓ Belajar adalah suatu kegiatan yang diberikan kepada anak dengan perubahan" dan perilaku dari pengalaman atau latihan yang diperkuat
    ✓ Mengajar adalah suatu pengajaran dari seorang guru untuk menyampaikan informasi atau pengetahuan untuk peserta didik
    ✓ Pembelajaran adalah hal yang sangat spesifik yang harus di capai oleh pendidik dalam kegiatan pembelajaran untuk peserta didiknya dalam kurung waktu tertentu

    2. ✓ evaluasi adalah penilaian yang sistematis tentang manfaat dan kegunaan suatu objek
    ✓ pengukuran adalah suatu proses untuk membuat kualifikasi prestasi individu,yaitu antara lain kepribadiannya,sikapnya,kebiasaanya dan kecakapannya
    ✓ penilaian adalah rangkaian kegiatan untuk memperoleh,menganalisis dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik
    ✓ tes adalah pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengetahui atau mengukur kemampuan peserta didik baik lisan maupun tulisan

    3. 1) koperatif
    2) kontekstual
    3) Realistik
    4) Pembelajaran langsung
    5) pembelajaran berbasis masalah

    4. Web-Based Education ( WBE) Merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan media website/internet dengan cara berorientasi terhadap aktivitas membaca, berdiskusi

    5. Pendekatan ilmiah yaitu merupakan bagian pendekatan pedagogis dalam pelaksanaan belajar mengajar dengan peserta didik

    6. indikator model pembelajarn kreatif :
    1) mampu berimajinatif
    2) prakarsa/dorongan
    3) memiliki minat yang luas
    4) Naluri
    5) memiliki rasa ingin tahu
    6) energi/kemampuan
    7) percaya diri
    8) yakin
    9) bersedia mengambil resiko

    ReplyDelete
  13. Nama : Fauzan fazri
    Mata Kuliah : Model-nodel Pembelajaran
    Semester : IV (Empat)

    1) Belajar adalah perubahan pada seseorang dari yg tidak bisa menjadi bisa, sedangkan
    Mengajar adalah bentuk usaha yg dilakukan oleh orang yg sudah ahli kepada orang yg belum ahli, dan
    Pembelajaran adalah bentuk dari keduannya ( belajar dan mengajar ), bisa disebut proses, misal si A mengajarkan si B baca, dan si A belajar sampai dia bisa membaca.

    2) *Evalusi merupakan cara untuk mengetahui pencapaian dari sebuah proses dalam pembelajaran
    *Pengukuran adalah suatu proses untuk menentukan kuantitas dari sesuatu. Sesuatu itu bisa berarti peserta didik
    *Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran
    *Tes adalah pemberian tugas dalam bentuk soal atau perintah yang harus dikerjakan oleh peserta didik dalam pembelajaran

    3) model Pembelajaran discovery atau inquiry,
    model pembelajaran berbasis masalah,
    model pembelajaran berbasis proyek,
    model pembelajaran kontekstual,
    model pembelajaran kooperatif

    4) Web-Based Education(WBE) yaitu pembelajaran yang memanfaatkan halaman halaman web pada jaringan internet

    5) Yang disebut Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran itu meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran

    6) mengarahkan siswa untuk berpikir kreatif, membentuk sikap tanggung jawab dan kerjasama dalam pembelajaran yang dilakukan baik secara individual maupun kelompok.

    ReplyDelete
  14. Nama mahasiswa:Ivania Rismawati Rahayu
    Semester : lV
    Mata kuliah:Model-Model pembelajaran

    5.pendekatan ilmiah atau yg lebih dikenal dengan Pendekatan saintifik (scientific approach) adalah model pembelajaran yang menggunakan kaidah-kaidah keilmuan yang memuat serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui observasi, menanya, eksperimen, mengolah informasi atau data, kemudian mengkomunikasikan.
    6.Pembelajaran kreatif adalah pembelajaran yang menekankan kepada bagaimana guru atau tutor memfasilitasi kegiatan belajar, sehingga suasana belajar menjadi kondusif dan nyaman, hal ini menuntut pendidik mengemas bahan pembelajaran, sehingga anak- anak dapat terangsang untuk melakukan kegiatan-kegiatan kreatif dan inovatif tapi tetap menyenangkan.
    Jadi indikator yg diharapkan adalah bagaimana siswa belajar dg menyenangkan sehingga proses transfer ilmu lebih mudah dan menyenangkan.
    1.Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid.
    2.hakikat dari evaluasi, pengukuran, penilaian dan tes dalam pembelajaran adalah berfungsi sebagai tolak ukur atas sejauh mana peserta didik dapat menyerap kompetensi dasar dalam proses pembelajaran. Sehingga evaluasi yg dibuat harus sesuai dengan IPK atau indikator pencapaian kompetensi.dan senada dengan tujuan pembelajaran.
    4.Pembelajaran berbasis web terkait dengan sumber belajar yang disajikan melalui aplikasi web, termasuk jika sumber belajar itu dikemas pada CD-ROM atau media lain.
    3.-Model ceramah
    -Model tanya jawab
    -Model pengelompokkan.

    ReplyDelete
  15. Nama: Siti nurfadilah
    Mata kuliah: model pembelajaran
    Semester: IV

    1. > Belajar yaitu berubahnya pola berfikir karena bertambahnya pengetahuan dan perubahan tingkah laku atas hasil dari belajar tersebut sehingga bisa menjadi lebih baik.
    > Mengajar yaitu memberikan pengetahuan atau hal yang tidak diketahui oleh peserta didik dengan tujuan untuk mencerdaskan peserta didik
    > Pembelajaran yaitu suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik dengan adanya kegiatan belajar mengajar
    2. Tes yaitu suatu tugas atau pertanyaan yang direncanakan oleh pendidik untuk mendapatkan informasi tentang pendidikan
    Pengukuran yaitu sebagai pemberian angka-angka pada obyek nenurut suatu aturan tertentu
    Penilaian merupakan proses menentukan nilai suatu obyek
    Evaluasi yaitu kegiatan identifikasi untuk melihat apakah suatu program yang telah di rencanakan telah tercapai atau belum
    3. - koperatif
    - konstektual
    - realistik
    4. Pembelajaran berbasis web yaitu aplikasi web dalam dunia pembelajaran untuk sebuah proses pendidikan dapat dikatakan bahwa semua pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi tertentu
    5. Pendekatan ilmiah merupakan perumusan metode mengajar dengan menerapkan karakteristik yang ilmiah
    6. - untuk melatih peserta didik berfikir kreatif
    - dapat mendukung pelaksanaan kurikulun semua maksimal



    ReplyDelete
  16. Nama : wahyu wardhana
    Soal Mata Kuliah : Model Pembelajaran
    Semester : IV (empat)



    1. Belajar adalah perubahan dalam perilaku atau potensi seseorang yang merupakan hasil dari suatu pengalaman maupun latihan yang telah dikerjakan.

    Mengajar adalah memberikan pelajaran kepada peserta didik menggunakan cara melatih dan memberi arahan agar mereka mendapatkan pengalaman.

    Pembelajaran adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan peserta didik dan pengajar dalam lingkungan belajar.



    2. Hakikat evaluasi pengajaran adalah berfikir secara mendalam dan luas untuk menilai atau mengukur segala sesuatu yang berhubungan dengan pengajaran.

    Pengukuran adalah proses untuk mengetahui kualitas berdasarkan jumlah tanpa pemberian kesan atau pendapat.

    Penilaian adalah proses untuk mengetahui kualitas berdasarkan jumlah dengan memberikan kesan, agar pengukuran yang dilakukan memiliki makna.

    tes merupakan suatu metode yang digunakan dalam rangka melakukan kegiatan pengukuran, yang terdapat pertanyaan, atau tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik.

    3. - ceramah
    - diskusi
    - demonstrasi
    - eksperimental
    - latihan
    - debat
    - mind map
    - penelitian

    4. Pembelajaran berbasis WEB adalah pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet dan selama proses belajar dirasakan terjadi oleh yang mengikutinya.


    5. pendekatan ilmiah adalah penggunaan teori suatu bidang ilmu untuk mendekati suatu masalah.


    6. (a) dapat mendukung pelaksanaan kurikulum secara maksimal, (b) melatih peserta didik berpikir kreatif, dan (c) memicu peserta didik menjalani hidup secara kreatif.

    ReplyDelete
  17. Nama : Siti Hamidah
    Semester : IV

    1) belajar ialah berubahnya pola pikir secara lebih luas karna tambahnya pengetahuan dan berubahnya prilaku karna hasil dri pemikiran tsb menjadi lebih baik.
    Mengajar adalah proses mendidik anak dgn interaksi dari guru trhadap murid secara langsung dan adanya pemahaman dari murid tsb.
    Pembelajaran adalah perpanduan antara belajar dan mengajar yg menciptakan suatu pemahaman kemudian timbul pemikiran dan perubahan sikap dlm diri seorang murid dan menjadikannya lebih baik.
    2) tes adalah suatu alat yg berisi serangkaian tugas yg harus dikerjakan atau soal2 yg harus dijawab oleh peserta didik untuk mengukur suatu aspek prilaku tertentu.
    Pengukuran adalah suatu proses/kegiatan untuk menentukan kuantitas "sesuatu"
    Penilaian adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tersebut untuk menilai hasil belajar & perkembangan belajar siswa.
    Evaluasi berasal dari b.inggris yg berarti penilaian/penaksiran
    3) koperatif
    Konstektual
    Realistik
    Berbasis masalah
    4) pembelajaran berbasis web adalah aplikasi teknologi web dlm dunia pembelajaran untuk sebuah proses pendidikan.
    5) pendekatan ilmiah atau scientifia yg menginspirasi atau melatarbelakangi perumusan metode mengajar dgn menerapkan karakteristik yang imliah.
    6) pembelajaran kreatif adalah bagaimana guru memfasilitasi kegiatan belajar dan mengemas bahan pembelajaran sehingga suasana belajar menjadi kondusif dan nyaman. Indikator: bagaimana siswa belajar dgn senang sehingga proses transfer ilmu lebih mudah.

    ReplyDelete
  18. Nama : Ma'mun Maulana
    Mata kuliah : Model pembelajaran
    Semester : 4 (empat)
    Jawaban
    1. -Belajar adalah proses atau usaha yang dilakkan tiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari.
    -Mengajar merupakan kegiatan yg dilakukan guru dengan siswa sesuai materi yg akan disampaikannya.
    -Pembelajaran merupakan penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses belajar pada diri siswa dan mengajar untuk guru. Yang berorientasi pada pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa sebagai sasaran pembelajaran.
    2. Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria-judgment atau tindakan dalam pembelajaran.
     -Penilaian dalam pembelajaran adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui program kegiatan belajar.
    - Pengukuran atau measurement merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat numerik. Pengukuran lebih bersifat kuantitatif, bahkan merupakan instrumen untuk melakukan penilaian.
    3. Macam-Macam Model Pembelajaran
    -Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) ...
    -Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) ...
    -Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) ...
    -Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) ...
    -Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).

    4. Pembelajaran berbasis web yang populer dengan sebutan web-based training (WBT) atau kadang disebut web-based education (WBE) dapat didefinisikan sebagai aplikasi teknologi web dalam dunia pembelajaran untuk sebuah proses pendidikan.
     dalam pembelajaran Web Based Learning terdapat fitu-fitur pendukung dalam proses pembelajaran, diantaranya :
    1. Informasi pelajaran, catatan pengumuman dan jadwal.
    2.Peta kurikulum.
    3. Bahan ajar seperti slide, handout dan artikel.
    4.komunikasi melalui email dan forum/grup.
    5.Penilaian formatif dan sumatif.
    6. Alat manajemen siswa seperti record, statistics, student tracking.

    5. Pendekatan ilmiah merupakan suatu cara atau mekanisme pembelajaran untuk memfasilitasi siswa agar mendapatkan pengetahuan atau keterampilan dengan prosedur yang didasarkan pada suatu metode ilmiah.
    6. Setting pengajaran konstruktivistik yang mendorong konstruksi pengetahuan secara aktif memiliki beberapa ciri: (1) menyediakan peluang kepada siswa belajar dari tujuan yang ditetapkan dan mengembangkan ide-ide secara lebih luas; (2) mendukung kemandirian siswa belajar dan berdiskusi, membuat hubungan, merumuskan kembali ide-ide, dan menarik kesimpulan sendiri; (3) sharing dengan siswa mengenai pentingnya pesan bahwa dunia adalah tempat yang kompleks di mana terdapat pandangan yang multi dan kebenaran sering merupakan hasil interpretasi; (4) menempatkan pembelajaran berpusat pada siswa dan penilaian yang mampu mencerminkan berpikir divergen siswa

    ReplyDelete
  19. Nama : Siti Rukoyah
    Semester:4
    Matkul:model pembelajaran
    1.pembelajaran adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman dan latihan yang di perkuat.
    Pengajar yaitu proses menyampaikan informasi atau pengetahuan dari guru kepada peserta didik.
    Pembelajaran merupakan proses interaksi
    Peserta didik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar dan untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik
    2.Evaluasi adalah suatu proses membuat keputusan tentang nilai suatu objek.
    Pengukuran kegiatan perbandingan suatu kemampuan yang bisa dicapai oleh peserta didik masing -masing.
    Penilaian merupakan hasil yang telah dicapai peserta didik setelah melakukan evaluasi,pengukuran dan tes.
    3.harus memperhatikan kondisi siswa serta sifat dan bahan ajar yang akan di sampaikan kepada peserta didik , fasolitas media yang tersedia dan kondisi guru itu sendiri.
    4.memiliki jutuan utama untuk menyediakan materi pendidikan agar lebih mudah untuk belajar apa lagi di jaman yang lebih maju ini.
    5.hasil pemahaman manusia yang diperolah dengan penelitian dan menggunakan metode -metode ilmiah.
    6.a.dapat mendukung pelaksanaan kurikulum secara maksimal
    B.melatih peserta didik berpikir kreatif dan c.memicu peserta didik menjalani hidup secara kratif.

    ReplyDelete
  20. Nama : Ika gandriasih
    Semester : IV

    1. ✓Belajar adalah
    - Proses yang berifat individu yg dimana terjadi perubahan stimuli ke sejumlah informasi sehingga menyebabkan adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang dan mempengaruhi perilaku.
    ✓mengajar adalah
    - Menanamkan pengetahuan kepada anak didik dengan harapan terjadi suatu proses pemahaman.
    ✓Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. ... Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
    Peniaian
    Setiap guru pasti pernah memberikan penilaian, dan di setiap penilaian umumnya diawali dengan sebuah kegiatan pengukuran dengan instrument tes maupun skala sikap (non tes). Menurut Suryanto (2009) Asesmen (penilaian) merupakan kegiatan untuk mengumpulkan informasi tersebut untuk menilai hasil belajar dan perkembangan belajar siswa. Sedangkan Djaali (2004) menjelaskan bahwa penilaian merupakan suatu tindakan atau proses menentukan nilai (makna) suatu obyek.

    Pengukuran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas “sesuatu”. Kata “sesuatu” bisa berarti peserta didik, guru, gedung sekolah, meja belajar, papan tulis, dll. Dalam proses pengukuran tentu guru harus menggunakan alat ukur (tes atau non tes).
    evaluasi pada hakikatnya merupakan suatu proses membuat keputusan tentang nilai suatu objek. Keputusan penilaian (value judgement) tidak hanya didasarkan kepada hasil pengukuran (quantitative description), dapat pula didasarkan kepada hasil pengamatan (qualitative description).
    Tes adalah pemberian suatu tugas atau rangkaian tugas dalam bentuk soal atau perintah yang harus dikerjakan oleh peserta didik.

    3.kognitif /pengetahuan
    Afektif / sikap
    Psikomotorik/ keterampilan


    4.Pembelajaran berbasis web yang populer dengan sebuta Web-Based Education (WBE) atau kadang disebut e-learning (electronic learning) dapat didefinisikan sebagai aplikasi teknologi web dalam dunia pembelajaran untuk sebuah proses pendidikan . secara sederhana dapat dikatakan bahwa semua pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet dan selama proses belajar dirasakan terjadi oleh yang mengikutinya, maka kegiatan it dapat disebut sebagai pembelajaran berbasis web.

    5.Pendekatan ilmiah adalah pendekatan yang dapat membantu siswa dalam berpikir kritis sekaligus aktif dalam memecahkan suatu masalah.

    6.(1) pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, (2) proses komunikatif, (3) respon peserta didik; (4) aktifitas belajar, (5) hasil belajar. Untuk kelima indikator pembelajaran efektif saling terkait dan saling mendukung.

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...