Wednesday, June 16, 2021

Soal UAS Psikologi Pendidikan Tahun 20/21

 

Soal UAS Psikologi Pendidikan Tahun 20/21

Tulislah identitasmu;
  
Nama                  :  ..................................
Soal Mata Kuliah  : Psikologi Pendidikan
Semester            : VI (enam)

Perintah;

  1. Tulis jawabannya pada kolom komentar, jika sudah selesai klik publish.
  2. Menjawab dengan redaksi yang sama antar sesama teman atau copy paste langsung akan dianulir.
  3. jangan lupa mengisi absen.

 Soal

  1. Apa pentingnya psikologi belajar bagi seorang guru
  2. Jelaskan tentang perkembangan Kemampuan motorik manusia secara umum.
  3. Apakah yang dimaksud dengan Belajar verbal dan berikan contoh konkritnya.
  4. landasan pendidikan itu sangat penting karena ia mempengaruhi baik dan buruknya praktik pendidikan, untuk  memengaruhi hasil pendidikan, mengarahkan para pendidik dalam praktik pendidikan, dan memperkokoh praktik pendidikan yang selama ini telah berjalan dengan baik. pernyataan ini menurutmu itu pendapat siapa?
  5. Jelaskan perbedaan tentang metode yang bersifat filosofis dan metode yang bersifat empiris. Berikan contoh masing-masing.

17 comments:

  1. Nama : RUSLAN
    Soal Mata Kuliah : Priskologi Pendidikan
    Semester : Vl (enam)

    1. Psikologi pendidikan dapat membantu guru dan calon guru dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran siswa yang lebih adil, baik dalam teknis evaluasi, pemenuhan prinsip-prinsip evaluasi maupun menentukan hasil-hasil evaluasi.
    2.Perkembangan motorik adalah suatu perubahan dalam perilaku gerak yang memperlihatkan interaksi dari kematangan makhluk dan lingkungannya. ... Pada manusia perkembangan motorik merupakan perubahan kemampuan gerak dari bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak.
    3. Pembelajaran verbal merupakan beberapa situasi pembelajaran dimana tugas-tugas yang membutuhkan orang yang belajar untuk merespon materi bahan-bahan verbal seperti kata-kata atau menanggapi dengan respon verbal.
    Misalnya, kata “kursi” dan “meja”, kata “jendela” dan “pintu”, kedua bentuk kata itu sangat dekat asosiasinya karena sering muncul dalam konteks dan situasi keseharian hidup manusia.
    4. Menurut pendapatnya Jhon Locke(1632-1704).
    5. Metode yang dilakukan dengan sengaja untuk mengadakan suatu penyelidikan atau dengan cara tidak sengaja dalam pergaulan sehari-hari. Metode yang dilakukan dengan jalan merenungkan objek yang akan diketahui dengan mempergunakan kemampuan berpikir.
    Contohnya : Metode Intuitif, metode kontemplatif, metode Religius
    Empiris ini merupakan suatu metode pengamatan yang dilakukan oleh indera manusia, sehingga metode yang digunakan itu juga dapat atau bisa diketahui serta juga diamati oleh orang lain.
    Contohnya : metode observasi, metode pengumpulan data, metode eksperimen, metode klinis.

    ReplyDelete
  2. Nama : Muhammad Abdul Muhi
    Mata Pelajaran : Psikologi Pendidikan
    Semester : VI (Enam)
    jawaban :

    1-Salah satu alasan pentingnya psikologi pendidikan bagi seorang guru adalah terciptanya kondisi belajar yang menyenangkan selama proses pembelajran berlangsung baik di dalam kelas maupun di luar kelas.Dengan kondidi emosional yang terjalin erat dan harmonis tersebut akan menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan

    2-Perkembangan motorik adalah suatu perubahan dalam perilaku gerak yang memperlihatkan interaksi dari kematangan makhluk dan lingkungannya.Pada manusia perkembangan motorik merupakan perubahan kemampuan gerak dari bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak.

    3-Belajar verbal merupakan beberapa situasi pembelajaran dimana tugas-tugas yang membutuhkan orang yang belajar untuk merespon materi bahan-bahan verbal seperti kata-kata atau menanggapi dengan respon yang baik
    Contoh nya : Belajar untuk memainkan peran dalam sebuah drama yang menggunakan bahasa asing,
    atau berupa tangisan ketika bersedih

    4-Menurut Charles Mclehert bahwa landasan pendidikan itu sangat penting karena nya dapat mempengaruhi baik dan buruknya praktik pendidikan, untuk memengaruhi hasil pendidikan, mengarahkan para pendidik dalam praktik pendidikan, dan memperkokoh praktik pendidikan yang selama ini telah berjalan dengan baik.

    5-Metode filosofis suatu penelitian yang di gunakan cara bertindak menurut sistem aturan tertentu berdasarkan objek formal yang ditentukan menurut suatu pendapat dan pemikiran khas untuk berfilsafat. Metode filsafat terus berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan filsafatnya itu sendiri. Sedangkan Metode empiris suatu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang dilihat di lapangan secara apa adanya.

    ReplyDelete
  3. Nama : Parhan Naufal
    Pelajaran : Psikologis Pendidikan
    Semester : VI
    JAWABAN :

    1. Psikologis terhadap Guru sangat penting sekali Karena
    •Untuk Memahami Keadaan Siswanya
    •Untuk Menciptakan Kondisi Belajar Yang Kondusif
    •Untuk Menentukan Stategi Pembelaharan
    •Memudahkan Membimbing Siswa
    •Untuk Menentukan Pendekatan Yang cocok untuk siswa

    2.Perkembangan motorik adalah suatu perubahan dalam perilaku gerak yang memperlihatkan interaksi dari kematangan makhluk dan lingkungannya

    3.Gaya belajar verbal ditandai dengan preferensi untuk menggunakan kata-kata, baik dalam membaca maupun menulis dalam memahami pelajaran. Pelajar verbal nyaman dengan banyak membaca, berbicara, dan menulis saat belajar.
    Contoh nya : Belajar untuk memainkan peran dalam sebuah drama yang menggunakan bahasa asing,
    atau berupa tangisan ketika bersedih

    4-Menurut Charles Mclehert bahwa landasan pendidikan itu sangat penting karena nya dapat mempengaruhi baik dan buruknya praktik pendidikan, untuk memengaruhi hasil pendidikan, mengarahkan para pendidik dalam praktik pendidikan, dan memperkokoh praktik pendidikan yang selama ini telah berjalan dengan baik.

    5-Metode filosofis suatu penelitian yang di gunakan cara bertindak menurut sistem aturan tertentu berdasarkan objek formal yang ditentukan menurut suatu pendapat dan pemikiran khas untuk berfilsafat. Metode filsafat terus berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan filsafatnya itu sendiri. Sedangkan Metode empiris suatu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang dilihat di lapangan secara apa adanya.

    ReplyDelete
  4. Nama : Adang..................................
    Soal Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan
    Semester : VI (enam)



    Jawaban
    No 1
    Psikologi pendidikan dapat membantu guru dan calon guru dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran siswa yang lebih adil, baik dalam teknis evaluasi, pemenuhan prinsip-prinsip evaluasi maupun menentukan hasil-hasil evaluasi.

    No 2
    Perkembangan motorik adalah suatu perubahan dalam perilaku gerak yang memperlihatkan interaksi dari kematangan makhluk dan lingkungannya. ... Pada manusia perkembangan motorik merupakan perubahan kemampuan gerak dari bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak.

    No 3
    Pembelajaran verbal merupakan beberapa situasi pembelajaran dimana tugas-tugas yang membutuhkan orang yang belajar untuk merespon materi bahan-bahan verbal seperti kata-kata atau menanggapi dengan respon verbal.

    No 4
    Menurut Charles Mclehert bahwa landasan pendidikan itu sangat penting karena nya dapat mempengaruhi baik dan buruknya praktik pendidikan, untuk memengaruhi hasil pendidikan, mengarahkan para pendidik dalam praktik pendidikan, dan memperkokoh praktik pendidikan yang selama ini telah berjalan dengan baik.

    No 5
    Metode bersifat Filosofis
    Metode yang dilakukan dengan sengaja untuk mengadakan suatu penyelidikan atau dengan cara tidak sengaja dalam pergaulan sehari-hari. Metode yang dilakukan dengan jalan merenungkan objek yang akan diketahui dengan mempergunakan kemampuan berpikir.
    Contohnya : Metode Intuitif, metode kontemplatif, metode Religius


    Metode empiris dalam psikologi
    Metode eksperimental
    Adalah suatu metode dalam ilmu jiwa yang berusaha untuk menyelidiki atau mempelajari dengan sengaja dan teratur gejala-gejala jiwa sendiri dengan membandingkan dengan gejala jiwa orang lain dan mencoba mengambil kesimpulan dari gejala yang ditunjukkan.
    Contohnya : metode observasi, metode pengumpulan data, metode eksperimen, metode klinis.

    ReplyDelete
  5. Nama : Neng Elly Nurlaeli
    Mata Pelajaran : Psikologi Pendidikan
    Semester : VI (Enam)


    1. Psikologi pendidikan dapat membantu guru dan calon guru dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran siswa yang lebih adil, baik dalam teknis evaluasi, pemenuhan prinsip-prinsip evaluasi maupun menentukan hasil-hasil evaluasi.

    2.Perkembangan motorik adalah suatu perubahan dalam perilaku gerak yang memperlihatkan interaksi dari kematangan makhluk dan lingkungannya. ... Pada manusia perkembangan motorik merupakan perubahan kemampuan gerak dari bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak.

    3. Pembelajaran verbal merupakan beberapa situasi pembelajaran dimana tugas-tugas yang membutuhkan orang yang belajar untuk merespon materi bahan-bahan verbal seperti kata-kata atau menanggapi dengan respon verbal.
    Misalnya, kata “kursi” dan “meja”, kata “jendela” dan “pintu”, kedua bentuk kata itu sangat dekat asosiasinya karena sering muncul dalam konteks dan situasi keseharian hidup manusia.

    4. Menurut pendapatnya Jhon Locke(1632-1704).

    5-Metode filosofis suatu penelitian yang di gunakan cara bertindak menurut sistem aturan tertentu berdasarkan objek formal yang ditentukan menurut suatu pendapat dan pemikiran khas untuk berfilsafat. Metode filsafat terus berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan filsafatnya itu sendiri. Sedangkan Metode empiris suatu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang dilihat di lapangan secara apa adanya

    ReplyDelete
  6. Nama. : Sahepa hakiki
    Semester : VI (enam)
    Matkul ; fisikologi pendidikan

    Jawab .

    1. Salah satu alasan pentingnya psikologi pendidikan bagi seorang guru adalah terciptanya kondisi belajar yang menyenangkan selama proses pembelajran berlangsung baik di dalam kelas maupun di luar kelas. ... Dengan kondidi emosional yang terjalin erat dan harmonis tersebut akan menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan
    2. Perkembangan motorik adalah suatu perubahan dalam perilaku gerak yang memperlihatkan interaksi dari kematangan makhluk dan lingkungannya. ... Pada manusia perkembangan motorik merupakan perubahan kemampuan gerak dari bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak.
    3. .Pembelajaran verbal (verbal learning) adalah semua situasi belajar yang menghendaki sipelajar memberikan respon terhadap materi verbal seperti kata atau memberikan respon yang bersifat verbal Misalnya, kata “kursi” dan “meja”, kata “jendela” dan “pintu”, kedua bentuk kata itu sangat dekat asosiasinya karena sering muncul dalam konteks dan situasi keseharian hidup manusia.
    4. Menurut pendapatnya Jhon Locke(1632-1704).
    5. Metode bersifat Filosofis
    Metode yang dilakukan dengan sengaja untuk mengadakan suatu penyelidikan atau dengan cara tidak sengaja dalam pergaulan sehari-hari sedangkan Empiris berarti cara-cara yang dilakukan itu dapat diamati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara-cara yang digunakan. Sistematis artinya, proses yang digunakan dalam penelitian itu menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat Page 2 46 logis.
    *Contoh metode yg bersifat fisiolofis Guru menggunakan dialog yang berupa pertanyaan terbimbing kepada peserta didik untuk menstimulasi penalaran siswa terhadap materi pembelajaran. Dalam sistem penilaian, guru banyak menggunakan soal-soal dengan standar intelektual tinggi (Higher Order Thinking Skills) yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan siswa
    *Metode yang bersifat empiris
    Contohnya : metode observasi, metode pengumpulan data, metode eksperimen, metode klinis.

    ReplyDelete
  7. Nama :Dana Iskandar
    Mata kuliah:Psikologi pendidikan
    Semester. :VI (enam)

    Jawab.
    1.Agar terciptanya kondisi belajar yang menyenangkan selama proses pembelajran berlangsung baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

    2.yaitu merupakan salah satu perubahan kemampuan gerak dari bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak.

    3.Pembelajaran verbal adalah semua situasi belajar yang menghendaki sipelajar memberikan respon terhadap materi verbal seperti kata atau memberikan respon yang bersifat verbal.
    Contohnya:yaitu seperti membaca, mengingat alfabeth,dan menghafal hari dalam seminggu,bulan dalam setahun

    4.(Menurut Charles Mclehert) bahwa landasan pendidikan itu sangat penting karena nya dapat mempengaruhi baik dan buruknya praktik pendidikan, untuk memengaruhi hasil pendidikan, mengarahkan para pendidik dalam praktik pendidikan, dan memperkokoh praktik pendidikan yang selama ini telah berjalan dengan baik.


    5.Metode filosofis suatu penelitian yang di gunakan cara bertindak menurut sistem aturan tertentu berdasarkan objek formal yang ditentukan menurut suatu pendapat dan pemikiran khas untuk berfilsafat. Metode filsafat terus berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan filsafatnya itu sendiri. Sedangkan Metode empiris suatu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang dilihat di lapangan secara apa adanya.Contoh metode empiris misalnya bila jumlah kendaraan bermotor meningkat, otomatis lalu lintas akan jadi semakin padat.

    ReplyDelete
  8. Nama : Jafar Ridwab Alghazy
    Mata kuliah : Psikologi Pendidikan.
    Semester : VI

    1. Dapat membantu guru mengetahui karakteristik siswa, membantu guru mengembangkan kualitas siswa khusunya dalam bidng afektif, dan membantu mengembangkan evaluasi pembalajaran siswa dengan lebih baik.

    2.Pada manusia perkembangan motorik merupakan perubahan kemampuan gerak dari bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak.

    3. Pembelajaran verbal merupakan beberapa situasi pembelajaran dimana tugas-tugas yang membutuhkan orang yang belajar untuk merespon materi bahan-bahan verbal seperti kata-kata atau menanggapi dengan respon verbal
    Contohnya seperti mengahafal kosakata, belajar percakapan, mengarang yang nnti akan di ceritakan di depan kelas.

    4.Charles Mclehert

    5.Metode bersifat Filosofis
    Metode yang dilakukan dengan sengaja untuk mengadakan suatu penyelidikan atau dengan cara tidak sengaja dalam pergaulan sehari-hari. Metode yang dilakukan dengan jalan merenungkan objek yang akan diketahui dengan mempergunakan kemampuan berpikir.
    Contohnya : Metode Intuitif,kontemplatif, Religius.

    Metode empiris dalam psikologi
    Metode eksperimental
    Adalah suatu metode dalam ilmu jiwa yang berusaha untuk menyelidiki atau mempelajari dengan sengaja dan teratur gejala-gejala jiwa sendiri dengan membandingkan dengan gejala jiwa orang lain dan mencoba mengambil kesimpulan dari gejala yang ditunjukkan.
    Contohnya : metode observasi, metode pengumpulan data, metode eksperimen, metode klinis.

    ReplyDelete
  9. Nama: NANANG
    Semester: VI (Enam)
    Mata kuliah: Psikologi Pendidikan

    Jawaban:

    1.Agar mengetahui proses perkembangan jiwa peserta didiknya dan menjadi salah satau indikator seseorang guru dikatakan profesional jika ia dapat memahami kondisi siswanya baik secara pisik terlebih secara mental.

    2.Perkembangan motorik pada manusia secara umum merupakan perubahan kemampuan gerak dari bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak.

    3.Belajar verbal merupakan beberapa situasi pembelajaran dimana tugas-tugas yang membutuhkan orang yang belajar untuk merespon materi bahan-bahan verbal seperti kata-kata atau menanggapi dengan respon yang baik
    Contoh nya : Belajar untuk memainkan peran dalam sebuah drama yang menggunakan bahasa asing,
    atau berupa tangisan ketika bersedih

    4. Menurut Charles Mclehert bahwa landasan pendidikan itu sangat penting karena nya dapat mempengaruhi baik dan buruknya praktik pendidikan, untuk memengaruhi hasil pendidikan, mengarahkan para pendidik dalam praktik pendidikan, dan memperkokoh praktik pendidikan yang selama ini telah berjalan dengan baik.

    5. Metode filosofis suatu penelitian yang di gunakan cara bertindak menurut sistem aturan tertentu berdasarkan objek formal yang ditentukan menurut suatu pendapat dan pemikiran khas untuk berfilsafat. Metode filsafat terus berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan filsafatnya itu sendiri. Sedangkan Metode empiris suatu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang dilihat di lapangan secara apa adanya.

    ReplyDelete
  10. Nama : ambariah
    Matkul : psikologi pendidikan
    Semester : IV (Enam)

    1. Psikologi belajar ini sangat penting bagi seorang guru karna dengan pisikologi beljar guru dapat mendidik siswa dengan lebih baik dan adil.

    2. menurut saya Perkembangan motorik Manusia secara umum adalah perbuhan bentuk dan gerak dari masih bayi hingga dewasa

    3. Yang saya ketahui belajar verbal adalah pembelajaran yang membutuhkan respon dari orang yang belajar dengan kata-kata atau ucapan contohnya adalah menghafal angka/alfabet, diskusi, dan presentasi suatu materi.

    4. Menurut salah satu ahli

    5. Metode yang bersifat filosofis
    Contohnya : Metode Intuitif, metode kontemplatif, metode Religius

    Metode yang bersifat empiris
    Contohnya : metode observasi, metode pengumpulan data, metode eksperimen, metode klinis.

    ReplyDelete
  11. Nama : Baniatus Sopiah
    Soal Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan
    Semester : VI ( Enam )

    1. Psikologi pendidikan dapat membantu guru dalam menentukan strategi atau metode pembelajaran yang tepat dan sesuai, dan mampu mengaitkannya dengan karakteristik dan keunikan individu, jenis belajar dan gaya belajar dan tingkat perkembangan yang sedang dialami peserta didik.

    2. Pembelajaran verbal merupakan beberapa situasi pembelajaran dimana tugas-tugas yang membutuhkan orang yang belajar untuk merespon materi bahan-bahan verbal seperti kata-kata atau menanggapi dengan respon verbal.

    Contoh : Siswa yang menyukai mata pelajaran tertentu akan menganggap mata pelajaran itu merupakan motivasi mereka untuk belajar. Mereka hanya membutuhkan sedikit dorongan atau hadiah untuk belajar hal-hal yang penting agar memiliki pengetahuan yang banyak. Mereka juga akan bekerja keras untuk dapat menyelesaikan tugas-tugasnya.

    3. Motorik sebagai istilah umum untuk berbagai
    bentuk perilaku gerak manusia. Perkembangan motorik adalah suatu perubahan
    dalam perilaku gerak yang memperlihatkan
    interaksi dari kematangan makhluk dan lingkungannya. Pada manusia perkembangan motorik
    merupakan perubahan kemampuan gerak dari
    bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai
    aspek perilaku dan kemampuan gerak. Aspek
    perilaku dan perkembangan motorik saling
    mempengeruhi satu sama lainnya.

    4. Menurut salah satu Para Ahli.

    5. Secara garis besar metode dalam penelitian psikologi berdasarkan dua kategori, yang bersifat filosofis dan bersifat empiris. Dalam metode empiris terdapat banyak bentuk-bentuk metode dalam penelitian psikologi dibandingkan dengan metode yang bersifat filosofis. Filosofis suatu penelitian yang di gunakan cara bertindak menurut sistem aturan tertentu berdasarkan objek formal yang ditentukan menurut suatu pendapat dan pemikiran khas untuk berfilsafat. Metode filsafat terus berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan filsafatnya itu sendiri. Sedangkan Metode empiris suatu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang dilihat di lapangan secara apa adanya.

    Metode yang bersifat filosofis
    Contohnya : Metode Intuitif, metode kontemplatif, metode Religius.

    Metode yang bersifat empiris
    Contohnya : metode observasi, metode pengumpulan data, metode eksperimen, metode klinis.

    ReplyDelete
  12. Nama : Yulia Nurjannah
    Mata kuliah : Psikologi pendidikan
    Semester : VI ( ENAM)


    1.) pentingnya psikologi pendidikan bagi seorang guru adalah terciptanya kondisi belajar yang menyenangkan selama proses pembelajran berlangsung baik di dalam kelas maupun di luar kelas. ... Dengan kondidi emosional yang terjalin erat dan harmonis tersebut akan menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan

    2.) Perkembangan motorik adalah suatu perubahan dalam perilaku gerak yang memperlihatkan interaksi dari kematangan makhluk dan lingkungannya. ... Pada manusia perkembangan motorik merupakan perubahan kemampuan gerak dari bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak.

    3.) Pembelajaran verbal (verbal learning) adalah semua situasi belajar yang menghendaki sipelajar memberikan respon terhadap materi verbal seperti kata atau memberikan respon yang bersifat verbal.
    Kajian tentang pembelajaran yang sistematik dimulai dengan verbal learning dan isu prisipilnya adalah retensi (retention) asosiasi verbal, yakni mengingat sesuatu yang dihubungkan dengan yang lain. Misalnya, kata “kursi” dan “meja”, kata “jendela” dan “pintu”, kedua bentuk kata itu sangat dekat asosiasinya karena sering muncul dalam konteks dan situasi keseharian hidup manusia.Ada dua konsep yang akan dibahas didalam bahasan tentng pembelajaran verbal ini, yakni contiguity dan frequency.
    Ada empat prosedur dari pembelajaran verbal yang telah dikembangkan :

    1. Serial Learning ( Pembelajaran Berseri )
    Didalam pembelajaran berseri unit unit verbal disajikan didalam urutan yang sama dari satu latihan ke latihan lainnya. Contoh pembelajaran jenis ini yang paling dikenal adalah membaca dan mengingat alfabeth, menghafal hari dalam seminggu, bulan dalam setahun.
    2. Paired Asosiate Learning ( Pembelajaran Asosiasi Berpasangan )
    Contoh yang paling umum dari pembelajaran jenis ini adalah mempelajari kosa kata bahasa asing. Setiap kata dari bahasa asing dipasangkan dengan kata yang sama didalam bahasa ibu, umpamanya : “book”-“buku”, “dog”-anjing”, dll.contoh yang lebih rumit adalah dengan menggunakan pasangan kata yang keduanya, kemudian subjek melahirkan respon terhadapa pasangan tersebut.
    3. Free Recall ( Rikol Bebas )
    4. Recognation Learning ( Pembelajaran Rekognis )



    4. ) menurut salah satu ahli


    5.) Metode yang bersifat filosofis
    Contohnya : Metode Intuitif, metode kontemplatif, metode Religius

    Metode yang bersifat empiris
    Contohnya : metode observasi, metode pengumpulan data, metode eksperimen, metode klinis.

    ReplyDelete
  13. Nama : Iyan Solahudin
    Semester : VI (Enam)
    Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan

    1. Sangat penting karena untuk memahami keadaan lingkungan siswa untuk memaksimal pembelajaran yg akan diberikan oleh guru kepada siswa, menciptakan kondisi belajar yg kndusif,
    Untuk menentukan pendekatan yg cocok untk siswa, untuk menciptakan kondisi yg
    sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai rencana yang di harapkan.

    2. Proses ertumbuh kembangnya seorang manusia/anak menjadi lebih berbeda antara lain dari kematangan otot, saraf, usia, otak, karakter , tubuh dll sehingga menjadi lebih dewasa.

    3. Pembelajaran verbal merupakan beberapa situasi pembelajaran dimana tugas-tugas yang membutuhkan orang yang belajar untuk merespon materi bahan-bahan verbal seperti kata-kata atau menanggapi dengan respon verbal.

    4. -Menurut Charles Mclehert bahwa landasan pendidikan itu sangat penting karena nya dapat mempengaruhi baik dan buruknya praktik pendidikan, untuk memengaruhi hasil pendidikan, mengarahkan para pendidik dalam praktik pendidikan, dan memperkokoh praktik pendidikan yang selama ini telah berjalan dengan baik.

    5-Metode filosofis suatu penelitian yang di gunakan cara bertindak menurut sistem aturan tertentu berdasarkan objek formal yang ditentukan menurut suatu pendapat dan pemikiran khas untuk berfilsafat. Metode filsafat terus berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan filsafatnya itu sendiri. Sedangkan Metode empiris suatu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang dilihat di lapangan secara apa adanya.
    Contohnya
    -Metode bersifat Filosofis yaituu
    Contohnya : Metode Intuitif, metode kontemplatif, metode Religius
    -Metode yang bersifat empiris
    Contohnya : metode observasi, metode pengumpulan data, metode eksperimen, metode klinis.

    ReplyDelete
  14. Budi Burhanudin
    Semester VI
    Mata Kuliah Psikologi pendidikan

    1. Pentingnya psikologi belajar bagi seorang guru adalah supaya guru memiliki kepekaan terhadap perilaku peserta didik dengan tujuan atau akhirnya dapat mengatasi permasahan serta dapat mengatasi gejala-gejala yang diambilkan dari perilaku peserta didik itu sendiri, akhirnya seorang guru dapat mengembangkan untuk menjadi manusia pembelajar serta dapat selalu berbagi ilmu atau pembelajar sepanjang hayat karena perilaku peserta didik cenderung berubah dari waktu ke waktu.

    2. Perkembangan motorik manusia secara umum adalah manusia ditakdirkan sebagai mahluk sosial yg diciptakan secara sempurna dan memiliki kecerdasan, kecerdasan tersebut perlu di bangkitkan dengan proses pembelajaran serta latihan yg cenderung harus berulang-ulang. Untuk itu dalam mengajar kita sebagai guru jangan pernah tabu untuk mengulang karena kemampuan motorik siswa masing berbeda. Di sisi lain peserta didik harus memiliki kepekaan terhadap sesuatu Yg terjadi di lingkungan sekitar sekolah rumah dan tempat bermain yg nantinya akan berperan dalam pembentukan perilaku siswa.

    3. Pembelajaran verbal adalah proses pembelajaran yg mengandalkan kemampuan priaku seorang guru dalam mengajar dengan pendekatan tingkah laku yg diajarkan harus dapat diperagakan atau di ilustrasi kan oleh guru dengan harapan dapat terserap oleh siswa, biasanya dalam bentuk dongeng atau cerita, atau menyampaikan gambar, pembelajaran ini boleh untuk peserta didik yg berkebutuhan khusus.

    4. Charles Mclehert

    5. Metode yg bersifat filosofis adalah metode yg mengarah kepada akar permasalahannya atau menyadari akan pentingnya ilmu pengetahuan sehingga siswa mau belajar disini peran seorang guru harus mampu membangkitkan motivasi peserta didik.
    Metode yg bersifat empiris adalah metode yg mengarah pada teori keilmuan yg nyata sesuai teori pembelajaran, bagaimana seorang siswa mempunyai kebiasaan dalam proses pembelajaran yaitu terbiasa dengan membaca, menulis dan berkomunikasi.

    ReplyDelete
  15. Nama : Vivi
    Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan
    Semester : VI (Enam)

    1. Pentingnya psikologi belajar bagi seorang guru yaitu agar guru dapat mengetahui karakteristik, tingkah laku dan kejiwaan peserta didik sehingga guru dapat menentukan strategi dan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan perkembangan peserta didik, dan dapat meningkatkan proses belajar mengajar.

    2. Perkembangan Kemampuan motorik manusia yaitu dari masa bayi sampai dewasa mengalami banyak perubahan motoriknya, pada saat bayi hanya dapat berbaring lalu bertambah usianya bisa menggerakkan kepalanya, tangannya bisa memegang serta kakinya bisa berjalan dan juga bisa berbicara

    3. Belajar Verbal yaitu situasi belajar yang menghendaki siswa memberikan respon terhadap materi verbal seperti kata atau memberikan respon yang bersifat verbal.

    4. Menurut Yatimah (2017)

    5. Metode empiris terdapat banyak bentuk-bentuk metode dalam penelitian psikologi dibandingkan dengan metode yang bersifat filosofis.

    Metode yang bersifat filosofis contohnya : Metode Intuitif, metode kontemplatif, metode Religius

    Metode yang bersifat empiris contohnya : metode observasi, metode pengumpulan data, metode eksperimen, metode klinis.

    ReplyDelete
  16. Nama : Muhamad Ramadhan
    Pelajaran : Psikologis Pendidikan
    Semester : VI


    1. pentingnya psikologi pendidikan bagi seorang guru adalah terciptanya kondisi belajar yang menyenangkan yg membuat proses pembelajran berlangsung baik di dalam kelas maupun di luar kelas, dengan ilmu psikologi juga dapat membantu berjalannya kondisi emosional yang terjalin erat dan harmonis yang akan menciptakan kondisi belajar yang efisien dan terstruktur.

    2. Pada umumnya manusia memiliki perkembangan motorik yang merupakan sebuah perubahan kemampuan gerak dari bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak,
    dan perkembangan tersebut saling
    mempengeruhi satu sama lainnya.

    3. Pembelajaran verbal adalah sebuah situasi belajar yang menghendaki pengajar dan pelajar memberikan respon terhadap materi verbal seperti kata atau memberikan respon yang bersifat verbal.
    Adapun Contohnya yaitu seperti belajar membaca, mengingat alfabeth,dan menghafal hari dalam seminggu,bulan dalam setahun.

    4. Menurut pendapat Charles Mclehert

    5. Metode filosofis merupakan suatu penelitian yang di gunakan dg cara bertindak menurut sistem aturan tertentu berdasarkan objek formal yang ditentukan menurut suatu pendapat dan pemikiran khas untuk berfilsafat. Metode filsafat ini terus berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan filsafatnya itu sendiri. Sedangkan Metode empiris suatu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang dilihat di lapangan secara apa adanya berdasarkan pengalaman yang dijalaninya

    ReplyDelete
  17. Nama: Rohmatulloh
    Semester:VI
    Matkul:Psikologi pendidikan

    1.Dapat memilih metode pengajaran dan menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan pemahaman murid – murid.
    Dapat memilih dan memberikan materi pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik pada tiap tingkat perkembangan tertentu.
    Memahami bentuk-bentuk gejala psikologis individu (siswa) secara umum dalam bentuk sikap dan tingkah laku selama mengikuti proses pembelajaran.
    Memehami bagaimana seharusnya pelaksanaan proses belajar dan pembelajaran agar tercapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif.
    Membantu dan memahami karakter siswa dalam mengembangkan berbagai jenis kemampuan dan potensi yang dimiliki dalam bentuk proses-proses pembelajaran yang berbasis pengembangan siswa.
    Membantu siswa menyelesaikan program pembelajaran sehingga dengan pemahaman guru tentang psikologi pendidikan dapat memberikan bantuan pada siswa dalam menyelesaikan program-program pembelajaran sampai tuntas.
    Tujuan Mempelajari Psikologi
    2.Perkembangan motorik adalah suatu perubahan dalam perilaku gerak yang memperlihatkan interaksi dari kematangan makhluk dan lingkungannya. ... Pada manusia perkembangan motorik merupakan perubahan kemampuan gerak dari bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak.
    3.Pembelajaran verbal (verbal learning) adalah semua situasi belajar yang menghendaki sipelajar memberikan respon terhadap materi verbal seperti kata atau memberikan respon yang bersifat verbal. Dua konsep ini penting dalam kajian ini karena ia merupakan latar belakang kajian tentang verbal learning. ..
    Contoh: pembelajaran untuk mengenali wajah orang-rang menjadi akrab, dengan penunjuk tertentu selama di jalan raya atau selam sebuah rute yang sering anda lewati atau jalani, contohnya rambu-rambu lalu lintas.
    4-Menurut Charles Mclehert bahwa landasan pendidikan itu sangat penting karena nya dapat mempengaruhi baik dan buruknya praktik pendidikan, untuk memengaruhi hasil pendidikan, mengarahkan para pendidik dalam praktik pendidikan, dan memperkokoh praktik pendidikan yang selama ini telah berjalan dengan baik.
    5.. Metode intuitif

    Metode yang dilakukan dengan sengaja untuk mengadakan suatu penyelidikan atau dengan cara tidak sengaja dalam pergaulan sehari-hari.

    2. Metode kontemplatif

    Metode yang dilakukan dengan jalan merenungkan objek yang akan diketahui dengan mempergunakan kemampuan berpikir.

    3. Metode Filosofis Religius

    Metode yang digunakan dengan menggunakan materi agama, sebagai alat utama untuk meliputi pribadi manusia. Nilai-nilai yang terdapat dalam agama dianggap sebagai kebenaran absolut dan pasti.
    Metode Introspeksi (retrospeksi)
    intro = dalam, sedangkan spectare = melihat. Instropeksi arinya melihat kedlaam, sering juga disebut retrospkesi yang berarti melihat kemabli (retro : kembali; dan spectare : melihat). Metode ini merupakan suatu metode penelitian dengan melihat peristiwa-peristiwa kedalam dirinya sendiri.

    Metode Introspeksi eksperimental
    Adalah suatu metode introspeksi, yang dilaksanakan dengan mengadakan eksperimen secara sengaja.

    Metode eksperimental
    Berarti melihat keluar (extro : keluar; dan spectare : melihat). Adalah suatu metode dalam ilmu jiwa yang berusaha untuk menyelidiki atau mempelajari dengan sengaja dan teratur gejala-gejala jiwa sendiri dengan membandingkan dengan gejala jiwa orang lain dan mencoba mengambil kesimpulan dari gejala yang ditunjukkan. Subjek penelitian bukan dirinya sendiri tetapi orang lain bersifat yang objektif dalam penelitian itu.

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...