Friday, June 26, 2020

Soal UAS Filsafat Ilmu TA 19/20 pagi


Tulislah identitasmu;
Nama                     : ...................
Soal Matakuliah       : Filsafat Ilmu
Semester                : II (dua)

Perintah;
  1. Hanya memilih 5 (lima) soal dari 9 soal yang tersedia.
  2. Supaya lebih muda menjawab, gunakan laptop
  3. Tulis jawabanya pada kolom komentar jangan lebih dari 4000 karakter.
  4. Menulis jawaban dengan redaksi yang sama atau copy paste akan dianulir.
  5. Waktu dari jam 09.00 s/d 10.00


Soal UAS Filsafat Ilmu

  1. Menurut pendapat Plato, bahwa  ide, gagasan hanya dapat dilihat melalui pikiran, jelaskan maksudnya.
  2. Di Yunani Kuno, filsafat alam timbul sebagai hasil pemikiran para filsuf tentang Manusia dan alam sekitarnya. jelaskan maksudnya.
  3. Filsafat timbul karena keingintahuan manusia pada Sebab terjadinya gejala alam yang sering dialami manusia. jelaskan maksudnya
  4. landasan manusia berpikir tentang sesuatu yang ada di balik peristiwa-peristiwa alam yang diamati dengan indranya adalah Mitologi. jelaskan maksudnya
  5. Makna filsafat adalah cinta pada ilmu. jelaskan maksudnya
  6. Jelaskan arti pengetahuan mistik berdasarkan bahasa dan istilah!
  7. Jelaskan aliran-aliran monoteisme, dualisme, pluralisme, nihilisme, agnotisme yang dapat ditimbulkan dari pengetahuan ilmiah!
  8. Jelaskan objek dalam pengetahuan mistik!
  9. Bagaimana cara pengetahuan diperoleh!

 

 

 













20 comments:

  1. Nama :Maulana Akbar
    Mata kuliah : Filsafat Ilmu
    Semester :II (Dua)
    1.Pandangan Plato terhadap ide-ide dipengaruhi oleh pandangan Sokrates tentang definisi. Idea yang dimaksud oleh Plato bukanlah ide yang dimaksud oleh orang modern.Orang-orang modern berpendapat ide adalah gagasan atau tanggapan yang ada di dalam pemikiran saja.[butuh rujukan] Menurut Plato idea tidak diciptakan oleh pemikiran manusia.Idea adalah dunia yang melampaui manusia maka ide tidak tergantung pada pemikiran manusia, melainkan pikiran manusia yang tergantung pada dunia ide. Ide adalah citra pokok dan perdana dari realitas, nonmaterial, abadi, dan tidak berubah. Ide sudah ada dan berdiri sendiri di luar pemikiran kita.Ide-ide ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Misalnya, ide tentang dua buah lukisan tidak dapat terlepas dari ide dua, ide dua itu sendiri tidak dapat terpisah dengan ide genap.Namun, pada akhirnya terdapat puncak yang paling tinggi di antara hubungan ide-ide tersebut.Puncak inilah yang disebut ide yang “indah”. Ide ini melampaui segala ide yang ada.
    5.Pengertian FilsafatFilsafat merupakan sebuah studi yang membahas segala fenomena yang ada dalam kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan skeptis dengan mendalami sebab-sebab terdala, lalu dijabarkan secara teoritis dan mendasar. Selain pengertian di atas dalam pengertiannya filsafat dibagi menjadi dua yaitu secara etimologis dan terminologis. Secara etimologis, istilah filsafat berasal dari bahasa Arab, yaitu falsafah atau juga dari bahasa Yunani yaitu philosophia yang terdiri dari kata philien yang berarti cinta dan sophia yang berarti kebijaksanaan. Jadi bisa kita artikan bahwa filsafat berarti cinta akan kebijaksanaan atau love of wisdom dalam arti yang sedalam-dalamnya.
    6.Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, mistik mempunyai arti:
    a. Subsistem yang ada dihampir semua agama dan sistem religi untuk memenuhi hasrat manusia mengalami dan merasakan emosi bersatu dengan Tuhan, tasawuf, suluk.
    b. Hal gaib yang tidak terjangkau dengan akal manusia biasa.
    Menurut asal katanya, kata mistik berasal dari bahasa Yunani mystikos yang artinya rahasia (geheim), serba rahasia (geheimzinning), tersembunyi (verborgen), gelap (donker), atau terselubung dalam kekelaman (in het duister gehuld).
    Berdasarkan arti tersebut mistik sebagai sebuah paham yaitu paham mistik atau mistisisme, merupakan paham yang memberikan ajaran yang serba mistis (misal ajarannya berbentuk rahasia atau ajarannya serba rahasia, tersembunyi, gelap atau terselubung dalam kekelaman) sehingga hanya dikenal, diketahui atau dipahami oleh orang-orang tertentu saja, terutama sekali bagi penganutnya.
    Mistik adalah pengetahuan yang tidak rasional, ini pengertian yang umum. Adapun pengertian mistik dikaitkan dengan agama ialah pengetahuan ajaran atau keyakinan tentang tuhan yang diperoleh melalui meditasi atau spiritual, bebas dari ketergantungan pada indera dan rasio (A.S. Hornby, A Leaner’s Dictionary of Current English, 1957 : 828).
    8.Objek pengetahuan mistik ialah objek yang abstrak supra-rasional, seperti alam gaib termasuk tuhan, malaikat, surga, neraka, jin, dan lain sebagainya. objek yang dapat diketahui melalui pengetahuan mistik ialah objek-objek supra-natural seperti kebal, debus, pelet, penggunaan jin, santet.
    9.Dalam pengertian lain, pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Misalnya ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma masakan tersebut.

    ReplyDelete
  2. Nama : Ma'mun Maulana
    Semester : 2 (DUA)
    Mata kuliah : Filsafat Ilmu


    JAWABAN

    1. Maksud dari ide gagasan hanya dapat dilihat melalui pikiran artinya gagasan itu harus benar benar terfokus pada gagasan pembahasan, sehingga ide gagasan dapat diperdalam dengan pemikiran pemahaman yang jernih, pemahaman yg matang atas gagasan ataupun kesimpulan tentang pembahasan pengetahuan yg difahami.

    2.filsafat adalah cinta pada ilmu. Artinya seorang filosof haruslah pencinta, pendamba, pencari kebijakan. Sehingga para ilmuwan atau filosof sangatlah benar benar dalam menggali ilmunya, rasa sikap ingin tahuan yang tinggi. Namun mereka melakukan penggalian ilmuwan dengan cara sistematis. Sehingga menghasilkan kadar keilmuwan yang tinggi dan terarah.

    3. Mistik secara bahasa yaitu berasal dari bahasa yunani mistokes. Yang artinya rahasia. Serba rahasia, terselubung, gelap (donker) atau terselubung dalam kekelaman.
    Secara istilah yaitu suatu pengetahuan (ajaran/ keyakinan) tentang tuhan yg diperoleh melalui meditasi atau latihan spiritual yang bebas dari ketergantungan pada indra dan rasio.

    4. Objek kajian mistik adalah objek yang abstrak. Seperti objek mistik alam gaib contohnya objek malaikat, surga, neraka, alam kubur, jin dan lainnya.

    5. Kegiatan untuk memperoleh pengetahuan atau intelectual activity adalah proses kegiatan manusia sejak manusia ada walaupun hidup secara nomaden, manusia telah mengamati lingkungannya serta memanfaatkan lingkungannya untuk dapat mempertahankan hidupnya. Dengan proses pengamatan dan pemilahan itu manusia memilih gejala mana yang cocok dijadikan percobaan dalam upaya menguji kecocokan gejala-gejala itu dengan pengetahuan yang belum diketahui sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. Nama : Dede rakhman
    Mata kuliah : filsafat
    Semester : II (dua)

    1. Menurut Plato ide tidak diciptakan oleh pemikiran manusia.Ide adalah dunia yang melampaui manusia maka ide tidak tergantung pada pemikiran manusia, melainkan pikiran manusia yang tergantung pada dunia ide. Jd menurut plato manusia itu menemukan ide karena memang kenyataan tentang ide tersebut baru dia temukan padahal hal tersebut telah ada jauh sebelum dia fikirkan.
    6. Mistik berasal dari bahasa yunani mystikos yg berarti rahasia.
    Sedangkan menurut istilah mistik adalah pengetahuan yang tidak rasional meskipun kadang kadang memiliki bukti yang nyata.
    8. objek yang dapat diketahui melalui pengetahuan mistik ialah objek-objek supra-natural seperti kebal, debus, pelet, penggunaan jin, santet. Cara untuk memperoleh pengetahuan mistik adalah dengan latihan yang disebut dengan riyadhah.
    9. Pengetahuan di peroleh dari penelitian terhadap fenomena. K.h. Fahmi basya berpendapat dalam mengartikan kata qolam dengan fenomena. Di ayat
    علم بالقلم . Beliau mencontohkan qobil bin adam yg membunuh saudaranya mendapatkan pengetahuan tentang membunuh dr melihat fenomena 2 ekor kambing yg saling beradu dan yg satu nya mati. Bahkan dalam menguburkan saudaranya pun dia melihat 2 ekor gagak yg saling bunuh dan salah satu nya menguburkan yg mati.
    7. A.Monoteisme (berasal dari kata Yunani (monos) yang berarti tunggal dan (theos) yang berarti Tuhan) adalah kepercayaan bahwa Tuhan adalah satu/tunggal dan berkuasa penuh atas segala sesuatu.
    B.Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik.
    C.Pluralisme, terdiri dari dua kata plural dan isme yang berarti paham atas keberagaman. Definisi dari pluralisme sering kali disalahartikan menjadi keberagaman paham yang pada akhirnya memicu ambiguitas.
    D. Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan.
    E. Agnostisisme adalah suatu pandangan bahwa ada atau tidaknya Tuhan atau hal-hal supranatural adalah suatu yang tidak diketahui atau tidak dapat diketahui.

    ReplyDelete
  4. Nama : Nida Sania
    Mata Kuliah : Filsafat Ilmu
    Semester : II (Dua)
    JAWABAN
    5).Pada umumnya arti filsafat sebagai suatu hidup dan makna dari filsafat berarti cinta ilmu akan kebijaksanaan atau LOVE OF WISDOM dalam arti yang cinta kebijaksanaan sehingga seorang filosof adalah pecinta,pedamba atau pencari kebijaksanaan.
    6). pengetahuan mistik dalam bahasa itu tidak dapat di pahami,jadi maksudnya pengetahuan mistik sebuah rahasia,tersembunyi gelap (Ghaib)
    7).monoisme,antara 2 paham yg saling bertentangan yaitu materialisme,idealisme.materi muncul karena adanya ruh begitupum ruh muncul bukan karna materi.
    B.Nualisme.kenyataan bahwa macam bentuk itu semuanya nyata.
    C.prulasime,bahwa dunia ini terbuka untuk kebebasan manusia.dalam pandangan nihilisme Tuhan sudah mati manusia bebas berkehendak.
    D.nihilisme,manusia tidak mungkin mengetahui hakikat batu,api,air,kemampuan manusia sangat terbatas,tidak mungkin tahu sesuatu yang ada baik indera maupun dikitan.
    E.agnotisme,tidak di peroleh melalui Indra/akal tapi di peroleh melalui rasa dan latihan.
    8).seperti alam ghaib termasuk Tuhan kita Allah SWT,malaikat,surga,neraka,jin dan lainnya.
    9). menurut BABBIE memperoleh pengetahuan ada 2
    1.melalui orang lain,org lain memberitahukan kepada kita melalui media.
    2.pengalaman dari diri sendiri Seca langsung org mengatabahea pengetahuan adalah guru yang baik pengetahuan dari pengalaman diperoleh dgn mempelajari pengalaman Kita sendiri

    ReplyDelete
  5. Nama: Novi wulandari
    Semester: 2
    Mata kuliah : filsafat ilmu
    Pertemuan ke 14 UAS

    1. Gagasan dapat dilihat melalu pikiran
    Arti gagasan sendri yaitu pemikiran yang akan disampaikan kepada pendengarnya. Jika gagasan disandarkan kepada pemikiran seluruhnya dan pikiran dapat menuai 2 hasil dalam jangka pendek antara pemikiran positif dan juga negatif karna pikiran dapat berubah ubah sesuai pemikir.a

    4. Landasan manusia berpikir tentang sesuatu peristiwa alam yang diamati indranya atau disebut mitologi. Mitologi sendri berarti kajian tentang mitos legenda cerita rakyat mencangkup tentang kisah penciptaan dunia dan mahluk halus di suatu kebudayaan karna cerita pada masa dulu mengandung hal-hal yg mencritakan tentang kehidupan yg jauh dari sentuhan keilmuan

    6. Pengetahuan mistik secara bahasa berarti supranatural atau hal-hal yg tidak rasional
    Istilahnya yaitu hal-hal yg berada di belakang gejala gejala yg nyata kehidupan dibalik kenyataan seperti hal² yg ghaib dan nyata apabila seseorang mempercayainya

    8. Objek pengetahuqn mistis yaitu hal- hal yg berbau ghaib pengaruh kekuatan mental dan magis. Contohnyq seperti surga neraka malaikat dah setan

    9.pengetahuan dapat diperoleh melalu pengalaman keindraan, pemahaman suatu ilmu ,pengamatan terhadap perbedaan

    ReplyDelete
  6. Nama : neng syifa nurullita
    Semester : II
    Mata kuliah : filsafat ilmu

    1.Menurut seorang filsuf Yunani bernama Plato, ide merupakan sesuatu yang memimpin pemikiran manusia. Ide bukanlah hasil pemikiran subjektif, melainkan ide itu objektif. Ide lepas dari subjek yang berpikir. 

    Meski pun tiap orang berbeda dengan orang yang lain, atau tidak ada orang yang persis sama meski pun ia anak kembar, tetap saja orang adalah manusia.

    Inilah idenya yang tak berubah itu. Adanya suatu pengamatan dan pengungkapan yang serba bervariasi dan berubah itu merupakan pengungkapan atas ide yang tidak berubah. Orang bisa mengamati satu benda yang sama tetapi masing-masing orang punya pendapat lain.

    Konsep ide (idea) Plato sesungguhnya merupakan lanjutan dari gagasan gurunya, yakni Socrates yang mengajarinya tentang definisi. Dalam pengertian ini, tentu saja ide yang digagas Plato bukan bermakna gagasan atau tanggapan yang berbasis pada pemikiran.

    Ide menurut Plato, tidak diciptakan dan tidak tergantung kepada manusia. Ide Plato bersifat immaterial, bersifat abadi dan tidak berubah.  Ide menurut Plato sudah ada bahkan sebelum manusia diciptakan. Ia berdiri sendiri dan terlepas dari manusia yang fisik.

    Menurut Plato, dunia Indrawi (termasuk tubuh manusia) adalah refleksi dari realitas Ide. Karena itu, tidak heran jika dunia indrawi selalu bersifat fana karena ia dapat rusak. Atau bahkan mati. Dunia ide menurut Plato bukan dunia indrawi. Karena ia bukan dunia indrawi, maka, ia hanya dapat terbuka untuk didekati melalui rasio manusia.

    5.Kata Filsafat berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata philein/philos yang berarti “cinta” dan sophia yang berarti “kebijaksanaan”. Secara etimologis, filsafat berarti cintakebijaksanaan (love of wisdom). Sehingga seorang filosof adalah pencinta, pendamba atau pencari kebijaksanaan.


    6. Pengetahuan mistik adalah pengetahuan yang tidak dapat di pahami rasio, maksudnya, hubungan sebab akibat yang terjadi tidak dapat di pahami rasio. ... Pengetahuan mistik juga sering disebut denganpengetahuan metafisika yang artinya cabang filsafat yang membicarakan hal-hal yang berada di belakang gejala-gejala yang nyata.

    8. Objek pengetahuan mistik ialah objekyang abstrak supra-rasional, seperti alam gaib termasuk tuhan, malaikat, surga, neraka, jin, dan lain sebagainya.objek yang dapat diketahui melaluipengetahuan mistik ialah objek-objeksupra-natural seperti kebal, debus, pelet, penggunaan jin, santet.

    9. Dalam pengertian lain, pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Misalnya ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma masakan tersebut.

    ReplyDelete
  7. 5.Pengertian FilsafatFilsafat merupakan sebuah studi yang membahas segala fenomena yang ada dalam kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan skeptis dengan mendalami sebab-sebab terdala, lalu dijabarkan secara teoritis dan mendasar. Selain pengertian di atas dalam pengertiannya filsafat dibagi menjadi dua yaitu secara etimologis dan terminologis. Secara etimologis, istilah filsafat berasal dari bahasa Arab, yaitu falsafah atau juga dari bahasa Yunani yaitu philosophia yang terdiri dari kata philien yang berarti cinta dan sophia yang berarti kebijaksanaan. Jadi bisa kita artikan bahwa filsafat berarti cinta akan kebijaksanaan atau love of wisdom dalam arti yang sedalam-dalamnya.

    6.berasal dari yunani mystikos artinya rahasia(geheim),serba rahasia(geheimzinning),tersembunyi(verborgen),gelap(donker)atau terselubung dalam kelamaan(in het dulster gehuld).
    Berdasarkan arti tersebut mistik sebagai sebuah paham yaitu paham mistik atau mistisisme, merupakan paham yang memberikan ajaran yang serba mistis (misal ajarannya berbentuk rahasia atau ajarannya serba rahasia, tersembunyi, gelap atau terselubung dalam kekelaman) sehingga hanya dikenal, diketahui atau dipahami oleh orang-orang tertentu saja, terutama sekali bagi penganutnya.
    Mistik adalah pengetahuan yang tidak rasional, ini pengertian yang umum. Adapun pengertian mistik dikaitkan dengan agama ialah pengetahuan ajaran atau keyakinan tentang tuhan yang diperoleh melalui meditasi atau spiritual, bebas dari ketergantungan pada indera dan rasio.

    3.Objek pengetahuan mistik ialah objek yang abstrak supra-rasional, seperti alam gaib termasuk tuhan, malaikat, surga, neraka, jin, dan lain sebagainya. objek yang dapat diketahui melalui pengetahuan mistik ialah objek-objek supra-natural seperti kebal, debus, pelet, penggunaan jin, santet.

    9.Dalam pengertian lain, pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Misalnya ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma masakan tersebut.

    1. Pandangan Plato terhadap ide-ide dipengaruhi oleh pandangan Sokrates tentang definisi. Idea yang dimaksud oleh Plato bukanlah ide yang dimaksud oleh orang modern.Orang-orang modern berpendapat ide adalah gagasan atau tanggapan yang ada di dalam pemikiran saja.[butuh rujukan] Menurut Plato idea tidak diciptakan oleh pemikiran manusia.Idea adalah dunia yang melampaui manusia maka ide tidak tergantung pada pemikiran manusia, melainkan pikiran manusia yang tergantung pada dunia ide. Ide adalah citra pokok dan perdana dari realitas, nonmaterial, abadi, dan tidak berubah. Ide sudah ada dan berdiri sendiri di luar pemikiran kita.Ide-ide ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Misalnya, ide tentang dua buah lukisan tidak dapat terlepas dari ide dua, ide dua itu sendiri tidak dapat terpisah dengan ide genap.

    ReplyDelete
  8. Nama : Wahyu Wardhana
    Soal Mata Kuliah : Filsafat Ilmu
    Semester : II (Dua)

    9. Dengan cara metode non ilmiah dan metode ilmiah. Metode non ilmiah mengaandalkan pnca indra sedangkan Metode ilmiah menggunakan langka-langka sistematik dan menggunakan cara berfikir logis.
    1. Karna Ide dan Gagasan tercipta dari pikiran.
    8. Objek dalam pengetahuan mistik adalah objek yg bersifat abstrak dan supra rasional yang tidak dapat dilihat, dipegang,dirasakan seperti makalikan, jin, dll.
    6. Pengetahuan Mistik adalah pengetahuan yang supra rasional tapi kadang punya bukti emperis. pengetahuan Mistik disebut dengan pengetahuan metafisika.
    5. Maksudnya adalah orng yang mempelajari ilmu filsafat adalah orng pecinta ilmu.


    ReplyDelete
  9. Nama : Dede Abdulrohim
    Semester : II (Dua)

    1. Menurut pendapat plato, bahwa ide, gagasan hanya dapat dilihat melalui pikiran. Karena ide murupakan suatu yg memimpin pemikiran manusia. Ide bukanlah hasil pemikiran subjektif, melainkan ide itu objektif. Ide lepas dari subjek yg berfikir. Meskipun tiap orang berbeda dengan orang yg lain, atau tidak ada orang yg persis sama meskipun ia anak kembar.

    2. Karena dalam filsafat yunani kuno, Manusia di anggap sebagai mikrokosmos (Dunia kecil) dalam kompesisi "Dunia Besar" dari alam semesta. Pandangan filsafat ini bertumpu dari refleksi dan simbol alam semesta yg di pahami dari eksistenti manusia sebagai organisme spritual. Karenanya, setiap orang akan memahami bahwa dalam dirinya memiliki semua elemen dasar alam semesta.

    5. Makna filsafat adalah cinta pada ilmu, karena filsafat adalah pengetahuan otonom yg perlu di timba oleh manusia, sebab manusia telah dikaruniai akal oleh Allah swt. Oleh karena itu banyak dari penulis cebderung mendefinisikan filsafat adalah merupakan ilmu pengetahuan yg menyangkut atau mengenai segala sesuatu dengan cara memandang sebab-sebab asal-usul terdalam.

    8. Objek pengetahuan mistik ialah objek yg abstrak supra-rasional, seperti alam gaib termasuk tuhan, malaikat, surga, neraka, jin dan lain sebagainya.
    Objek yg dapat di ketahui melalui pengetahuan mistik ialah objek-objek supranatural seperti kebal, santet dll.

    9. Kita Memperoleh Pengetahuan dengan Dua Cara Menurut Babbie sebagai berikut:
    1.Melalui orang lain. Orang lain memberitahukan kepada kita, baik secara langsung maupun melalui media, dan apa yang diberitahukan itu kita terima sebagai sesuatu yang kita anggap benar. Di keluarga, kita banyak memperoleh pengetahuan dari orang tua, sejak bayi hingga dewasa.
    2.Pengalaman diri sendiri secara langsung. Orang mengatakan bahwa pengetahuan adalah guru yang baik pengetahuan dari pengalaman diperoleh dengan mempelajari pengalaman kita sendiri. Pengalamn kita setiap hari jika direnungkan kembali akan memberikan banyak pengetahuan.

    ReplyDelete
  10. Irvan kiluan
    Semester 2
    Filsafat ilmu

    3.karena filsafat merupakan study yang ada dalam kehidupan manusia dengan cara berfikir dan mengetahui berbagai ilmu seperti filsafat ilmu ilmu perbintangan.
    5. filsafat berasal dari bahasa Arab, yaitu falsafah atau juga dari bahasa Yunani yaitu philosophia yang terdiri dari kata philien yang berarti cinta dan sophia yang berarti kebijaksanaan. Jadi bisa kita artikan bahwa filsafat berarti cinta
    6.mistik berasal dari kata yunani mystikos artinya bersembunyi dari istilah murapakan paham tang berisikan ajaran serba rahasia yang terswmbuyi
    8. Objek pengetahuan mistik ialah objek yang abstrak supra-rasional, seperti alam gaib termasuk tuhan, malaikat, surga, neraka, jin, dan lain sebagainya.
    9.dengan cara belajar berfikir dan meneliti

    ReplyDelete
  11. Nama lengkap : siti jamilah
    Mata kuliah : filsafat ilmu
    Semester : II ( Dua )

    Jawaban

    6. Pengetahuan mistik secara bahasa artinya rahasia, tersembunyi sedangkan menurut istilah merupakan paham yang memberikan ajaran serba mistis, sehingga hanya di kenal, diketahui atau di pahami oleh orang-orang tertentu saja.
    8. Objek pengetahuan mistik
    - alam gaib
    - jin
    - malaikat
    - surga
    - Neraka
    9. Pengetahuan diperoleh manusia melalui pengamatan akal, pengetahuan muncul ketika seseorang memahami apa yang di lihat oleh panca indranya. Untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakannya sebelumnya.
    4. Maksud dari landasan manusia berpikir tentang sesuatu yang ada di balik pereristiwa alam yang di amati indranya adalah mitologi adalah mitologi artinya legenda artinya manusia hanya berpikir apa yang di lihatnya bahwa sesuatu itu ada san nyata walaupun manusia itu tidak ada di tempat kejadian.
    2. Karena para filsuf yunani berpikir apa yang ada di sekelilingnya dan apa yang di lihatnya oleh indra sebagai suatu pengetahuan.

    ReplyDelete
  12. Fauzan fazri
    Filsafat ilmu
    Semester 2

    3. Maksud dari filsafat timbul karena keinginantahuan manusia, manusia itu memiliki sifat berfikir dan meneliti, dan timbul lah pertanyaan ketika berfikir, dan mengetahui berbagai ilmu, seperti filsafat, ilmu perbintangan.
    5. Filsafat bisa kita artikan bahwa filsafat berarti cinta akan kebijaksanaan atau love of wisdom dalam arti yang sedalam-dalamnya.
    6. mistik berasal dari bahasa Yunani mystikos yang artinya tersembunyi (verborgen), dari istilah mistik merupakan paham yang memberikan ajaran yang serba mistis (misal ajarannya berbentuk rahasia atau ajarannya serba rahasia, tersembunyi)
    8. objek yang dapat diketahui melalui pengetahuan mistik ialah objek-objek supra-natural seperti kebal, debus, pelet, penggunaan jin, santet.
    9. Dengan cara belajar, berfikir, meneliti sehingga timbul sebuah pengetahuan, seperti ilmu filsafat.

    ReplyDelete
  13. Nama : Ika gandriasih
    Semester : II
    Pelajaran : filsafat


    1. Kata filsafat yang berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata philein/philos yang berarti cinta dan yg di maksud cinta pada ilmu ialah pengetahuan dengan akal Budi mengenai dengan yg sesuai adanya. Materi yg mendasari pemikiran pemikiran atau dengan suatu kegiatan.

    2.pengetahuan ialah informasi bug di ketahui atau di sadari oleh seseorang, dan pengetahuan adalah sebagai sumber-sumber gejala yg di temui dan di ke oleh manusia melalui akal.

    3. Objek pengetahuan ialah objek abstra
    Dan contoh nya seperti alam gaib, tuhan, malaikat, jin, neraka', surga, dan lain lain

    4. Menjelaskan tentang ilmu yg membentuk sastra yang mengandung konsepsi, dan menurut pakarnya mitos tidak di sama kan dengan cerita rakyat, dongeng, legenda

    5.menurut pendapat Plato bahwa nonfiksi ( subtansial) atau (ide) merupakan realitas paling akurat. Ketika di gunakan dalam konsep.

    ReplyDelete
  14. Nama lengkap: suhaeti
    Semester : 11
    Mata kuliah: filsafat ilmu

    4.ilmu tentang bentuk sastra yg mengandung konsepsi dan dongeng g suci mengenai kehidupan dewa dan mahluk halus di suatu kebudayaan .

    5.kata filsafat berasal dari bahasa Yunani yg terdiri dari kata philein/philos yg berarti cinta dan maksudnya pada ilmu adalah pengetahuan akal budi. Mengenai dengan yg sesuai pemikiran-pemikiran atau dengan suatu kegiatan.

    6.pengertian mistis adalah dalam kamus bahasa Indonesia mistis mempunyai arti
    A. Subsistem yg ada di hampir semua agama dan sistem realigi untuk memenuhi hasrat. Manusia mengalami dan merasakan emosi bersatu dengan Tuhan tasawuf suluk
    B. Hal gaib yg tidak terjangkau dengan akal manusia biasa.
    Menurut kata asalnya kata mistis bersama dari kata Yunani mystiskos yg artinya rahasia (geheim)
    Serba rahasia.

    9.pengetahuan adalah informasi yg di ketahui atau di sadari/seseorng dan pengetahuan adalah sebagai sumber sumber gejala yg di ketahui dan di peroleh manusia melalui akal.

    8.objek pengetahuan adalah objek abstrak contoh .seperti alam gaib. Tuhan. Malaikat jin. Neraka. Surga dan neraka.

    ReplyDelete
  15. NamaNama:siti Rukoyah
    Semester:2
    Mata kuliyah:filsafat ilmu
    1.dalam konstelasi kehidupan manusia selalu dapat menemukan arah dan petunjuk untuk bisa membuat kerangka tujuan banyak sekali metode yang disuguhkan agar manusia mendapati suatu titik eksistensial yang ingin dicapai
    2.Manusia tidak jauh dari sejarah alam dan peristiwa alam yang ada didunia ini
    Dan selalu Berusaha berfikir ke arah yang lebih baik
    3.sebab terjadinya gejala alam yang sering dialami manusia yang ada disekitar mereka mereka tidak menyerahkan perhatiannya terhadap apa yang dipikirkandipikirkannyadipikirkandipikirkannya, manusia sebagai objek pemikiran filsafatnya
    4.ilmu tentang sastra yang mengandung konsepsi dam dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan dan mitologi terkait dengan legenda maupun cerita rakyat
    5.menyukai pelajaran agar pelajaran tersebut dapat dipahami dengan serius dan belajar dengan sungguh -sungguh

    ReplyDelete
  16. Nama : Novia Rahmawati
    Semester : 2
    Mata Kuliah : filsafat ilmu

    Jawaban :


    4. Maksudnya dari landasan manusia berfikir tentang sesuatu yang di balik peristiwa-peristiwa alam yang diamati dengan inderanya yaitu berfikir mitologi atau manusia tidak hanya berfikir apa yang di lihatnya bahwa sesuatu itu pasti ada dan realita/nyata walaupun kejadian tersebut kita tidak ada ditempat kejadian.

    7. - Mototeisme berasal dari kata Yunani yang berarti tunggal ( yang berarti Tuhan ) adalah kepercayaan bahwa Tuhan adalah satu/tunggal dan berkuasa penuh atas segala sesuatu
    - Dualisme adalah ajaran yang menyatakan realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang.
    - Pluralisme menyatakan bahwa realitas tidak terdiri dari satu substansi atau dua substansi tetapi banyak substansi uang bersifat independen satu sama lain.
    - Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini terutama keberadaan manusia di dunia,tidak memiliki suatu tujuan.
    - agnostisisme adalah suatu pandangan bahwa ada atau tidaknya tuhan atau hal" Supra natural adalah suatu yang tidak diketahui atau tidak dapat diketahui.
    -

    6. Mistik menurut bahasa artinya rahasia,tersembunyi,gelap atau terselubung dalam kekelaman.
    Sedangkan menurut istilah ialah paham yang diajarkan tentang serba mistik segala rupa mistik sehingga dikenal,diketahui dan di pahami oleh orang-orang tertentu saja.

    8. Objek pengetahuan mistik ialah objek abstrak sepra rasional seperti alam gaib termasuk tuhan,malaikat,surga,neraka,jin dan lain sebagainya. Objek yang dapat diketahui melalui pengetahuan mistik ialah objek-objek supra natural seperti kebal,pelet,santet dan lain sebagainya. Cara untuk memperoleh pengetahuan mistik adalah dengan lahiran yang disebut dengan riyadhah.

    9. Pengetahuan diperoleh oleh manusia melalui pengamatan akal. Contoh ketika seseorang memahami dan bisa melihat melalui panca Indra untuk mengetahui kejadian tertentu yang pernah dilihat atau dirasakannya.

    ReplyDelete
  17. Nama : siti hamidah
    Mata kuliah : filsafat ilmu
    Semester : II
    1) Menurut seorang filsuf Yunani bernama Plato, ide merupakan sesuatu yang memimpin pemikiran manusia. Ide bukanlah hasil pemikiran subjektif, melainkan ide itu objektif. Ide lepas dari subjek yang berpikir.
    Meski pun tiap orang berbeda dengan orang yang lain, atau tidak ada orang yang persis sama meski pun ia anak kembar, tetap saja orang adalah manusia.
    Inilah idenya yang tak berubah itu. Adanya suatu pengamatan dan pengungkapan yang serba bervariasi dan berubah itu merupakan pengungkapan atas ide yang tidak berubah. Orang bisa mengamati satu benda yang sama tetapi masing-masing orang punya pendapat lain.
    2) Periode Yunani Kuno diisi oleh pikir alam (Thales, Anaxi Mandros, Phytagoras, Xenophanes dan Demo Critos). Periode Yunani Klasik diisi oleh ahli pikir seperti halnya Socrates, Plato, Aristoteles.
    Yunani Kuno
    Disebut juga periode tersebut dengan Filsafat Alam karena pada masa ditandai oleh ahli pikir alam. Dengan perhatian pemikiran dan arahnya terhadap apa yang di amati di sekitarnya.
    3) Rasa ingin tahu mendorong manusia untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mencari jawaban atas berbagai persoalan yang muncul dalam benak mereka.
    Pada akhirnya rasa ingin tahu melalui proses panjang yang dilalui manusia dengan menggunakan pola pikiranya menjadi alasan dasar munculnya ilmu pengetahuan.
    5) dari bahasa Yunani yaitu philosophia yang terdiri dari kata philien yang berarti cinta dan sophia yang berarti kebijaksanaan. Jadi bisa kita artikan bahwa filsafat berarti cinta akan kebijaksanaan atau love of wisdom dalam arti yang sedalam-dalamnya.
    6) kata mistik berasal dari bahasa Yunani mystikos yang artinya rahasia (geheim), serba rahasia (geheimzinning), tersembunyi (verborgen), gelap (donker), atau terselubung dalam kekelaman (in het duister gehuld).
    Mistik adalah pengetahuan yang tidak rasional, ini pengertian yang umum. Adapun pengertian mistik dikaitkan dengan agama ialah pengetahuan ajaran atau keyakinan tentang tuhan yang diperoleh melalui meditasi atau spiritual, bebas dari ketergantungan pada indera dan rasio (A.S. Hornby, A Leaner’s Dictionary of Current English, 1957 : 828).


    ReplyDelete
  18. Nama : siti nurfadilah
    Mata kuliah : filsafat ilmu
    Semester : II
    Jawaban
    1) Menurut Plato, ide merupakan sesuatu yang memimpin pemikiran manusia. Ide bukanlah hasil pemikiran subjektif, melainkan ide itu objektif. Ide lepas dari subjek yang berpikir.
    Meski pun tiap orang berbeda dengan orang yang lain,tetap saja orang adalah manusia. Adanya suatu pengamatan dan pengungkapan yang serba bervariasi dan berubah itu merupakan pengungkapan atas ide yang tidak berubah. Orang bisa mengamati satu benda yang sama tetapi masing-masing orang punya pendapat lain.
    2) Periode Yunani Kuno diisi oleh pikir alam. Periode Yunani Klasik diisi oleh ahli pikir seperti halnya Socrates, Plato, Aristoteles.
    Yunani Kuno
    Disebut juga periode tersebut dengan Filsafat Alam karena pada masa ditandai oleh ahli pikir alam. Dengan perhatian pemikiran dan arahnya terhadap apa yang di amati di sekitarnya.
    3) Rasa ingin tahu mendorong manusia untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mencari jawaban atas berbagai persoalan yang muncul dalam pikiran mereka.
    Pada akhirnya rasa ingin tahu melalui proses panjang yang dilalui manusia dengan menggunakan pola pikiranya menjadi alasan dasar munculnya ilmu pengetahuan.
    5) dari bahasa Yunani yaitu philosophia yang terdiri dari kata philien yang berarti cinta dan sophia yang berarti kebijaksanaan. Jadi bisa kita artikan bahwa filsafat berarti cinta akan kebijaksanaan atau love of wisdom dalam arti yang sedalam-dalamnya.
    6) kata mistik berasal dari bahasa Yunani mystikos yang artinya rahasia, serba rahasia, dan tersembunyi.
    Mistik adalah pengetahuan yang tidak rasional, Adapun pengertian mistik dikaitkan dengan agama ialah pengetahuan ajaran atau keyakinan tentang tuhan yang diperoleh melalui meditasi atau spiritual, bebas dari ketergantungan pada indera.

    ReplyDelete
  19. Nama : Yanuar Heri Saputra
    Semester : II (Dua)
    Mata Kuliah : Filsafat Ilmu

    1. (Soal nomor 1) Ide, gagasan menurut Plato hanya dapat dilihat melalui pemikiran manusia. Kalau menurut sumber yang saya baca, pemikiran manusia itu dipengaruhi oleh dunia ide. Oleh karena itu kenapa ide atau gagasan bisa dilihat dari pemikiran manusia karena pemikiran manusia itu sendiri dipengaruhi oleh ide/gagasan. Sehingga ide/gagasan seseorang menurut plato bisa dilihat dari pemikiran orang tersebut.
    2. (Soal nomor 5) Filsafat adalah cinta ilmu. Makna ini diambil dari bahasa Yunani yaitu philosophia yang terdiri dari kata philien yang berarti cinta dan sophia yang berarti kebijaksanaan (ilmu). Jadi bisa kita artikan bahwa filsafat berarti cinta akan kebijaksanaan (ilmu) atau love of wisdom dalam arti yang sedalam-dalamnya.
    3. (Soal nomor 6) Pengetahuan Mistik secara bahasa. Pengertian Pengetahuan secara bahasa adalah asal katanya adalah tahu artinya mengenal/ mengerti, memahami. Dalam arti bahasa Pengetahuan artinya memiliki pengenalan atau sudah mengerti atau pengertian atau juga hasil proses dari usaha manusia untuk tahu. Pengertian mistik secara bahasa adalah hal-hal diluar nyata. Artinya yang tidak bisa dirasa oleh panca indra, seperti Tuhan, Alam ghaib, Malaikat, surga, neraka. Pengertian Pengetahuan Mistik secara istilah yaitu Pekerjaan tahu manusia tentang ketuhanan dan hal-hal diluar nyata lainnya yang diperoleh melalu meditasi atau latihan spiritual , bebas, dari ketergantungan panca indera dan rasio.
    4. (Soal nomor 8) Objek kajian Pengetahuan Mistik adalah hal-hal diluar nyata. Yang tidak bisa didapati dengan panca indera atau perhitungan-perhitungan akal. Seperti Alam ghaib, Jin, Malaikat, Surga, dan Neraka.
    5. (Soal nomor 9) cara memperoleh pengetahuan. Pengetahuan berbeda dengan ilmu yang harus melalui tahapan-tahapan sitematis yang harus dilewati dalam perolehannya. Sehingga menjadi ilmu yang teoritis dan bisa dijadikan dasar dalil. Namun pengetahuan yang memiliki apa yang diketahui atau hasil pekerjaan tahu. Pekerjaan tahu tersebut diperoleh dari kenal, sadar, insaf, mengerti, dan pandai. (Gazalba, 1973). Dengan kata lain pengetahuan diperoleh dari kesadarannya manusia sendiri. Namun bersifat benar. Maka jikalau tidak benar tidak bisa dikatakan pengetahuan (John Dewey)

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...