Thursday, January 16, 2020

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah smt VII 19/20

Tulislah identitasmu;
Nama                     : ........................
Soal Mata Kuliah     : Pendidikan Luar Sekolah
Semester                : VII
Perintah;

  1. Supaya lebih mudah melakukan penulisan, gunakan bagi yang punya laptop atau sejenisnya;
  2. Pilih satu judul dari delapan rencana atau impian untuk mendirikan lembaga pendidikan non formal dibawah ini;
  3. Tulislah dalam bentuk artikel pada kolom komentar, jika sudah selesai klik publish, hindari upload dua kali;
  4. Menulis artikel dengan redaksi yang sama antar sesama teman atau copy paste langsung akan dianulir;
  5. jangan lupa mengisi absen.


Judul Artikelnya:


Buatlah rencana keinginan untuk mendirikan salah satu lembaga pendidikan non formal dibawah ini;
  1. Lembaga kursus dan pelatihan (LKP);
  2. Kelompok belajar;
  3. Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM);
  4. Majelis taklim;
  5. Pendidikan anak usia dini (PAUD) jalur non formal;
  6. Rumah pintar;
  7. Balai belajar bersama; dan
  8. Lembaga bimbingan belajar (bimbel).

Berikan nama lembaga menurut jalan pikiranmu, lengkapi dengan ketersediaan sarana dan prasarana serta persyaratan yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat administratif Lembaga Pendidikan Non Formal tersebut.


Selamat menulis.

Tuesday, January 14, 2020

Soal UAS Bimbingan dan Konseling smt V 19/20



Tulislah identitasmu;
Nama                     : ........................
Soal Mata Kuliah     : Bimbingan dan Konseling
Semester                : V

Perintah;

  1. Supaya lebih mudah melakukan penulisan, gunakan media bagi yang punya laptop atau sejenisnya;
  2. Pilih satu judul dari lima artikel Bimbingan dan Konseling dibawah ini;
  3. Tulis artikelnya pada kolom komentar, jika sudah selesai klik publish, hindari upload dua kali;
  4. Menulis artikel dengan redaksi yang sama antar sesama teman atau copy paste langsung akan dianulir.
  5. jangan lupa mengisi absen.


Judul Artikelnya:
  1. Panduan Sederhana rencana pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah tempat tugasku.
  2. Pentingnya menerapkan manajemen Bimbingan dan konseling.
  3. Asesmen hasil Diagnosis Dalam Bimbingan dan Koseling oleh konselor.
  4. Penerapan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Pribadi Siswa.
  5. Studi Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Perilaku Membolos siswa di Sekolah.


lengkapi dengan media yang diperlukan dan menyusun tataruang yang bisa memberikan kenyamanan klien serta penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Selamat menulis. 

Thursday, January 2, 2020

Orang cerdas akan selalu menahan diri dari keinginan

     


     Sebenarnya semua orang yang dilahirkan kedunia ini memiliki kecerdasan, hanya saja hampir setiap orang tidak tahu bahwa dirinya punya kemampuan masing masing yang beda antara satu dengan yang lainya.
     Coba lihat kedalam diri dan mari tanyakan kepada diri sendiri? Apakah aku adalah orang yang cerdas? sulit untuk dijawab kalau tidak memiliki alat ukurnya
    Untuk mengukur kecerdasan yang ada pada pribadi ada alat ukurnya. Alat ukurnya orang yang cerdas dan orang yang bodoh tentu ada. Orang yang cerdas itu bukan dilihat dari pandainya ia menyelesakan soal hitungan yang rumit. Atau kelihaiannya menyelesaikan soal fisika dan lain sebagainya. 

          Secara singkat keempat kecerdasan itu dijelaskan sebagai berikut:
Pertama,kecerdasan intelektual (intellegenci qoutient=IQ. IQ merupakan kognitif (aktivitas berpikir), yang erat kaitannya dengan kemampuan mengingat, memahami, menganalisa, mengevaluasi, dan memecahkan masalah.
Kedua, Kecerdasan Emosional (Emotional Qoutient = EQ). EQ merupakan kecerdasan emosi, yang erat kaitannya dengan kemampuan mengontrol perasaan diri sendiri, mengenali perasaan orang lain, adaptasi, kerjasama, disiplin, tanggung jawab, dan komitmen.
Ketiga, Kecerdasan Spiritual (Spiritual Qoutient = SQ). SQ merupakan kecerdasan jiwa yang erat kaitannya dengan kemampuan untuk bertindak jujur, adil, menghargai, kasih sayang, toleransi, empati, rendah hati, sikap ramah, dan sebagainya. SQ juga berarti kemampuan seseorang untuk mengerti dan memberi makna pada apa yang di hadapi dalam kehidupan.  SQ merupakan sumber bimbingan atau pengarahan bagi dua kecerdasan lainnya (IQ dan EQ).
Keempat, Kecerdasan transendental (Trancendental Quotient = TQ). artinya menonjolkan hal-hal yang bersifat kerohanian, sukar dipahami, gaib, abstrak. TQ bisa dikatakan sebagai kecerdasan ruhaniah/ilahiyah, yang erat kaitannya dengan kemampuan seseorang memaknai hidup dan kehidupannya dalam perspektif agama. TQ merupakan pengembangan dari kecerdasan spiritual, yang mempunyai konsep visioner jauh ke depan dengan pertanyaan, "Siapakah aku, darimana aku (berasal), dan mau ke mana nanti aku (setelah mati)

Orang yang cerdas itu dan orang yang bodoh itu telah ditegaskan oleh Nabi Muhammad :
“Al kayyisu man daana nafsahu wal amila limaa ba’dal mauut. Wal aajizu man atba’a nafsahu hawaaha watamanna alaulooh.” Artinya : orang yang cerdas adalah orang yang mengkoreksi dirinya dan beramal sebagai bekal setelah mati. Orang yang lemah (bodoh) ialah orang yang mengikuti hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah (dosanya akan diampuni tanpa bertaubat).
      Dari hadis diatas itu ada tiga hal pokok yang dapat diambil suatu kesimpulan,
      Pertama bahwa orang yang cerdas adalah orang yang selalu mampu mengkoreksi dirinya. Ia pandai melihat kekurangannya. Kelemahan yang ada pada dirinya lalu ia perbaiki. Ia selalu berintrospeksi diri.
Jika ada orang yang mengingatkan dirinya maka ia tak malu untuk menerima kritikan itu. Saran dari orang lain ia jadikan sebagai pembelajaran. Dengan kemauannya menerim saran maka kekurangannya selama ini bisa tertutupi. Sedikit demi sedikit ia menuju kesempurnaan.
Sebaliknya orang yang bodoh ialah orang yang suka mengikuti hawa nafsunya. Padahah hawa nafsu itu berasal dari syetan. Adapun setan sudah barang tentu perintah pada kejelekan. Jadi, tingkah laku orang yang bodoh ialah selalu mengerjakan kejelekan dan kejelekan. Celakanya lagi ia beranggapan Tuhan akan mengampuni semua dosa-dosanya tanpa jalan bertaubat. Sungguh suatu anggapan.
Para ahli neurology kemudian menemukan bahwa ada bagian otak manusia yang mampu menyerap kejadian spiritual, menyadari kehadiran Alloh SWT serta memaknai kehidupan.
Dengan memahami secara wajar dalam alam sadar bahwa arti kematian adalah perpindahan ruang dan waktu dari alam dunia menuju tahap kehidupan selanjutnya (alam kubur) yang dialami setiap insan ciptaan Alloh SWT, maka akan menumbuhkan motivasi untuk mempersiapkan diri demi mendapatkan kenyamanan dan menghindari penderitaan pada masa yang akan datang.
Cerdas adalah satu kata yang boleh dikatakan memiliki makna yang cukup
tinggi bagi seseorang yang yang cara berpikirnya mampu membaca situasi   
Kemampuan berfikir orang cerdas sangatlah cepat, sehingga ia sangat mudah mengerti, memahami, dan menangkap maksud dari suatu kondisi atau keadaan. Menurut, Kamus Besar Bahasa Indonesia 2001, salah satu arti kata cerdas adalah tajam fikiran. Orang cerdas tidak terpaku pada teori namun lebih terhadap pemahaman konsep

Friday, December 20, 2019

Permasalahan Pendidikan Islam sekarang




Menurut Zainal Abidin Ahmad (1970:35), bahwa ketertinggalan pendidikan Islam dari lembaga pendidikan lainnya, setidaknya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: 

  1. Pendidikan Islam sering terlambat merumuskan diri untuk merespon perubahan dan kecenderungan masyarakat sekarang dan akan datang.
  2. Sistem pendidikan Islam kebanyakan masih lebih cenderung mengorientasikan diri pada bidang-bidang humaniora dan ilmu-ilmu sosial ketimbang ilmu-ilmu eksakta semacam fisika, kimia, biologi, dan matematika modern
  3. Usaha pembaharuan pendidikan Islam sering bersifat sepotong-potong dan tidak komprehensif, sehingga tidak terjadi perubahan yang esensial.
  4. Pendidikan Islam tetap berorientasi pada masa silam ketimbang berorientasi kepada masa depan, atau bersifat future oriented.
  5. Sebagian pendidikan Islam belum dikelola secara professional baik dalam penyiapan tenaga pengajar, kurikulum maupun pelaksanaan pendidikannya.


Pendapat diatas menunjukan bahwa penyelenggaraan pendidikan islam mengalami ketertinggalan dari lembaga lainya terjawab oleh lembaga pendidikan SDIT Al Hidayah yang beralamat di ........................................................................... yang didirikan oleh ......................................... pendirinya adalah seorang ............................ beliau sosok seorang yang cinta pendidikan islam sesuai dengan latar pendidikan terakhir .......................

SDIT Al Hidayah adalah bagian dari Sekolah Islam Terpadu di Indonesia  menghadirkan pola pendidikan berkeseimbangan dan berkesinambungan antara Ruhiyyah (spiritual), Fikriyah  (knowledge) dan Jasadiyah (Physical) kolaborasi ketiga bagian tersebut menjadikan siswa-siswi yang Sholeh dan sholehah mampu menjawab tantangan dengan ilmu dan perkembangan zaman serta meiliki ketahanan tubuh yang kuat, maka SDIT Al Hidayah menghadirkan dan mengoptimalkan 3 potensi yang dimiliki anak-anak  didik terbaik sebagai kebanggaan Ummat dan bangsanya sehingga mereka tumbuh dan berkembang sesusai dengan daya nalar dan perkembangan zamannya.

Dengan demikian menurut pendapat saya bahwa  pendapat  Zainal Abidin Ahmad  bila disandingkan  dengan kenyataan adalah tidak sepenuhnya tertinggal namun ada sisi lain yang perlu diperbaiki yaitu ...........................

Thursday, December 12, 2019

Pelaksanaan Program Tahsin dan Tahfidz Qur’an



tugas untuk semester VII
Mata Kuliah Pendidikan Luar Sekolah

Judulnya;
Pelaksanaan Program  Pendidikan
Tahsin dan Tahfidz Qur’an 
Di Yayasan ........................

Konten makalah;

     Dalam program tersebut menjelaskan tentang permasalahan, alasan penulisan makalah, metode penelitian terhadap  yayasan yang diteliti, tempat dilakukanya penelitian, sasaran penelitian, proses belajar mengajarnya serta penjabaran dari hasil data yang diperoleh dari lapangan.
      Uraikan tentang sejarah sebuah lembaga atau Yayasan dalam bidang pendidikan Tahsin dan Tahfidz Qur’an serta tujuan yang ingin dicapai.
        Silahkan tulis dalam kolom komentar kemudian di publish.

selamat menulis    

Friday, December 6, 2019

Artikel tentang Fudamentalis


Tugas untuk Semester VII.
Buatlah sebuah  artikel 
tentang
faham kaum Fundamentalis,
 judulnya bisa bebas atau terikat dengan PAI

Konten;

     Menguraikan mulai dari uraian secara etimologi dan terminologi bahasa, kemudian jelaskan darimana asal usul datangnya, apakah kaum fundamentalis termasuk sebuah aliran, siapa tokohnya dan jelaskan tentang ajaran dan fahamnya yang berisi tentang dokrinya.
       Artikel ini harus disertai dengan pendapatmu setelah disandingkan antara teori atau definisi dengan kenyataan yang ada terutama dengan dunia pendidikan islam
         Tulisan artikelnya minimal 500 kata atau lebih, kemudian tulisanya dimasukan dalam kotak kolom kementar


Selamat menulis
 

Thursday, October 31, 2019

Artikel Kelompok Belajar Usaha


kelompok belajar usaha KBU
Secara bahasa dari kalimat Kelompok belajar Usaha terdiri dari tiga kata, yaitu kata Kelompok di artikan secara harfiah sebagai kumpulan dua orang atau lebih yang mengadakan interaksi baik secara fisik atau juga psikologis dengan konstan. Belajar adalah upaya proses perubahan prilaku seseorang dari tidak bisa menjadi bisa. Usaha yaitu suatu tindakan seseorang yang di lakukan guna mendapatkan sesuatu yang lebih baik.
KBU dilingkungan mahasiswa STAI tidak lepas dari dasar pendidikannya dibidang pendalaman pendidikan agama, dalam prakteknya tiap individu mahasiswa punya kelompok belajar masing masing dan bahkan yakin telah terbentuk kelompok-kelompok pengajian mulai dari tingkat anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua tentang baca tulis khuruf arab dan baca qur'an, remaja dan dewasa belajar tentang kitab kuning tingkat dasar, sedangkan untuk kelompok belajar orang tua biasanya ngaji dengar.
Menurut Kamil 2011:99 “Kelompok belajar usaha, yaitu suatu kegiatan membelajarkan warga masyarakat untuk mengejar ketinggalan di bidang usaha, dengan cara bekerja, belajar berusaha, guna memperoleh mata pencaharian sebagai sumber penghasilan yang layak ”. 
Kenyataannya dalam KBU ternyata sesuai dengan pendapat kamil tersebut bahwa membelajarkan orang sekitar lingkungan masyarakat bisa mendapatkan penghasilan jika sese orang itu mampu mengajarkan keahlian yang dimiliki unteuk, intinya bahwa memiliki kemampuan dalam bentuk ilmu akan selalu bermanfaat bagi orang lain.  
KBU sebagai salah satu program pendidikan masyarakat yang di dalamnya ada kegiatan belajar dan berusaha. Melalui KBU, di tumbuhkan dan di kembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap berusaha dari warga belajar sehingga memiliki mata pencaharian sebagai sumber penghasilan, demikian pula KBU akan memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan mata pencaharian masyarakat di sekitarnya, dengan kata lain kelompok belajar usaha dapat diartikan sebagai suatu kegiatan membelajarkan warga masyarakat untuk mengejar ketinggalan di bidang usaha dengan cara bekerja, belajar, dan berusaha guna memperoleh mata pencaharian sebagai sumber penghasilan yang layak.
Menurut jurnal nasional tentang “Model Pengembangan Kelompok Belajar Usaha Berbasis Unit Usaha Kecil”. Oong Komar : 2014 “Kelompok belajar usaha berpusat pada siswa berdasarkan kurikulum dan proses pembelajaran secara signifikan akan mengembangkan kebiasaan belajar, bekerja, memulai anggota ” Program Pendidikan Kelompok Belajar Usaha merupakan program lanjutan bagi masyarakat yang telah menyelesaikan program keaksaraan dasar Keaksaraan Fungsional (KF) atau lulus program kejar paket A, juga masyarakat lain yang di anggap perlu meningkatkan dan memperoleh pengetahuan serta ketrampilan baru.
Warga belajar di kelompok belajar usaha dapat memilih berbagai alternatif jenis keterampilan dan jenis usaha yang akan di kembangkan dalam kelompoknya sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Jumlah anggota kelompok yang di persyaratkan dalam PKBM adalah 3-10 orang, boleh juga di lakukan secara individual senditi-sendiri tetapi masih dalam satu ikatan kelompok. Setiap kelompok di bimbing oleh satu orang fasilitatortutor atau lebih. Jenis-jenis usaha yang di kembangkan dalam kelompok belajar usaha yang termasuk dan di kembangkan dalam PKBM di antaranya adalah berbagai usaha yang di sesuaikan dengan kebutuhan para calon warga belajarnya.
Menurut Dikmas 2005:43 menjelaskan bahwa : “ tujuan dari KBU secara umum ialah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta sikap masyarakat agar mampu mengusahakan mata pencaharian sebagai sumber kesejahteraan hidupnya. Tujuan khusus meliputi ” :
a. Dapat mengembangkan dana belajar usaha
b. Dapat memasarkan hasil usaha
c. Dapat mengelola administrasi usaha
d. Mempunyai sumber penghasilan yang tetap dan  layak untuk memenihi kebutuhan hidup sehari-hari.
e. Mempunyai tabungan uang dari hasil penyisihan yang di peroleh setiap usahanya menghasilkan.
Program kelompok belajar usaha sebagai bagian dari pendidikan yang ditunjukan bagi peserta didik yang berasal dari masyarakat kurang beruntung, tidak pernah sekolah, putus sekolah dan putus lanjut, usia- usia produktif”

Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22

  Soal UAS Pendidikan Luar Sekolah Tahun 21/22 Tulislah identitasmu;    Nama                  :   .................................. So...