Friday, May 15, 2020

Berpikir Ilmiah



     Kali ini kuliah terakhir di bulan Ramadhon untuk Mata Kuliah Filsafat Ilmu pertemuan ke 11 akan membahas dengan pokok bahasan;

Berpikir Ilmiah
      
    Untuk menghasilkan ilmu pengetahuan, seorang manusia haruslah menggunakan akal yang sehat yang telah dianugerahkan oleh Allah kepada kita semua, akal punya kedudukan yang tinggi diantara semua mahluk hidup untuk memilih yang benar dan salah lewat ukuran norma, agama, negara dan ataupun adat istiadat.
      Tentunya norma ini ada sudah tetap dan menjadi dokrin yang harus dilaksanakan, yaitu menjalani norma agama mutelak harus dikerjakan karena berdampak pada dosa, sedangkan ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan tataaturan sosial itu hanya hasil buah pikiran manusia.
    Maka untuk itulah, berfikir dimaknai dengan sebuah proses yang menghasilkan pengetahuan. Dan proses berfikir sering disandingkan dengan kata ilmiah, lalu apa itu ilmiah? menurut penulis, arti dari ilmiah adalah segala sesuatu yang bersifat keilmuan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian dari berpikir ilmiah adalah sebuah proses berfikir manusia yang menghasilkan pengetahuan atau keilmuan. Untuk itulah manusia memerlukan sarana yang dapat menunjang pribadinya untuk dapat berfikir secara ilmiah.
   Berpikir ilmiah yaitu meliputi sebagai berikut:
  1. Memilah- milah pokok permasalahannya
  2. Berusaha meringkas penjelasannya
  3. Melakukan penyusunan terhadap dugaan sementara dari pokok persoalan yang ada
  4. Melakukan proses percobaan terhadap dugaan sementara tersebut.
  5. Kemudian yang harus kita lakukan pada tahap ini yaitu proses pengolahan data eksperimen yang sudah pernah kita lakukan sebelumnya dalam bentuk pernyataan akhir (kesimpulan)
  6. Lalu otomatis point yang keenam ini yaitu kita harus melakukan sebuah eksperimen dari konklusi yang sudah dihasilkan tersebut.
    Kesemua langkah–langkah berfikir dengan metode ilmiah tersebut harus didukung dengan alat atau sarana yang baik sehingga diharapkan hasil dari berfikir ilmiah yang dilakukan mendapatkan hasil yang baik.

Sarana Berpikir ilmiah

    Kutipan dari mahasiswa prodi paud IAIN Jember, bahwa untuk mencapai proses berpikir ilmiah manusia membutuhkan sarana penunjang, sarana tersebut yaitu meliputi 3 unsur:

1. Bahasa.

    Bahasa merupakan alat komunikasi lisan maupun tulisan yang dipakai dalam proses berfikir ilmiah. Fungsi dari bahasa ini  sebagai alat komunikasi dan interaksi sosial antar sesama.

    Adapun ciri-ciri dari bahasa yaitu, informatif artinya bahasa tersebut mengandung informasi, pesan yang disampaikan dari komunikator kepada komunikan. Ciri yang ke dua yaitu reproduktif artinya apa yang telah disampaikan pembicara atau penulis sama dengan info yang diterima oleh pembaca dan penulis. Ciri yang ke tiga yaitu objektif artinya dalam struktur ilmiah bahasa yang mengikuti kaidah kebahasaan dan haruslah mengungkapkan fakta dan pemikiran sesungguhnya.

2. logika. 

    Logika adalah sarana berpikir ilmiah yang sistematik dan dapat dipertanggungjawabkan, dalam arti luas logika adalah sebuah metode dan prinsip-prinsip yang dapat memisahkan antara penalaran yang benar dan penalaran yang salah.

3. Definisi. 

    Artinya bahwa definisi merupakan penjelasan atau definisi yang memiliki peran dalam proses berfikir manusia.

     Dari penjelasan ini maka dapat memahami bahwa manusia dikatakan berfikir ilmiah apabila telah melewati tahap-tahapan tertentu, yaitu misalnya dimulai dari merumuskan masalah, memilih teori atau metode dalam menyelesaikan masalah, memperkuat dasar pengetahuan dengan studi literatur kemudian di uji dengan hipotesa dan untuk akhir yaitu menyimpulkan.

   Untuk itulah sebagai kuliah terakhir di bulan Ramadhon ini coba buatlah sebuah karya tulis singkat padat dan jelas dengan jumlah kata maksimal 4000 karakter, bisa dikatakan Ilmiah apabila telah melewati tahapan tersebut diatas, kemudian  dipublikasikan pada kolom komentar.

Judulnya;

Bahaya Internet bagi Remaja dibulan Suci Ramadhon
 
Isinya;
1. Latarbelakangnya
2. Rumusan masalahnya
3. Tujuan Penulisanya
4. Penunjang teorinya
4. Kesimpulanya

Catatan;
Judulnya sama tapi redaksi harus berbeda


Lebih jelasnya

tentang

Berfikir Ilmiah

 Manusia merupakan bagian dari makhluk Allah yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya, perbedaannya yang paling menonjol adalah manusia dianugerahi akal, sedangkan makhluk lainnya seperti hewan dan tumbuhan tidak memilikinya. Hewan mereka mampu berpikir tapi punya keterbatasan tanpa perkembangan contohnya daging dan rumput disajikan kepada hewan kambing pasti akan memilih rumput, manusia cara berpikirnya lebih dari itu yaitu rumputnya dipilih yang mengandung obat herbal sehingga perbedaan utama antara manusia dan hewan terletak pada kemampuan berpikir dengan memilih yang lebih baik yaitu dengan menggunakan akal.

Akal adalah suatu peralatan rohaniah manusia yang berfungsi untuk membedakan mana yang salah dan mana yang benar, mana yang bermanfaat dan mana yang tidak bermanfaat, lebih jauh dari itu manusia bisa menganalisis sesuatu yang kemampuannya sangat tergantung pada luas pengalaman dan tingkat pendidikan, baik formal, non formal maupun informal dari manusia sebagai pemiliknya. Jadi, akal bisa didefinisikan sebagai salah satu peralatan rohaniah manusia yang berfungsi untuk mengingat, menyimpulkan, menganalisis, menilai apakah sudah sesuai benar atau salah.

Manusia punya akal untuk berpikir, menggunakan akal berarti menjalankan pikirannya dalam rangka mencapai tujuan apa yang dikehendakinya. Berfikir merupakan upaya manusia dalam memecahkan masalah. Pada waktu memecahkan masalah itulah manusia akan menggunakan pikiranya lewat analisa walaupun sederhana, misalnya untuk memenuhi rasa lapar maka akan mencari, memilih atau membuat makanan yang sesuai dengan seleranya. 

Berpikirnya manusia akan terus berjalan usia dan peradabanya, karena manusia pada dasarnya selalu merasa senang dengan perubahan yang terjadi pada dirinya maupun yang lain diluar dirinya, perubahan apapun bisa menunjukan  perubahan dengan cara berpikir ilmiah.

Berfikir ilmiah merupakan berfikir dengan langkah–langkah metode ilmiah seperti perumusan masalah, pengajuan hipotesis, pengkajian literatur dan menarik kesimpulan dari sesuatu dipandang memiliki nilai ilmu pengetahuan.

Untuk menghasilkan ilmu pengetahuan, seorang manusia haruslah menggunakan pikiran yang telah dianugerahkan oleh Sang Maha Pencipta. Untuk itulah, berfikir dimaknai dengan sebuah proses yang menghasilkan pengetahuan. Dan proses berfikir sering disandingkan dengan kata ilmiah, lalu apa itu ilmiah? 

Arti dari ilmiah adalah segala sesuatu yang bersifat keilmuan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian dari berpikir ilmiah adalah sebuah proses berfikir manusia yang menghasilkan pengetahuan atau keilmuan. Untuk itulah manusia memerlukan sarana yang dapat menunjang pribadinya untuk dapat berfikir secara ilmiah.

Kesemua langkah–langkah berfikir dengan metode ilmiah tersebut harus didukung dengan alat atau sarana yang baik sehingga diharapkan hasil dari berfikir ilmiah yang kita lakukan mendapatkan hasil yang baik.

 

Sarana-sarana Berpikir ilmiah

Untuk mencapai proses berpikir ilmiah manusia membutuhkan sarana-sarana penunjang, sarana-sarana tersebut yaitu meliputi 3 unsur:

1. Bahasa.

Bahasa merupakan alat komunikasi lisan maupun tulisan yang dipakai dalam proses berfikir ilmiah. Fungsi dari bahasa ini yaitu sebagai alat komunikasi dan interaksi antar sesama.

Adapun ciri-ciri dari bahasa yaitu, informatif artinya bahasa tersebut mengandung informasi atau pesan dari komunikator kepada komunikan, contohnya, Hari senin, tidak ada upacara bendera, karena upacara bendera di laksanakan hari selasa, bertepatan dengan perayaan hari kartini. Ciri yang ke dua yaitu reproduktif artinya apa yang telah disampaikan pembicara atau penulis sama dengan info yang diterima oleh pembaca dan penulis, contohnya, Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Karya Ilmiah? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, bentuk, struktur, jenis, ciri dan syarat. Ciri yang ke tiga yaitu objektif artinya dalam struktur ilmiah bahasa haruslah mengungkapkan fakta dan pemikiran sesungguhnya, contohnya ibu kota negara Indonesia adala DKI Jakarta

2. logika. 

Logika adalah sarana berpikir ilmiah yang sistematik dan dapat dipertanggungjawabkan, dalam arti luas logika adalah sebuah metode dan prinsip-prinsip yang dapat memisahkan antara penalaran yang benar dan penalaran yang salah. logika sekedar menunjukkan adanya kekeliruan didalam rantai proses pemikiran sehingga kekeliruan itu dapat dielakkan, maka hakekat dari logika dapat pula disebut sebagai teknik berpikir.

3. Definisi. 

Artinya bahwa definisi merupakan penjelasan atau definisi yang memiliki peran dalam proses berfikir manusia.

Dari penjelasan ini maka kita dapat memahami bahwa manusia dikatakan berfikir ilmiah apabila telah melewati tahap-tahapan tertentu, yaitu misalnya dimulai dari merumuskan masalah, memilih teori atau metode dalam menyelesaikan masalah, memperkuat dasar pengetahuan dengan studi literatur kemudian di uji dengan hipotesa dan untuk akhir yaitu menyimpulkan.









11 comments:

  1. Nama : Novia Rahmawati
    Semester : II
    pertemuan : ke 11

    pendapat :

    1. Latar Belakang

    internet adalah salah satu penemuan terbaik dalam sejarah perkembangan teknologi di era modern saat ini. Sehingga manusia di seluruh dunia bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, dan saling memberi informasi lewat internet dengan menggunakan jaringan komputer. Kecanggihan internet ini juga mampu mengakses dari segala umur baik dewasa, remaja maupun anak-anak.

    2. Rumusan Masalah

    Bagaimana Bahaya Internet Bagi Remaja Di Bulan Suci Ramadhon ?

    3. Tujuan Penulisannya

    Untuk mengetahui Bahaya Internet Bagi Remaja Di Bulan Suci Ramadhon

    4. Penunjang Teori

    Sekarang ini internet telah menjadi kebutuhan bagi semua usia, terutama anak-anak remaja di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini apalagi dengan adanya aplikasi-aplikasi dari internet seperti facebook, Instagram, youtub, tik-tok dan lain sebagainya. sehingga anak-anak remaja sekarang setiap hari setiap waktu tidak lepas dengan yang namanya internet anak remaja sekarang lebih baik tidak jajan makanan ( kelaparan ) daripada tidak bisa internetan karena tidak punya kuota. Namun, tidak semua anak remaja adajuga yang bisa memanfaatkan internet dengan baik sesuai kebutuhannya. Bahaya Penggunaan Internet Bagi Remaja Saat Di Bulan Suci Romadhon yaitu : Membuat anak lupa dengan waktu dan juga lupa dengan kewajibannya seperti Sholat, Mengaji, Belajar, dan Mengerjaan Tugas.

    5. Kesimpulannya

    Munculnya internet di era modern ini memang sangat membantu kita untuk melakukan aktivitas apalagi dengan adanya virus sekarang ini anak-anak sekolah mulai dari SD/MI, MTs/SMP, MA/SMA/SMK dan MAHASISWA belajar dari rumah melalui Internet. Namun, banyak juga dampak negative dari Internet yang tidak bisa kita anggap sepele. Oleh karena itu, peran orang tua sangatlah penting dalam mengawasi putra-putrinya saat menggunakan Internet supaya tidak di salah gunakan.

    ReplyDelete
  2. Nama:Ivania Rismawati Rahayu
    Semester: 2
    Mata kuliah:karya ilmu filsafat
    Pertemuan: 11

    BAB 1
    PENDAHULUAN
    A.latar belakang
    Manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang dilengkapi dengan akal dan pikiran.Tanpa akal manusia tidak akan bisa membuat waduk/bendungan,jalan,jembatan,rumah-rumah bertingkat dan sebagainya,hanya dengan akal dan pikiran manusia dapat berubah tahap kehidupannya dan tradisional,berkembang dan mengikuti perkembangan sampai dengan modern.
    Akal digunakan manusia untuk berpikir,berpikir merupakan sebuah kegiatan mental yang menghasilkan fungsi otaknya untuk berpikir dalam menemukan pengetahuan atau menghasilkan pengetahuan termasuk kategori berpikir ilmiah.Ilmu pengetahuan dikatakan ilmiah jika memiliki metode dan cara yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan paling tidak ditunjang oleh tiga komponen utama:
    Pertama adanya objek,kedua adanya sistematika tertentu.Jadi berpikir ilmiah merupakan cara berpikir yang memiliki tatacara dan aturan main yang berlandaskan sistematika tertentu dan benar berdasarkan atas data empiris

    B. Rumusan masalah
    1.apa itu pengertian berpikir ilmiah?

    C.Tujuan penulisan
    1.menganalisis pengertian berpikir ilmiah

    BAB II
    PEMBAHASAN

    A.Definisi berpikir ilmiah

    Berpikir adalah menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu,sedangkan menurut poespoprodjo berpikir adalah suatu aktifitas yang banyak seluk beluknya,berlibat-libat,mencakup berbagai unsur dan langkah-langkah.Menurut Anita Taylor et Al berpikir adalah penarikan kesimpulan,jadi merupakan sebuah proses tertentu yang dilakukan akal budi dalam memahami,mempertimbangkan,menganalisis,meneliti,menerangkan dan memikirkan sesuatu dengan jalan tertentu atau langkah-langkah tertentu sehingga sampai pada sebuah kesimpulan yang benar.
    Sedangkan ilmiah yakni"bersifat ilmu secara ilmu pengetahuan,memenuhi syarat kaidah ilmu pengetahuan.Berpikir ilmiah adalah berpikir rasional dan berpikir empiris.Bersifat ilmiah apalabila ia mengandung kebenaran secafa objektif,karena di dukung oleh informasi yang telah teruji kebenarannya dan disajikan secara mendalam berkat penalaran dan analisis yang tajam.Jadi memang tidak semua berpikir akan menghasilkan pengetahuan dan juga tidak semua berpikir disebut berpikir ilmiah,karena berpikir ilmiah memiliki aturan dan kaidah tersendiri yang harus diikuti oleh para pemikir dan ilmuan sehingga proses ilmu pengetahuan bermanfaat bagi khalayak manusia pada umumnya.

    D. KESIMPULAN

    Berfikir merupakan ciri utama bagi manusia. Berfikir disebut juga sebagai proses bekerjanya akal. Secara garis besar berfikir dapat dibedakan antara berfikir alamiah dan berfikir ilmiah. Berfikir alamiah adalah pola penalaran yang berdasarkan kehidupan sehari-hari dari pengaruh alam sekelilingnya. Sedangkan berfikir ilmiah adalah pola penalaran berdasarkan sarana tertentu secara teratur dan cermat. Adapun salah satu pendapat dari para ahli mendefinisikan atau berpendapat bahwa berfikir ilmiah adalah berfikir yang logis dan empiris. Logis masuk akal, empiris dibahas secara mendalam berdasarkan fakta yang dapat dipertanggung jawabkan . Sarana berfikir ilmiah pada dasarnya ada tiga (3) yaitu : Bahasa sebagai sarana berfikir ilmiah, Matematika sebagai sarana berfikir ilmiah,dan Statistika sebagai sarana befikir ilmiah.

    Bahasa ilmiah berfungsi sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan jalan fikiran seluruh proses berfikir ilmiah.
    Matematika mempunyai peranan penting dalam berfikir deduktif sehingga mudah diikuti dan mudah dilacak kembali kebenarannya. Sedangkan
    Statistika mempunyai peranan penting dalam berfikir induktif dan mencari konsep-konsep yang berlaku umum.




    DAFTAR PUSTAKA

    Bakhtiar, Amsal. 2009. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

    ReplyDelete
  3. Nama: wahyu wardhana
    Semester: II
    pertemuan: ke 11

    "Internet untuk Remaja dibulan Suci Ramadhon".

    1. Latar Belakang
    Internet adalah kumpulan jaringan yang dapat menghubungkan manusia satu sama lain. Ramadhan adalah suatu bulan yang sangat istimewa bagi umat islam. Pada bulan ramadhan diwajibkan bagi umat islam untuk berpuasa sebulan penuh.

    2. Rumusan Masalah
    + Apa dampak positif internet di bulan ramadhan pada remaja?
    + Apa dampak negatif Internet di bulan ramadhan pada remaja?

    3. Tujuan Penulisan
    + Mengetahui dampak Internet di bulan ramadhan pada remaja

    4. Pembahasan
    + Dampak positif internet pada remaja di bulan ramadhan adalah remaja dapat menonton ceramah, kelas online, dll berbagai mamfaat lain nya.

    +Dampak negatif Internet pada remaja di bulan ramadhan adalah remaja sering kali lalai saat menggunakan Internet, dan banyak remaja yang menghabiskan waktu nya untuk bermain sosmed dan bermain game sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk tadarrus malah dibuang-buang.

    5. Kesimpulan
    Di bulan ramadhan, Internet adalah salah satu media bagi remaja untuk mengisi waktu luang nya. Tetapi banyak remaja yang salah dan berlebihan ketika menggunakan Internet. Sehingga waktu untuk beribadah, malah di pergunakan untuk Internet sepanjang hari.

    ReplyDelete
  4. Nama: Novi wulandari
    Semester: 2
    Mata kuliah: filsafat ilmu
    Pertemuan: 11

    "Bahaya internet bagi remaja di bulan ramadhan"

    *Latarbelakang
    Bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat muslim. Bulan yg harus dihidupkan dengan kekhusuan ibadah. Beramai-ramai umat muslim meningkatkan ibadahnya pada bulan ramadhan,apalagi pada masa pandemi saat ini banyak waktu yg dapat kita gunakan untuk beribadah. Namun di sisi lain ada beberapa kegiatan buruk yg tanpa kita sadara kita lakukan di bulan ramadhan. Salah satunya bermain internet berlebihan. Apakah ada sisi bahayanya internet di bulan ramadhan? Sedangkan internet dapat membantu menambah wawasan pengetahuan dan mempermudah pelajar dalam mengerjakan tugas.

    *Rumusan masalah
    -Apa bahaya internet bagi remaja saat bulan ramadhan?

    *Tujuan penulisan
    Agar mengetahui sisi negatif atau bahayanya internet bagi remaja pada saat bulan ramadhan.

    *penunjang teori

    Pada bulan ramadhan seperti saat ini banyak kegiatan kegiatan positif yg bisa kita lakukan untuk menambah amalan kita,apalagi pada saat pandemi seperti saat ini banyak waktu luang untuk menyempurnakan ibadah puasa kita. Di sisi positif memperbanyak ibadah pasti ada hal² negatif pula,walaupun kegiatannya kadang kita tidak sadari. Seperti contohnya pada saat kita bermain hp kita pasti menggunakan internet untuk surfing di dunia maya,browsing hal² yg menarik dan membuka jejaring sosial. Kadang kala kita melewati batas waktu saat sedang asik²nya bermain melupakan waktu dan tenggelam di sosial media. Hal itu menjadi salah satu bahaya yg kita dapatkan saat bermain internet. Kita bisa sampai melewatkan waktu solat, mempersingkat waktu tadarus kita,dan bisa saja pada saat kita telah kecanduan internet ini kita selalu terburu² dalam beribadah agar bisa cepat bermain internet lagi. Selain sifat kecanduan internet, didalam internet kita bisa menemukan konten² yg tidak baik kita lihat,dan menjadikan kita boros,malas,dan kesehatan tubuh yg buruk. Dampak bahaya ini bukan hanya untuk di bulan ramadhan namun selain di bulan ramadhan kita juga harus membijak diri kita dalam bermain internet. Apalagi pada saat ramadhan ini karna setiap waktunya jika kita gunakan untuk beribadah maka hitungannya menjadi amal. Dan juga terlalu banyak bermain internet dapat membuang waktu kita dengan sia-sia.

    *kesimpulan

    Bahaya internet di bulan suci ramadhan yaitu pada penggunaannya yg berlebihan. Karna dapat membuat diri kita kehilangan kekhusuan ibadah, selalu ingin cepat2 ibadahnya. Karna berkahnya bulan ramadhan sangat sayang untuk kita sia siakan hanya untuk tenggelam di dunia internet.


    #sekian trimakasih

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Nama : Suhaeti
    Semester : II
    Pertemuan: ke11
    INTERNET BAGI REMAJA DI BULAN SUCI RAMADHAN
    I .LATAR BELAKANG
    Internet menjadi kebutuhan dalam sosial dan memberikan pengaruh positif dan negatif semua tergantung pada individu masing-masing
    pungli internet dalam Media komunikasi sangat banyak di antaranya melalui word wide web (WWW)E-mail, news group, FTP, dan media komunikasi lainnya para pengguna internet di seluruh dunia berasa saling bertukar komunikasi dengan cepat praktis dan mudah dari berbagai dampak positif dan ada juga dampak negatif dampak negatif kecanduan internet merupakan sikap individualis

    II. RUMUSAN MASALAH
    kecanduan internet bagi remaja di bulan suci ramadhan

    III. TUJUAN PENULISAN
    manfaat dan bahaya bagi remaja di bulan suci ramadhan

    IV. PENUNJANG TEORINYA
    sekarang internet menjadi kebutuhan bagi semua masyarakat baik anak-anak maupun dewasa terutama remaja.
    Hal demikian bisa lupa dengan lingkungan sekitar ,mereka lebih banyak menggunakan waktu bersosialisasi di media sosial.
    Hal demikian juga terjadi pada remaja jika dibandingkan waktu belajar remaja yang kecanduan internet cenderung lebih asik dengan dunia maya hal ini tentu membuat waktu terbuang begitu saja bagi remaja dan bahaya internet bagi remaja di bulan suci ramadhan.
    Membuat kewajiban terabaikan seperti sholat, mengaji, belajar serta tugas sekolah mengabaikan perintah orang tua.

    V. KESIMPULAN
    internet pada jaman sekarang sangat penting dan membantu bagi kelangsungan jaman.
    Meminimalkan dampak negatif internet di antaranya menumbuhkan minat baca, mengaji, dan belajar dalam bimbingan orang tua karena membaca merupakan karakteristik proses pembelajaran sepanjang hangat ( life long learning) yang berkontribusi pada perkembangan seperti memecahkan persoalan serta penghargaan yang bertambah terhadap aktivitas keseharian dan ternyata peran orang tua ketika remaja menggunakan media internet sangat penting peranannya dan pantauan nya serta dampingi remaja mengunakan internet batasi waktu penggunaan internet bekali anak dengan ilmu agama dan pengetahuan akan penggunaan internet serta remaja harus bersikap sopan dan santun dalam menggunakan internet khususnya pada bulan suci ramadhan ini remaja harus menghargai norma dan kaidah-kaidah bulan suci ramadhan sesuai ajaran Islam.

    ReplyDelete
  7. Nama :Maulana Akbar
    Mata Kuliah :Filsafat Ilmu
    Semester :II

    PENGARUH INTERNET BAGI PERKEMBANGAN REMAJA 

    A. Latar Belakang
    Internet ialah jaringan global antar komputer untuk berkomunikasi dari satu lokasi ke lokasilainnya di belahan dunia (seperti sekolah, universitas, institusi riset, museum, bank, perusahaan bisnis, perorangan, stasiun TV ataupun radio). Internet berfungsi sebagai aspek komunikasi, penyedia informasi, dan fasilitas untuk promosi. Internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak di berbagai lokasi di seluruh dunia. Misalnya kita bisa kirim data atau surat dengan berbagai pihak diseluruh dunia dengan menggunakan fasilitas Electronic mail (E-mail). Selain fasilitas Electronic mail internet juga menyediakan fasilitas untuk ngobrol yang dalam internet disebut chatting.

    B. Rumusan Masalah
    Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh internet bagi perkembangan remaja?

    C. Tujuan Penelitian
    Mengetahui pengaruh internet bagi perkembangan remaja.Menambah referensi pustaka skolah.Memenuhi tugas akhir semester 1 mata pelajaran Bahasa dan SastraIndonesia.

    LANDASAN TEORI

    A. Asal Usul Internet

    Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh DepartemenPertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET(Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimanadengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasidalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenalsebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol /Internet Protocol).

    PEMBAHASAN
    A. Manfaat Internet Bagi Remaja

    A.1 Umum

    Umum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti untuk orang banyak (1996:1103). Berdasarkan suvey di Amerika Serikat membuktikan jika berselancar di dunia maya, bermain game online, dan bermain situs jejaring sosial justru baik bagi perkembangan remaja. Digital Youth Project yang disponsori MacArthur Foundation selama tiga tahun berhasilmembuktikan internet baik bagi perkembangan remaja. Proyek yang dilakukan selama tiga tahun itumelibatkan 800 remaja dan orang tua untuk mengetahui peningkatan kemampuan teknologi remaja. Hal ini juga mematahkan anggapan para orangtua yang menyatakan bermain internet hanyamembuang waktu saja.

    A.2 Dalam Pendidikan

    Internet merupakan sebuah layanan yang memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi, dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicarisecara nyata. melalui akses dunia maya internet ini, kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi jarak jauh dan juga mencari informasi yang sangat kita butuhkan. Dalam dunia pendidikan internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan serta sharing risetantarsiswa terutama dengan mereka yang berjauhan tempat tinggalnya.

    B. Dampak Negatif Internet Bagi Remaja

    Aneka macam materi yang berpengaruh negatif pun bertebaran di internet. Misalnya: pornografi, kebencian, rasisme, kejahatan, kekerasan, dan sejenisnya. Berita yang bersifat pelecehanseperti pedofolia, dan pelecehan seksual pun mudah diakses oleh siapa pun. Barang-barang seperti viagra, alkhol, narkoba banyak ditawarkan melalui internet. Bahkan, melalui internet orang jugamelakukan penipuan dan pencurian.
    B. Kesimpulan
    Di negara kita tercinta ini sudah mulai banyak sekolah-sekolah yang memanfaatkan internet sebagai sarana penting dalam kegiatan pembelajaran. Banyak manfaat yang mereka peroleh dari internet, terutama dalam proses komunikasi dan penggalian informasi, namun tidak sedikit yang menyalahgunakan penggunaan internet.

    ReplyDelete
  8. Nama : siti jamilah
    Semester : II
    Mata kuliah :filsafat ilmu
    Pertemuan : 11

    Bahaya Internet Bagi Remaja Di Bulan Suci Ramadan

    A. Latar Belakang
    Ada banyak remaja yang cenderung menyalahgunakan internet sehingga dampak buruk bagi dirinya dan lingkungannya.Dalam bulan ramadan ini harusnya internet di gunakan untuk kebutuhan beribadah,bukan menyalahgunakan dengan tidak baik.Karena informasi yang terdapat di internet tidak di batasi, berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk dan tujuan bercampur menjadi satu.

    B. Rumusan Masalah
    Bahaya/dampak internet bagi remaja di bulan suci ramadan.

    C. Tujuan Penulisan
    Untuk mengetahui bahaya/dampak internet bagi remaja di bulan suci ramadan.

    D. Penunjang Teori
    Internet adalah seluruh jaringan komunikasi yang menggunakan media elektronik yang saling terhubung menggunakan standar sistem globalisasi transmission.
    Bahaya internet di kalangan remaja pada bulan suci ramadan ini yaitu banyak para remaja yang memilih bermain game online atau membuka media sosial,daripada memperbanyak beribadah sehingga menimbulkan efek kecanduan dan melupakan kewajiban kita di bulan ramadan. Ini terjadi karena kecanggihan teknologi,namun tidak di imbangi dengan ilmu pengetahuan dan ilmu agama yang cukup untuk mengakses dan memilih yang tepat.Dalam agama islam kita di anjurkan untuk memanfaatkan waktu dengan baik.

    E. Kesimpulan
    Setiap kemajuan memang memberikan efek yang positif dan negatif.kita tentu tidak keberatan dengan efek yang positif,kita hanya perlu mewaspadai dan menghindari efek yang bersifat negatif. Selain itu pemberian pendidikan agama yang baik bisa memperbaiki penggunaan internet yang berlebihan.

    ReplyDelete
  9. Nama lengkap: Siti Nurfadilah
    Semester : 2
    Mata kuliah : Filsafat ilmu
    Pertemuan ke 11

    'Bahaya internet bagi remaja di bulan suci Ramadhan'
    1. Latar Belakang
    Internet merupakan salah satu hasil dari kecanggihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi buatan manusia. Internet bersifat multifungsi yang dapat dimanfaatkan atau digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari orang dewasa, anak muda atau remaja, bahkan anak kecil pun sudah bisa menggunakan kecanggihan internet ini.

    2. Rumusan masalah
    Apa dampak dari internet bagi remaja di bulan suci Ramadhan?

    3. Tujuan masalah
    Agar kita bisa memahami dampak dari internet itu sendiri.

    4. Pembahasan
    Tidak dapat dipungkiri lagi internet termasuk di dalamnya jejaring sosial, baik secara langsung maupun tidak langsung mempunyai dampak positif dan dampak negatif bagi penggunanya. Pengguna internet umumnya mengisi waktu luang di bulan Ramadhan seperti nonton konten religi, melihat tutorial hijab/makanan di youtobe, momen ramadhan ini juga seringkali di manfaatkan untuk menguatkan kembali tali silaturahmi dengan teman-teman lamanya. Tetapi dibalik itu semua, pasti ada dampak negatif bagi pengguna nya misalnya kita terlalu asik main internet atau menonton youtobe atau bermain game sampai lupa waktu sholat dan tadarus Al-quran dan membuat kita lalai dalam hal pendekatan diri kepada Allah dibulan suci ramadhan ini.

    5. Kesimpulan
    Kita harus bersikap dewasa dalam menggunakan internet, tidak boleh berlebihan dan tetap harus ingat kewajiban kita seperti sholat dan tadarus Al-Qur'an di bulan suci Ramadhan ini jangan sampai menyalahgunakan internet khususnya untuk anak dibawah umur itu harus ada pengawasan dari orang dewasa.

    ReplyDelete
  10. Nama : Ma'mun Maulana
    Semester : 2 (DUA)
    Mata kuliah : Filsafat Ilmu
    Pertemuan ke 11


    INTERNET BAGI REMAJA DI BULAN SUCI RAMADHAN
    I. LATAR BELAKANG
    Internet menjadi kebutuhan dalam sosial, memberikan pengaruh positif dan negatif semua tergantung pada individu masing-masing. Pungli internet dalam Media komunikasipun sangat banyak di antaranya melalui word wide web (WWW)E-mail, news group, FTP, dan media komunikasi lainnya para pengguna internet di seluruh dunia berasa saling bertukar komunikasi dengan cepat praktis dan mudah dari berbagai dampak positif dan ada juga dampak negatif dampak negatif kecanduan internet merupakan sikap individualis.

    II. RUMUSAN MASALAH
    kecanduan internet bagi remaja di bulan suci ramadhan

    III. TUJUAN PENULISAN
    manfaat dan bahaya internet bagi remaja di bulan suci ramadhan

    IV. PENUNJANG TEORI
    sekarang ini internet menjadi kebutuhan bagi semua masyarakat, baik anak-anak maupun dewasa terutama remaja.
    Hal demikian, bisa lupa dengan lingkungan sekitar. Mereka lebih banyak menggunakan waktu bersosialisasi di media sosial.
    Hal demikian juga terjadi pada remaja, jika dibandingkan waktu belajar remaja yang kecanduan internet cenderung lebih asik dengan dunia maya hal ini tentu membuat waktu terbuang begitu saja bagi remaja dan bahaya internet bagi remaja di bulan suci ramadhan.
    Membuat kewajiban terabaikan seperti sholat, mengaji, belajar serta tugas sekolah yang mengabaikan perintah orang tua.

    V. KESIMPULAN
    Internet pada jaman sekarang sangatlah penting dan membantu bagi kelangsungan jaman. Namun, minimalkan dampak negatif penggunaanbinternet di antaranya menumbuhkan minat baca, mengaji, dan belajar dalam bimbingan orang tua karena membaca merupakan karakteristik proses pembelajaran sepanjang hayat ( life long learning) yang berkontribusi pada perkembangan seperti memecahkan persoalan serta penghargaan yang bertambah terhadap aktivitas keseharian dan ternyata, peran orang tua ketika remaja menggunakan media internet sangat penting peranan dan pantauan nya serta dampingi remaja mengunakan internet. Batasi waktu penggunaan internet bekali anak dengan ilmu agama dan pengetahuan akan penggunaan internet. serta remaja harus bersikap sopan dan santun dalam menggunakan internet khususnya pada bulan suci ramadhan ini remaja harus menghargai norma dan kaidah-kaidah bulan suci ramadhan sesuai ajaran Islam.
    Sesuai dengan kebutuhan pengetahuan formal dan nonformalnya, sehingga tidak akan terjadi penyalah gunaan media sosial internet secara berlebihan.

    ReplyDelete
  11. kunjungi juga https://www.uma.ac.id/ dan http://pertanian.uma.ac.id/
    terimakasih

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...