Thursday, November 12, 2020

Soal UTS Pendidikan Luar Sekolah TA 2020/2021

 

Tulislah identitasmu;
Nama                     : ...................
Soal Matakuliah       : Pendidikan Luar Sekolah
Semester                : VII (Tujuh)


Perintah;
  1. Supaya lebih mudah menjawab, gunakan laptop
  2. Tulis jawabanya pada kolom komentar jangan lebih dari 4000 karakter.
  3. Menulis jawaban dengan redaksi yang sama atau copy paste akan dianulir.
  4. Manfaatkan waktu mengerjakan soal dari jam 13.30 s/d 14.30

Soal:

  1. Apakah yang sebenarnya tuntutan profesional bagi guru agama dan keagamaan?
  2. Dalam hal apa membedakan antara pendidikan nonformal dengan pendidikan formal?
  3. Perlukah calon alumni STAI Yaperi sebelum dinyatakan lulus harus terlebih dahulu mahir satu keterampilan. Perlu atau tidaknya harus disertakan alasan.
  4. Bagaimana keadaan fasilitas belajar pendidikan Luar Sekolah di sebuah pesantren?
  5. Sebut dan jelaskan lima jenis program pendidikan nonformal yang ada dimasyarakat!

17 comments:

  1. Nama : Siti Rodiah
    Soal Matakulia : Pendidikan Luar Sekolah
    Semester : VII (Tujuh)

    Jawaban

    1. Tuntutan profesional bagi guru PAI adalah guru PAI memiliki tugas melaksanakan sebagai pendidik dan pengajar di sekolah dan juga memiliki tugas memberikan pemahaman materi agama Islam kepada peserta didik agar peserta didik dan masyarakat memiliki cara pandang atau pemahaman terhadap agama (al qur'an dan hadis) secara tepat yang sesuai dengan tuntunan dari 2 Sumber Al-Qur'an dan hadist.

    2. Yang membedakan antara pendidikan non formal dan pendidikan Formal adalah :
    - Pendidikan Non formal adalah Pendidikan di luar Sekolah tidak memiliki kurikulum cuma memiliki jenjang.
    - Pendidikan Formal atau di sebut Sekolah adalah pendidikan yang memiliki (Gedung, Siswa, ada guru, tata tertib) ada kurikulum dan jenjangnya.

    3. Menurut Pendapat saya alumni STAI YAPERI yang belum dinyatakan lulus sangat perlu memiliki kemahiran tertentu baik sebagai pengajar sekolah atau dalam bidang lainnya karena apabila kita tidak memiliki kemahiran tertentu tentunya akan sulit mengembangkan potensi diri yang mungkin saja potensi tersebut bukan hanya dalam bidang Pendidikan guru.

    4. keadaan fasilitas belajar pendidikan Luar Sekolah di sebuah pesantren adalah
    - Mesjid, Gedung Sekolah, Gedung Asrama, Aula, Perpustakaan, Koprasi, Ruang Laboratorium, Pendopo, Sarana Olahraga dan pasilitas Internet

    5. lima jenis program pendidikan nonformal yang ada dimasyarakat :
    1. Majlis ta'lim
    2. TPQ
    3. Kursus Menjahit
    4. Kursus Bahasa Inggris
    5. PAUD

    ReplyDelete
  2. Nama : Evi Tapiani
    Semester : VII
    Matkul : Pendidikan Luar Sekolah

    Jawaban
    1. Tuntutan profesional bagi guru agama dan keagamaan
    - menguasai bahan ajar yang akan diajarkan.
    - menguasai landasan dan filosofi kependidikan
    - menguasai persoalan yang dihadapi peserta didik yang terkait dengan proses pembelajaran.
    - mampu menyesuaikan diri
    - mampu menampilkan sosok yang dapat dijadikan panutan sebagai panutan siswa dan orang lain.
    - memiliki sikap yang positif dalam menyikapi sesuatu hal.
    2. Hal yang membedakan antara pendidikan formal dan non formal
    - adanya perencanaan belajar sebelum memulai pembelajaran.
    - administrasi pembelajaran
    - baju seragam
    - waktu
    3. Perlu.
    Karena keterampilan merupakan tanda bahwa seseorang itu belajar. Dan keterampilan bisa menjadi bekal buat seseorang terjun ke masyarakat.
    4.fasilitas belajar PLS di Pesantren
    Untuk fasilitas belajar dipesantren terutama salafi kurang memadai dan masih banyak kekurangan nya, terutama buku-buku untuk siswa nya.
    5. lima jenis program pendidikan non formal yang ada di masyarakat
    1) pesantren
    Adalah lembaga pendidikan non formal yang mengutamakan pembelajaran mengenai ilmu agama.
    2) tempat les
    Adalah lembaga non formal yang hanya memberikan pengajaran terhadap siswanya tanpa diiringi Pendidikan.
    3) lembaga kursus
    Adalah suatu lembaga yang mengajarkan keterampilan kepada siswanya dalam waktu tertentu. Supaya siswanya mempunyai keterampilan dalam waktu yang telah ditentukan.
    4) TPQ
    Adalah tempat anak-anak mengaji dan menghafal Al-Qur'an.
    5) tempat pelatihan
    Adalah tempat dimana para muridnya mengikuti pelatihan untuk mengasah dirinya menjadi pandai dan mempunyai keterampilan.

    ReplyDelete
  3. Nama : Amih
    Smester : VII
    Matkul : Pendidikan luar sekolah

    1. Tuntutan propesional bagi seorang guru agama dan keagamaan yaitu dalam melaksanakan profesinya dituntut dan berkewajiban mewujudkan pendidikan yang akan melahirkan generasi muda yang cerdas , bertaqwa dan berakhlakul karimah serta memiliki etika, prinsip, tanggung jawab.

    2. Yang membedakan pendidikan non formal dan formal:
    b. pendidikan nonformal :
    Pendidikan berlangsung dalam lingkungan masyarakat
    Guru adalah fasilitator yang diperlukan.
    Tidak adanya pembatasan usia.
    Materi pelajaran praktis disesuaikan dengan kebutuhan pragmatis.
    Waktu pendidikan singkat dan padat materi.
    Memiliki manajemen yang terpadu dan terarah.
    Pembelajaran bertujuan membekali peserta dengan keterampilan khusus untuk persiapan diri dalam dunia kerja.
    b. Pendidikan formal
    Pendidikan berlangsung di sebuah pembaga pendidikan seperti SD,SMP,SMA UNIVERSITAS atau sederajatnya
    Ada nya pembatasan Usia
    Materi pelajaran sesuai kurikulum
    Waktu pendidikan lumayan lama dari jm 8 - 2 siang atau tergantung lembaga masing masing
    Memiliki managemen yang terencana dan terarah

    3. Sangat di perlukan untuk calon lulusan sarjana S1 STAI YAPERI mempunyai satu keahlian. Keahlian yang di maksud adalah keahlian mengajar karena ketika kita sudah lulus dan terjun ke masyarakat kita sudah siap jadi seorang pengajar dan tidak canggung ketika menghadapi masyarakat nantinya.

    4. Fasilitas belajar pendidikan luar sekolah di pesantren yaitu:
    Gedung
    Lapangan
    Perpustakaan
    Masjid
    Ruang kelas
    Laboratorium


    5. Lima jenis program pendidikan nonformal yang ada di masyarakat
    a .Taman Pendidikan Al Qur’an ( TPA ), adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah dasar dan atau madrasah ibtidaiyah (SD/MI) atau bahkan yang lebih tinggi
    b. Satuan Pendidikan Sejenis
    Ini adalah pendidikan non formal yang dilakukan oleh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, dimana cakupannya luas dan memerlukan landasan hukum.
    Contoh;
    Pra sekolah (kelompok bermain, penitipan anak)
    Balai latihan dan penyuluhan
    Kepramukaan
    Padepokan pencak silat
    Sanggar kesenian
    Dan lain-lain
    c. Madrasah Diniyah,
    Madrasah Diniyah adalah salah satu lembaga pendidikan keagamaan pada jalur luar sekolah yang diharapkan mampu secara menerus memberikan pendidikan agama Islam kepada anak didik yang tidak terpenuhi pada jalur sekolah yang diberikan melalui sistem klasikal serta menerapkan jenjang pendidikan
    d .Majlis Ta’lim,
    Majlis Ta’lim adalah pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap hidup, yang berhubungan dengan agama Islam.
    e. Lembaga kursus dan pelatihan
    Lembaga kursus dan pelatihan adalah pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh sekelompok masyarakat untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mental tertentu kepada peserta didik.

    ReplyDelete
  4. Nama : Bambang Hermawan
    Maktul : PLS
    Semester : VII(tujuh)
    1. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, misalnya (1) guru harus memiliki kualifikasi akademik yang sesuai dengan tuntutan perundangan yang berlaku seperti untuk SD minimal Strata 1 dengan kesesuaian untuk guru bidang studi ataupun guru kelas, (2) memenuhi tuntutan dengan memiliki kompetensi pedagogis, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian, (3) sertifikasi yang harus dimiliki.
    2. Pendidikan formal : pendidikan yang didapat dari suatu lembaga pendidikan (sekolah sd/smp/sma). ... Pendidikan nonformal : pendidikan yang didapat dari lembaga pendidikan selain sd/smp/sma (bimbingan belajar/kursus).
    3.Menurut saya perlu karena masa depan tergantung masa sekarang
    4. Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang memiliki akar kuat
    indigenous pada masyarakat muslim Indonesia,Pengajaran di pesantren secara mendalam diambil dari kitab-kitab kuning masih sangat mendominasi. Sedangkan metode
    penyajiannya sangat konvesional seperti sorogan, bandongan, ceramah
    (khutbah) maupun hafalan. fasilitas dipesantren tergantung dari pada pesantren itu sendiri.
    5. Jalur pendidikan di luar sekolah ini dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah:
    1. Lembaga Kursus dan Pelatihan
    Lembaga kursus dan pelatihan adalah pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh sekelompok masyarakat untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mental tertentu kepada peserta didik.
    Contoh;Lembaga kursus komputer
    2. Majlis Ta’lim
    Majlis Ta’lim adalah pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap hidup,yang berhubungan dengan agama Islam.
    Contoh;Kelompok Yasinan
    3. Satuan Pendidikan Sejenis
    Ini adalah pendidikan non formal yang dilakukan oleh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, dimana cakupannya luas dan memerlukan landasan hukum.

    Contoh;Pra sekolah (kelompok bermain, penitipan anak),Balai latihan dan penyuluhan
    4. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
    Menurut Sutaryat, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat adalah pendidikan non formal yang berfungsi sebagai tempat untuk belajar dari/ oleh/ dan untuk masyarakat.
    Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, hobi, dan bakat anggota masyarakat sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.
    5. Kelompok Belajar
    Kelompok belajar adalah pendidikan non formal yang terdiri dari sekelompok masyarakat yang saling berbagi pengalaman dan kemampuan satu sama lain.

    ReplyDelete
  5. Nama : Dendi Ramadhan
    Semester : VII
    Mata kuliah : Pendidikan Luar Sekolah

    1.) Yang sebenarnya menjadi tuntutan profesionalisme bagi seorang guru agama dan keagamaan yaitu kemampuan pemahaman dan penguasaan materi pembelajaran seorang guru dalam penyampaian tujuan pembelajaran tentang ajaran-ajaran Pendidikan Agama Islam untuk memenuhi standar kompetensi sesuai yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.

    2.) Perbedaan antara pendidikan formal dan non-formal yaitu :
    - Pendidikan formal : pendidikan yang didapat dari suatu lembaga pendidikan (sekolah sd/smp/sma).
    -Pendidikan nonformal : pendidikan yang didapat dari lembaga pendidikan selain sd/smp/sma (bimbingan belajar/kursus).

    3.) Pentingnya seorang calon Alumni memiliki suatu keterampilan sangat penting sekali walaupun belum nyatakan lulus oleh pihak kampus, karena hal tersebut juga menjamin seorang dapat mengajar/bekerja sebelum lulus kuliah. Karena yang dibutuhkan oleh pihak Instansi atau pihak terkait yang membutuhkan calon pengajar/pekerja bukan hanya memperhitungkan Ijazah saja, tapi tentang kemampuan/keahlian juga sangat diperhatikan oleh Instansi / lembaga terkait yang membutuhkan seorang pengajar/pekerja.

    4.) Keadaan fasilitas belajar pendidikan Luar Sekolah di sebuah pesantren ini sesuai dengan keadaan pesantren nya, Fasilitas di Pesantren modern tentunya fasilitas pendidikan Luar Sekolah nya sangat memadai. Akan tetapi banyak juga fasilitas pendidikan Luar sekolah yang kurang memadai di Pesantren-pesantren yang memang sangat minim perhatian dari pemerintah atau pihak terkait.

    5.) 5 pendidikan non-formal di Masyarakat :
    - Lembaga Kursus dan Pelatihan,
    - Kelompok Belajar,
    - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat,
    - Majlis Ta'lim, dan
    - Pengajian anak-anak.

    ReplyDelete
  6. Nama : Siti Halimatu Ahmadiyah Nurawaliyah
    Mata Kuliah : Pendidikan Luar Sekolah
    Semester : VII ( Tujuh )

    Jawaban

    1. Guru pendidikan agama islam adalah Pendidikan profesional yang memiliki tugas
    memberi pemahaman materi agama Islam kepada peserta didik dan masyarakat. Guru PAI setidaknyaa memiliki dua tugas yaitu tugas melaksanakan sebagai pendidik dan
    pengajar di sekolah dan juga memiliki tugas memberikan pemahaman materi agama Islam kepada peserta didik agar
    peserta didik dan masyarakat memiliki cara pandang atau pemahaman terhadap agama (al qur‘an dan hadis) secara tepat yang ditandai dengan sikap dan perilaku yang santun, damai serta anti kekerasan.

    2. • Pendidikan Nonformal = jalur pendidikan diluar pendidikan formal. Pendidikan non formal menekankan pada belajar yang fungsional yang sesuai dengan kebutuhan dalam kehidupan peserta didik.yang dapat dilaksanakan secara terstuktur dan berjenjang untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, latihan dan bimbingan sehingga mampu bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, dan negara.
    • Pendidikan Formal = pendidikan yang diselenggarakan di sekolah - Sekolah pada umum nya seperti SD / SMP / SMA. Serta Memiliki kurikulum yang jelas, Memberlakukan syarat tertentu bagi peserta didik,Materi pembelajaran yang digunakan bersifat akademis, Proses pendidikannya cukup lama, dan Peserta didik mengikuti ujian formal.

    3. Sebaiknya perlu karena dengan memiliki suatu keterampilan akan memberikan motivasi kepada rekan lain nya dan tidak menutup kemungkinan juga untuk meningkatkan kualitas yang ada pada lembaga tersebut.

    4. Fasilitas Pendidikan dipesantren pada umumnya memiliki, asrama yang berbeda antara perempuan dan laki², Ada nya Musholla, Sekolah sesuai jenjang, Koperasi, Aula, Lapangan, Kantor Yayasan,Kantor Sekolah, serta pos satpam.

    5. Pendidikan Nonformal yang ada pada masyarakat diantaranya :
    • TPA
    • Paud
    • Pemberantasan Buta aksara
    • Kursus / Les
    • majlis ta'lim

    ReplyDelete
  7. Nama : Dina
    Pendidikan Luar sekolah

    1. ^ guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk
    komitmen terhadap profesionalitas dalam mengemban tugasnya, sehingga dalam dirinya melekat sikap dedikatif yang tinggi terhadap tugasnya,
    ^ memiliki sikap komitmen terhadap mutu proses dan hasil kerja, serta sikap continous improvement, yakni selalu berusaha memperbaiki dan memperbaharui model-model atau cara kerjanya sesuai dengan tuntutan zamannya
    ^ memiliki kepribadian yang matang dan berkembang
    ^ menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (bidang keahliannya) serta wawasan pengembangannya karena seorang guru yang akan menginspirasi siswanya kepada ilmu pengetahuan haruslah menguasai ilmu pengetahuan itu sendiri, tidak boleh setengah-setengah
    ^ menguasai keterampilan untuk membangkitkan minat siswa kepada ilmu pengetahuan baik dalam Program Belajar Mengajar, penguasaan bahan pelajaran, Pengelolaan Kelas, metode mengajar dan sebagainya
    ^ siap mengembangkan profesi yang berkesinambungan, agar ilmu dan keahliannya tidak cepat tua atau out of date.

    2. Pendidikan formal adalah pendidikan yang ditempuh pada lembaga resmi/legal baik negeri (milik pemerintah) ataupun swasta (atas izin pemerintah) yang memiliki tahapan atau jenjang pendidikan yang sangat jelas. Lembaga pendidikan formal baik negeri maupun swasta harus mengikuti acuan kurikulum dari pemerintah . Sedangkan pendidikan nonformal diselenggarakan sebagai penunjang kegiatan pendidikan formal. Atau sebagian pendidikan non-formal diselenggarakan untuk mengasah bakat peserta didik. Pendidikan non formal bebas mengatur kurikulum mereka sendiri untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis keahlian yang mereka tawarkan. Pendidikan non formal tidak harus mengantongi legalitas saat ingin menyelenggarakan kegiatannya, namun jika ada lembaga yang mengantongi dokumen pendukung misalkan sertikat diakui oleh instansi-instansi besar ataupun pemerintah ini menjadi nilai tambah bagi lembaga pendidikan tersebut.

    3. Menurut pendapat saya, Calon Alumni STAI YAPERI harus memiliki satu keterampilan ketika ia lulus nanti karena keterampilan tersebut akan menjadi bekal untuk dia melanjutkan perjalanan hidupnya, dan membantu lulusan Perguruan Tinggi mudah terserap pasar kerja atau berwirausaha ketika ia lulus nanti.

    4. Keadaan Fasilitas di sebuah pesantren menurut saya tergantung dari biaya pengelolaan pesantren itu sendiri, untuk pesantren yang bersifat modern hal itu cukup memadai, dengan tersedianya Gedung Asrama, gedung sekolah, Aula, Kamar mandi, kantin, Musholla, Lapangan, Lab, dan sebagainya. Berbeda dengan pondok pesantren salafi yang fasilitas nya terdiri dari kamar (kobong), Aula, Kamar mandi, musholla dan Halaman saja.

    5. lima jenis program pendidikan nonformal yang ada dimasyarakat! Contohnya seperti Kursus Bimbel, TPA, TPQ, Kursus komputer, Kursus Bahasa Inggris (Ganesha Operation) , Pemberantasan Buta Aksara (PBA), Community Learning Center (CLC) ,

    ReplyDelete
  8. Nama : Hani Hanifah
    Mata kuliah : Pendidikan Luar Sekolah
    1. Tuntutan seorang guru ngaji itu memberi materi agama dan mempraktekkan nya karena tidak semua anak bila sudah dikasih tau cara nya adab nya, bahkan ilmu tidak dijalankan di kehidupan sehari-hari jadi kita sebagai seorang guru bener-bener memberi materi dan mempraktekkannya kepada anak dari usia 3 sampai usia 12 karena, sudah lebih dari usia segitu anak merasa malu kalau ketahuan belum bisa ngaji.
    2. Pendidikan Formal :
    – adanya kurikulum
    – adanya visi misi dan tujuan sekolah
    – bersifat akademis
    – memakan waktu panjang
    – pengajar harus sesuai kriteria yg tercantum
    – Penyelenggaraan pendidikan berasal dari pihak pemerintah maupun swasta.
    – Peserta didik mengikuti ujian formal.
    – Adanya pemberlakukan administrasi yang seragam.
    – Kredensials (Ijazah, dan sebagainya) memegang peranan penting terutama bagi penerimaan siswa pada tingkatan pendidikan yang lebih tinggi.
    Non formal :
    -supaya ada keterampilan selain belajar formal
    - berpusat pada peserta didik
    - waktu nya sangat singkat
    - tidak menpunyai kurikulum
    - tidak mewajibkan memakai seragam
    - ujian pun tidak sesuai dengan kalender pendidikan
    3. Menurut saya calon alumni STAI Yaperi harus mempunyai keterampilan karena sangat dibutuhkan dimasyarakat nanti bila seorang sarjana bila kita mempunyai keterampilan
    misalnya : ada seorang yg membuka TPQ di rumah meskipun tidak mewajibkan kita tau ilmu dasar nya bagaimana kita berhadapan dengan anak , bagaimana ada seorang anak yg melakukan kesalahan haruskah di nasihati atau langsung dengan dari kita lulus faham ilmu yg di dapat tidak ada rasa sia-sia nya.
    4. Fasilitas nya adanya perpustakaan , bila sedang ada karget hapalan anak-anak dari ashar sampai isya membaca al-qur'an karena lulus nanti jadi hafidz
    5. - Lembaga kursus,
    Kursus tetap memenuhi unsur belajar-mengajar seperti warga belajar, sumber belajar, program belajar, tempat belajar dan pasilitas. Sistem pengajaran dapat berupa ceramah, diskusi, latihan, praktek dan penugasan.
    - Lembaga pelatihan,
    Pelatihan diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan/untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
    - Kelompok belajar,
    Kelompok belajar adalah lembaga kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu tergantung pada kebutuhan warga belajar. Program belajar dapat berupa paket-paket belajar dan dapat disusun bersama antara sumber belajar dan warga belajar
    - Pusat kegiatan belajar masyarakat,
    PKB terdapat di dalam masyarakat luas seperti pesantren, perpustakaan, gedung kesenian, rumah ibadat, kebun percobaan dan lain-lain lembaga-lembaga tersebut para peserta dapat memperoleh proses belajar-mengajar sesuai yang mereka inginkan.
    - Majelis taklim,
    Majelis Taklim merupakan lembaga pendidikan Islam Non formal. Dan merupakan fenomena budaya religius yang tumbuh dan berkembang di tengah komunitas muslim Indonesia. Majelis Taklim ini merupakan institusi pendidikan Islam non Formal, dan sekaligus lembaga dakwah yang memiliki peran strategis dan penting dalam pengembangan kehidupan beragama bagi masyarakat. Majlis Taklim sebagai institusi pendidikan Islam yang berbasis masyarakat peran strategisnya terutama terletak dalam mewujudkan learning society, suatu masyarakat yang memiliki tradisi belajar tanpa di batasi oleh usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan dapat menjadi wahana belajar, serta menyampaikan pesan-pesan keagamaan, wadah mengembangkan silaturrahmi dan berbagai kegiatan kegamaan lainnya, bagi semua lapisan masyarakat.

    ReplyDelete
  9. Iis Niawati
    Pendidikan Luar Sekolah
    Semester VII

    1.Berdasarkan ketentuan profesi guru yang sudah di jelaskan pada materi sebelum UTS, para guru  yang  bertugas  di lembaga pendidikan agama dan keagamaan memiliki tuntutan yaitu tugas yg lebih spesifik. Artinya guru menguasai bahan untuk menjalankan tugasnya di lembaga pendidikan agama dan keagamaan. ia mampu  memberikan penjelasan sesuai dengan kreteria ilmu yang ada di dalam lembaga pendidikan agama dan keagamaan. Bahan yang diajarkan tidak cukup hanya menjelaskan persoalan yang bersifat rasional atau empiris, melainkan juga harus mampu menjelaskan yang bersifat transendental yaitu menonjolkan hal-hal yang bersifat kerohanian.

    2. Perbedaan :
    》 Pendidikan nonformal :
    a.Pendidikan berlangsung dalam lingkungan masyarakat
    b.Guru adalah fasilitator yang diperlukan.
    c.Tidak adanya pembatasan usia.
    d.Materi pelajaran praktis disesuaikan dengan kebutuhan pragmatis.e.Waktu pendidikan singkat dan padat materi.
    e.Memiliki manajemen yang terpadu dan terarah.
    f.Pembelajaran  bertujuan  membekali  peserta  dengan  keterampilan khusus untuk persiapan diri dalam dunia kerja.

    》 Pendidikan Formal :
    a. Guru harus memenuhi klasifikasi tertentu.
    b. Terdapat jenjang pendidikan dan batas usia dalam setiap jenjang pendidikan ( terdapat syarat tertentu bagi peserta didik )
    c. Materi pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku
    d. Pembelajaran tidak hanya membekali dengan keterampilan tetapi juga pengetahuan untuk mendukung ketingkat jenjang pendidikan selajutnya.
    e. Ijazah memegang peranan penting terutama bagi penerimaan siswa pada tingkatan pendidikan yang lebih tinggi.                          

    3. Iya perlu, karna STAI Yaperi merupakan lembaga pendidikan agama dan keagamaan maka seorang calon alumni STAI merupakan seseorang yang juga seharusnya nanti bertugas di lembaga pendidikan agama dan keagamaan. Misalnya sebagai guru PAI, Untuk bisa menjadi seorang guru PAI profesional calon alumni STAI harus mahir satu keterampilan yang berhubungam dengan PAI, hal ini dibutuhkan guna di terapkan dalam lingkungan masyarakat nanti.

    4. fasilitas belajar pendidikan Luar Sekolah di sebuah pesantren :
    - sumber dan media belajar
    - pendidik dan tenaga pendidik profesional di bidang agama dan keagamaan
    - sarana dan prasarana pendidikan yang bisa mengembangkan keterampilan untuk peserta didik.

    5. - Lembaga kursus
    - Lembaga pelatihan ( kelompok belajar )
    - Pusat kegiatan belajar masyarakat ( PKBM )
    - Majlis ta'lim
    - Satuan pendidikan sejenis

    ReplyDelete
  10. Nama:ABDUL MAJID
    Semester:VII (Tujuh)
    NIM:17180111
    Mata kuliah:pendidikan luar sekolah.

    Jawaban.
    1. Tuntutan profesional guru agama dan ke agamaan.
    Sebagai guru agama, sebaiknya mengetahui tentang keagamaan kalo di dalam Islam, harus mengetahui tentang ke Islam nya... karena mana mungkin guru agama tidak mengetahui tentang apa yang di ajar kan nya, karena sebaik-baiknya orang berbicara kalo ingin percayai omongan nya harus sesuai dengan fakta na, harus meyakin kan, apa lagi tentang agama, tentang Agama Islam. tata Cara mencintai, agamanya harus seperti apa, Tuhan nya seperti apa tidak mungkin suka tanpa ada nya keyakinan. Ke agamaan atau Agama adalah sistem yang mengatur kepercayaan dan peribadatan Kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatana kehidupan.

    2. Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.Pendidikan formal merupakan pendidikan di sekolah yang di peroleh secara teratur, sistematis, bertingkat atau berjenjang, dan dengan mengikuti syarat-syarat yang jelas.dengan kesimpulan pendidikan non formal dengan formal. Non formal bisa dilakukan di mana saja, formal di lakukan di sekolah dan di laksanakan secara sistematis.

    3. Perlu, karena buat pegangan si alumni nya ketika sudah keluar dari STAI YAPERI tersebut. dari mata kuliah yang di pelajari minimal satu yang di kuasai.

    4. Dilaksanakan dalam sebuah pesantren itu sendiri yang terpenting ada tempat untuk kegiatan belajar mengajar nya, cuma tidak sebaik pendidikan formal fasilitas nya.seadanya saja. Yang terpenting kegiatan belajar nya berjalan baik.

    5. Pendidikan nonformal meliputi pendidikan
    1. kecakapan hidup
    2. pendidikan anak usia dini 3. pendidikan kepemudaan 4. pendidikan pemberdayaan perempuan
    5. pendidikan keaksaraan.

    serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

    ReplyDelete
  11. Nama : Siti Rohimah
    Semester : VII
    Matkul : pendidikan luar sekolah

    1. Profesional bagi guru agama dan keagamaan yaitu harus bisa menjelaskan atau menerangkan tentang pelajaran agama dan bisa menerapkannya kepada siswa, tidak hanya memberikan pengetahuan saja akan tetapi membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran pada semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.

    2. Pendidikan  formal  adalah  kegiatan  yang  sistematis,  bertingkat/berjenjang, dimulai dari  sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi dan yang setaraf dengannya;   termasuk   kedalamnya   ialah   kegiatan   studi   yang   berorientasi akademis  dan  umum,  program   spesialisasi,  dan  latihan  professional,  yang dilaksanakan dalam waktu yang terus menerus

    Pendidikan non-formal yaitu pendidikan  yang program-programnya bersifat nonformal memiliki tujuan dan kegiatan yang terorganisasi, diselenggarakan  di  lingkungan  masyarakat  dan  lembaga-lembaga untuk  melayani kebutuhan  belajar  khusus  para  peserta  didik.

    3. Menurut saya sangat perlu memiliki keterampilan, baik dalam mengajar atau diluar mengajar, karena jika kita tidak memiliki keterampilan kita akan kesulitan disuatu saat nanti.

    4. Fasilitas pendidikan luar sekolah di pesantren yaitu: kobong/kamar, sekolah, kelas, kantin, dapur, aula, musola, lapangan dan lain-lain.
    Pembelajaran dalam sebuah pesantren sangat berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya, dipesantren kita diajarkan hal-hal yang biasanya dianggap sepele menjadi tau artinya, dan akan lebih diutama membaca Al-qur'an dengan cara bacanya, hukum bacaannya dan lain-lain.

    5. Pendidikan Usia Dini (PAUD)
    Taman Pendidikan Al-Quran (TPA)
    Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)
    Pemberantasan Buta Aksara (PBA)
    Community Learning Center (CLC)

    ReplyDelete
  12. Nama                     : Herlin Triana
    Soal Matakuliah       : Pendidikan Luar Sekolah
    Semester                : VII (Tujuh)

    1.Guru yg memiliki kompetensi dalam melakukan tugas pendidik dan pengajar,sehingga memiliki peserta didik yg berkualitas baik secara akademik,keahlian, kematangan emosional,dan moral serta spiritual.
    2.Pendidikan Non Formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang sesuai dengan kebutuhan, yang di dalamnya tidak terdapat peraturan yang tetap dan ketat seperti pada lembaga pendidikan formal.
    Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.
    3.Perlu,karena Kehidupan menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai seseorang, sehingga diharapkan pendidikan dapat mempersiapkan siswa untuk menguasai berbagai keterampilan tersebut agar menjadi pribadi yang sukses dalam hidup. Pencapaian keterampilan tersebut dilakukan dengan memperbarui kualitas pembelajaran, membantu siswa mengembangkan partisipasi, menyesuaikan personalisasi belajar, menekankan pada pembelajaran berbasis proyek/masalah, mendorong kerjasama dan komunikasi, meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, membudayakan kreativitas dan inovasi dalam belajar, menggunakan sarana belajar yang tepat, mendesain aktivitas belajar yang relevan dengan dunia nyata, memberdayakan metakognisi, dan mengembangkan pembelajaran student-centered. 
    4Pondok pesantren menanamkan kepribadian yang mandiri dalam proses pembelajaran dan kurikulum.
    Pondok pesantren memberikan bekal berbagai macam cara belajar ketrampilan pada santri sehingga mampu menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari
    Pondok pesantren memberikan bekal pengetahuan tentang kepempimpinan dan mengarahkan aplikasinya kepada pondok pesantren ataupun terjun ke masyarakat.
    Pondok pesantren memberikan wabah/tempat fasilitias untuk santri seperti kantin, tempat jemuran, dan lain-lain
    Pokok pesantren tetap mempertahankan cara hidup yang istiqomah, ikhtiyar,sabar sehingga tidak mudah terpengaruh lingkungan luar seperti terpancingnya marah.
    Pondok pesantren mampu memberikan contoh yang baik kepada santri agar memiliki sifat yang terpuji dipandang baik didalam maupun diluar pondok
    5.
    -.Lembaga kursus dan pelatihan
    -Kelompok belajar
    -Pusat kegiatan belajar masyarakat
    -Majla ta'lim
    -Satuan pendidikan sejenis

    ReplyDelete
  13. Nama : Ima Rahmawati
    Semester : VII (Tujuh)
    Matkul : Pelajaran Luar Sekolah

    Jawaban
    1. Guru PAI yang profesional selain memiliki kreteria guru profesi juga harus memiliki kreteria sebagai pendakwah Islam, sebagai pelaksana nilai nilai ajaran Islam dan juga
    sebagai contoh atau model umat beragama yang baik dan benar bagi masyarakat.

    Artinya guru PAI yang profesional sudah memenuhi kreteria guru Profesional tetapi guru profesional belum tentu memenuhi kreteria guru PAI yang profesional.

    2. > Pendidikan Non Formal: Pendidikan yang dilakukan diluar KBM Sekolah.
    > Pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan peserta didik tertentu untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, latihan, dan bimbingan sehingga mampu bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, dan negara.

    3. Calon alumni STAI Yaperi Perlu mempunyai mahir dalam salah satu keterampilan, karna setelah lulus dan menjadi alumni STAI Yaperi wajib turun tangan pada masyarakat sekitar agar bisa bermanfaat dan berguna ilmunya yang telah di dapatkan selama di Perkuliahan.

    4. fasilitas belajar pendidikan Luar Sekolah di sebuah pesantren:
    - Sekolah KBM Mts dan MA dengan mengikuti Kurikulum yang berlaku dan yang telah ditentukan pemerintah.
    - Setelah Sekolah Formal ada nya Pengajian Kitab kuning, Pembacaan Rotib Al Hadad, Al- Idruz, Al Atoz.
    - ada nya Muhadarah / Belajar ber Orientasi Dakwah di depan Santri-santri lainya dan terkadang Berorientasi depan Asatidz / Guru.
    - Pendidikan luar sekolah yang berorientasi agama tidak dapat dipisahkan dari
    setiap individu siswa untuk menunjang prestasinya disekolah, terlebih bilamana
    diamal kan dalam kehidupannya sesama manusia serta kiprahnya sebagai manusia
    dengan sang pencipta (hubungan vertical dan horizontal). Jadi dalam hal ini,
    pendidikan luar sekolah berbasis agama dan disekolah merupakan sumber harus ditanamkan sejak dini terhadap anak-anak peserta didik, supaya dikehidupan
    pesertadidik dapat mencapai keberhasilan dunia dan akhirat.

    5. lima jenis program pendidikan nonformal yang ada dimasyarakat:
    - les/ kursus Bahasa ingris, Arab
    - Kursus BTQ
    - Kursus Menjahit pakaian
    - Kursus Kesenian: Melukis, Menenun, dan membuat Kreatifitas dari barang bekas.
    - Kursus Music: bernyanyi, memainkan alat music, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  14. Nama : sambas sahuri
    Semester : VI
    Matakuliah : pendidikan luar sekolah

    1. Karena guru adalah sosok orang tua di sebuah lembaga yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru profesional diharapkan berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Alloh SWT, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu dikembangkan secara terus menerus dan proporsional sesuai tuntutan jabatan fungsional.
    Terutama dalam hal keagamaan karena asas agama adalah dasar dari semua ilmu pendidikan.
    2.di bedakan dari sistematis,
    alokasi waktu,dan metode.
    3.sangat penting. Karena dengan keterampilan lah bisa menciptakan sebuah inovasi dalam kehidupan entah di dalam dunia pendidikan, pekerjaan,dan hlayak masyarakat.
    Terutama mahasiswa STAI YAPERI dengan masing-masing keterampilan nya dan di pupuk ilmu" dari kampus, ini bisa menjadi modal untuk mencetak generasi yg beraklah karimah.
    Jadi menurut saya sangat perlu
    4. Fasilitas belajar pendidikan diluar sekolah yg ada di pesantren itu tergantung ranah pesantren yg mengelola maksudnya ada pesantren yg di pedesaan ada juga pesantren yg di kelola lembaga atau yayasan.
    Jika yg di desa biasanya fasilitas nya sederhana dan lebih mandiri.
    Dan untuk pesantren yg di kelola oleh yayasan atau lembaga fasilitas nya lebih tertata.bahkan terstruktur.
    5. A. Pesantren adalah sebuah tempat pendidikan yg notabene nya lebih kepada pendidikan keagamaan
    B.MT.majlis taklim adalah tempat pendidikan yg biasanya lebih kepada metode isma walisgho, artinya pendidikannya lebih kpada nasihat diri, dsn ini pesertanya biasanya kaum ibu"
    C.Taman Pendidikan Al-Qur'an (disingkat TPA atau TPQ) adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak,
    D. PKBM Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan. PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan.
    E. Kursus adalah lembaga pelatihan yang termasuk ke dalam jenis pendidikan non formal. Kursus merupakan suatu kegiatan belajar-mengajar seperti halnya sekolah. Perbedaannya adalah bahwa kursus biasanya diselenggarakan dalam waktu pendek dan hanya untuk mempelajari satu keterampilan tertentu, Peserta Kursus yang telah mengikuti kursus dengan baik dapat memperoleh sertifikat atau surat keterangan. Untuk keterampilan tertentu seperti, kursus ahli kecantikan atau penata rambut diwajibkan menempuh ujian negara.

    ReplyDelete
  15. Nama : Siti Rusmia Sofyaningsih
    Semester : VII
    UTS pend. Luar sekolah

    Jawaban :
    1. menurut saya sebenarnya profesional akan muncul jika diawali dari adanya profesi, Guru agama yang profesional selalu dilihat
    dari kinerja dalam menjelaskan, memahamkan
    dan mengembangkan nilai nilai ajaran Islam kepada peserta didik dan masyarakat.
    Guru agama yang profesional setidaknya memiliki 2 misi yaitu : 1. misi dakwah Islam. Islam harus bisa dijelaskan dan ditunjukkan dengan sikap, kepribadian.
    2. misi pedagogiek. Pembelajaran
    memiliki peran sangat besar dalam merubah atau menanamkan keyakinan peserta didik.
    jika semua ini bisa disampaikan dengan baik sesuai ajaran2 Allah. Dan bisa di pahami oleh peserta didik dan masyarakat Pasti Keagamaan dalam melaksanakan perintah2 allah akan dilaksanakan dengan tata cara yang baik sesuai tuntunan yang sudah ada.

    2. Pendidikan formal adalah kegiatan yang sistematis, bertingkat/berjenjang, pendidikan yang ditempuh pada lembaga resmi baik negeri (milik pemerintah) ataupun swasta (atas izin pemerintah) yang memiliki tahapan atau jenjang pendidikan yang sangat jelas. Formal di Indonesia terbagi menjadi 4 Tingkat yaitu :
    Sekolah Dasar, SMP, SMA/SMK dan Sekolah Tinggi atau Universitas. Sedangkan,
    Pendidikan nonformal ialah setiap kegiatan teroganisasi dan sistematis, sistem persekolahan yang dilakukan secara mandiri yang sengaja dilakukan untuk melayani peserta didik tertentu di dalam mancapai tujuan
    belajarnya. Pendidikan yang program-programnya bersifat nonformal dan diselenggarakan di lingkungan masyarakat pendidikan non formal ini lembaga-lembaga untuk melayani kebutuhan belajar khusus para peserta didik.contohnya BIMBEL AIUEO atau Kelompok Belajar.

    3. Menurut saya perlu kita sebagai mahasiswa/i itu mempunyai 1 keterampilan atau bisa juga disebut dengan profesi yang Kita Pahami/tekuni. Dengan berjalannya Belajar di kampus kita harus bisa menemukan pelajaran yang kita Kuasai. Kenapa saya jawab perlu agar ketika kita lulus dari STAI YAPERI kita tidak bingung Apa yang kita kuasai. Agar memudahkan mencari pekerjaan Jangan sampai kita merasa terbebani oleh pekerjaan itu sendiri dikarnaka kita tidak menguasai profesi itu.

    4. Pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan Islam yang esensialnya berdasarkan nilai-nilai agama Islam. Pondok pesantren mempunyai 5 elemen dasar yaitu Kiyai dan guru2 agama ,pondok, mesjid, pengajaran kitab-kitab klasik Islam, santri. Pondok pesantren dapat dipandang sebagai lembaga ritual, lebaga pembinaan moral, lembaga dakwah, dan yang paling populer adalah sebagai institusi pendidikan Islam yang mengalami proses romantika kehidupan dalam menghadapi berbagai tantangan internal maupun eksternal. Berdasarkan uraian tersebut dapat disebutkan bahwa pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berbasis Islami.

    5. Pendidikan nonformal yaitu :
    1.Les bimbel private y
    Metode belajar ini tdk jauh beda dari sekolah, les bimbel private adalah salah satu media yang berguna untuk mendukung pemahaman materi sekolah tapi peserta didik bisa ebih tenang dan menikmati belajarnya. Karena mereka belajar di rumah sendiri dan ditemani oleh pengajar profesional yang siap membantu.
    2. Majlis
    Lembaga ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang berhubungan dengan agama.
    3. TPA
    4. Sanggar
    5. Kursus

    ReplyDelete
  16. Nama: Ani fitriani
    Semester:VII(tujuh)
    Pendidikan Luar sekolah

    1. Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pandangan paradigma baru yaitu pihak-pihak sekitar lingkungan sekolah yang berasal dari guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik, untuk memajukan pendidikan yang seimbang antara ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan taqwa yang pada akhirnya diharapkan mampu menerapkan pembelajaran moral secara maksimal ,guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk
    komitmen terhadap profesionalitas dalam mengemban tugasnya, sehingga dalam dirinya melekat sikap dedikatif yang tinggi terhadap tugasnya,

    2. Pendidikan formal adalah pendidikan yang dicapai pada lembaga resmi / legal baik milik pemerintah atau swasta yang memiliki tahapan atau jenjang pendidikan yang sangat jelas. Lembaga pendidikan formal baik negeri maupun swasta harus mengikuti acuan kurikulum dari pemerintah. Sedangkan pendidikan nonformal diselenggarakan sebagai penunjang kegiatan pendidikan formal. 
    3. Menurut pendapat saya, kepada calon Alumni STAI YAPERI harus memiliki kemapuan/keterampilan yg lebih baik karena ketika sudah lulus kemapuan yg kita miliki sangat berguna di masyarat atau tempat kita bekerja .

    4. Keadaan pondok pesantren di luar sekolah seperti contohnya pesantren modern menurut saya sudah cukup baik fasilitasnya pun sudah memadai. dengan adanya lapangan yg cukup luas, gedung sekolah, kamar tidur, Kamar mandi, tempat ibadah, dll.

    5.pendidikan non formal:
    kursus menyayi
    Kursus Bimbel,
    Kursus komputer,
    Kursus Bahasa Inggris
    TPQ

    ReplyDelete
  17. Nama:Iis Syafitri Al-fadilah
    Semester:7
    Matkul: pendidikan luar sekolah

    1.Tuntutan profesional Guru PAI adalah pendidikan
    profesional yang memiliki tugas memberi pemahaman materi agama
    Islam kepada peserta didik dan masyarakat. Guru PAI setidaknyaa
    memiliki dua tugas yaitu tugas melaksanakan sebagai pendidik dan
    pengajar di sekolah dan juga memiliki tugas memberikan pemahaman
    materi agama Islam kepada peserta didik agar peserta didik dan
    masyarakat memiliki cara pandang atau pemahaman terhadap agama
    (al qur’an dan hadis) secara tepat yang ditandai dengan sikap dan
    perilaku yang santun, damai serta anti kekerasan. Perbedaan nyata
    antara guru PAI dengan guru non PAI terletak pada aspek
    kompetensi sosial dan pedagogiek.

    2.Pendidikan formal ialah metode belajar yang di sekolah dengan sistem berjenjang atau bertingkat disertai syarat-syarat tertentu yang sudah di tetapkan oleh pemerintah.
    #Contoh pendidikan formal
    -Taman Kanak-kanak (TK)
    -Sekolah Dasar (SD)
    -Madrasah Ibtidaiyah (MI)
    -Raudatul Atfhal (RA)
    -Sekolah Menengah Pertama (SMP)
    -Madrasah Tsanawiyah (MTs)
    -Sekolah Menengah Atas (SMA)
    -Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
    -Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
    -Madrasah Aliyah (MA)
    -Perguruan tinggi (Institut, Akademi, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik)
    # pendidikan non formal adalah proses belajar mengajar yang dilakukan di luar pendidikan formal yang dilaksanakan secara bertingkat dan terstruktur.
    # Contoh pendidikan non formal
    -kelompok belajar
    -majlis ta'lim
    Lembaga kursus dan pelatihan

    3. Menurut saya sangat perlu Calon Alumni STAI YAPERI harus memiliki satu keterampilan ketika ia lulus nanti karena keterampilan tersebut akan menjadi bekal untuk dia melanjutkan perjalanan hidupnya, dan membantu lulusan Perguruan Tinggi mudah terserap pasar kerja atau berwirausaha ketika ia lulus nanti,dan sangat bermanfaat buat masyarakat dan nanti ketika menjadi guru keterampilan.

    4. keadaan fasilitas belajar pendidikan Luar Sekolah di sebuah pesantren yaitu:
    - Mesjid,
    -Gedung Sekolah
    - Gedung Asrama
    -Aula
    -Perpustakaan
    -Koprasi
    -Ruang Laboratorium
    -Sarana Olahraga
    -pasilitas Internet
    Biasanya di pondok pesantren modern itu lengkap fasilitas buat yg sekolah.

    5.Jenis pendidikan nonformal
    -Taman kanak-kanak (TK)
    -Raudatul Athfal (RA)
    -Taman Pendidikan Al-Qur’an(TPA)
    -Kelompok bermain (KB)
    -Taman bermain anak (TBA)
    -Lembaga kursus
    Sanggar
    -Lembaga pelatihan
    -Kelompok belajar
    -Pusat kegiatan belajar masyarakat
    -Majelis taklim
    # Lembaga Kursus Dan Pelatihan
    Lembaga kursus dan pelatihan ialah pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh sekelompok masyarakat untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental tertentu kepada peserta didik.

    Contoh:
    Lembaga kursus komputer.
    Lembaga kursus bahasa asing.
    Lembaga kursus seni musik.
    Lembaga kursus kerajinan tangan.
    Dan lain-lain.
    Majlis Ta’lim adalah pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap hidup yang berhubungan dengan agama Islam.

    Contoh:
    Kelompok pengajian
    Kelompok Yasinan
    Pengajiana kitab kuning
    Salafiah
    Dan lain-lainnya.
    Satuan Pendidikan Sejenis
    Ini merupakan pendidikan non formal yang dilakukan oleh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dimana cakupannya luas dan memerlukan landasan hukum.

    Contoh:
    Balai latihan dan penyuluhan.
    Pra sekolah “kelompok bermain, penitipan anak”.
    Kepramukaan.
    Padepokan pencak silat.
    Sanggar kesenian.
    Dan lain-lainnya.

    ReplyDelete

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...