Tuesday, February 15, 2022

Soal UAS Bimbingan dan Konseling Tahun 21/22

 

Soal UAS Bimbingan dan Konseling Tahun 21/22

Tulislah identitasmu;
  
Nama                  :  ..................................
Soal Mata Kuliah  : Bimbingan dan Konseling
Semester            : V (lima)

Perintah;

  1. Tulis jawabannya pada kolom komentar, jika sudah selesai klik publish.
  2. Menjawab dengan redaksi yang sama antar sesama teman atau copy paste langsung akan dianulir.
  3. jangan lupa mengisi absen.

 Soal

  1. Apa yang dimaksud dengan pertanyaan open ended dan cloced ended? dan berikan contohnya
  2. Apa bekal keahlian bagi seorang guru Bimbingan dan konseling di sekolah?
  3. Mengungkap kualitas kepribadian bagi anak adalah penting, apa maksudnya?
  4. Kalau kalian diberi tugas untuk menjalankan menyelesaikan satu kasus anak seperti mengalami autisme. apa yang paling pertama harus dilakukan?
  5. Bisakah kalian mengubah perilaku islami seorang  adikmu dalam jangka waktu pendek. berikan analisa rencananya. 

20 comments:

  1. Nama : Siti Halimah
    Semester : V (Lima)
    Mata Kuliah : Bimbingan Konseling

    1. Open Ended pertanyaan untuk mendapatkan Jawaban yang luas, Close Ended di gunakan saat anda melakukan survey, karena anda akan mendapatkan respon yang lebih tinggi saat partisipan tidak perlu menulis banyak.
    Contoh open Ended
    Apa pertimbangan Anda saat memilih tempat makan?
    Contoh close Ended
    Apakah tipe masakan menjadi pertimbangan Anda memilih tempat makan?
    2. Kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.
    3. Kemauan diri sendiri untuk menata aspek internal diri, yaitu cara dia menampilkan diri atau tampak sisi luar diri di persepsi orang lain
    4. Jangan di kucilkan, lebih sabar menghadapinya, saling tukar informasi, melakukan fiksasi pada anak, tidak memaksa anak, temukan cara berkomunikasi yang efektif.
    5.Tidak, Pertama, kita memberikan arahan kepada Adik kita tersebut bahwa Islam mengharuskan seperti ini dan melarang yang seperti itu, lalu ajaklah dia untuk berubah sedikit demi sedikit, setelah dia mau, berikanlah teladan yang baik dalam membimbing prosesnya, berdoa agar selalu diberikan hidayah oleh Allah.

    ReplyDelete
  2. Nama : Novi wulandari
    Semester : 5
    Matkul : Bimbingan dan konseling

    Jawaban :
    1. Pertanyaan openended atau biasa di sebut pertanyaan terbuka yaitu pertanyaan yg menghasilkan jawaban yg panjang dan bebas, membebaskan penjawab untuk menjawabnya biasanya pertanyaan ini diawali dengan 5w 1h contohnya : apakah menurut anda pentingnya dalam mempelajari bimbingan konseling ini ?
    Sedangkan closeended kebalikan dari openeded pertanyaan yg membatasi penjawab. Jawaban dominannya seperti ya atau tidak contoh pertannyaannya : STAI yaperi berada di Cibinong
    *ya *tidak

    2. Bekal keahlian guru BK di sekolah yaitu keahlian profesional
    Komunikasi aktif, ketepatan mencari data, dapat merangsang simpatik, peduli.

    3. Pentingnya bagi seorang guru BK dapat membantu siswanya dalam mengungkapkan keahlian atau kualitas yg dimiliki anak agar anak tersebut dapat mengembangkan bakatnya sejak dini
    4. Cara menangani anak yg autisme pertamanya dengan membantunya komunikasi dengan nyaman dan membuatnya nyaman serta tenang (aman ) saat mereka bersama kita. Menghindari kata kata yg panjang dan tidak jelas saat berkomunikasi dengannya.
    5. Rencana awalnya mulai dengan mendekatinya dan mengajaknya berkomunikasi dari hati ke hati.
    Mulai mengajaknya beribadah dan mengaji setelah solat. Menperhatikan kepribadiannya saat tidak bersama keluarga, apabila dia agak keluar dari norma agama maka kita harus menegurnya dan mengingatkan hal yg seharusnya.

    ReplyDelete
  3. Nama : Maulana Akbar
    Semester : V (Lima)
    Mata Kuliah : Bimbingan dan konseling

    1. a.Open-Ended Questions adalah pertanyaan untuk mendapatkan jawaban yang luas.
    Open-Ended Questions cocok untuk mencari tahu lebih dalam mengenai hal hal apa saja yang menyulitkan user ataupun hal — hal yang menjadi pertimbangan user
    Contohnya :Apa pertimbangan Anda saat memilih tempat makan?
    b. Closed-Ended Questions digunakan untuk jawaban yang singkat seperti “Ya” , “Tidak”, “Pernah” , “Belum” ataupun jawaban yang menggunakan jumlah seperti “1 kali” , “2 kali”
    Contoh : Dalam sebulan, berapa kali Anda mencari tempat makan untuk suatu acara?
    2. Di dalamnya dirumuskan empat kompetensi yang harus dimiliki guru BK sebagai konselor sekolah, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Sebagaimana yang telah disebutkan bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru BK adalah kompetensi kepribadian.
    3. mengungkap kepribadian anak itu penting yaitu agar Seorang guru BK bisa Mengetahui tingkah dan laku seoarang ank di sekolah itu agar bisa dengan mudah meberikan arahan dan agar mengetahui hal- hal yang mempengaruhi kepribadiannya
    4. cara pertama yang saya lakukan ketika menangani anak Autisme yaitu pertama yang dilakukan adalah melakukan pendekatan kepada anak tersebut agar mebrikan rasa nyaman terhadap anak supaya bisa untuk bersosial dengan nyaman
    5. Mengubah perilaku Seorang adik yaitu dengan perncanaan jangka pendek yaitu
    1.Melihat dan mengamati perilaku mana yang harus di rubah
    2. Karakter yang di rubah di mulai dari hal hal yang terkecil dan mudah di lakukan untuk pembiasaan
    3.ketika sudah mengetahui baru melakukan pembiasaan perilaku dengan bimbingan setiap harinya kepada seoarang adik
    4.ketika sudah melakukan bimbingan perilaku terus mengamati perubahan nya setiap hari
    5.ketika sudah bimbingan dan pengamatan tinggal evaluasi dalam jangka 1 atau 2 minggu apa kah ada perubahan apa belum
    6.ketika sudah evaluasi tinggal menetukan tindakan selanjutnya

    ReplyDelete
  4. Nama : Neng syifa Nurullita
    Semester : V


    1. soal terbuka (open-ended problem) adalah soal yang mempunyai banyak solusi atau strategi penyelesaian. ... Pembelajaran open-ended dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan/pengalaman menemukan, mengenali, dan memecahkan masalah dengan beragam teknik.

    closed-ended question atau pertanyaan tertutup merupakan pertanyaan dengan beberapa alternatif pilihan jawaban yang disediakan, seperti pilihan ganda, 'ya' atau 'tidak', maupun pertanyaan dengan skala jawaban

    Contoh dari open ended :“apa”, “siapa”, “kapan”, “bagaimana”, “di mana”, dan “mengapa”.
    Contoh dari closed ended : pertanyaannya yang sangat terbatas seperti : siapakah presiden Indonesia yang pertama?

    2. Peranan guru BK dalam memberikan motivasi untuk mendinamiskan potensi yang dimiliki siswa dan siswa dapat berkembang sesuai dengan harapan dan cita-cita. Guru BK mengarahkan siswa terkait manajemen diri, kebiasaan, tugas-tugas, dan perilaku yang diharapkan dan sesuai dengan tujuan yang di cita-citakan.

    3. Pentingnya kepribadian dalam kehidupan yaitu menggambarkan perilaku, watak, atau pribadi seseorang. ... Kepribadian mencakup kebiasaan-kebiasaan, sikap yang berperan aktif dalam menentukan tingkah laku individu yang berhubungan dengan dirinya sendiri maupun orang lain.Pengertian perkembangan kepribadian anak adalah pola perilaku dan sikap terorganisir yang dapat membuat seorang anak menjadi individu unik. ... Pada dasarnya, setiap anak memiliki karakter unik yang telah dimilikinya sejak dilahirkan dan juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya.

    4. 1. Jangan di kucilkan oleh keluarga. 2. Lebih sabar menghadapinya. 3. Saling tukar informasi oleh orang tua. 4. Melakukan fiksasi terhadap anak. 5. Tidak pernah memaksakan anak 6. Temukan cara komunikasi yang aktif.

    5.memunculkan konsep pendekatan yang menyeluruh dalam pendidikan
    Islam yaitu meliputi unsur pengetahuan, akhlak dan akidah.
    Mengajarkan dan memberikan contoh bagaimana berperilaku baik sehari harinya. Seperti mengucapkan salam jika bertemu sesama muslim. Menundukkan pandangan jika bertemu lawan jenis.

    ReplyDelete
  5. Nama : Dede Rakhman
    Soal Mata Kuliah : Bimbingan dan Konseling
    Semester : V (lima)
    1.Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang tidak dapat dijawab dengan jawaban "ya" atau "tidak", atau dengan jawaban statis. Pertanyaan terbuka diutarakan sebagai pernyataan yang membutuhkan respons lebih lama. Contoh apa yang dimaksud dengan makhluk hidup.sedangkan,
    closed-ended question atau pertanyaan tertutup merupakan pertanyaan dengan beberapa alternatif pilihan jawaban yang disediakan, seperti pilihan ganda, ‘ya’ atau ‘tidak’, maupun pertanyaan dengan skala jawaban.contoh. apakah anda lahir ditahun 2001?
    2.bekal keahlian yg harus dimiliki seorang guru BK adalah harus bisa berperan sebagai:
    a.informator
    b.motivator
    C.Director
    d.Inisiator
    e.Transmitter
    f.Fasilitator
    g.Mediator
    h.Evaluator
    i.Organisator
    3.maksud nya adalah orang tua harus bisa mengungkap kualitas kepribadian anak nya sejak dini agar bisa menentukan bagaimana sikap dan metode dalam pendidikan yg akan membentuk karakter positif sesuai dengan watak si anak itu sendiri.
    4.yang pertama harus dilakukan adalah.
    Menerima Kondisi Autisme,
    Lebih Bersabar,
    Saling Berbagi.
    Jangan Mudah Putus Asa.
    Hargai Perilaku Baik.
    Cari Cara Nonverbal untuk Berkomunikasi.
    5.langkah pertama, beri dia pondasi tentang pengetahuan tauhid.
    Kemudian berikan pengertian penting nya melaksanakan kewajiban terhadap Alloh dan menjauhi larangannya .
    Berikan tabshir atas kebaikan nya dan indzar atas kesalahan nya.
    Seperti memberitahukan tentang manfaat sholat bagi pelaku nya dan ancaman bagi yg meninggalkan nya.
    Kemudian ajarkan pula hal hal yg berkaitan dg akhlak pada orang tua dan sesama manusia serta akhlak pada lingkungan alam sekitar.

    ReplyDelete
  6. Nama: Yanuar Heri Saputra
    Semester : V (Lima)
    Mata Kuliah: Bimbingan Konseling


    Apa yang dimaksud dengan pertanyaan open ended dan cloced ended? dan berikan contohnya
    Jawab:
    Pertanyaan open ended adalah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk mendapatkan jawaban yang luas. Contohnya adalah pertanyaan-pertanyaan di Interview.

    Pertanyaan Closed Ended adalah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk mendapatkan jawaban pasti seperti ya atau tidak. Contohnya adalah pertanyaan-pertanyaan di survei.



    Apa bekal keahlian bagi seorang guru Bimbingan dan konseling di sekolah?
    Jawab:
    Bekal bagi konselor adalah kompetensi dia yang harus mumpuni. Penguasaan emosi diri dan lingkungan dia juga harus baik. Dan pengetahuan hidupnya luas.


    Mengungkap kualitas kepribadian bagi anak adalah penting, apa maksudnya?
    Jawab:
    Untuk supaya bisa memaksimalkan pelayanan kepada siswa tersebut. Ketika kemampuan dan kualitas kepribadian siswa tersebut kita ketahui, maka cara penanganan kita terhadap siswa tersebut bisa lebih tepat.


    Kalau kalian diberi tugas untuk menjalankan menyelesaikan satu kasus anak seperti mengalami autisme. apa yang paling pertama harus dilakukan?
    Jawab:
    Mengenal kepribadian dia. Baik individu maupun sosial. Supaya bisa melakukan penanganan yang terbaik.


    Bisakah kalian mengubah perilaku islami seorang adikmu dalam jangka waktu pendek? berikan analisa rencananya?
    Jawab:
    Mencontohkan hal-hal islami kepada dia. Mensituasikan lingkungan dia seislami mungkin. Untuk supaya dia terbiasa dengan situasi dan kebiasaan islami.

    ReplyDelete
  7. Nama Mahasiswa : Ivania Rismawati Rahayu
    Semester : V
    Mata kuliah :Bimbingan Konseling

    1.1.Pertanyaan open-ended adalah pertanyaan survei bebas yang memungkinkan responden menjawab dalam format teks open-ended. Sehingga mereka bisa menjawab berdasarkan pengetahuan, perasaan, dan pemahaman mereka secara lengkap. Artinya, jawaban atas pertanyaan ini tidak terbatas pada serangkaian opsi yes or no saja.closed-ended question atau pertanyaan tertutup merupakan pertanyaan dengan beberapa alternatif pilihan jawaban yang disediakan, seperti pilihan ganda, 'ya' atau 'tidak', maupun pertanyaan dengan skala jawaban.-Contoh pertanyaan Open-Ended Adalah Ceritakan tentang pengalaman Anda dengan organisasi kami sejauh ini.) What do you expect from this appraisal? (Apa yang Anda harapkan dari penilaian ini?)
    Contoh pertanyaan closed-ended adalah,digunakan untuk jawaban yang singkat seperti “Ya” , “Tidak”, “Pernah” , “Belum” ataupun jawaban yang menggunakan jumlah seperti “1 kali” , “2 kali”.

    2.2. Peranan guru BK dalam memberikan motivasi untuk mendinamiskan potensi yang dimiliki siswa dan siswa dapat berkembang sesuai dengan harapan dan cita-cita. Guru BK mengarahkan siswa terkait manajemen diri, kebiasaan, tugas-tugas, dan perilaku yang diharapkan dan sesuai dengan tujuan yang di cita-citakan.

    3.3.Pentingnya kepribadian dalam kehidupan yaitu menggambarkan perilaku, watak, atau pribadi seseorang. ... Kepribadian mencakup kebiasaan-kebiasaan, sikap yang berperan aktif dalam menentukan tingkah laku individu yang berhubungan dengan dirinya sendiri maupun orang lain.
    4.Cara mendampingi anak dengan autisme tentu berbeda dengan anak lain yang tidak memiliki kondisi serupa. Hal ini karena autisme membuat anak sulit berkomunikasi dan menunjukkan emosinya kepada orang lain oleh karena itu, orang tua perlu mengetahui bagaimana cara mengasuh dan mendampingi anak penderita autisme guna mendukung tumbuh kembangnya dan membangun interaksi sosialnya dengan orang lain.

    5.5.menghadapi perubahan sosial adalah dengan senantiasa melakukan perubahan paradigma berfikir; misalnya dari cara berfikir yang mengutamakan jangka pendek kepada cara berfikir jangka panjang; dari cara berfikir mementingkan diri sendiri, kepada cara berfikir mementingkan kepentingan bersama; dari sikap buruk sangka (su’u dzann) kepada sikap baik sangka (husn al-dzann), dari sikap tertutup kepada sikap terbuka, dari sikap konsumtif kepada sikap produktif, dari yang mementingkan simbol dan logo kepada yang mementingkan isi dan substansi; dari sikap yang statis kepada sikap yang dinamis; dari memandang bekerja sebagai yang hanya untuk cari uang kepada bekerja sebagai membangun peradaban.

    ReplyDelete
  8. Nama : Siti jamilah
    Semester : V ( lima)
    Mata kuliah : Bimbingan Konseling


    1. Pertanyaan terbuka atau open ended adalah pertanyaan yang dapat dijawab sepanjang dan sebebas mungkin. Biasanya tidak ada jawaban yang paling benar untuk open ended. Umumnya, pertanyaan jenis ini diawali dengan kata tanya seperti “apa”, “siapa”, “kapan”, “bagaimana”, “di mana”, dan “mengapa”. Contohnya Apa pendapat anda tentang covid 19?. Pertanyaan tertutup biasanya hanya dijawab dengan ya atau tidak, salah atau benar. Pertanyaan tertutup juga dapat berupa pertanyaan yang jawabannya sangat terbatas, seperti “Siapakah Presiden Indonesia yang pertama?” Jawaban: Soekarno.

    2. empat kompetensi yang harus dimiliki guru BK sebagai konselor sekolah, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

    3. Kepribadian anak meliputi bentuk sikap dan tingkah laku serta intelektual sehingga ia berbeda dengan orang lain. Ciri khas tersebut diperoleh berdasarkan potensi bawaan. tidak bisa untuk di rubah jika anak itu sendiri tidak ingin merubah dirinya.

    4. Memahami kepribadian dan karakter anak itu sendiri setelah itu mulai bagaimana cara agar kita untuk mendekati nya. Juga jadilah orang yang menyenangkan sehingga anak tidak akan berfikir negatif tentang kita.

    5. Bisa, hanya saja tergantung anaknya apa mau berubah atau tidak. Jika di lakukan secara konsisten dan terus menerus di latih akan terbiasa. Lalu biasakan untuk membaca minimal 1 hari 10 lembar, Gunakan waktu sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  9. Nama : Ma'mun Maulana
    Makul : Bimbingan Konseling
    Semester : 5 (lima)

    Jawaban
    1. Pertanyaan open-ended adalah pertanyaan survei bebas yang memungkinkan responden menjawab dalam format teks open-ended. Sehingga mereka bisa menjawab berdasarkan pengetahuan, perasaan, dan pemahaman mereka secara lengkap. Artinya, jawaban atas pertanyaan ini tidak terbatas pada serangkaian opsi yes or no saja.Sebaliknya, closed-ended question atau pertanyaan tertutup merupakan pertanyaan dengan beberapa alternatif pilihan jawaban yang disediakan, seperti pilihan ganda, 'ya' atau 'tidak', maupun pertanyaan dengan skala jawaban.

    2. 4 bekal keahlian yg harus dimiliki seorang guru bk
    yakni :
    - kompetensi pedagogik,
    - kompetensi kepribadian,
    - kompetensi sosial dan
    - kompetensi profesional.

    3. Maksudnya yaitu karena untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Agar si anak mendapatkan potensi yang lebih baik dalam keseharian nya serta menumbuhkan imajinasi dan pemikiran yang jernih.

    4. Yaitu dengan cara pengenalan dini perilaku anak, serta pendidikannya. Karena dengan begitu kita bisa memahami karakter anak, keseharian dan tingkah perilakunya yg berbeda dengan yg lainnya.

    5. Bisa. Asalkan dengan sungguh-sungguh dalam mempelajari secara mendalam, menyampaikan secara tegas dan membekali nya dengan kemampuan sendirinya.

    ReplyDelete
  10. Nama : Siti Nurfadilah
    Semester : V
    Mata kuliah : Bimbingan dan Konseling

    1. Pertanyaan open ended adalah pertanyaan bebas yang memungkinkan responden menjawab berdasarkan pengetahuan dan pemahaman mereka secara lengkap.
    Pertanyaan closed ended adalah pertanyaan yang jawabanya cukup “ya” atau “tidak”.
    2. Guru BK harus memiliki pengetahuan yang luas tentang tingkah laku seseorang dan harus bisa memotivasi seseorang.

    3. Kepribadian seorang anak sangat mempengaruhi segala hal. Jika kepribadian anak tersebut baik maka perilaku atau sikap anak tersebut tidak menimbulkan suatu masalah, tp sebaliknya jika kepribadian seorang anak itu buruk dan tidak di bimbing oleh orgtua maka anak tsb akan mencari perhatian org lain dengan menimbulkan masalah.
    4. Tidak boleh di kasari atau berbicara dengan nada keras atau tinggi, kita harus lembut dalam berkomunikasi dan memahaminya. Dan harus lebih bersabar dalam menghadapinya.
    5. Bisa, dengan cara membiasakan dia sholat 5 waktu dan memberi nasihat keagamaan. Dan memberi tahu apa saja yg dilarang oleh agama dan apa saja perilaku yang diutamakan dalam agama.

    ReplyDelete
  11. Nama : Dede AbdulRohim
    Semester :V ( Lima)

    JAWABAN

    1. A. Pertanyaan Open Ended (Terbuka)
    Pertanyaan terbuka Yaitu menggambarkan pilihan bagi orang yang diwawancarai untuk merespons. Mereka terbuka dan bebas merespons. Respons dapat berupa dua kata atau dua paragraf.
    Contoh pertanyaan Open Ended
    a. eritakan tentang pengalaman Anda dengan organisasi kami sejauh ini?b.Apa yang Anda harapkan dari penilaian ini?

    B. Pertanyaan Closed Ended (tertutup) biasanya hanya dijawab dengan ya atau tidak, salah atau benar. Pertanyaan tertutup juga dapat berupa pertanyaan yang jawabannya sangat terbatas.
    Contoh pertanyaan Closed Ended “Siapakah Presiden Indonesia yang pertama?” Jawaban: Soekarno

    2. Bekal keahlian yg harus dimiliki seorang guru Bimbingan dan konseling di sekolah yaitu ada empat kompetensi yang harus dimiliki guru BK sebagai konselor sekolah, yakni kompetensi pedagogik,kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Sebagaimana yang telah disebutkan bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru BK adalah kompetensi kepribadian.

    3.Pentingnya kepribadian dalam kehidupan yaitu untuk menggambarkan perilaku, watak, atau pribadi seseorang. Kepribadian mencakup kebiasaan-kebiasaan, sikap yang berperan aktif dalam menentukan tingkah laku individu yang berhubungan dengan dirinya sendiri maupun orang lain.

    4. Hal yg paling pertama yg harus di lakukan kepada anak yg mengalami Autisme yaitu dengan Cara...
    1.Jangan Dikucilkan Dalam Keluarga.
    2. Lebih Sabar Menghadapinya.
    3. Saling Tukar Informasi Dengan Orang Tua Lain.
    4.Melakukan Fiksasi Pada Anak.
    5.Tidak Pernah Memaksakan Anak.
    6. Temukan Cara Berkomunikasi Yang Efektif.
    7. Gunakan Bantuan Profesional.

    5. Analisa Rencana untuk mengubah perilaku islami seorang adik dalam jangka waktu pendek Yaitu:
    1.Kurangi sifat menyalahkan.
    2.Membicarakan hal positif pada diri sendiri dan dia.
    3.Jadilah agen perubahan.
    4.Berani bermimpi besar dengan ekspektasi yang realistis.
    4.Ubah pikiran negatif menjadi pertanyaan positif.
    5.melatih kontrol emosi.

    ReplyDelete
  12. Nama :Nida Sania
    Mata Kuliah :Bimbingan Dan Konseling
    Semester :V (Lima)


    Jawaban😊

    1.- Open Onded : pertanyaan untuk
    mendapatkan jawaban
    yang luas.
    Contoh :Tempat makanseperti
    apa yang Anda sukai?
    - Cloced Onded :digunakan untuk
    jawaban yang singkat seperti
    “Ya,Tidak,Pernah,Belum"
    atau jawaban yang menggunakan
    jumlah seperti “1 kali,2 kali”
    Contoh :Dalam sebulan, berapa
    kali Anda mencari tempat makan
    untuk suatu acara?

    2. Mengembangkan situasi dan
    kondisi yang memberikan
    kesempatan bagi peserta didik
    untuk mengembangkan bakat
    khususnya dengwn dukungan
    psikologis maupun fisiknya.


    3. Dengan lingkungam yang pertama
    adlh keluarga.dalam perkmbangan
    anak,peran keluarga sangat
    penting,Pentingnya kepribadian
    dalam kehidupan yaitu untuk
    menggambarkan perilaku, watak,
    atau pribadi seseorang.
    Kepribadian mencakup kebiasaan-
    kebiasaan, sikap yang berperan
    aktif dalam menentukan tingkah
    laku individu yang berhubungan
    dengan dirinya sendiri maupun
    orang lain.

    4. Hal yg paling pertama yg harus di
    lakukan kepada anak yg mengalami
    Autisme yaitu dengan Cara...
    1.Jangan Dikucilkan Dalam Keluarga.
    2. Lebih Sabar Menghadapinya.
    3. Saling Tukar Informasi Dengan
    Orang Tua Lain.
    Melakukan Fiksasi Pada Anak.
    Tidak Pernah Memaksakan Anak.
    4. Temukan Cara Berkomunikasi
    yang Efektif.
    5. Gunakan Bantuan Profesional.


    5. ya bisa,tapi itu kembalikan
    lagi kepada si anak nya apakah
    sianak bersunguh²


    ReplyDelete
  13. Nama : wahyu wardhana
    Soal Mata Kuliah : Bimbingan dan Konseling
    Semester : V (lima)

    1. open ended adalah pertanyaan yang jawaban nya luas dan tidak bisa di tebak, contohnya, APA PANDANGAN ANDA TENTANG PILPERS 2025?

    Sedangkan cloced ended adalah pertanyaan yang bisa dijawab dengan singkat saja, contohnya BERAPA KALI ANDA MAKAN DALAM SEHARI?

    5. Memberikan contoh keteladanan dan bisa juga memberikan sedikit teguran jika dia ada kekeliruan

    4. Mengambil perhatiannya agar dia nyaman dengan kita

    2.
    A. Pemahaman
    Fungsi BK yang pertama adalah fungsi pemahaman. Fungsi pemahaman dalam bimbingan dan konseling adalah menghasilkan pemahaman mengenai suatu hal bagi perkembangan siswa.
    B. Pencegahan
    Fungsi BK yang kedua adalah fungsi pencegahan. Dalam bimbingan dan konseling, fungsi pencegahan maksudnya adalah memberikan pencegahan untuk menghindari berbagai masalah yang mungkin terjadi kepada siswa dan dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan dalam belajar.
    C. Penuntasan
    Fungsi BK yang ketiga adalah fungsi penuntasan. Fungsi bimbingan dan konseling yang ketiga ini sangat dibutuhkan dalam rangka mencari jalan keluar untuk mengatasi berbagai masalah yang dirasakan oleh siswa.
    D. Pemeliharaan dan Pengembangan
    Fungsi bimbingan dan konseling yang keempat adalah fungsi pemeliharaan dan pengembangan. Hal ini berartin berbagai potensi dan kondisi positif yang dimiliki siswa akan dapat digali, dipelihara dan dikembangkan dengan lebih baik lagi.

    3. Menurut saya Mengungkap kualitas bgi anak penting karena untuk mengetahui kepribadian anak dan memudahkan pendidik dan orang tua membentuk karakter anak dan mengarahkan menuju yang lebih baik, memudahkan pendidik menstimulasi anak dalam pembelajaran baik juga dalam pembentukan karakter anak, dengab anak mengungkapkan juga pendidik dan orang tua lebih mengetahui karakteristik dari anak tersebut

    ReplyDelete
  14. Nama : Novia Rahmawati
    Semsester : 5 ( Lima )
    Mata Kuliah : Bimbingan Konseling

    Jawaban :

    1. 🔹open ended yaitu suatu pertanyaan terbuka yang menghasilkan jawaban yang bebas. Contonya : kenapa seseorang bisa menjadi jahat ?
    🔹cloced ended yaitu suatu pertanyaan yang hasilnya lebih banyak jawaban iya dan tidak. Contohnya : apakah anak anda perempuan ?

    2. Bekal keahlian seorang guru dalam Bimbingan dan konseling yaitu mempunyai komunikasi yang jelas ( aktif ) di dalam mengeluarkan pendapat dan mempunyai ketepatan dalam mencari data" juga harus mempunyai rasa simpatik terhadap siswa agar siswa tersebut bisa mengutarakan permasalahannya dengan bebas.

    3. Kualitas kepribadian di dalam jiwa seseorang sangat penting sehingga seorang guru harus tau siapa saja yang mempunyai kepribadian dalam dibidangnya masing",contoh siswa yang mulai aktif berbicara guru bisa mengarahkan untuk siswa tersebut menjadi ketua osis atau ada siswa yang berani tampil kedepan dan bisa berkomunikasi dengan baik bisa diarahkan untuk menjadi sorang guru.

    4. Yang pertama harus dilakukan adalah mengenal anak tersebut terlebih dahulu dalam hal apa siswa tersebut mengalami autisme contohnya Misalkan siswa tersebut susah dalam berbicara ( membaca ) kita harus ikut komunikasi juga dengan kedua orang tuanya sehingga seiring dengan waktu kita bisa memahami apa yang dia ucapkan,selanjutnya yaitu siswa tersebut tidak dikucilkan dan lebih sabar dalam menghadapi anak tersebut.

    5. Bisa , Rancanganya yaitu dengan setiap hari mengikut sertakan dalam mengaji,dituntun dalam beribadah ( solat ) dan selalu menanamkan dalam diri adik kita bahwa sesuatu harus inget dengan Alloh SWT juga tidak lupa selalu bersholawat.

    ReplyDelete
  15. NAma: suhaeti
    Semester: v (lima)
    Matakuliah: bimbingan dan konseling

    1.A.pertanyaan terbuka
    Open-Ended Questions adalah pertanyaan untuk mendapatkan jawaban yang luas.
    Open-Ended Questions cocok untuk mencari tahu lebih dalam mengenai hal apa saja yang menyulitkan pengguna ataupun hal — hal yang menjadi pertimbangan pengguna.
    B.pertayaan tertutup
    Closed-Ended Questions digunakan untuk jawaban yang singkat seperti “Ya” , “Tidak”, “Pernah” , “Belum” atau jawaban yang menggunakan jumlah seperti “1 kali” , “2 kali”
    Closed-Ended Questions cocok digunakan saat Anda melakukan survei , karena Anda akan mendapatkan respons yang lebih tinggi saat partisipan tidak perlu menulis terlalu banyak.

    2. guru BK dalam memberikan motivasi untuk mendinamiskan potensi yang dimiliki siswa dan siswa dapat berkembang sesuai dengan harapan dan cita-cita. Guru BK mengarahkan siswa terkait manajemen diri, kebiasaan, tugas-tugas, dan perilaku yang diharapkan dan sesuai dengan tujuan yang di cita-citakan.

    3.Kepribadian atau psyche adalah mencakup keseluruhan fikiran, perasaan
    dan tingkahlaku, kesadaran dan ketidaksadaran. Kepribadian pembimbing orang
    untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial dan lingkungan fisik. Sejak
    awal kehidupan,

    4.A.Salah satu cara terbaik untuk mendidik semua anak adalah dengan membuat rutinitas yang jelas, dalam bentuk jadwal kegiatan sehari-hari.
    B.dengan cara lebih besar menghadapi
    nya
    . Tidak pernah memaksa anak
    . Temukan cara berkomunikasi yang
    efektif.
    . Yg palingan penting tidak d
    kecilkan d keluarga

    5.dengan cara memberikan perhatian yg lebih. Selalu memberikan motifasi yg baik.
    Terus d berikan dukungan dan arahan untuk memperbaiki diri.

    ReplyDelete
  16. Nama : Ika Gandriasih
    Semester : V
    Matkul : bimbingan dan konseling


    1.Open-Ended adalah pertanyaan untuk mendapatkan jawaban yang luas.
    Contoh : bagaimana anda berencana menggunakan keterampilan yang ada untuk meningkatkan pertumbuhan organisasi, jika di pekerjakan?

    Cloced ended atau pertanyaan tertutup merupakan pertanyaan dengan beberapa alternatif pilihan jawaban yang disediakan, seperti pilihan ganda, 'ya' atau 'tidak', maupun pertanyaan dengan skala jawaban.
    Contoh : siapakah presiden Indonesia yang pertama?

    2.guru BK dalam memberikan motivasi untuk mendinamiskan potensi yang dimiliki siswa dan siswa dapat berkembang sesuai dengan harapan dan cita-cita. Guru BK mengarahkan siswa terkait manajemen diri, kebiasaan, tugas-tugas, dan perilaku yang diharapkan dan sesuai dengan tujuan yang di cita-citakan.

    3.kepribadian anak mulai terbentuk dari sikap kedua orang tua, keluarga besar, baru kemudian lingkungan di luar rumah seperti di sekolah dan lingkungan teman di luar sekolah.

    4. Di antaranya yaitu :
    1. Mengajar dengan menggunakan media visual dan konkret
    2. Hindari penggunaan kalimat yang panjang dalam mengajar
    3. Fokus memaksimalkan potensi bakat dan minat anak autis
    4. Minimalisir keributan dan suara yang menggangu dalam mengajar anak autis
    5. Hindarkan cahaya lampu yang berlebihan
    6. Buat susana sekondusif mungkin dan sugesti pikirannnya
    7. Lakukan kontak mata dalam mengajar anak autis
    8. Menyesuaikan pembelajaran dengan gejala anak autis
    9. Melakukan pengulangan materi pelajaran
    10. Memberi apresiasi
    11. Sabar dalam menghadapi anak autis

    5. Selalu mendampingi nya dan memberikan arahan yang baik, agar terus belajar untuk menghargai diri sendiri.







    ReplyDelete
  17. Nama Nunu Nuryadi
    Semester (V) lima
    Mata kuliah : bimbingan konseling.
    1.Pertanyaan terbuka atau open ended adalah pertanyaan yang dapat dijawab sepanjang dan sebebas mungkin. Biasanya tidak ada jawaban yang paling benar untuk open ended. Umumnya, pertanyaan jenis ini diawali dengan kata tanya seperti “apa”, “siapa”, “kapan”, “bagaimana”, “di mana”, dan “mengapa”. Contohnya Apa pendapat anda tentang covid 19?. Pertanyaan tertutup biasanya hanya dijawab dengan ya atau tidak, salah atau benar. Pertanyaan tertutup juga dapat berupa pertanyaan yang jawabannya sangat terbatas, seperti “Siapakah Presiden Indonesia yang pertama?” Jawaban: Soekarno.

    2. empat kompetensi yang harus dimiliki guru BK sebagai konselor sekolah, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

    3. Kepribadian anak meliputi bentuk sikap dan tingkah laku serta intelektual sehingga ia berbeda dengan orang lain. Ciri khas tersebut diperoleh berdasarkan potensi bawaan. tidak bisa untuk di rubah jika anak itu sendiri tidak ingin merubah dirinya.

    4. Memahami kepribadian dan karakter anak itu sendiri setelah itu mulai bagaimana cara agar kita untuk mendekati nya. Juga jadilah orang yang menyenangkan sehingga anak tidak akan berfikir negatif tentang kita.

    5. Bisa, hanya saja tergantung anaknya apa mau berubah atau tidak. Jika di lakukan secara konsisten dan terus menerus di latih akan terbiasa. Lalu biasakan untuk membaca minimal 1 hari 10 lembar, Gunakan waktu sebaik mungkin.

    Reply

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Nama : Siti Hamidah
    Semester : V

    1. Open-Ended Questions adalah pertanyaan untuk mendapatkan jawaban yang luas.
    contoh : Tempat makan seperti apa yang Anda sukai?
    Closed-Ended Questions digunakan untuk jawaban yang singkat seperti “Ya” , “Tidak”, “Pernah” , “Belum” ataupun jawaban yang menggunakan jumlah seperti “1 kali” , “2 kali”
    contoh : Apakah Anda pernah mencari suatu tempat makan melalui internet?

    2. mampu menjalankan peran sebagai motivator belajar bagi siswa.

    3. supaya dpt membantu memberikan konseling kepada murid-murid yang mungkin mengalami masalah dan juga kesulitan dengan prestasi belajar di sekolah, dan membantu murid-muridnya dalam mencari jalan keluar yang tepat

    4. mencari informasi sebanyak mungkin mengenai autisme melalui situs kesehatan, memberikan perhatian dan dukungan ekstra.

    5. memberikan contoh perilaku yg islami sambil mengajak melakukan hal2 yg sesuai dgn islam.

    ReplyDelete
  20. Nama : fauzan fazri
    Soal Mata Kuliah : Bimbingan dan Konseling
    Semester : V (lima)

    1. *Pertanyaan open-ended adalah pertanyaan survei bebas, sehingga mereka bisa menjawab berdasarkan pengetahuan, perasaan, dan pemahaman mereka secara lengkap. Artinya, jawaban atas pertanyaan ini tidak terbatas pada serangkaian opsi yes or no saja.
    *Sebaliknya, closed-ended question atau pertanyaan tertutup merupakan pertanyaan dengan beberapa alternatif pilihan jawaban yang disediakan, seperti pilihan ganda, 'ya' atau 'tidak', maupun pertanyaan dengan skala jawaban.
    Contoh opended questions : " Apa makanan kesukaan kamu? "
    Contoh closed questions :
    " Apakah kamu suka makanan pedas? "

    2. 4. Langkah awal dalam melaksanakan bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus adalah melakukan identifikasi anak. Untuk menghimpun informasi yang lengkap mengenai kondisi anak dalam rangka penyusunan program bimbingan yang sesuai dengan kebutuhannya,

    3. mengetahui kualitas dan karakteristik anak sangatlah penting bagi seorang guru karena akan mempermudah dan membantu tugas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dan memberikan manfaat yang baik bagi guru maupun peserta didik.

    4. Langkah awal dalam melaksanakan bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus adalah melakukan identifikasi anak. Untuk menghimpun informasi yang lengkap mengenai kondisi anak dalam rangka penyusunan program bimbingan yang sesuai dengan kebutuhannya,

    5.mengajak dan Memberikan contoh yg baik, seperti mengucapkan salam ketika bertemu seseorang

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...